web log free Oleh Oleh Khas Solo Paling Terkenal – Travelling News

Oleh Oleh Khas Solo Paling Terkenal

Nyero. ID – Dikenal dengan suasana dan budaya Jawanya yang cukup kental, Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Bukan hanya menawarkan ragam destinasi wisata sejarah dan budaya saja, Solo juga menyajikan kekayaan kuliner yang menggugah selera sehingga siapapun akan merasa dimanjakan dengan aneka menu khasnya.

Puas berkeliling dan kulineran di Solo, liburanmu tidak akan lengkap tanpa membeli oleh-oleh buat keluarga dan sahabat di rumah.  Nah, biar tidak bingung mau beli oleh-oleh apa saja, berikut ini adalah daftar oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu beli.

1.  Intip Solo

Oleh-oleh tradisional khas Solo ini menyajikan cita rasa yang cukup unik karena terbuat dari kerak nasi.  Salah satu ciri khas dari intip Solo adalah kombinasi rasa gurih dan manis yang berasal dari bumbu bawang dan siraman kuah gula Jawa di atasnya.

Untuk mendapatkan kerak nasi yang bagus maka harus menanak nasi dengan cara tradisional menggunakan ketel.  Setelah proses penanakan nasi tersebut, maka di bawahnya akan menghasilkan kerak nasi yang nantinya dilepas dan dijemur sampai kering, baru kemudian digoreng.

Menggoreng intip pun tidak boleh sembarangan agar intip bisa matang secara merata dan hasilnya renyah.  Intip harus benar-benar terendam dalam minyak panas agar bagian tengahnya pun matang sempurna.

Untuk produksi intip dengan skala besar biasanya produsen akan membuat intip buatan dengan bentuk bundar yang rapi dan tidak mudah pecah.  Intip asli banyak dijual di sekitara kawasan antara Kraton Mangkunegaran menuju ke Pasar Legi.

Sementara intip buatan banyak dijual di toko oleh-oleh yang berada di Pasar Klewer, sekitar Pasar Jongke, kawasan Pasar Singosaren, dan di depan Toko Roti Orion.

Kamu juga bisa mendapatkan intip khas Solo di Intip Pringgading yang berada di Pringgading, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2.  Karak Solo

Kerupuk atau lempeng karak merupakan salah satu oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.  Camilan tradisional ini menyajikan cita rasa gurih dan renyah yang begitu menggoda.

Kerupuk tradisional ini terbuat dari gendar yaitu nasi yang sudah dikukus dan dibumbui dengan garam dan bawang putih.  Nasi yang sudah dikukus kemudian ditumbuk dan dicetak hingga tipis baru kemudian dijemur sampai kering dan digoreng.

Kerupuk ini awalnya dibuat untuk mengatasi banyaknya sisa nasi yang terbuang, sehingga kemudian diolah menjadi kerupuk agar tidak mubadzir.  Selain dijadikan sebagai camilan, karak juga sering disajikan sebagai pelengkap menu makanan lainnya.

Untuk mendapatkan karak Solo yang renyah ini silakan datang ke Kampung Karak yang berada di Bratan, Pajang, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

3.  Serabi Khas Solo

Kue tradisional khas Solo ini menyajikan cita rasa gurih dan manis yang pas, sangat cocok buat oleh-oleh bagi keluarga di rumah.  Salah satu yang paling terkenal dan legendaris di Solo adalah Serabi Notosuman yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

Tekstur serabi yang lembut terasa semakin nikmat dengan kombinasi rasa santan yang gurih di dalamnya.  Bukan hanya sekedar mencicipi legitnya serabi, kamu juga bisa melihat secara langsug proses pembuatannya.

Untuk mendapatkan oleh-oleh manis khas Solo ini silakan datang ke Serabi Notosuman yang berada di Jalan Mohammad Yamin No. 28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

4.  Roti Kecik Solo

Roti legendaris dari Solo ini memiliki ukuran yang cukup mini karena hanya sebesar ibu jari.  Roti yang sudah diproduksi sejak tahun 1881 tersebut masih tetap bertahan dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang menarik untuk dibawa pulang.

Salah satu keunikan dari roti kecik adalah bahannya yang terbuat dari tepung ketan dengan tekstur yang lebih keras.  Roti kecik pertama kali diproduksi oleh Toko Roti Ganep dan merupakan salah satu toko roti legendaris yang ada di Solo.

Untuk mendapatkan roti kecik ganep ini kamu bisa mampir ke Toko Kue Ganep yang berada di Jalan Sutan Syahrir No. 176, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Brem Solo

Penganan manis khas Solo ini memiliki cita rasa yang khas dengan sensasi dingin di mulut.  Seperti kue brem pada umumnya, brem Solo juga terbuat dari sari tape ketan.  Yang membedakan brem Solo dari brem lainnya adalah warnanya yang putih dan bentuknya yang bulat pipih.  Tekstur brem Solo lebih kering namun tetap lumer di mulut. Sangat cocok buat dibawa sebagai oleh-oleh.

Brem Solo banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di Solo, salah satunya adalah Toko Oleh-oleh Khas Solo Tiyang Jawi yang berada di Jalan Ibu Pertiwi No. 32, Gang Buntu Gurawan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

6.  Keripik Ceker Ayam Solo

Camilan khas dari Solo ini terbuat dari kulit ceker ayam asli yang diolah dan diproses secara higienis sehingga dijamin kebersihannya.  Cita rasa keripik yang gurih dan renyah membuat olahan ceker ini digemari oleh banyak orang sebagai camilan.

Dalam proses pembuatannya, kulit ceker yang sudah dikelupas dijemur dan setelahnya digoreng dua kali untuk menghasilkan tekstur keripik yang benar-benar renyah.  Camilan ini menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan karena rasa dan keunikannya.

Untuk mendapatkan keripik ceker ayam khas Solo kamu bisa mampir ke Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang berada di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

7. Abon Mesran Khas Solo

Olahan daging ayam dan sapi yang dibuat abon ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Solo yang banyak dijual di toko oleh-oleh.  Tersedai variasi abon yang bisa dipilih sesuai selera, yaitu abon ayam, abon sapi atau kombinasi dari keduanya.

Tekstur abon ayam biasanya lebih halus sementara abon sapi memiliki tekstur yang lebih kasar dan kenyal.  Kedua abon ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang sangat menggoda sehingga sangat cocok buat lauk pendamping.

Selain praktis, kandungan gizi dan protein pada abon ini pun cukup tinggi sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan protein sehari-hari.  Abon ini tersedia dalam variasi rasa manis dan rasa pedas yang bisa dipilih sesuai selera.

Untuk mendapatkan abon Mesran yang enak ini silakan datang ke Toko Abon Mesran yang berada di Jalan Kalilarangan No. 71, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

8.  Srundeng

Oleh-oleh khas Solo ini mirip dengan abon, hanya saja terbuat dari bahan yang berbeda yaitu parutan kelapa.  Srundeng juga sering ditaburkan sebagai lauk pelengkap untuk menambah cita rasa makanan agar semakin enak.  Untuk variasai rasa, biasanya srundeng tersedia dalam dua pilihan rasa yaitu rasa manis dan pedas yang bisa dipilih sesuai selera.

Oleh-oleh unik dari Solo ini bisa didapatkan di Toko Abon Mesran yang berada di Jalan Kalilarang No. 71, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Rekomendasi lainnya adalah Abon Varia yang berada di Jalan Honggowongso No. 89, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

9.  Rambak Petis Solo

Oleh-oleh dari Solo ini merupakan olahan kulit sapi atau kerbau yang sudah dikeringkan dan kemudian digoreng sehingga teksturnya renyah dan gurih.  Sensasi rasa gurih dan renyah pada kerupuk rambak ini semakin nikmat ketika disantap bersama sambal petis yang gurih dan pedas.

Buat penggemar pedas bisa membeli rambak lengkap dengan petisnya, dan bagi yang kurang suka pedas cukup membeli rambaknya saja untuk menikmati sensasi gurihnya.

Rambak petis banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di Solo, salah satunya adalah Rambak Petis Pak Dul Solo yang berada di Jalan Kali Kuantan No.14, Jagalan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

10.  Klengkam Solo

Oleh-oleh khas Solo ini merupakan olahan kentang yang sering dikenal dengan sebutan kering kentang atau keripik kentang pedas.  Sensasi rasa manis dan pedas pada makanan ini memang bikin nagih dan paling enak disantap sebagai lauk pelengkap saat makan.  Klengkam juga sering menjadi pelengkap untuk menu nasi kuning dengan kombinasi rasa yang begitu menggoda.

Untuk mendapatkan oleh-oleh klengkam Solo ini silakan datang ke Pusat Oleh-oleh Priyayi, Spesial Klengkam, Srundeng, dan Kering Tempe.  Lokasinya di Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

11.  Rengginang Solo

Olahan ketan ini memiliki cita rasa gurih dan renyah yang sangat menggoda, cocok sekali buat camilan di waktu senggang.  Ketan yang sudah dikukus dan dibumbui dibentuk bundar kemudian dijemur sampai kering baru setelahnya digoreng sampa matang.

Makanan tradisional ini banyak dijual di toko oleh-oleh di Solo, salah satunya adalah Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang berada di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Kamu juga bisa membeli rengginang mentah jika mau menggorengnya sendiri di rumah dengan tambahan bumbu sesuai selera.

12.  Emping Mlinjo

Sesuai dengan namanya camilan yang satu ini terbuat dari mlinjo pilihan dengan cita rasa pahit namun tetap gurih dan enak.  Oleh-oleh khas Solo ini bisa dibeli mentah untuk digoreng di rumah dengan variasi rasa yang bisa dipilih sesuai selera,

Untuk mendapatkan emping mlinjo yang berkualitas kamu bisa datang ke Toko Oleh-oleh Tiyang Jawi yang berada di Jalan Ibu Pertiwi No. 32, Gang Buntu Gurawan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

13.  Kremes Sari Ayam Malioboro

Sensasi rasa gurih dan renyah pada kremes ini memang begitu menggoda, tidak heran jika kuliner ini menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan yang liburan ke Solo.  Kremes ini merupakan produk dari Warung Makan Ayam Goreng Malioboro yang menjual kremes secara terpisah demi memenuhi permintaan konsumen.

Produk ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa seperti abon kremes manis, abon kremes pedas, kremes ayam gold, dan sambal bangjo yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Solo ini bisa didapatkan di Warung Makan Ayam Goreng Malioboro yang berada di Jalan Sutan Syahrir No. 144, Widuran, Solo, Jawa Tengah.

14.  Ampyang Khas Solo

Camilan manis khas Solo ini sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh karena menyajikan cita rasa manis yang begitu menggoda.  Kudapan manis ini terbuat dari gula Jawa dan kacang tanah yang disangrai sehingga menghasilkan kombinasi rasa manis dan gurih yang pas.

Untuk menambahkan aroma pada ampyang ini biasanya ditambahkan sedikit jahe yang bukan hanya membuat aromanya semakin khas tetapi juga menimbulkan sensasi hangat di badan.

Kudapan manis ini bisa kamu dapatkan di Toko Oleh-oleh Khas Solo Tiyang Jawi yang berlokasi di Jalan Ibu Pertiwi No. 32, Gang Buntu Gurawan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

15.  Serbat Jahe Solo

Oleh-oleh khas Solo ini merupakan menu minuman tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan.  Bahan herbal yang digunakan terdiri dari jahe, kencur, sereh, cabe puyang, akar dan kayu manis, serta bahan lainnya.

Minuman herbal ini berbentuk tablet siap seduh yang bisa diminum untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin.  Dengan bentuk yang cukup praktis, serbat jahe Solo ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang cocok buat dibawa pulang.

Serbat jahe Solo bisa kamu dapatkan di Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang berada di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

16.  Sambel Pecel

Berkunjung ke Solo tidak akan lengkap tanpa membeli sambel pecel sebagai salah satu oleh-oleh khasnya.  Sambel pecel yang dipadatkan ini sangat praktis untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Tersedia variasi sambel pecel dengan tingkat kepedasan yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai selera.  Tiba di rumah kamu tinggal menyiapkan aneka sayuran rebus dan menyantapnya dengan sambel pecel khas Solo yang sedap.

Untuk mendapatkan sambel pecel ini kamu bisa mampir ke Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang beralamat di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

17.  Kue Mandarijn

Oleh-oleh khas Solo ini merupakan produk kue yang dibuat oleh Toko Kue Orion Mandarijn yang cukup legendaris.  Toko yang sudah buka sejak tahun 1932 ini menyediakan aneka varian dari roti mandarijn yang bisa dipilih sesuai selera.

Mulai dari mandarijn biasa, mandarijn kismis, dan mandarijn spesial dengan cita rasa manis yang pas di lidah.  Meskipun roti mandarijn ini tidak menggunakan bahan pengawet namun bisa tahan hingga satu minggu sehingga sangat cocok buat dijadikan buah tangan.

Untuk mendapatkan roti manis yang legendaris ini kamu bisa langsung menuju ke Toko Kue Orion Mandarijn yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo No. 80, Purwodiningratan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

18.  Kue Semprong Wijen Khas Solo

Jajanan manis khas Solo ini menyajikan cita rasa yang manis dan renyah, sangat cocok buat camilan di sore hari.  Sensasi rasa manisnya semakin mantap dengan kombinasi taburan wijen yang khas.

Semprong wijen bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang setelah liburan di Solo. Kamu cukup datang ke Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang beralamat di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

19.  Jenang Krasikan

Oleh-oleh manis khas Solo ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasanya dijadikan salah satu sajian dalam acara pernikahan.  Jenang nan legit ini terbuat dari beras ketan yang disangrai dan digiling, gula Jawa serta parutan kelapa.

Gula Jawa dimasak bersama parutan kelapa sampai mengental kemudian butiran beras ketan giling dimasukkan dan diaduk sampai rata.  Setelah diangkat, adonan bisa diletakkan di loyang atau cetakan untuk kemudian diiris dan dikemas menggunakan plastik.

Untuk mencicipi sensasi legit dari jenang krasikan ini kamu bisa singgah ke Jenang Asli Harso Mulyono yang berada di Randusari RT 01 RW 01, Joho, Sukoharjo, Jawa Tengah.  Selain krasikan, tempat ini juga memproduksi wajik ketan dan wingko babat.

Rekomendasi lainnya adalah Toko Oleh-oleh Khas Solo Bu Jayus yang berlokasi di Jalan Veteran Pasar Gading Kios No. 11-12, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *