Persiapan Game of Thrones, Ini 5 Kerajaan Terbesar di Indonesia!

Buat kalian para pecinta Game of Thrones, pasti udah gak sabar kan nunggu season terakhir dari serial yang penuh dengan drama dan tragedi ini? Kira-kira siapa ya yang bakal menduduki Iron Throne di akhir cerita?

Kalau Game of Thrones punya 7 Kingdom, Indonesia punya 5 kerajaan paling besar yang pernah menduduki sebagian besar Nusantara. Kerajaan-kerajaan ini juga punya banyak  peninggalan yang bisa kamu kunjungi untuk liburan lho. Nah, apa aja sih kerajaan terbesar di Indonesia? Cus langsung cek di bawah!

Majapahit

persiapan game of thrones
Litografi reruntuhan Majapahit karya Auguste van Weissenbruch tahun 1852
Credits: historia.id

Kerajaan paling besar di Indonesia ini berdiri pada abad ke 12. Pada masa keemasan, Majapahit menguasai sulawesi, Jawa, Kalimantan, Sumatera, sampai Malaka. Ada banyak tokoh terkenal dari berbagai cerita, seperti Patih Gadjah Mada dan Raja Hayam Wuruk.

persiapan game of thrones
Credits: brobali.com

Namun sayang, dari semua wilayah kerajaan, hanya beberapa relik dan peninggalan yang bisa kamu kunjungi langsung. Beberapa peninggalan yang masih tersisa adalah Candi Sukuh di Karanganyar, Candi Pari di Sidoarjo, Candi Brahu di Mojokerto.

Sriwijaya

persiapan game of thrones
Credits: ferizalramli.wordpress.com

Sriwijaya adalah kerajaan maritim terbesar yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan ini menguasai bagian Barat dari Nusantara, mulai dari Sumatera, Malaka, hingga bagian Jawa Barat. Dulunya, pusat kerajaan berada di kota Palembang.

persiapan game of thrones
Credits: bisniswisata.co.id

Ada beberapa candi peninggalan Sriwijaya yang bisa kamu temukan tersebar di sekitar Sumatera, seperti Candi Muara Takus di Riau, Candi Muaro di Jambi, dan Candi Biaro Bahal di Tapanuli.

Kutai

persiapan game of thrones
Credits: situsbudaya.id

Kerajaan paling tua di Indonesia ini memulai sejarahnya di daerah Kutai, Kalimantan Utara pada abad ke 3 masehi. Kutai adalah kerajaan yang punya umur sangat panjang karena baru runtuh setelah berdiri setelah 1200 tahun. Sayangnya hanya sedikit peninggalan yang terselamatkan setelah ribuan tahun tidak ditemukan. Ada beberapa prasasti dari peninggalan Kutai yang bisa kamu lihat langsung, seperti Prasasti Yupa, Ketopong Sultan, dan Kura-Kura Emas. Kamu bisa menemukan peninggalan ini di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jakarta.

Singasari

persiapan game of thrones
Credits: phinemo.com

Singasari adalah cikal bakal dari kerajaan Majapahit, yang didirikan oleh Ken Arok, orang yang memulai dinasti Rajasa yang menghasilkan Singosari dan Majapahit. Wilayah kekuasaan Singosari membentang dari Sumatera Timur, sebagian dari Malaka, Kalimantan, dan Timur. Ada beberapa peninggalan kerajaan Singosari yang bisa kamu kunjungi di sekitar Kota Malang, seperti Candi Kidal, Candi Jago, dan Candi Sumberawan.

Kalau kamu masih ingat sejarah saat zaman sekolah dasar, Ken Arok memiliki hidup yang penuh dengan tragedi dan gejolak. Karena ingin memiliki kekuasaan, Ken Arok meminta bantuan seorang sakti Mpu Gandring untuk membuat keris yang bisa membunuh petinggi daerah ternama, Tunggal Ametung. Namun sayang, pembuatan keris ternyata memakan waktu lama. Ken Arok yang tidak sabaran pun mengambil keris tersebut dan menusuk Mpu Gandring karena kesal. Sebelum meninggal, Mpu Gandring pun mengutuk Ken Arok dan 7 keturunannya akan membunuh satu sama lain karena ia telah menggunakan keris sakti untuk melakukan hal jahat.

persiapan game of thrones
Credits: bustle.com

Kalau dipikir-pikir, hal ini mirip ya dengan keluarga Lannister yang merebut kekuasaan dengan kejam. Karena kelakuan Cersei dan Jamie ini, akhirnya anak-anak dari Cersei pun kena getahnya. Wah, ternyata tragedi gak cuma di cerita-cerita, di sejarah juga ada!

Kesultanan Mataram

persiapan game of thrones
Credits: hariansejarah.id

Kesultanan Mataram adalah kerajaan paling muda yang pecah karena datangnya Belanda di Indonesia. Kerajaan ini mampu menguasai hampir seluruh Jawa. Bahkan pada saat Batavia masih proses pembangunan, Mataram menyerang Batavia untuk menguasai pelabuhan Sunda Kelapa.

persiapan game of thrones
Credits: visitingjogja.com

Namun karena VOC datang dengan berbagai kepentingan, Kesultanan Mataram akhirnya kalah dan pecah menjadi dua: Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Kalau penasaran dengan relik dan peninggalan dari kesultanan Mataram, kamu bisa langsung mengunjungi kedua kerajaan yang sampai sekarang masih menjadi destinasi wisata terkenal di Solo dan Yogyakarta.

Ternyata kerajaan-kerajaan di Indonesia zaman dulu sama hebatnya dengan kerajaan di Game of Thrones ya! Semuanya menarik dan keren!

Berbagai peninggalan yang tadi di bahas sudah bikin penasaran ya? Udah, langsung aja rencanakan liburanmu bersama Airy! Dengan Airy, kamu bisa mendapatkan kamar penginapan dan tiket pesawat dengan harga terbaik! Caranya juga mudah, tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, kamu bisa langsung berangkat liburan. Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, supaya kamu gak ketinggalan informasi promo menarik!

Untuk Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *