Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas dll

Gumuk Pasir Parangkusumo – Tahukah kamu bahwa di Indonesia memiliki tempat wisata dengan gundukan pasir yang langka bahkan di dunia hanya sebagian kecil jumlahnya.

Tempat wisata itu bernama Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagaimana kita tidak bangga menjadi warga Indonesia beraneka ragam keunikan dan keistimewaan ada disini terutama di sector wisatanya.

Gumuk pasir yang terdapat di Jogja merupakan gumuk pasir pesisir atau coastal dunes yang terdapat diseluruh garis lintang di dunia, mulai dari kutub sampai khatulistiwa yang dilansir dari situs Parangtritis Geomaritime Science park.

Di kawasan Asia tenggara hanya ada 3 negara yang memiliki coastal dunes salah satunya tentu saja Indonesia yang memanjang di selatan jawa namun pembentukan paling dominan terdapat di kota Jogja, serta terdapat di dua Negara lain yaitu Filiphina ( La Paz Sand Dunes ), serta Vietnam ( Mui Ne Sand Dunes )

Kunjungi juga yuk: Pantai Baros Bantul

Untuk mengetahui tipe gumuk pasir bisa diklasifikasikan menurut perbedaan iklim. Berikut beberapa klasifikasi gumuk pasir menurut iklim dengan penjabaran:

  • Gumuk membusut atau hummock dunes umumnya dijumpai pada iklim basah
  • Gumuk parabolic atau parabolic dunes umumnya dijumpai pada iklim kering
  • Gumuk barchans umumnya dijumpai pada iklim setengah kering.

Untuk Gumuk yang ada di Indonesia khususnya kota Jogja merupakan salah satu gumuk pasir yang langka  dan istimewa karena memiliki tipe barchan namun memiliki iklim tropika basah dengan kata lain gumuk pasir Parangkusumo terletak pada iklim yang tidak sesuai, gumuk pasir jenis ini hanya terdapat di dua Negara yaitu di Indonesia dan meksiko.

Berbeda dengan gumuk pasir yang ada di Filiphina dan Vietnam yang bertipe barchan dengan iklim setengah kering.

Sudah sewajarnya kita sebagai warga Negara Indonesia turut bangga akan keistimewaan gumuk pasir Parangkusumo yang istimewa dan langka, kita juga wajib menjaga  menjaga keindahan dan kelestariannya.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Setelah anda mengetahui keunikan  dan keistimewaan gumuk pasir parangkusumo dan melihat contoh gambar yang beredar di Internet terutama instagram tentunya banyak yang penasaran dimana tepatnya Gumuk Pasir Parangkusumo ini berlokasi, bukan?

Destinasi wisata gundukan pasir ini terletak di jalan pantai Parangkusumo Rt. 1 Grogol 10, Kretek Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gumuk pasir parangkusumo ini terletak di antara sungai opak  yang  terhampar 2 km mulai dari sepanjang sungai Opak, pantai Parangtritis, hingga pantai Depok.

Rute Menuju Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir parangkusumo letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja namun letaknya di wilayah yang sangat ngehits yaitu di pantai parangtritis yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Rutenya dapat kamu lalui dengan mudah bisa menggunakan motor atau mobil atau pun bus pariwisata sebab jalan menuju lokasi wisata cukup lebar.

Gumuk pasir Parangkusumo berjarak sekitar 28 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam dari pusat kota Jogja.

Anda juga bisa mengikuti jalan secara manual dengan mengikuti petunjuk arah dari google maps atau anda juga bisa mengikuti petunjuk arah berikut dengan rute dari pusat kota Jogja ambil rute menuju jalan Parangtritis lalu kamu harus jala terus menuju arah selatan sampai menemukan jembatan panjang.

Jalan lurus terus menyusuri jembatan panjang lalu kamu akan menemukan lokasi pembayaran loket menuju pantai Parangtritis, namun sebelum sampai di lokasi pembayaran tiket kamu akan menemukan belokan ke kanan dengan papan petunjuk jalan menuju Gumuk Pasir Parangtritis. Jika kamu masih ragu maka kamu bisa bertanya ke warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo via IG @muntasiriqbal

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo via IG @muntasiriqbal

Untuk bisa masuk dan menikmati  spot terbaik untuk sandboarding yang langka dan satu-satunya di Asia dan menjadi kebanggaan warga Indonesia khususnya warga Jogja  hanya dikenakan tarik Rp. 5000 saja yang bisa dibayar di loket pembelian tiket resmi yang ada di lokasi.

Harga yang sangat terjangkau atau bisa dikatakan sangat murah tak sebanding dengan semua keindahan yang ditawarkan tempat wisata ini. Dijamin kamu tak akan kecewa telah mengunjungi tempat ini.

Tarif Parkir

Untuk bisa memarkirkan kendaraan pribadi anda di sediakan juga area parkir yang luas da aman dengan tarif umumnya digunakan para petugas parkir di lokasi lain. Untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp. 5000 sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 3000 saja.

Jam Operasional

Gumuk pasir parangkusumo di buka setiap hari mulai dari senin hingga minggu pada pukul 07.00 wib dan di tutup pada pukul 18.00 wib. Pada hari libur atau weekend gumuk pasir parangkusumo sangat ramai dikunjungi orang, bahkan untuk bisa ber-sandboarding kamu dan menikmati spot foto lainnya kamu harus rela antri panjang.

Sebaiknya kamu datang pada hari biasa mulai senin hingga jumat dimana jumlah pengunjung terhitung normal sehingga kamu bisa menikmati waktu liburanmu dengan baik. Untuk informasi llebih lanjut mengenai jam buka dan lain-lain kamu bisa menghubungi petugas dengan no call center 0895 3928 25163.

Fasilitas Liburan Gumuk Pasir Parangkusumo

Spot Foto Romantis di Bantul

Gumuk Pasir: Spot Foto Romantis di Bantul

Area wisata ini belum dikelola oleh pemerintah secara optimal itulah mengapa fasilitas di tempat ini masih minim belum selengkap tempat wisata yang lebih dulu di buka dan terkenal.

Namun kamu jangan khawatir sebab fasilitas di sini cukup membuat para pengunjung nyaman yang di buat oleh para petugas dan di bantu oleh para pemuda kreatif local. Berikut beberapa fasilitas yang ada di gumuk pasir parangkusumo :

  • Area parkir yang luas dan aman sehingga para pengunjung tidak perlu susah-susah menitipkan kendaraannya dimana
  • Toilet umum juga disediakan di tempat ini dengan kebersihan yang selalu terjaga dan kamu perlu membayar Rp. 2000 sekali pakai sebagai uang kebersihan
  • Warung makan juga ada lho meski masih ala kadarnya namun sudah bisa membuat kamu kenyang dengan menu yang cukup beragam.
  • Mushola juga ada buat kamu yang akan menjalankan ibadah tak peru repot-repot mencari mushola di luar lokasi sebab tempat ini juga menyediakan mushola yang nyaman
  • Tong sampah juga disediakan petugas untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan
  • Kursi-kursi bambu disediakan buat para pengunjung yang ingin beristirahat dan duduk-duduk sejenak sebelum memulai permainan.
  • Spot foto yang keren juga ada di sini bagi kamu penggila selfi dan fotografi seperti spot ayunan yang kerap dijadikan background foto praweding

Lokasi Tempat Pembuatan Video Klip

Tempat Hits di Bantul Gumuk Pasir via IG @fizarotul93

Tempat Hits di Bantul Gumuk Pasir via IG @fizarotul93

Hal yang lebih keren lagi dari Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pernah dijadikan lokasi pembuatan video klip ho. Bukan hanya digunakan sekali namun beberapa band besar Indonesia pernah menjadikan lokasi ini sebagai pembuatan video klip dilagunya.

Beberapa video klip tersebut adalah video dari grup band Letto asal Yogyakarta serta si diva Indonesia Agnezmo dengan lagunya yang berjudul Godai Aku Lagi. Kebanggan tersediri yang buat warga Jogja.

Kunjungi juga: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo

Menyusuri jalan menuju pantai parangtritis sekitar 1 hingga 2 jam menggunakan motor pada waktu normal kamu akan sampai tiba dilokasi wisata dengan gundukan pasir langka. Gundukan pasir ini terletak di Bantul Yogyakarta. Gundukan pasir ini bernama gumuk pasir parangkusumo.

Gundukan pasir yang ada di sini terbilang langka hanya terdapat di dua Negara di Dunia yaitu Meksiko dan Indonesia tentunya. Gundukan pasir ini bertipe barchans dengan iklim yang tidak sesuai dengan tipenya yaitu tropic basah.

Gundukan pasir ini berasal dari erupsi gunung merapi dimana endapan pasirnya di bawa oleh beberapa sungai yang bermuara di pantai selatan.

Beberapa sungai tersebut adalah sungai Progo dan sungai Opak. Nah pasir ini akan terendap di pinggir pantai dan angin dari  samudra hindia membentuknya menjadi gundukan pasir dan menjadi bentang alam yang unik dan langka.

Gundukan pasir ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 5 hingga 15 meter kemudian dimanfaatkan oleh warga Jogja untuk berselancar pasir atau lebih dikenal dengan nama sendboarding.

Gumuk pasir ini membentang 2 kilometer di sepanjang  pantai mulai dari pantai parangtritis hingga pantai depok. Meski gumuk pasir ini membentang di selatan jawa namun pembentukannya yang paling signifikan berada di Yogyakarta.

Meski di beberapa Negara di Asia terdapat gumuk pasir seperti Filiphina dan Vietnam namun gumuk pasir parangkusumo menjadi tempat sandboarding satu-satunya di Asia.

Bagi kamu yang ingin menikmati fasilitas ini disediakan penyewaan papan dengan tarif sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 200.000. oeh pihak pengelola bukan hanya disediakan penyewaan papan selancarnya saja namun sekaligus dengan pemandunya juga yang siap membantu kamu bermain.

Spot Foto di Gumuk Pasir via IG @twins_rj

Spot Foto di Gumuk Pasir via IG @twins_rj

Di area sanboarding ini kamu tidak hanya bisa berselancar ria namun juga bis dijadikan spot foto yang menarik. Kamu bisa berfoto layaknya kamu tengah berada di hamparan padang pasir.

Di tempat ini juga disediakan spot foto unik lainnya yaitu ayunan kamu bisa berpose seolah-olah kamu berayun di padang pasir yang terdapat di Mesir. Lokasi ini selain sering dijadikan tempat pembuatan video klip dari band besar Indonesia juga kerap dijadikan lokasi foto praweddig dengan background padang pasir.

Aktivitas Seru di Gumuk Pasir Parangkusumo

Golden Sunset di Pasir Gumuk Parangkusumo

Golden Sunset di Pasir Gumuk Parangkusumo

Akhir-akhir ini gumuk pasir parangkusumo memang sering wara-wiri di internet khususnya instagram dimana secara tidak sengaja menjadi ajang promosi gratis yang membuat lokasi ini semakin ngehits dan eksis. Tempat ini bukan hanya bermain pasir dan berselancar lho namun kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti :

  • Kamu bisa menyalurkan hobi berfoto kamu di hamparan padang pasir
  • Tentu saja kamu bisa melakukan kegiatan utama di tempat ini yaitu berselancar di pasir menggunakan papan selancar atau yang lebih dikenal dengan nama sendboarding
  • Kamu juga bisa bersantai di atas ayunan yang tersedia di sana sambil berfoto ria
  • Bagi kamu yang akan melakukan foto praweding dengan konsep alam terbuka kamu juga bisa melakukannya di area ini.
  • Menikmati Sunset di padang pasir bersama pasangan tentunya sangat indah dan romantis
  • Pembuatan video klip dan lain-lain juga bisa dilakukan di sini

Jangan lupa mampir juga ke: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Tips Liburan

Gumuk Pasir via IG @edo_ari_anggara

Gumuk Pasir via IG @edo_ari_anggara

Bagi kamu yang tengah melakukan rencana perjalanan liburan ke kota Jogja jangan lupa mengunjungi gumuk pasir parangkusumo yang terletak di dekat pantai parangtritis. Kami memiliki tips khusus bagi kamu yang memang akan mengunjungi gumuk pasir ini yatu :

  • Hindari datang pada musim penghujan karena pasir menjadi basah dan sulit untuk berselancar di sana atau datanglah pada saat cuaca cerah
  • Pastikan budget atau dana kamu cukup untuk melakukan perjalanan
  • Suhu di gumuk pasir ini terkadang cukup ekstrim maka sebaiknya gunakan kaca mata agar pasir yang terbang bersama angin tidak masuk ke mata anda dan menyebabkan iritasi
  • Untuk menghemat biaya kamu bisa membawa perbekalan sendiri seperti membawa makanan atau minuman sendiri. Membawa bekal sendiri selain menghemat biaya juga menjamin kualitas makanan kamu sebab memang membuat makanan sendiri lebih terjamin kesehatannya di banding makanan yang beli di luar
  • Pastikan kondisi tubuh dan kendaraan anda prima agar siap berlibur
  • Bawa peralatan kesehatan sebagai antisipasi hal – hal yang tidak di inginkan.
  • Hal yang paling sederhana namun penting ketika kamu mengunjungi semua tempat adalah buanglah sampah pada tempatnya, sebab kebersihan dan keindahan lingkungan kita bukan hanya tanggung jawab salah satu pihak namun juga menjadi tanggung jawab kita semua, oleh sebab itu buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.

Objek Wisata di Dekat Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain mengunjungi gumuk pasir ini, anda juga  bisa mengunjungi beberapa objek wisata di sekitarnya, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Arjuna Wisata Jogja
  • Seven Trans Jogja
  • Pantai Cemara Sewu
  • Gereja Ganjuran
  • Pantai Depok
  • Jogja Driver Team
  • Parangtritis Geomaritime Science park
  • Hutan Pinus Imogiri
  • Hutan Pinus Bukit Becici
  • Makam Raja – Raja Imogiri
  • Kebun Buah Mangunan
  • Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Hotel Terdekat

Bagi kamu yang berencana menginap dekat lokasi wisata kami memiliki daftar hotel terdekat yang bisa kami pilih yaitu :

  • Greenhost Boutigue Hotel dengan harga Rp. 529.368/ kamar/ malam
  • Horizon Lynn Yogyakarta dengan harga Rp. 351.232/ kamar/ malam
  • Hotel Indies heritage Prawirotama dengan tariff Rp. 467.100/ kamar/ malam
  • Gallery Prawirotaman Hotel dengan tariff Rp. 614.999/ kamar/ malam
  • Queen Of The South Resort dengan tariff Rp. 832.343/ kamar/ malam
  • Adhisthana Hotel Yogyakarta dengan tariff Rp. 160.00/ kamar/ malam
  • Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta dengan tariff Rp. 308.000/ kamar/ malam
  • Burza Hotel Yogyakarta denga tariff Rp. 361.388/ kamar/ malam
  • Kj Hotel Yogyakarta dengan tariff Rp. 500.000/ kamar/ malam
  • The Grand Palace Hotel Yogyakarta dengan tariff Rp. 329.175/ kamar/ malam

Tempat Makan Dekat Gumuk Pasir Parangkusumo

Berikut ini daftar tempat makan di sekitar gumuk pasir ini:

  • Pundunga Garden Café
  • RM Mba Rina – ayam & bebek goring
  • WARUNG MAKAN NASI GORENG
  • Gudeg Pawon & Mangut Lele Mbah Marto
  • Warung Makan Salsabila 2
  • Warung Bumi Langit
  • Bakmi Mah Mo
  • Ingkung Kuali
  • Warung Soto Rejeki
  • Tongseng & Gulai Ayam Kampung Sudimoro
  • Kedai Wedangan
  • Tiwul Ayu Mbok Sum
  • Warung Bakmie Shibitshu
  • Rumah Makan Manggar Manding
  • Geplak Mbok Tumpuk

*****

Nah itulah ulasan dari kami mengenai tempat wisata unik dan langka yang terdapat di kota Jogja. Tempat ini memang cocok menjadi tempat wisata yang akan anda kunjungi ketika liburan nanti. Bagi kamu yang penat dengan rutinitas harian dan perkotaan anda juga dianjurkan datang ke tempat ini. Selamat berkunjung, selamat berselancar ria di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *