Sampurasun! Ini Percakapan Sehari-hari Bahasa Sunda untuk Liburanmu

Bahasa Sunda

Bandung merupakan salah satu kota yang penduduknya sering menggunakan bahasa daerah, yaitu bahasa Sunda. Hampir semua warga Bandung mengetahui bahasa dan budaya Sunda, mulai dari anak kecil, orang dewasa, para pendatang yang sudah lama tinggal di Bandung, pejabat, atau artis yang berasal dari kota kembang ini, biasanya fasih berbahasa Sunda. Jadi jangan heran kalau jalan-jalan di Bandung, kamu bakal sering mendengar bahasa ini.

Nah, buat kamu yang mau liburan ke Bandung, supaya kamu gak terlalu bingung, Airy sudah menyediakan beberapa kalimat bahasa Sunda. Kalimat-kalimat di bawah ini adalah percakapan sehari-hari yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari warga Bandung. Sebelum kamu liburan ke sana, ayo pelajari dulu bahasanya!

Geus dahar can?

Bahasa Sunda
Credit: anakjajan.com

“Geus dahar, can?” memiliki arti “Sudah makan, belum?”  Kalimat ini bakal sering kamu dengar saat menjelang jam-jam makan. Sekitar jam 12 siang dan jam 5 sore. Geus artinya sudah, dahar adalah makan, dan can artinya belum. Kalau nanti ada yang bertanya, kamu sudah tahu kan, harus menjawab apa?

Sok atuh dalahar

Bahasa Sunda
Credit: ayobandung.com

Mendengar kalimat ini, artinya kamu sudah boleh menyantap seluruh hidangan yang tersedia di hadapanmu, karena “sok atuh dalahar” berarti “ayo, silahkan dimakan”. Wah, pas banget buat kamu yang liburan ke Bandung buat kulineran!

Isuk deui we՛ lah

Bahasa Sunda
Cek kamarnya di sini

Bandung punya banyak destinasi wisata yang bakal bikin kamu terpukau! Saking banyaknya, kamu gak bakal bisa kunjungi semuanya dalam satu hari. Nah, kalau kamu mulai lelah, tapi temanmu masih ingin keliling Bandung, kamu bisa mengucapkan kalimat ini: Isuk deui we՛ lah. Artinya adalah: Besok lagi saja. Jadi kamu bisa istirahat nyaman di kamar, supaya keesokan harinya bisa lanjut eksplor Bandung lagi!

Mayarna sabaraha?

Bahasa Sunda

Credit: outbound-bandung-cileunca.com

Sebelum pulang ke daerah asalmu, rasanya liburan di Bandung belum lengkap tanpa beli oleh-oleh. Kamu bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Bandung, seperti camilan, suvenir, atau sepatu yang terkenal dari Cibaduyut. Saat menanyakan harga, kamu bisa berkata, “mayarna sabaraha?” yang artinya, “bayarnya berapa?” atau “sabaraha” saja. Para penjual oleh-oleh akan makin ramah padamu!

Itulah tadi beberapa bahasa Sunda yang bakal sering terdengar saat kamu ke Bandung. Jangan lupa ingat artinya, supaya liburanmu makin mudah! Ayo rencanakan sekarang! Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ada banyak pilihan kamar hotel dan rute penerbangan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Supaya liburanmu makin irit, jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Promo dari Airy tersedia untukmu.

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *