Puri Mataram Sleman

Nyero.ID – Jogja dikenal sebagai Kota Budaya dengan nuansa Jawa yang begitu kental.  Ragam budaya dan tradisi di provinsi yang dikenal sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta ini pun masih banyak yang dilestarikan hingga saat ini.

Bukan hanya dari segi budayanya saja yang begitu melekat, Jogja juga memiliki potensi wisata yang sangat beragam.  Mulai dari wisata alam yang begitu menawan, hingga wisata sejarah, budaya, edukasi dan hiburan yang menyenangkan.

Destinasi wisata di Jogja bukan hanya terpusat di Kota Jogja saja tetapi juga tersebar di empat wilayah kabupatennya yang memiliki daya tariknya masing-masing.

Berbicara tentang wisata Jogja memang seolah tidak ada habisnya, karena ada saja destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Beberapa diantaranya merupakan destinasi wisata kekinian yang menyajikan spot-spot foto nan instagrammable.  Salah satunya adalah Puri Mataram yang berada di wilayah Kabupaten Sleman, Provinsi DIY.

Hanya berjarak sekitar 8 km saja dari pusat Kota Jogja, kamu bakal diajak untuk merasakan nuansa tradisional Jawa yang begitu kental.  Pembangunan Puri Mataram ini sendiri memanfaatkan dana desa dan sebagian lagi dari swadaya masyarakat, dengan konsep tempat wisata keluarga berbasis kebudayaan Kerajaan Mataram.

Dengan konsep ini diharapkan pengunjung bukan hanya sekedar datang untuk rekreasi saja, tetapi juga bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dan mengedukasi.  Sesuai dengan konsep yang diusung, maka suasana di tempat wisata ini pun disetting dengan nuansa klasik tempo dulu.

Mulai dari bentuk bangunan, kuliner, hingga alat transaksi pada hari-hari tertentu yang disebut uang pandel.  Yaitu alat pembayaran yang hanya berlaku ketika diadakan Pasar Ndelik.  Konsep pasar tradisional ini biasanya digelar setiap hari Ahad dan hari libur nasional saja.

Adapun menu makanan yang dijual di pasar ini merupakan jajanan tradisional seperti cenil, dawet, dan menu lainnya.  Uang atau alat pembayaran yang digunakan untuk membeli di pasar ini terbuat dari koin berbahan kayu dan bisa didapatkan dengan cara menukar uang sejumlah tertentu sesuai dengan nominalnya masing-masing.

Bukan hanya menawarkan sensasi liburan seru dan edukatif saja, Puri Mataram Sleman juga dilengkapi dengan beberapa wahana permainan dengan tema tertentu yang akan membuat momen liburanmu semakin seru dan tak terlupakan.  Wahana yang tersedia saat ini antara lain adalah Becak Air, Taman Bunga, Taman Kelinci, Taman Kitiran, dan Wahana Tangkap Ikan.

Meskipun tempat wisata ini terbilang baru dan resmi dibuka pada bulan November 2018 namun sangat menarik perhatian wisatawan.  Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menikmati momen liburan bersama sahabat ataupun keluarga.

Keberadaan Puri Mataram Sleman semakin populer karena banyak pengunjung yang mengunggah foto-foto mereka di tempat ini.  Tidak heran jika banyak yang kemudian penasaran dengan tempat wisata ini dan ingin datang langsung untuk mendapatkan pengalaman liburan yang sama serunya.

Sebelum mengunjungi tempat ini ada baiknya kamu mengetahui beberapa informasi tentang Puri Mataram Sleman, mulai dari harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik dan lokasinya seperti berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi wisata Puri Mataram Sleman rupanya tidak dikenakan biaya alias gratis.  Namun untuk masuk ke beberapa taman atau wahana yang ada di tempat ini dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 – Rp.15.000 per orang.

Tersedia juga tiket terusan untuk 5 wahana dengan penawaran harga yang menarik.  Sementara untuk sepeda motor dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3000, dan untuk mobil sebesar Rp 5.000.

Jam Operasional

Puri Mataram Sleman buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB, sementara untuk restorannya buka sampai pukul 21.00 WIB.  Waktu terbaik untuk jalan-jalan dan mengeksplore Puri Mataram adalah di pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari.  Kalaupun datang di siang hari pastikan untuk membawa topi.

Fasilitas

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, Puri Mataram Sleman sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang cukup memadai.  Mulai dari area parkir, toilet, mushola, taman, hingga restoran.  Tempat ini juga menyediakan fasilitas dompet digital sebagai layanan pembayaran non tunai bagi pengunjung.

Tersedia juga fasilitas berupa pendopo yang bisa disewa untuk berbagai acara seperti gathering, meeting, reuni, dll.  Tempat ini juga terhubung dengan Kampung Flori sehingga momen liburanmu akan semakin menyenangkan.

Daya Tarik

Sebagai salah satu destinasi wisata kekinian dengan konsep alami dan nuansa budaya Jawa yang begitu kental, Puri Mataram sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.  Selain itu, area wisata yang cukup luas dengan pemandangan alam yang menawan membuat siapapun akan betah berada di tempat ini.

Lokasi Puri Mataram yang tidak jauh dari pusat Kota Jogja juga menjadi daya tarik tersendiri karena lebih mudah untuk diakses, apalagi dengan kondisi jalan yang cukup memadai.

Untuk memasuki area tempat wisata pengunjung tidak dikenakan biaya, jadi kamu bisa berjalan-jalan di lokasi wisata tanpa harus masuk ke wahana yang tersedia.  Sementara jika ingin menjelajahi taman atau wahana yang tersedia di tempat ini maka dikenakan tarif masuk sebesar Rp.10.000 – Rp.15.000.

Nuansa alam yang begitu kental memberikan kesejukan tersendiri terutama di sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terik.  Ditambah dengan semilir angin yang berhembus membuat momen liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan.

Suasana alam di tempat ini memang sangat nyaman dan bikin betah, salah satu spot yang cukup menarik adalah danau kecil dengan kawanan ikan koi di dalamnya.  Selain itu kamu juga bisa menjelajahi beberapa taman atau wahana yang tersedia untuk berfoto selfie dan seru-seruan bareng keluarga.

Beberapa wahana yang ada di tempat ini antara lain adalah Taman Kincir, Taman Kaktus, Taman Kelinci, Taman Domba Merino, Kolam Tangkap Ikan dan Perahu/Bebek Air.  Kamu juga bisa mencoba terapi ikan dengan biaya sukarela untuk sekedar merelaksasi kakimu yang lelah.

Salah satu keunikan dan daya tarik dari tempat ini adalah event Pasar Ndelik yang biasanya diselenggarakan pada hari ahad atau hari libur nasional.  Pasar dengan konsep tradisional ini menjual berbagai makanan “ndeso” seperti nasi jagung, es dawet, gudangan, jenang-jenangan, dan jajanan tradisional lainnya.

Sembari makan jajanan kamu bisa duduk santai di gubuk-gubuk yang tersedia dan menikmati pemandangan sekitarnya yang asri dan menyejukkan mata.

Di Puri Mataram Sleman ini kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai macam spot selfie nan instagenic dengan tema-tema yang menarik.  Salah satunya adalah spot foto di Taman Kitiran yang begitu ikonik dengan replika Tugu Jogja dan hamparan taman bunga di sekitarnya.

Selain itu kamu juga bisa menyusuri jembatan bambu dengan pemandangan area persawahan yang menyejukkan mata.  Kamu bisa memilih spot foto yang paling kece untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tempat wisata ramah anak ini bukan hanya menarik untuk refreshing dan berfoto saja tetapi juga sangat mengedukasi.  Anak-anak bisa berinteraksi dan memberi makan kelinci, domba, dan ikan sehingga menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi mereka.

Setelah lelah berkeliling dan merasa lapar, kamu bisa mencicipi aneka menu di restoran Puri Mataram yang cukup bervariasi dan menggugah selera.

Lokasi

Puri Mataram Sleman terletak di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Atau sekitar 8 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *