Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Paket Dll

Desa Wisata Tembi –  Untuk urusan tempat wisata, Yogyakarta memang rajanya destinasi, berbagai tempat pariwisata keren ada di sana, mulai dari pantai parangkritis, malioboro, dan berbagai tempat wisata keren lainnya yang terkenal bukan hanya di Indonesia namun sudah mendunia dan menjadi surganya para turis mancanegara, sebab jogja memiliki budaya yang kental, sarat akan sejarah, panorama, serta wisatanya yang masih asri.

Sejarah Desa Wisata Tembi

Pada abad ke ke 16 ki Ageng pemanahan di beri hadiah yang berupa alas mentoak karena telah berhasil mengalahkan Arya Penangsang yang menjadi musuh kesultanan pajang. Pada tahun 1577 alas mentoak diubah menjadi Kotagede oleh Ki Ageng Pemanahan.

Pada tahun 1584 kota gede kehilangan pendirinya dengan meninggalnya Ki Ageng Pemanahan. Lalu peran Ki Ageng Pemanahan di gantikan oleh Penembahan Senopati dalam memaju kembangkan kota gede.

Namun pada tahun 1645 kota gede kembali kehilangan penguasanya yaitu Sultan Agung. Namun hal itu justru menjadi pemicu  perebutan kekuasaan di dalam istana kerajaan, hal tersebut tentunya membuat sang raja gusar lalu raja mengutus para penerusnya yaitu anak-anaknya mendiami kota yang bernama Tembi untuk dilatih dan ditempa agar menjadi lebih baik lagi.

Di desa tembi yang sunyi anak-anak raja dilatih menjadi pribadi yang berbudi, bermartabat, serta peka akan kebutuhan sesama oleh kyai dan nyai tembi.

Setelah siap anak-anak raja dilepas untuk mengarungi kehidupan. Kemudian setelah menjadi tempat penempahan kepribadian anak-anak raja desa Tembi dijadikan desa wisata setelah tiga abad berlalu tepatnya pada tahun 1997.

Desa Wisata Tembi via Gedangsari

Desa Wisata Tembi via Gedangsari

Lokasi Desa Wisata Tembi

Nah kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata yang bernuansa pedesaan yaitu desa wisata tembi. Awalnya tempat ini hanya merupakan kawasan homestey, namun saat ini juga dimanfaatkan sebagai  destinasi wisata. Desa tembi berlokasi di jl. Parangkritis KM 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Mriyan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55186.

Desa wisata tembi menawarkan suasana yang sangat tradisional dan dekat dengan alam, dengan pilihan homestey dengan tingkat kenyamanan berbeda-beda. Dimana homestey  yang ditawarkan berupa rumah jawa ala-ala bangunan joglo dan limas dan dengan ornamen kayu sebagai penghias seluruh isi ruangan.

Homestey di tembi yang berupa rumah-rumah joglo dan dipadukan dengan interior klasik namun masih terlihat elegan kini semakin diminati dan dikenal luas karena homesteynya mendapatkan Award sebagai homestey desa wisata terbaik se ASEAN tahun 2016. Selain itu desa tembi juga dijuluki Rumah Budaya dengan berbagai kegiatan budaya yang ditawarkan.

Rute Menuju Desa Wisata Tembi

Untuk mencapai lokasi desa wisata tembi anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus.

Lokasi desa wisata tembi dekat dengan pusat kota Yogyakarta hanya sekitar 15 menit perjalanan waktu normal. Jika kamu dari pusat kota jogja ambil jalur menuju Parangkritis, jalan terus hingga menemukan gerbang institut seni Indonesia, jalan terus lalu anda akan menemukan gapura di kanan jalan yang bertulis Desa Wisata tembi.

Jika kamu ingin menikmati perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti bus kamu bisa mengambil bus dengan jurusan jogja-pandansimo serta jogja-parangkritis, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Waktu jauh lebih lama jika dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi yang hanya sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Tembi

Untuk bisa menikmati wisata tembi yang dijuluki rumah budaya dan berbagai fasilitas unggulan di dalamnya serta menawarkan berbagai kegiatan yang mendidik dan bernilai budaya tinggi, anda tak perlu khawatir soal harga masuknya ya sob !, sebab tiket masuknya hanya dibandrol mulai dari Rp.20.000 sampai R. 50.000 saja lho.

Tak sebanding bukan dengan berbagai destinasi yang ditawarkan di dalamnya? Dijamin deh kalian tak akan kecewa telah mampir ke desa wisata tembi.

Tarif Parkir

Desa wisata tembi bukan hanya menyediakan destinasi wisata saja namun berbagai fasilitas pendukung yang bisa menambah kenyamanan para pengunjung juga dibangun, salah satunya area parkir yang luas dan nyaman.

Jadi ketika anda menikmati liburan bersama keluarga anda tak perlu mengkhawatirkan kondisi kendaraan anda.  Untuk parkir mobil hanya dibandrol Rp. 5000 dan parkir motor hanya dibandrol Rp. 3000 saja.

Jam Operasinal

Untuk mencapai tembi anda hanya perlu menempuh 15 menit perjalanan dari pusat kota jogja dengan tiket masuk sekitar 20.000-50.000 rupiah saja. Anda bisa datang ke tempat ini kapan saja sebab desa wisata tembi dibuka 24 jam setiap harinya. Dan no. telp : 02742810338.

Fasilitas Desa Wisata Tembi

Berenang Seru via IG @Lelucky_tour

Berenang Seru via IG @Lelucky_tour

Setiba di desa wisata tembi anda akan disambut dengan area parkir yang luas dan nyaman, lalu kamu akan disambut oleh pendopo yang isinya gamelan dan barang-barang jawa kuno, serta di depannya terpampang sepeda ontel dan mobil kuno.

 Desa wisata tembi memiliki homestey dengan kenyamanan berbeda-beda tergantung dari harga yang ditawarkan, semakin tinggi atau mahal harganya maka kenyamanannya juga semakin tinggi.  Hometey yang ada di sini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti homestey pada umumnya. Homestey di desa tembi dilengkapi dengan ruang tamu, mushola, kamar tidur, kamar mandi, gazebo, ruang keluarga, serta beberapa ruangan lainnya.

Denga suasana etnik jawa dan klasik yang berupa rumah joglo ala-ala kejawen yang dilengkapi degan interior barang-barang klasik yang sangat elegan membuatnya semakin menarik. Selain wisata unggulannya yang berupa homestey tempat ini juga menyediakan banyak fasilitas menarik lainnya seperti Museum Rumah Budaya atau Tembi House Of Culture.

Museum ini sangat kental dengan tradisi jawanya, dengan berbagai koleksi barang yang bervariasi seperti eralatan masyarakat jawa contohnya: tungku, dandang, keris, tombak, bajak, gamelan, batik, serta berbagai peninggalan kuno seperti foto-foto tempo dul, poster kuno,  serta mobil dan motor kuno nan klasik.

Selain itu desa wisata tembi juga dilengkapi dengan perpustakaan  yang mengoleksi berbagai naskah hingga 5000 buku lebih. Anda bisa menikmati museum ini mulai dari hari senin hingga jumat yang dibuka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 wib.

Di desa wisata tembi juga menyediakan kolam renang  yang tidak begitu luas namun cukup nyaman dan private. Kolam renang ini bisa dinikmati para pengunjung dan keluarga.

Untuk harga tiket masuk ke dalam area berenang ini terbagi menjadi dua tipe. Harga pertama dibandrol Rp.27.000.

Dengan harga yang cukup murah ini kamu bisa berenang sepuasnya, sedangkan tipe kedua dibandrol dengan harga Rp. 36.000 dimana kamu bisa berenang sepuasnya dan diberi tambahan sarapan.

Untuk menu sarapan sendiri kamu bisa memilih bakmi goreng atau nasi goreng. Kuliner lainnya yaitu disediakan teh botol dan handuk.

Untuk hari berkunjung atau renang sebaiknya datang di hari biasa senin hingga jumat Karena jumlah pengunjung normal tidak seperti hari libur. Kolam renang dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Sebagai informasi bagi anda yang masuk ke area kolam bak berenang maupun sekedar mengantar tetap dikenakan biaya, serta jika membawa makanan sendiri dari rumah dikenakan denda sebesar Rp. 5000/makanan.

Untuk area kolam ini sendiri didesain senyaman mungkin dengan dedaunan yang tumbuh subur dan sejuk sehingga ketika anda berenang di siang hari tak perlu takut hitam.

Terdapat pula beberapa fasilitas pendukung lainnya di area kolam seperti kamar mandi yang dibangun benar-benar menggunakan unsur bumi yang dibangun dengan ornamen batu, ada juga sekitar 8 meja bagi para pengunjung untuk beristirahat dan meletakkan barang bawaan atau hanya sekedar untuk menikmati makanan dan minuman ringan.Terdapat kolam anak kecil, anak usia dini serta untuk remaja dan dewasa.

Paket Wisata Desa Wisata Tembi

Selain berbagai fasilitas yang disuguhkan desa wisata tembi juga menyediakan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan para pengunjung dengan tarif yang berbeda-beda. Berikut beberapa paket kegiatan wisata :

1. Paket Wisata Desa Tembi

Membatik di Desa Wisata Tembi via Indonesiakaya

Membatik di Desa Wisata Tembi via Indonesiakaya

Di desa budaya ini menyediakan paket desa wisata dengan berbagai kegiatan seperti  membatik kain yang dibandrol  Rp. 30.000 membuat keramik atau tembikar dibandrol Rp. 20.000, tatah sungging wayang yang dibandrol Rp. 50.000, mewarnai keramik yang dibandrol Rp.20.000

Membatik topeng kayu yang dibandrol Rp. 50.000, serta membuat kerajinan yang berupa tempat pensil yang dibandrol Rp. 25.000 serta tempat tissue yang dibandrol Rp. 50.000. paket kegiatan ini bisa mengajarkan anda berbagai cara membuat sesuatu yang bermanfaat dengan kata lain kegiatan ini bisa menambah ilmu anda.

2. Paket Wisata Keliling Desa

Jika anda ingin naik delman dan berkeliling kota tak perlu bingung karena desa wisata tembi juga menyediakan delman dan berkeliling desa dengan kapasitas 5 orang  yang dibandrol dengan harga Rp.150.000. Selain berkeliling di desa anda juga bisa mengambil paket keliling lainnya yaitu berkeliling desa tembi, berkeliling pasar seni gabusan, serta berkeliling ke sentra kerajinan kulit manding yang dibandrol lebih tinggi yaitu Rp. 250.000 dengan kapasitas 5 orang.

Berbagai rute keliling lainnya juga ditawarkan di sana seperti berkeliling naik delman menuju sentra gerabah kasongan di bandrol Rp. 300.000. paket wisata lainnya juga menawarkan berkeliling menggunakan sepeda ontel seperti tempo dulu yang dibandrol Rp. 30.000 selama 3 jam.

3. Paket outbound

Main di Sawah via Sewadroneid

Main di Sawah via Sewadrone.id

Di desa wisata tembi anda juga bisa melakukan kegiatan outbound dengan berbagai pilihan kegiatan sesuai keinginan anda. Berikut contoh kegiatan outbound di desa wisata tembi diantaranya lomba banyu mili, lomba mencari belut di sawah, lomba tangkap bebek di sawah, lomba estafet bakiak, kegiatan menyusuri pematang sawah, bajak sawah, membuat hantu atau orang-orangan sawah, melakukan kegiatan bertani, lomba estafet holahop, hingga lomba gobag sodor.

Seluruh kegiatan autbound mengingatkan kita kegiatan tradisionl yang kita lakukan tempo dulu di pedesaan sangat menyenangkan.  Kegiatan outbound ini mematok tarif untuk pelajar dan mahasiswa Rp. 20.000 sedangkan untuk umum atau orang tua Rp. 35.000.

4. Paket Wisata Kuliner

Kuliner Tembi via Homestaytembi

Kuliner Tembi via Homestaytembi.com

 Bagi anda pecinta kuliner khas jawa anda bisa mengikuti paket wisata kuliner dengan resep special seperti sagon yakni makanan yang terbuat dari gula dan tepung beras, jamu gedang klutuk, bancakan, lodeh, bebek tembi, bubur dan rempah. Sebagai informasi jamu gedang klutuk berkhasiat mengobati panas.

Selain itu wedang rempah yang disediakan disini bervariasi. Pembuatan bubur juga dilakukan secara tradisional yang dimasak menggunakan gerabah tanah liat dan dibakar menggunakan kayu bakar.

 Anda juga bisa membuat ceriping bonggol pisang yang dibandrol Rp. 25.000. Paket kuliner disini juga mengajak anda mengolah bahan-bahan makanan sendiri dann memasak bersama tenaga professional dengan tariff rata-rata Rp. 20.000.

Keistimewaan Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi via Dinas Pariwisata DIY

Desa Wisata Tembi via Dinas Pariwisata DIY

Bicara soal keistimewaan tentunya tempat wisata ini memiliki homestey yang istimewa, menarik, serta terkenal hingga masuk dalam desa wisata terbaik di ASEAN tahun 2016. Sebuah prestasi yang membanggakan di mana homestey yang bernuansa pedesaan dan kental budaya Indonesia ini diakui oleh dunia.

Homestey yang dirancang unik dan menarik dengan desain perpaduan antara jogja dan kalsik. Dengan bangunan homesteynya berupa rumah joglo dengan interior yang klasik dan elegan.

Keistimewaan lain dari desa wisata tembi adalah julukannya sebagai rumah budaya, dengan beraneka kegiatan yang bernuansa budaya seperti kerajinan melukis, membatik, membuat keramik, serta membuat makanan tradisional seperti sagon, keripik bonggol pisang, serta membuat tempe.

Desa wisata tembi juga menyediakan paket wisata seperti paket wisata desa tembi, paket wisata, paket outbound, serta paket kuliner, serta paket lainnya. Selain itu desa wisata tembi juga menyediakan kolam renang yang bisa digunakan para pengunjug bersama keluarga  dengan tipe kedalaman yang berbeda yaitu kolam untuk anak kecil, kolam untuk usia dini, serta kolam dewasa dan orang tua.

Untuk menginap di homestey per malamnya dikenakan tarif antara Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000. homestey disini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, AC, water heater, breakfast, serta TV LED.

Restoran Terbaik Dekat Wisata Tembi

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata kuliner di dekat desa wisata tembi juga bisa mengunjungi berbagai restoran terbaik seperti :

  • Restoran ICONIC Gelato & Bistro
  • Restoran Route 69
  • Restoran warung hanya
  • Restoran Paideia
  • Restoran Golden Cleopatra Restaurant
  • Restoran The Beatles Pub & Restaurant
  • Restoran Massimo Express Yogyakarta
  • Restoran kedai dHoi
  • Restoran La Pergola
  • Restoran Barcelona Taps
  • Restoran Rapoppo Kushiyaki Bar
  • Restoran Café Janur
  • Restoran EasyGoln Grill & Garden
  • Restoran Putu Bujangga
  • Restoran Laba Laba Cafee
  • Restoran Zango Resto
  • Restoran Pour Over Caffee
  • Restoran Denaro Pizza & Pasta
  • Restoran Rapopo Resto Garden
  • Restoran Jogja Vespa Café & AdVenture
  • Restoran Slice & Grill
  • Restoran Kantin S15
  • Restoran Wangun “Warung Angkringan Unik”
  • Restoran Warung GOA Indian Food & Rooms
  • Restoran Tirana Kitchen
  • Restoran Rumah Sawah

****

Demikianlah artikel mengenai desa wisata tembi yang sarat akan budaya hingga mendapatkan julukan sebagai desa budaya, dengan homestey yang dirancang khas jogja yaitu rumah joglo dengan pemilihan interior yang elegan dan klasik.

Selain itu terdapat pula berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas dan nyaman, mushola, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, serta berbagai fasilitas lainnya.

Terdapat pula berbagai paket pilihan menarik yang masih mengusung tema kebudayaan. Semoga ulasan kali ini bisa membantu anda dalam menentukan tempat wisata keluarga anda selanjutnya. terimakasih

Kunjungi juga yuk: 27 Objek Wisata Curug di Jogja

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *