Puncak Muhasabah Medan

Nyero.ID – Mandailing Natal merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.  Sering disebut dengan Madina, Mandailing Natal juga berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.  Seperti wilayah lainnya di Indonesia, Kabupaten yang beribukota di Panyabungan ini menyimpan potensi wisata yang cukup beragam dengan berbagai jenis destinasi wisata di dalamnya.

Beberapa tempat wisata di Madina sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan.  Diantaranya adalah Pemandian Air Panas Balerang, Purba Jalu, Hutaraja, dan Siabu.  Selain pemandian air panas, destinasi wisata lainnya yang tak kalah populer adalah Pantai Batu Rusa, Pantai Barat, Pantai Sikara-kara, dan Pantai Galon.

Di Madina wisatawan juga bisa menyambangi Danau Marambe, Danau Siombun, hingga Puncak Sorik Merapi dengan panorama yang begitu menyejukkan mata.  Destinasi wisata alam dengan panorama pegunungan seperti di Puncak Sorik Merapi memang sedang hits di kalangan wisatawan.

Berbicara tentang wisata alam kekinian di ketinggian, di Madina juga terdapat beberapa spot wisata baru dengan konsep kekinian yang sangat menarik.  Salah satu yang masih terbilang baru dan cukup hits adalah Puncak Muhasabah yang berada di Pegunungan Tor Sihite, Desa Sipaga-paga, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Kota Panyabungan sendiri berjarak sekitar 460 km dari ibukota Provinsi Sumatera Utara.  Kota yang dikepung dengan latar perbukitan ini memang memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis.  Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih kota ini sebagai salah satu tujuan wisata di akhir pekan.

Kota yang terkenal dengan sebutan “Bumi Gordang Sambilan” ini bisa menjadi titik awal persinggahan para wisatawan sebelum mengeksplore ragam destinasi wisata di wilayah Madina seperti halnya Puncak Muhasabah ini.

Objek wisata alam ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Madina karena menyajikan panorama alam yang begitu menawan.  Dari atas ketinggian bukit, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam berupa landscape Kota Panyabungan.

Menunggu sunset di Puncak Muhasabah menjadi momen yang tidak boleh dilewatkan.  Perlahan namun pasti sinar mentari yang meredup di langit Panyabungan terlihat sangat eksotis.  Bagi para pecinta senja, momen sunset inilah yang paling ditunggu dan tidak akan pernah luput dari bidikan kamera.

Sesuai dengan namanya, di Puncak Muhasabah ini pengunjung akan diajak untuk merenung dan mengkaji diri dengan suguhan panorama alam nan indah karya Sang Pencipta.  Sehingga semakin mensyukuri segala karunia yang telah dianugerahkan.

Untuk mematangkan rencana liburanmu ke Puncak Muhasabah, berikut adalah beberapa informasi tentang harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Meskipun menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan, namun biaya yang diperlukan untuk menikmati keindahan Puncak Muhasabah sangatlah terjangkau.  Dengan pesona dan keindahan Puncak Muhasabah, liburan murah meriahmu di tempat ini tidak akan mengecewakan.

Jam Operasional

Sebagai salah satu destinasi wisata hits di Mandailing Natal, Puncak Muhasabah buka setiap hari dari pagi hingga malam hari.  Di tempat ini kamu bakal dimanjakan dengan keindahan panorama alam di ketinggian dengan view Kota Panyabungan yang menawan.

Fasilitas

Puncak Muhasabah Madina ini masih dalam tahap pengembangan dan pihak pengelola pun berupaya untuk melengkapi berbagai macam fasilitas di dalamnya demi memberikan kenyamanan pada pengunjung.

Daya Tarik

Puncak Muhasabah merupakan salah satu spot wisata yang cukup hits di kalangan wisatawan.  Destinasi wisata ini menyajikan keindahan alam di ketinggian yang begitu eksotis.  Sejauh mata memandang, pengunjung hanya akan menyaksikan keindahan alam.

Dari atas ketinggian Puncak Muhasabah, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Panyambungan diantara sejuknya udara pegunungan.  Keindahan bukit ini terlihat semakin eksotis dengan adanya bebatuan alam yang tersusun sedemikian rupa dan bunga penuh warna yang ditempatkan di beberapa sudut lokasi wisata.

Sesuai dengan namanya, Puncak Muhasabah memang sangat cocok dijadikan tempat untuk merenung dan sejenak menyingkir dari kesibukan.  Suasana alamnya yang sejuk dan panorama alam yang indah terasa sangat menenangkan.  Tidak salah jika banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk rekreasi dan sekedar merefresh pikiran.

Spot wisata alam dengan panorama alam khas perbukitan ala Puncak Muhasabah Madina bukan hanya menarik untuk dikunjungi tetapi juga menarik untuk dieksplore keindahannya.  Jika sudah berada di tempat ini, pengunjung tidak akan melewatkan waktu untuk berfoto dengan background pemandangan alam nan instagenic.

Selain menunggu dan mengabadikan momen sunset, Puncak Muhasabah juga sangat menarik untuk kegiatan kemah.  Di malam hari, pemandangan Kota Panyabungan tidak kalah menawan dengan kerlap kerlip lampu yang terlihat begitu syahdu.

Lokasi Puncak Muhasabah yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Panyabungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena lebih mudah untuk diakses.  Selain itu, lokasinya yang berada di wilayah Panyabungan juga berdekatan dengan beberapa destinasi wisata yang tak kalah hits.  Diantaranya adalah Beranda Madina, Taman Raja Batu, dan Tapian Siri-siri Syariah.

Beranda Madina bisa menjadi tujuan wisata alternatif sebelum menjelajahi keindahan Puncak Muhasabah.  Tempat wisata dengan konsep kekinian ini dibangun dengan atap terbuka dan berdiri di atas ketinggian tebing.

Salah satu keunikan objek wisata ini adalah lantainya yang terbuat dari material kaca tebal sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.  Selain itu tersedia juga jembatan beton yang bisa digunakan untuk berkeliling area wisata dengan spot-spot kece di dalamnya.

Bukan hanya Beranda Madina saja, perjalanan wisatamu ke Puncak Muhasabah juga bisa dilengkapi dengan menyambangi Taman Raja Batu yang menyajikan panorama alam nan menawan.  Salah satu keunikan tempat ini adalah susunan batu yang mengelilingi satu buah batu besar di tengahnya.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata inipun cukup memadai sehingga memberikan kenyamanan tersendiri.  Menariknya lagi, tempat wisata ini bisa dikunjungi tanpa biaya masuk alias gratis.  Sangat cocok untuk acara rekreasi bareng keluarga atau sahabat.

Selain menjelajahi keindahan alam di Beranda Madina dan Taman Raja Batu, kamu juga bisa melengkapi momen liburanmu di Panyambungan dengan berkunjung ke Tapian Siri-siri Syariah.

Lokasinya yang berada di tepian Sungai Batang Gadis menjadi daya tarik tersendiri yang begitu memikat.  Di taman pemandian alam ini kamu bisa bermain air dan menikmati momen serumu bersama keluarga atau sahabat.

Jika waktunya memungkinkan, kamu bisa sekalian menyambangi destinasi wisata yang dekat dengan Puncak Muhasabah sehingga momen liburanmu di Kota Panyambungan semakin lengkap.  Untuk menyempurnakan acara liburanmu, jangan lupa untuk berburu kuliner khas Toge Panyabungan langsung di tempat asalnya.

Lokasi

Objek wisata murah meriah Puncak Muhasabah Madina berada di Pegunungan Tor Sihite, Desa Sipaga-paga, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.  Desa Sipaga-paga sendiri berjarak sekitar 14,5 km dari pusat Kota Panyabungan dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit saja.

Akses jalan menuju ke lokasi belum sepenuhnya memadai dengan jalur yang cukup menanjak.  Namun begitu, perjalanan menuju ke lokasi wisata akan tetap menyenangkan karena di sepanjang jalan kamu bakal disuguhi dengan panorama dan keindahan alam di sekitarnya.

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *