Oleh Oleh Khas Semarang Paling Terkenal

Nyero.ID – Semarang memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Selain mengunjungi tempat wisatanya, kamu juga bisa kulineran di beberapa tempat makan asik dengan menu khas Semarang yang pastinya menggugah selera.

Puas liburan dan kulineran, salah satu ritual wajib yang biasanya dilakukan sebelum mengakhiri momen liburan adalah berbelanja oleh-oleh khas Semarang yang unik dan enak.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas dari Semarang?  Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh yang bisa kamu beli lengkap dengan rekomendasi tempat untuk mendapatkannya.

1.  Lumpia Khas Semarang

Olah-oleh khas Semarang ini sangat terkenal dan menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang.  Lumpia yang tersedia ada dua macam, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng yang bisa dipilih sesuai selera.  Meskipun disajikan dengan cara yang berbeda, namun kedua jenis lumpia ini dijamin sama enaknya dan pastinya bikin nagih.

Lumpia khas Semarang dibuat dengan isian rebung atau bambu muda yang telah dibumbui sehingga menyajikan cita rasa gurih dan manis yang pas.  Tekstur rebung yang renyah terasa semakin nikmat ketika dipadukan dengan kulit lumpia goreng yang juga renyah.  Setiap gigitan lumpia basah maupun goreng akan memanjakanmu dengan keunikan rasanya yang sangat menggoda.

Untuk membeli oleh-oleh lumpia nan legendaris ini silakan datang ke Lumpia Gang Lombok yang beralamat di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

2.  Tahu Bakso

Seperti halnya lumpia Semarang, tahu bakso juga menjadi salah satu oleh-oleh khas yang banyak diburu sebagai buah tangan.  Meskipun menu makanan ini baru muncul di tahun 1990-an dan mulai populer di awal tahun 2000-an namun keunikan rasanya cukup menarik minat wisatawan.

Sama seperti lumpia, tahu bakso juga juga disajikan dengan dua cara yaitu digoreng dan direbus. Kombinasi rasa dari bakso dan tahu pada makanan ini menghasilkan cita rasa unik yang begitu menggoda.  Untuk mendapatka rasa pedas, tahu bakso bisa disantap dengan lalap cabe rawit sehingga sensasi rasanya semakin menggigit.

Salah satu tahu bakso yang terkenal di Semarang adalah Tahu Bakso Ibu Pudji yang berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 156 Langensari, Ungaran, Semarang.

3.  Bandeng Juwana

Olahan bandeng ini merupakan produksi Bandeng Juwana Elrina yang merupakan pusat oleh-oleh khas Semarang.  Sebagai produk andalannya tentu saja bandeng duri lunak yang diolah dari bandeng segar.  Bandeng Juwana juga dilengkapi dengan sambal sehingga kombinasi rasanya semakin sempurna.

Sensasi rasa gurih pada bandeng duri lunak ini sangat cocok buat disantap bersama sepiring nasi hangat.  Tidak heran jika bandeng Juwana banyak dicari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.  Liburan ke Semarang memang tidak akan lengkap tanpa berburu bandeng Juwana yang begitu menggoda.

Olahan bandeng di tempat ini juga cukup bervariasi sehingga memberikan banyak pilihan bagi para wisatawan.  Tersedia kreasi bandeng yang diolah menjadi gule bandeng, tongseng bandeng, sate bandeng, dan bandeng tauco.  Ada juga otak-otak bandeng, bandeng teriyaki, bandeng asap, dll yang bisa dipilih sesuai selera.

Oleh-oleh bandeng khas Semarang ini bisa kamu dapatkan di Bandeng Elrina Semarang yang berada di Jalan Pamularsih Raya No. 70, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4.  Ayam Tulang Lunak

Seperti halnya bandeng duri lunak, di Semarang juga ada oleh-oleh khas ayam tulang lunak yang gurihnya begitu menggoda.  Selain menyajikan cita rasa gurih, ayam goreng tulang lunak dari Semarang ini juga tahan sampai tiga hari.  Sementara untuk jenis ayam yang divakum bisa tahan sampai dua minggu sehingga sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Untuk menghasilkan menu ayam tulang lunak ini ayam dipresto dulu sebelum dimasak dengan proses presto selama dua jam bersama bumbu rempah yang cukup lengkap sampai tidak tersisa minyaknya.  Tidak heran jika daging ayam ini menjadi lunak bahkan hingga ke tulang-tulangnya dengan bumbu rempah yang meresap sampai ke dalam.

Untuk mendapatkan ayam tulang lunak ini silakan datang ke Jalan KH. Wahid Hasyim 105-109 (Kranggan Barat), Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5.  Wingko Babat

Jajanan tradisional khas Semarang ini menyajikan cita rasa manis dan gurih yang begitu melegenda.  Wingko babat sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari untuk dibawa pulang.

Disajikan dalam bentuk yang bulat pipih, wingko babat terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, dan juga gula pasir.  Proses pembuatan wingko babat yang dilakukan secara tradisional dengan bahan alami membuat kue ini hanya mampu bertahan sampai 4 hari.

Wingko babat sendiri merupakan kue tradisional yang pertama kali dikenalkan oleh Loe Lan Hwa di tahun 1946.  Kue wingko ini pada awalnya dijual di sebuah kios di Statiun Tawang Semarang dan mendapatkan respon yang sangat positif dari penumpang kereta api.

Untuk mengenang daerah Babat sebagai tempatnya dibesarkan, maka Loe Lan Hwa menamakan kue wingkonya dengan nama wingko babat dan terkenal dengan nama tersebut sampai hari ini.

Meskipun di Semarang banyak produsen yang membuat kue wingko babat ini, namun konon hanya ada satu yang paling legendaris yaitu produk wingko babat dengan gambar kereta api pada kemasannya.

Untuk membawa pulang wingko babat legendaris ini silakan datang ke Wingko Babat Cap Kereta Api yang beralamat di Jalan Cendrawasih No. 14, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

6.  Moaci Gemini

Kue moaci atau mochi masih menjadi salah satu primadona oleh-oleh khas Semarang yang banyak dicari oleh pemudik maupun wisatawan.  Sensasi rasa mochi yang gurih, lembut dan kenyal dengan sentuhan rasa manis yang pas di dalamnya membuat siapapun tergoda untuk mencicipi dan membawanya pulang sebagai buah tangan.

Salah satu yang cukup legendaris adalah moaci Gemini Kentangan yang menyajikan kue mochi dengan tampilan yang sedikit berbeda karena diberi taburan wijen pada kulitnya.   Selain menyediakan rasa original yang berisi kacang tumbuk, moaci Gemini juga menyediakan varian rasa atau isian lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.  Mulai dari isian kacang merah, cokelat, durian, strawbery, dan green tea.

Setidaknya sudah sekitar 30 tahun kue mochi menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang masih tetap eksis hingga saat ini.

Untuk mendapatkan kue moaci Gemini yang legendaris ini silakan datang ke Jalan Kentangan Barat No. 101, Sawunggaling, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kue nan lembut ini juga bisa didapatkan di beberapa agen yang berada di pusat oleh-oleh di Kota Semarang, Stasiun Tawang, Bandara Ahmad Yani dan di beberapa kafe.

7.  Roti Ganjel Rel

Memiliki nama yang cukup unik, roti ganjel rel menjadi salah satu kue khas Semarang yang cocok buat dijadikan oleh-oleh.  Meskipun roti ini sebenarnya bernama roti gambang, namun karena bentuknya yang menyerupai ganjel rel atau bantalan rel kereta maka roti ini lebih terkenal dengan sebutan roti ganjel rel.

Roti dengan warna coklat dan taburan wijen ini biasanya banyak dicari saat memasuki bulan Ramadhan untuk keperluan tradisi bagi-bagi roti ganjel rel pada puncak acara Dugderan.  Yaitu sebuah tradisi untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Pada acara ini masyakarat rela berdesakan demi mendapatkan roti ganjel rel.  Konon kue ganjel rel menyimbolkan sebuah harapan agar pada saat menjalankan ibadah puasa tidak ada ganjalan atau gangguan apapun.

Jika dibandingkan dengan roti-roti modern saat ini popularitas roti ganjel rel memang kalah tenar karena teksturnya cenderung padat atau bantat dan ulet dengan aroma kayu manis yang begitu khas.

Untuk mendapatkan roti ganjel rel ini kamu bisa singgah ke Selina Bakery yang berada di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 132, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Rekomendasi lainnya adalah Kampoeng Semarang di Jalan Kaligawe Raya Km. 1 No.96, Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

8.  Lontong Spekkoek Waiki

Kue khas Semarang ini sangat merupakan variasi lapis legit yang dibentuk dan dikemas ala lontong sehingga cukup unik dan cocok buat dijadikan oleh-oleh khas Semarang.  Kue manis ini bisa menjadi kudapan yang pas untuk menemani secangkir teh ataupun kopi di sore hari.  Untuk harga tidak perlu khawatir karena dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Untuk membeli lontong spekkoek waiki ini silakan datang langsung ke Hollifood Enterprise yang berada di Jalan Senjoyo II No. 1, Bugangan, Semarang Timur, Kota Semarang.

9.  Tumpi Semarang

Camilan gurih khas Semarang ini merupakan variasi peyek yang unik karena menggunakan kacang hijau sebagai pengganti kacang tanah.  Sensasi gurih pada peyek kacang hijau ini tidak kalah dari peyek kacang tanah sehingga sangat cocok buat camilan bersama secangkir teh manis.  Tumpi yang renyah ini juga sangat cocok dijadikan buah tangan bagi sanak keluarga di rumah.

Tumpi banyak diproduksi di daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang.
Camilan tumpi ini juga bisa didapatkan di toko oleh-oleh khas Semarang.  Salah satunya adalah Toko Oleh-oleh Khas Semarang Ayu di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 25, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

10.  Keripik Lumpia

Daya tahan lumpia basah yang hanya sekitar 8 jam dan lumpia goreng yang tidak lebih dari 24 jam memunculkan sebuah ide untuk membuat keripik lumpia yang lebih awet sehingga sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh tanpa perlu khawatir cepat basi.

Ide ini pertama kali dicetuskan oleh Cik Meme yang kemudian menjadi brand keripik lumpia Cik Meme yang baru diluncurkan pada bulan Maret 2019.  Meskipun terbilang baru, namun keripik lumpia Cik Meme bisa menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Untuk mencicipi crispynya keripik lumpia ini silakan datang ke Gerai Keripik Lumpia Cik Meme yang berada di Jalan Gajahmada No. 107, Miroto, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

11.  Proll Tape

Olahan tape khas Semarang ini menyajikan cita rasa legit yang unik karena terbuat dari adonan tape yang dihaluskan dan diolah bersama tepung terigu, telur, susu, mentega, dan gula.  Tekstur dari cake berbahan tape ini cukup lembut dengan aroma tape yang begitu khas.

Kombinasi rasa manis yang pas pada kue proll tape ini juga sangat pas di lidah sehingga cocok buat dijadikan oleh-oleh.  Selain menyajikan rasa tape yang original, tersedia juga varian rasa lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

Proll tape nan legit ini bisa kamu beli di Dyriana Bakery & Cafe di Jalan Pandanaran No. 51A, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

12.  Kue Sarang Madu

Kue khas Semarang ini bentuknya menyerupai sarang burung dengan cita rasa manis yang begitu menggoda.  Teksturnya sangat renyah dan pada permukaan kue terdapat balutan gula yang manis sehingga sangat pas di lidah.  Kue berbahan tepung beras, santan dan gula ini bisa bertahan hingga 2 bulan sehingga sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh.

Kue sarang madu ini bisa kamu dapatkan di Toko Oleh-oleh Khas Semarang Ayu yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 25, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

13.  Torakur Semarang

Torakur merupakan oleh-oleh khas Bandungan, Kabupaten Semarang yang terbuat dari olahan tomat.  Torakur sendiri merupakan akronim dari tomat rasa kurma karena tomat diolah sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk dan rasa manis nan legit layaknya kurma.

Pengolahan tomat menjadi manisan torakur ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai ekonomis dari buah tomat sehingga harganya bisa lebih tinggi daripada dijual langsung tanpa diolah.

Proses pembuatan torakur cukup sederhana yaitu dengan memilih tomat yang sudah matang dan berkualitas bagus kemudian ditusuk-tusuk dan direndam dengan air kapur.  Setelah dirasa cukup, biji tomat dikeluarkan dan kemudian direbus bersama gula pasir dan ditiriskan.

Proses selanjutnya adalah menjemur manisan tomat sampai setengah kering dan membentuknya baru kemudian dijemur lagi.  Setelah itu baru bisa dikemas dan siap untuk dipasarkan menjadi oleh-oleh khas Semarang.

Untuk mendapatkan torakur yang super manis ini kamu bisa langsung datang ke sentra produksinya yang berada di Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

14.  Brownies Opium

Pemberian nama yang cukup unik pada brownies ini membuatnya mudah untuk diingat.  Meskipun namanya brownies opium namun tidak perlu khawatir karena kue legit ini sama sekali tidak mengandung zat terlarang.

Nama opium merujuk pada keinkmatan rasa yang disajikan oleh brownies opium yang begitu enak dan lembut sehingga membuat siapapun akan ketagihan untuk menikmatinya lagi dan lagi.

Berbeda dari brownies pada umumnya, brwonies opium khas Semarang ini dipotong dalam ukuran yang relatif lebih kecil dengan rasa coklat premium yang begitu khas.  Tingkat kematangannya yang pas membuat kue manis ini memiliki tekstur yang sangat lembut di mulut.

Brownies opium Semarang tersedia dalam 3 varian rasa yaitu cokelat almond, cokelat kacang, dan cokelat keju yang bisa dipilih sesuai selera.

Untuk mencicipi kelembutan brownies opium ini silakan datang ke Brownies Opium yang berada di Jalan Erlangga Barat 7, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

15.  Chiffon Cake Pelangi

Oleh-oleh kekinian khas Semarang ini menyajikan cita rasa cake yang begitu lembut dengan kombinasi keju yang melimpah, sangat cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Kemasan cake yang cukup elegan membuat siapapun akan senang menerima oleh-oleh pemberianmu ini. Meskipun terbilang lux, namun untuk harga tidak perlu khawatir karena cake ini dijual dengan harga yang cukup bersahabat.

Untuk membawa pulang kue manis nan lembut ini kamu bisa datang ke Kedai Oleh-oleh Pelangi yang berada di Jalan Singosari Raya No. 45, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang.

16.  Tahu Petis

Kombinasi rasa yang unik dari tahu dan petis membuat kuliner ini menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh pemudik dan wisatawan.  Berbeda dari tahu bakso yang diberi isian adonan bakso, tahu petis diberi isian petis yang bercitarasa gurih manis. Tahu petis sangat cocok buat camilan di waktu senggang dan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Salah satu tahu petis legendaris yang bisa kamu sambangi untuk membeli makanan ini adalah Tahu Petis Prasojo yang berada di Pujasera Simpang Lima, Kota Semarang.  Selain menggunakan tahu pong yang berkualitas, petis di tempat ini juga diproduksi sendiri sehingga cita rasanya lebih nikmat dan fresh.

Rekomendasi lainnya adalah Tahu Petis Yudhistira yang berlokasi di Jalan Yudhistira No. 21, Pendirikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

17.  Tahu Pong

Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini cukup sederhana, namun sensasi rasa gurihnya sangatlah istimewa.  Istilah tahu pong berasal dari jenis tahunya yang kopong atau kosong pada bagian dalamnya.

Tahu pong merupakan salah satu kuliner legendaris di Semarang yang sampai saat ini masih tetap eksis dan digemari oleh banyak orang.  Tidak heran jika tahu pong sering dicari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Untuk membeli tahu pong sebagai oleh-oleh kamu bisa mampir ke Tahu Pong Semarang yang beralamat di Jalan Gajahmada No. 63B, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *