web log free Oleh Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal – Travelling News

Oleh Oleh Khas Surabaya Paling Terkenal

Nyero.ID – Surabaya, di Kota Pahlawan ini kamu akan dimanjakan dengan ragam destinasi wisata yang mengagumkan sehingga liburanmu semakin seru dan tak terlupakan.  Liburanmu juga akan semakin lengkap dengan jelajah kuliner makanan khas di Surabaya yang begitu menggugah selera.  Salah satunya adalah menu rujak cingur yang menjadi salah satu ikon kuliner di Surabaya.

Untuk menyempurnakan liburanmu di Kota Pahlawan, kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Surabaya yang cukup beragam seperti berikut ini.

1.  Siropen Telasih

Oleh-oleh legendaris khas Surabaya ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di Rumah.  Pabrik Siropen Telasih diketahui sudah berdiri sejak tahun 1923 dan disebut-sebut sebagai salah satu pabrik sirup pertama di Indoenesia.

Sirup legendaris ini merupakan peninggalan Belanda dan sempat diambil alih oleh Jepang di tahun 1942.  Setelah Jepang kalah, pabrik sirup pun kembali ke tangan Belanda.  Hingga pada tahun 1958 ketika ada program nasionalisasi, perusahaan tersebut diambil alih oleh Pemerintah Indonesia.

Dengan sejarah yang begitu panjang, Siropen Telasih menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Surabaya yang banyak dicari oleh wisatawan.  Jika sebelumnya, sirup ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas saja pada zamannya, maka sekarang kamu bisa membelinya untuk konsumsi pribadi maupun untuk oleh-oleh.

Sirup dengan rasa klasik ini tersedia dalam beberapa varian rasa yang cukup lengkap seprti lychee, mawar, cocopandan, frambosen, melon, dll sehingga kamu bisa memilih sesuai selera.

Pabrik sirup yang sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya ini terletak di Jalan Mliwis No. 5, Krembangan Selatan, Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

2.  Kopi Bandrek

Minuman tradisional khas Surabaya ini terbuat dari bahan kopi dan jahe sehingga menghasilkan aroma dan cita rasa yang begitu khas.  Selain efektif untuk mengatasi kantuk, kandungan jahe pada minuman ini juga mampu memberikan efek hangat di badan.

Salah satu produsen kopi bandrek yang paling terkenal di Surabaya adalah Kopi Bandrek Sreg yang menyediakan dua varian rasa, yaitu original dan coffee cream yang diberi tambahan krim nabati sehingga rasanya semakin nikmat.  Meskipun dibuat tanpa bahan pengawet namun kopi bandrek bisa bertahan hingga 6 bulan sehingga sangat cocok buat oleh-oleh.

Kopi bandrek bisa didapatkan di toko oleh-oleh khas Surabaya, salah satunya adalah Pusat Oleh-oleh Khas Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Genteng Besar No. 83, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

3. Abon Sapi

Di Surabaya kamu juga bisa membeli abon sapi sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.  Cita rasanya yang gurih dan manis sangat cocok sebagai lauk pelengkap saat makan.  Salah satu sentra penghasil abon di Surabaya adalah di Jalan Padmosusastro, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo.

Usaha abon di kawasan ini sudah dirintis sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan.  Salah satu produk abon yang terkenal adalah Abon Sapi Bu Sarti yang menyediakan dua varian rasa, yaitu rasa manis dan pedas.

Abon sapi ini bisa didapatkan di produsennya langsung yang berada di Jalan Padmosusastro No. 86, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

4.  Bebek Djangkep

Bebek djangkep merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang cocok untuk dibawa pulang. Terbuat dari daging bebek pilihan dengan racikan bumbu rempah yang pas membuat cita rasa bebek djangkep semakin istimewa.  Oleh-oleh nan lezat ini dikemas dalam wadah yang kedap udara sehingga kualitas dan rasanya semakin terjaga.

Bebek djangkep sangat praktis dan siap untuk disajikan kapan saja.  Menu ini juga lebih sehat karena diolah tanpa menggunakan bahan pengawet.  Menu oleh-oleh ini sudah dilengkapi dengan sambal sehingga cita rasanya semakin sempurna.

Selain bebek bumbu kuning, tersedia juga menu lainnya seperti ayam bumbu kuning, bebek betutu, dan ayam betutu yang bisa dipilih sesuai selera.  Bebek djangkep bisa didapatkan di pusat oleh-oleh khas di Surabaya.

5.  Rambak Sapi

Rambak merupakan sejenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau dengan cita rasa yang gurih dan renyah.  Rambak sapi bisa dinikmati langsung sebagai camilan atau pelengkap untuk menu makanan lainnya.

Proses pembuatan rambak sapi dimulai dengan merendam kulit sapi di dalam air kapur sirih selama dua hari.  Selanjutnya kulit sapi direbus bersama bumbu baru kemudian dijemur dan siap untuk digoreng.

Salah satu tempat yang bisa dituju untuk membeli rambak sapi adalah Toko Oleh-oleh Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

6.  Oseng Tuna Asap

Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini merupakan olahan ikan tuna yang dikemas secara praktis dan mudah untuk disajikan sebagai lauk untuk makan.  Dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, oseng tuna tersedia dalam varian rasa tradisional dan pedas sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Salah satu merk yang paling terkenal adalah Oseng Tuna Asap Jeng Intan atau dikenal dengan sebutan Otaji.  Otaji banyak dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini bisa dibeli di Otaji Ku Surabaya yang beralamat di Wisma Lidah Kulon Blok A No. 78, Lidah Kulon, Lakasantri, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rekomendasi lainnya adalah Otaji Nasional atau Rumah Otaji yang berada di Jalan Bratang Binangun IV No. 23, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

7. Bandeng Asap

Olahan bandeng yang satu ini merupakan salah satu primadona yang banyak dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Sensasi rasa manis dan pedas pada bandeng asap memang sangat menggoda dan bikin kangen.

Oleh-oleh favorit dari Surabaya ini terbuat dari ikan bandeng segar yang berkualitas dengan racikan bumbu sederhana yang pas.  Aroma asap dan bumbu pada olahan bandeng ini sangat khas dan menggugah selera.  Untuk sausnya sendiri terbuat dari campuran petis, bawang putih, dan cabe sehingga sensasi rasanya semakin juara.

Salah satu pusat oleh-oleh bandeng asap yang bisa dikunjungi adalah Toko Sudi Mampir yang telah berdiri sejak tahun 1970-an.  Lokasinya ada di Jalan Genteng Besar No. 72-74, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rekomendasi lainnya adalah Toko Oleh-oleh Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

8.  Kerupuk Ikan Kenjeran

Satu lagi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu bawa pulang, yaitu kerupuk ikan Kenjeran. Hasil laut yang melimpah di Pantai Kenjeran dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai olahan kerupuk ikan yang gurih menggoda.

Ada banyak variasi kerupuk dan keripik yang dibuat sehingga bisa dipilih sesuai selera.  Diantaranya adalah keripik teripang yang bukan hanya gurih tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Selain kaya akan protein, teripang dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan melancarkan metabolisme tubuh.

Selain keripik teripang ada juga keripik terung yang proses pengolahannya cukup rumit sehingga dijual dengan harga yang relatif mahal.  Pilihan lainnya adalah keripik lorjuk yang merupakan sejenis kerang dengan bentuk cangkang mirip bambu, sensasi rasanya gurih dan sedikit manis.

Selain itu pilihan selanjutnya adalah keripik gerinting udang yang terbuat dari udang laut dengan ukuran kecil-kecil.  Udang laut ini diberi bumbu aneka rempah sehingga sensasi rasanya semakin unik dan menggugah selera.

Untuk hasil ikan tersedia kerupuk kulit ikan kakap dan kulit ikan tenggiri yang renyah dan gurih sebagai salah satu oleh-oleh favorit yang banyak dicari oleh wisatawan.

Aneka olahan hasil laut yang renyah dan gurih ini bisa kamu dapatkan di Toko Oleh-oleh Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

9.  Belinjo Udang

Camilan yang mengkombinasikan melinjo dan udang segar ini menyajikan cita rasa gurih yang sangat menggoda.  Proses pengolahan yang tepat dan higienis pada produk belinjo udang ini mampu menghasilkan produk belinjo udang yang gurih dan renyah.

Salah satu merk belinjo udang yang banyak dicari untuk oleh-oleh adalah Belinjo Udang Boya atau Bogajaya yang menyediakan dua varian rasa yaitu pedas manis dan manis.  Makanan ringan ini sangat cocok untuk camilan dan oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Untuk mendapatkan belinjo udang ini silakan datang langsung ke Toko Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

10.  Keripik Buah

Selain kerupuk kulit ikan dan kulit sapi, di Surabaya kamu juga bisa berburu keripik buah sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.  Keripik berbahan buah segar ini menyajikan cita rasa buah yang cukup unik karena diolah menjadi keripik yang begitu renyah.

Beberapa keripik buah yang difavoritkan oleh wisatawan adalan keripik apel, keripik nangka, dan keripik pisang dengan cita rasa khasnya masing-masing.

Oleh-oleh keripik buah nan manis ini bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh khas Surabaya, salah satunya adalah Toko Wisata Rasa yang berada di Jalan Genteng Besar No. 83A, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rekomendasi lainnya adalah Pusat Oleh-oleh Khas Jawa Timur yang berada di Jalan Genteng Besar No. 83, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

11.  Pohong Tata

Oleh-oleh khas berbahan singkong ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dibawa pulang. Kuliner tradisional ini memiliki tampilan yang sangat sederhana namun menyajikan cita rasa gurih yang sangat istimewa.

Sensasi rasa yang gurih dan empuk pada kuliner ini sangat nikmat disantap selagi panas, cocok sekali untuk menemani secangkir teh hangat di sore hari.

Pohong Tata bisa kamu dapatka di Food Festival yang berlokasi di Jalan KJW Putih Mutiara X, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur.

12.  Kue Lapis Surabaya atau Spikoe

Kue Lapis Surabaya atau spikoe merupakan kue legendaris yang banyak dicari wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Tekstur kue ini sangat lembut dengan sensasi rasa manis yang begitu pas di lidah.

Spikoe dengan resep kuno menjadi salah satu ikon kuliner khas Surabaya yang tetap eksis di tengah munculnya kuliner kekinian yang cukup beragam.  Selain rasa original, tersedia juga varian rasa dengan kismis dan cheese cake yang bisa dipilih sesuai selera.

Spikoe kue lapis khas Surabaya ini bisa didapatkan di Spikoe Resep Kuno yang berada di Jalan Rungkut Madya No. 49, Rungkut Kidul, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.  Rekomendasi lainnya adalah Lapis Kukus Pahlawan yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 77, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

13.  Almond Crispy Cheese

Kue dengan tekstur crispy ini merupakan oleh-oleh khas Surabaya yang pertama kali dikenalkan oleh Toko Wisata Rasa.  Kue nan renyah ini terbuat dari bahan kacang almond dan keju dengan bentuk yang tipis dan lembut di mulut.

Almond crispy cheese sangat cocok dijadikan camilan saat kumpul rame-rame bareng keluarga atau sahabat.  Dengan kemasan yang cukup elegan, kue almond ini sangat menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkan oleh-oleh almond crispy cheese khas Surabaya ini silakan datang ke Toko Wisata Rasa yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 83A, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.  Selain rasa original, tempat ini juga menyediakan varian rasa green tea cheese dan choco cheese yang bisa dipilih sesuai selera.

14.  Kue Mente

Jika kue almond menggunakan bahan dasar kacang almond, maka kue mente menggunakan bahan utama kacang mente.  Kue ini memiliki bentuk bulat pipih dengan cita rasa manis dan gurih yang begitu menggoda.  Dengan kemasan yang cantik dan ekslusif, kue mente sangat menarik dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah.

Kue mente khas Surabaya bisa kamu dapatkan di Toko Wisata Rasa yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 83A, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

15.  Kue Bikang Peneleh

Oleh-oleh khas Surabaya dengan cita rasa tradisional ini memiliki bentuk yang mekar seperti bunga dengan cita rasa manis dan gurih yang khas.  Kue manis ini paling pas dinikmati selagi masih panas karena teksturnya lebih lembut di mulut.  Selain bisa didapatkan di pasar tradisional, kue bikang juga bisa didapatkan di toko kue yang ada di Surabaya.

Salah satunya adalah Kue Bikang Peneleh bisa kamu dapatkan di Jalan Peneleh No. 32-34, Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

15.  Ting Ting Mente Wijen

Kue ting ting yang lazim dibuat dari olahan kacang tanah ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang begitu menggoda.  Sensasi rasa ting-ting semakin istimewa karena adanya campuran kacang mente yang terkenal gurihnya.  Kombinasi rasa yang begitu khas membuat camilan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan dinikmati bersama secangkir teh tawar yang masih hangat.

Camilan manis ini bisa kamu dapatkan di Toko Bogajaya yang beralamat di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

16.  Sambal Petis

Sambal petis merupakan salah satu menu khas Surabaya yang bisa menjadi pilihan menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Sambal ini terbuat dari bahan sari udang pilihan dengan campuran bumbu rempah, garam, gula, dan cabe sehingga menyajikan sensasi rasa pedas yang menggugah selera.

Sambal petis dibuat dengan resep ala rumahan sehingga cita rasanya sangat khas dan bikin kangen.  Sambal petis biasanya dijadikan sebagai pelengkap untuk menu makanan seperti rujak cingur, lontong balap, lontong kupang, tahu campur, kerupuk rambak, gorengan, dll.

Untuk keperluan oleh-oleh, sambal petis dikemas dalam wadah kaca sehingga lebih higienis dan tahan lama.  Salah satu tempat yang bisa dituju untuk mendapatkan sambal petis ini adalah Toko Bogajaya yang berada di Jalan Genteng Besar No. 69, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *