Pantai Banyu Anjlok – Harga Tiket Masuk & Spot Foto Terbaik 2019

Pantai Banyu Anjlok, nama yang hampir sama dengan dua pantai yang ada di pacitan dan gunungkidul. Dilihat dari pesona sebenarnya ke tiga kawasan ini hampir-hampir mirip. Hanya saja, ketiganya mempunyai keunikan masing-masing. Keunikan tersebut menjadi sebuah penanda agar wisatawan tidak salah untuk berkunjung.

Warga Kota Malang, khususnya malang bagian selatan sudah sangat mengenal kawasan ini. Bahkan, tempat ini menjadi destinasi favorit melepas penat di kala datang waktu libur. Banyak yang bilang tempat ini begitu menggoda. Mampu menghadirkan sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan.

Mengenal Pantai Banyu anjlok

lokasi pantai banyu anjlok
foto: https://www.instagram.com/effriirawan/

Bisa dibilang Banyu anjlok adalah kawasan anti mainstream. Karena menuju ke sini, harus tracking terlebih dahulu. Bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualang maka, kawasan ini wajib untuk dikunjungi.

Kawasan ini termasuk dari serangkaian pantai lenggoksono dan pantai bolu-bolu. Oleh karena itu, jangan heran bila banyak orang yang lebih memilih ke Pantai lenggoksono atau pantai Bolu-Bolu. Karena, kedua pantai ini memiliki jalanan yang cukup ramah bagi wisatawan.

Melihat struktur air terjunnya cukup unik. Jika, di pantai banyunibo, gunung kidul berasal dari aliran sungai. Begitu pula dengan pantai banyu tibo, pacitan yang berasal dari arus sungai sumber mata air. Jika, di banyu anjlok ini berasal dari sebuah cekungan yang berada diatasnya.

Jadi, semisal cekungan diatas airnya surut, maka kemungkinan besar tidak akan ada air terjun di kawasan ini. tetapi, air di cekungan ini tidak pernah surut. Karena, menerima aliran air dari atas perbukitan secara terus-menerus. Baca juga: Pantai Cemara Sewu.

Tentang Air Terjun

air terjun di pantai banyu anjlok
foto: https://www.instagram.com/budy_family/

Melihat strutur air terjunnya saja sudah menarik perhatian. Jika, selama ini air terjun itu jatuh kebawah dan debit airnya tertuju pada satu titik. Berbeda, dengan banyu anjlok yang aliran airnya menyebar. Uniknya lagi, aliran air ini mengikuti lebar batu karang yang cukup besar. Sebenarnya, bukan air terjun lebih tepatnya adalah curug yang mempunyai tipe seperti ini.

Disini ada akses menuju ke sebuah goa. Akses tersebut berupa lubang kecil yang cukup untuk tubuh manusia. Salah satu cara untuk masuk ke sana adalah menerobos air terjun ini dan sedikit basah-basahan. Hanya saja perlu diperhatikan, jika, kawasan ini sedikit licin. Jadi, harus benar-benar hati-hati agar tidak terjatuh.

Wisatawan yang punya nyali cukup besar, bisa memanjat ke atas air terjun. Melihat cekungan besar yang menjadi daya tamping air yang berasal dari perbukitan diatas. Di cekungan ini, wisatawan bisa berendam dan menikmati sejuknya udara pantai. Melihat pemandangan yang begitu mempesona dari atas sini memang sangat mengagumkan. Lihat juga: Pantai Baron.

Surga Para Pemancing Ikan

Jangan heran bila pengunjung kawasan ini adalah para pemancing. Karena, di kawasan ini bisa dibilang sebagai surganya memancing. Karena, tempat ini sudah sah menjadi kawasan ekowisata dari kementrian perikanan dan kelautan Republik Indonesia.

Wisatawan bisa  menemukan berbagai macam jenis ikan. Hingga hasil laut di kawasan ini sangat melimpah. Bahkan, disini ada budidaya berbagai jenis lobster. Mulai dari lobster pasir dan juga lonster mutiara yang mempunyai harga jual sangat tinggi.

Bahkan, kawasan banyu anjlok mempunyai sarang lobster alami. Tepatnya berada di pulau gadung. Pulau yang tidak jauh dari kawasan ini. dibawah goa ini terdapat sarang lobster yang bertelur. Oleh karena itu, bila berkunjung ke sini, jangan lupa untuk memakan lobster yang menjadi makanan khas kawasan ini.

Baiknya lagi, para nelayan di kawasan ini sudah sangat sadar akan cara melaut yang benar. Sehingga, kawasa laut disini, masih sangat alami dan terawat dengan sangat baik. Pesonanya berbeda dengan kawasan memancing di pantai yang lain. Dijamin, bikin nagih. Lihat juga: Pantai Derawan.

Camping di Pantai

Berada disini memang sangat menyenangkan sampai-sampai lupa waktu. Disini, memang sudah banyak penginapan. Tetapi, alangkah nikmatnya bila wisatawan menikmati seutuhkan pantai banyu anjlok. Salah satunya dengan camping di camp area.

Bintang-bintang malam memang menjadi pesona luar biasa. Apalagi, deburan ombak seakan menjadi melodi yang sangat merdu.

Tetapi, wisatawna tetap harus berhati-hati. Karena, objek wisatan ini juga penuh dengan mitos pantai banyu anjlok yang tidak bisa dilepaskan. Apalagi, kawasan ini berada di wilayah pantai selatan yang masih berhubungan erat dengan nyi roro kidul. Baca juga: Pantai Bandengan Jepara.

Alamat Dan Rute Lokasi

rute lokasi menuju pantai banyu anjlok
foto: https://www.instagram.com/theresiasherlyly/

Alamat lokasi kawasan ini berada di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten malang, Jawa Timur..Rute pantai banyu anjlok malang bisa dimulai dari Pusat Kota malang menuju ke daerah kepanjen. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke kecamatan dampit. Lalu, menuju kearah Lumajang.

Setelah sampai di pertigaan tirtoyudo, ambil arah kanan menuju kearah pantai sipelot dan pujiharjo. Selanjutnya, ikuti jalan sampai bertemu dengan pertigaan. Dimana, di pertigaan ini akan ada papan petunjuk menuju ke pantai lenggoksono dan pantai wediawu.

Arahkan kendaraan menuju ke pantai lenggoksono hingga mencapai loket pembayaran. Nah, selanjutnya wisatawan akan ditawari beberapa alternatif menuju ke pantai banyu anjlok. Jika, memilih berjalan kaki, wisatawan akan diberi peta pantai banyu anjlok. Agar wisatawan tidak kesasar.

Jarak yang harus di tempuh dari titik loket menuju ke lokasi sekitar 1 jam. Disana, wisatawan akan menemukan pemandangan dengan rute yang sangat menggemaskan. Bagi wisatawan yang gemar berpetualang, jalan kaki adalah solusi utama.

Tetapi, bila di rasa jalan kaki selama satu jam cukup melelahkan maka, tidak ada salahnya untuk diantar ojek. Petugas akan memanggil jasa ojek warga untuk mengantar wisatawan. Sampai ke tujuan dan kembali lagi. Mengenai harga, silahkan menawar sendiri, karena setiap tukang ojek memberikan harga yang berbeda.

Nah, opsi yang terakhir apabila wisatawan naik mobil. Disarankan untuk naik perahu nelayan. Sementara mobil di parkir di pantai lenggoksono. Akses jalan yang sempit membuat akses menggunakan mobil menjadi sangat tidak mungkin. Oleh karena itu, setelah sampai di pantai lenggoksono, bertanyalah kepada warga sekitar cara menuju pantai banyu anjlok.

Cara ini biasanya paling diminati. Karena, selain harga sewa perahu yang cukup murah karena, rame-rame. Wisatawan juga bisa merasakan sensasi, melintasi pantai lenggoksono dengan menggunakan perahu. Apalagi, nahkoda perahu adalah orang yang sangat ramah. Baca juga: Pantai Banyu tibo pacitan.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Anjlok

harga tiket masuk pantai banyu anlok
foto: https://www.instagram.com/banyuanjlok/

Tiket masuk pantai banyu anjlok adalah 10 ribu rupiah. Uang ini akan dibayarkan pada saat wisatawan melewati pos retribusi pantai lenggoksono. Nah, bagi wisatawan yang memilih berjalan kaki, maka wisatawan akan hanya membayar uang parkir. Untuk motor sebesar 5 ribu rupiah. Untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah.

Bagi wisatawan yang naik perahu, maka wisatawan bisa menyewanya dengan harga mulai 50 sampai 100 ribu rupiah. Semua tergantung dengan bagaimana, cara wisatawan menawar. Untuk biaya camping, wisatawan bisa berkoordinasi pada saat pos retribusi. Karena, harga di area camping kadang berubah sesuai dengan hari. Baca juga: Pantai Baru bantul jogja.

Kawasan yang tersembunyi memang mempunyai keindahan sempurna. Semua memang harus dijalani dengan penuh keringat. Seperti halnya di kawasan ini, yang memberikan kesejukan dan pesona berbeda. Ayo taklukkan dirimu dengan datang ke objek wisata ini. Rasakan petualangan seru yang tidak akan terlupakan di pantai banyu anjlok.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *