Pura Tanah Lot – Harga Tiket Masuk

Pura Tanah Lot – Liburan paling menyenangkan sampai saat ini mungkin, masih ditempati Pulau Bali. Dimana, kawasan ini mempunyai berbagai macam pariwisata yang menarik untuk dikunjungi.

Hampir setiap sudutnya menghadirkan pesona alam yang benar-benar menawan hati. Seperti halnya, Pura Tanah Lot yang hadir dengan Pantai Tanah lotnya.

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Objek wisata ini bisa dibilang tidak akan pernah sepi oleh wisatawan. Baik wisatawan Nusantara hingga Wisatawan Mancanegara. Mereka berburu matahari terbenam yang memang terkenal sebagai pemandangan senja terindah di dunia.

Biasanya, pada pukul 4 hingga pukul 5 sore. Banyak wisatawan satu per satu berdatangan untuk menikmati momen yang hanya akan terjadi satu kali ini.

Apalagi, bagi para pecinta fotografi jam-jam ini merupakan jam terbaik untuk mereka datangi lantaran langit sedang cerah-cerahnya. Sehingga, tidak ada alasan untuk menunda-nunda waktu.

Sebagai salah satu rekomendasi wisata keluarga. wisata Pura tanah Lot itu tidak hanya menyajikan pesona sunset atau juga pantainya saja. Anda akan disuguhkan fasilitas berupa toko souvenir yang cukup lengkap.

Selain itu ada pula beberapa warung-warung yang berdiri dan menjajakan berbagai macam kebutuhan seperti air minum, makanan, camilan, es kelapa muda, dan masih banyak lagi.

Kebersihannya pun sangat terjaga dengan baik. Sehingga, panorama alam ini sangat sulit untuk dilewatkan.

Jangan lupa pula sore hari menikmati makanan khas Bali berupa kue klepon yang rasanya gurih dan manis lantaran terbuat dari ketan serta gula aren serta di tambah kelapa parut. Rasanya benar-benar mantap.

Kunjungi juga –> Daftar 25 Tempat Wisata di Bali yang paling rekomended.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk Pura Tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/alexiss929/

Bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh Pura Tanah Lot.

Harga tiket masuk Pura Tanah Lot gratis aatau tidak ada biaya untuk menikmatinya. Hanya saja, anda wajib membayar tiket parkir sebesar 20 ribu rupiah untuk mobil.

Bagi anda yang membawa kendaraan bermotor maka anda akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah.

Datang juga ke –> Pantai Padang Padang Bali.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat Pura Tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/anthonymanning.photography/

Alamat Pura Tanah Lot terletak di Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Kabupaten Badung, Bali. Jarak dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju ke objek wisata ini kurang lebih 27 km. Menempuh waktu kurang lebih 1 jam 7 menit.

Rute menuju Pura Tanah Lot untuk pertama kali arahkan kendaraan menuju ke Jalan By Pass Ngurah Rai masuk ke Jl. Sunset, Raya Canggu.

Jalan menuju Pura Tanah Lot selanjutnya, menuju ke Jalan Raya Tanah Lot yang berada di Beraban. Jalanlah sejauh 3 km hingga anda akan tiba di titik lokasi.

Kunjungi juga –> Pantai Dreamland Bali.

Daya Tarik Pura Tanah Lot Bali

Berbagai hal yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke wisata ini:

1. Sejarah

 wisata Pura tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/manfredtiedemann/

Ada sejarah panjang yang mengarungi perjalanan dari Lokasi wisata Pura Tanah Lot ini yang masih berhubungan dengan perjalanan suci dari Blambangan beliau bernama Dang Hyang Nirartha yang menyebarkan ajaran agama hindu ke pulau dewata.

Beliau pertama kali tiba di pulau ini pada tahun 1489 masehi yang berhenti di Pura Rambut Siwi. Sebelum pergi dan melanjutkan perjalanan beliau melakukan upacara Surya Cewana bersama dengan masyarakat sekitar.

Beliau berjalan menuju kearah timur dan melewati pesisir pantai selatan Pulau Dewata. Perjalanan beliau pun akhirnya tiba di sebuah batu karang besar yang terdapat sumber mata air. Dimana karang ini menyerupai burung beo sehingga disebut dengan gili beo.

Kawasan ini masuk dalam wilayah desa beraban dimana beberapa masyarakatnya sering membawa persembahan untuk beliau. Sementara itu, di desa ini dipimpin oleh bendesa beraban sakti yang tidak menyukai Dang Hyang Nirartha. Beliau menganggap ajaran dari tidak searah dengannya.

Bendesa beraban sakti pun mengusir para pengikut Dang Hyang Nirartha. Dengan kekuatan yang beliau memiliki, beliau merubah gili beo dari pinggir hingga ke tengah. Melihat kemampuan itu, bendesa beraban sakti pun mengakui kesaktian Dang Hyang Nirartha. Sebelum beliau pergi, beliau memberikan sebuah keris pusaka.

Keris yang dberikan tersebut bernama jaramenara atau keris ki gajah baru. Kemudian, disucikan di puri Kediri. Sebelum kepergiannya pula Dang Hyang Nirartha pun menyarankan untuk membangun sebuah pura. Hingga, akhirnya dibangunlah pura tanah lot.

Lihat juga –> Pantai Sanur Bali.

2. Upacara Keagamaan

 wisata Pura tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/just_travel_is_life/

Selain bisa melihat keindahan yang benar-benar esoktis. Anda juga bisa melihat pertunjukkan upacara keagamaan di pura satu ini. Namanya piodalan atau pujawali yang akan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Atau 210 hari sekali menurut kalender saka.

Dalam perhitungan masyarakat Bali. Upacara Piodalan ini akan jatuh pada hari Buda Wage Langkir atau 4 hari setelah hari Raya Kuningan. Para pemedek ini sebelum melakukan upacara Piodalan akan bersembahyang terlebih dahulu ke Beji Keler.

Nah, Biji Kaler ini sendiri adalah mata air suci yang letaknya di bawah pura tanah lot. Mereka akan membasuh dan meminum air suci ini. Tujuannya adalah agar jiwa dan pikiran mereka benar-benar suci sebelum melakukan sebuah persembahan di Pura Tanah Lot.

Dalam upacara ini, kebanyakan masyarakat bali akan melakukan sembahyang dengan meminta perlindungan dan keselamatan serta kesejahteraan. Upacara di pura ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 hari lamanya.

Kunjungi juga –> Pantai Nusa Dua Bali.

3. Mitos

 wisata Pura tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/ahrin1980/

Bila anda berkunjung ke Pura Tanah Lot jangan heran bila anda mendengar tentang Mitos yang berkembang pesat di kalangan warga setempat seperti, cerita nyi roro kidul yang ada di Yogyakarta. Dimana, kawasan ini ada ular suci yang konon katanya dipercaya sebagai pelindung, penjaga, dan penyelamat Tanah Lot.

Ular suci ini bertugas untuk menjaga pura dari tindakan jahat mereka yang ingin mengotori pura dengan sikap kurang bersahaja. Ular suci ini sejenis ular laut yang mempunyai bisa cukup mematikan dan berbahaya. Bisa menyebabkan kematian bagi anda yang terkena bisanya.

Tubuh dari ular ini pun cukup unik berwarna hitam dan putih melingkar. Bagi anda yang ingin melihat keberadaannya. Anda bisa pergi ke sudut karang pura. Jangan bermain-mainnya dengannya. Bagi anda yang tidak mempunyai niat buruk, anda bisa mengelus-elus dengan ditemani pawang ular yang sudah sangat mengerti dengan ular ini.

Mitos lain yang juga dipercaya oleh masayarakat setempat adalah saat anda mengelus-elus ular ini sembari berdoa. Maka, apa yang akan anda doakan akan terwujud. Entah benar ataukah tidak hanya anda yang tahu.

Datang juga ke –> Pasar Seni Sukawati Bali.

4. Penginapan Sekitar

 rute menuju Pura Tanah Lot
foto: https://www.instagram.com/ahrin1980/

Bagi anda yang ingin menikmati Pura tanah lot lebih lama lagi. Anda bisa menginap di berbagai penginapan sekitar. Hadir dengan berbagai macam fasilitas yang mumpuni. Salah satu rekomendasinya adalah Dewi Sinta.

Hotel bintang tiga dengan fasilitas kolam renang, wifi, dengan harga per malam per kamarnya kurang lebih 375 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan?

Pada tahun 1980 lalu. Pura ini terkena abrasi laut yang sangat dahsyat sehingga, keberadaan pura ini pun sangat berbaya untuk wisatawan dan juga pemedek. Oleh karena itu, pemerintah pun mengadakan proyek bersama jepang dan jerman membuat pura tanah lot ini tahan dari abrasi.

Baca juga –> Pantai Kuta Bali.

Mungkin, sekian dulu perjalanan menjelajah Pura Tanah Lot. Keindahan yang lengkap dari sudut hingga ke sudut lagi menjadi sebuah pemandangan yang luar biasa, tidak ada satu pun yang bisa mengalahkan. Banyak wisatawan yang sudah beberapa kali mengunjungi kawasan ini. Lalu kamu kapan?


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *