web log free Oleh Oleh Khas Malang Paling Terkenal – Travelling News

Oleh Oleh Khas Malang Paling Terkenal

Nyero.ID – Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan karena memiliki ragam objek wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, edukasi, hingga hiburan.  Menjelajahi satu per satu destinasi wisata di Malang tidak akan lengkap tanpa berburu kuliner khasnya yang menggugah selera.

Dan sebelum pulang kembali ke rumah, tidak akan lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah.  Sebagai bahan referensi, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Malang yang bisa dibeli untuk keluarga atau sahabat di rumah.

1.  Apel

Malang terkenal dengan julukan Kota Apel karena merupakan salah satu daerah penghasil apel di Indonesia.  Dengan begitu liburan di Kota Apel tidak akan lengkap tanpa membeli apel Malang sebagai oleh-olehnya.

Apel Malang sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu apel manalagi, apel rome beauty, dan apel anna.  Apel manalagi memiliki kulit buah hijau muda dan sedikit kekuningan, tekstur daging buahnya liat dengan sedikit air, dan rasanya manis.

Sementara untuk jenis apel rome beauty memiliki kulit buah yang cenderung merah dengan daging buah sedikit keras namun teksturnya halus, aromanya pun sangat kuat sehingga sering diolah menjadi sari apel.

Sedangkan jenis apel anna memiliki bentuk yang cenderung memanjang dengan warna kulit kuning semburat merah.  Tekstur dagingnya padat dan masir dengan rasa yang manis asam dan kandungan air yang cukup banyak.

Untuk berbelanja apel Malang ini kamu bisa mengunjungi beberapa agrowisata yang ada di Malang atau langsung meluncur ke Istana Buah di Jalan Kawi No. 24A, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

2.  Sari Apel

Olahan apel Malang yang dibuat menjadi minuman khas ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Kandungan nutrisi dalam buah apel diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sehingga sangat baik untuk dikonsumsi, termasuk ketika sudah diolah menjadi minuman sari apel.

Selain bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh, apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, melindungi hati dari kerusakan oksidatif, dan baik untuk kecantikan kulit.

Salah satu tempat yang bisa dituju untuk mendapatkan sari apel ini adalah Toko Sari Apel “Brosem” yang ada di Perum Poharin, Jalan TRS. Sigura-gura, Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Sari apel juga bisa didapatkan di Goedang Oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Simpang Tenaga Utara II No. 12, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

3.  Jenang Apel

Selain diolah menjadi sari apel, buah apel juga sering diolah menjadi jenang atau dodol apel dengan sensasi rasa unik nan legit, sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Buah apel yang digunakan untuk membuat dodol apel adalah yang sudah masak dan kemudian dibuat menjadi bubur apel.   Baru setelahnya dimasak bersama tepung ketan, santan, gula, mentega, dan sedikit garam sehingga menghasilkan rasa legit yang menggoda.

Jika minuman sari apel bisa tahan hingga satu tahun, maka dodol apel ini bisa tahan sampai tiga bulan sehingga cocok juga buat ole-oleh.

Untuk mendapatkan jenang apel khas Malang silakan datang ke Anugerah Oleh-oleh Khas Malang yang berada di Jalan Trunojoyo No. 81, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Rekomendasi lainnya adalah di Pusat Oleh-oleh Khas Malang PKK Corner yang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu No. 1, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

4.  Onde-onde

Kue tradisional ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang karena menyajikan sensasi rasa gurih dan manis yang begitu menggoda.  Tekstur onde-onde yang kenyal di luar dan lembut di dalam terasa semakin enak ketika dikombinasikan dengan rasa manis pada isiannya.  Terlebih dengan adanya butiran wijen pada kulitnya yang membuat aromanya semakin khas.

Untuk membeli onde-onde khas Malang ini silakan datang ke Onde-onde Agrin yang berada di Ruko Gadang Square No. 18, Jalan Satsui Tubun, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Selain menyediakan onde-onde dengan rasa original, tempat ini juga menyediakan onde-onde dengan varian rasa lainnya yang cukup lengkap dan menggoda.  Mulai dari cokelat, keju, susu, hingga nutella yang disajikan fresh sehingga cocok buat oleh-oleh.

5.  Carang Mas Apel

Kudapan manis nan legit khas Malang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.  Jika biasanya carang mas dibuat dari ubi jalar, maka di Malang ini carang mas justru dibuat dari aple sehingga menyajikan cita rasa unik yang tak kalah menggoda.

Pada kue tradisional ini apel diolah bersama tepung dan gula kemudian digoreng sampai matang dan berwarna keemasan sehingga teksturnya sangat renyah ketika digigit.  Cocok sekali buat menemani secangkir teh hangat di sore hari.

Untuk mendapatkan carang mas nan legit ini silakan datang ke Carang Mas yang berlokasi di Jalan Lahor No. 46A, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

6.  Ledre Pisang Bangka

Oleh-oleh khas Malang yang satu ini memiliki tekstur yang sangat tipis dan renyah dengan aroma pisang yang manis menggoda.  Biasanya pisang yang digunakan untuk membuat kue ini adalah pisang raja dengan cita rasa manisnya yang khas.  Sensasi rasa gurih dan manis pada ledre pisang ini sangat pas jika dinikmati bersama secangkir teh tawar hangat di sore hari.

Untuk mendapatkan oleh-oleh nan manis ini silakan datang langsung ke Jalan Bangka No. 20-22, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

7.  Cokelat Tempe

Jajanan khas Malang ini bisa menjadi satu pilihan menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga atau sahabat di rumah.  Berbeda dari kudapan cokelat pada umumnya, cokelat tempe dari Malang ini mengkombinasikan rasa cokelat dengan renyahnya tempe yang cenderung gurih.

Olahan cokelat dengan label de’Konco ini tersedia dalam lima varian rasa yaitu milk, pedas, cokelat, apel, dan strawbery yang bisa dipilih sesuai selera.

Untuk membawa pulang cokelat tempe nan unik ini kamu bisa mampir ke De’Konco Cokelat Tempe yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 83B, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

8.  Keripik Buah

Liburan ke Malang memang tidak akan lengkap tanpa membeli keripik buah sebagai oleh-olehnya. Salah satu yang menjadi ikon oleh-oleh khas Malang tentu saja adalah keripik apel yang renyah dan manis.

Selain keripik apel, jenis keripik buah lainnya yang bisa dibeli untuk oleh-oleh adalah keripik nangka, keripik salak, keripik mangga, keripik rambutan, keripik kelengkeng, dan bahkan keripik melon serta semangka.

Salah satu tempat yang bisa dituju untuk membeli keripik buah ini adalah Toko Keripik Tempe dan Buah Lancar Jaya yang berada di Jalan R. Tumengung Suryo No. 86, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

9.  Keripik Tempe

Selain keripik buah, Malang juga terkenal dengan oleh-oleh keripik tempenya yang tidak kalah menggoda.  Salah satu sentra pembuatan keripik tempe ini ada di wilayah Sanan sehingga sering dikenal dengan sebutan keripik tempe Sanan.

Sensasi rasa keripik yang gurih dengan tekstur yang renyah membuat keripik tempe ini sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh, apalagi varian rasa yang disediakan cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera.

Untuk mendapatkan oleh-oleh keripik tempe khas Malang ini kamu bisa mampir ke Keripik Tempe Malang Sanan yang beralokasi di Jalan Sanan Gang II No. 168, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

10. Tape Ketan Hitam

Tape ketan ireng (KTI) atau tape ketan hitam merupakan jajanan jadul khas Malang yang dahulu lazim ditemukan di beberapa titik destinasi wisata seperti Songgoriti, Cangar, Selecta dan beberapa tempat wisata lainnya.

Penyajiannya pun cukup bervariasai, yaitu disajikan berupa tape ketan ireng saja, bersama kuah tape atau badek, dan juga dengan tambahan lopes.  Yaitu sejenis lontong ketan putih yang cukup gurih sehingga kombinasi rasanya semakin unik.  Biasanya menu tape ketan hitam dinikmati sebagai penghangat badan karena cuaca di Malang yang cenderung dingin.

Jajanan manis ini masih bisa ditemui di Pemandian Air Hangat Cangar dan bisa menjadi oleh-oleh yang menarik buat keluarga di rumah.  Kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh ini di Toko & Tape Ketan Hitam Pak Subari yang berada di Jalan Kyai Ghojali, Bonangan, Sumberkradenan, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur.

11.  Pia Mangkok

Kue manis yang satu ini sudah ada sejak tahun 1959 dan menjadi salah satu oleh-oleh legendaris dari Malang yang wajib untuk dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Resep pia yang telah diwariskan secara turun temurun membuat rasa otentik dari kue ini tetap terjaga hingga saat ini.

Proses pembuatannya yang diolah secara tradisional membuat cita rasa penganan ini semakin khas dan menggoda.  Dengan menggunakan label Cap Mangkok, pia khas Malang ini telah berinovasi dengan beberapa varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera.  Mulai dari kacang hijau, keju, green tea, durian, cokelat, dan tangkwe.

Dengan tekstur kulit yang renyah dan isian manis di dalamnya, pia Mangkok ini rupanya dibuat tanpa bahan pengawet.  Meski begitu pia khas Malang ini bisa bertahan maksimal hingga 1 bulan jika disimpan dalam wadah atau toples kedap udara.  Sementara jika disimpan pada suhu ruangan bisa bertahan hingga 2-3 minggu, jadi sangat cocok buat oleh-oleh.

Untuk mendapatkan pia Mangkok ini silakan datang ke Pia Cap Mangkok yang beralamat di Jalan Semeru No. 25, Ruko Semeru, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

12.  Bakso Malang Frozen

Malang sangat identik dengan baksonya, jadi kalau ke Malang tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner bakso dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.  Tidak perlu khawatir karena di Malang kamu bisa membeli bakso Malang frozen sehingga lebih tahan lama dan bisa dibawa pulang.

Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh bakso ini adalah Bakso President yang beralamat di Jalan Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.  Selain menyediakan bakso beku, tempat ini juga menyediakan bumbunya sehingga kamu bisa lansung meracik sendiri bakso Malang spesialmu di rumah.

13.  Madu Klanceng

Selain apel, kue dan keripik buah, di Malang kamu juga bisa membeli madu klanceng sebagai oleh-oleh yang unik dan menyehatkan.  Madu dari lebah klanceng ini terbilang cukup mahal karena ukuran lebahnya yang juga relatif kecil jika dibandingkan dengan lebah madu biasa.  Sehingga tidak heran jika madu yang dihasilkan pun lebih sedikit.

Lebah klanceng juga tidak mudah untuk dibudidayakan, jadi wajar jika harganya pun cukup mahal. Selain itu, madu klanceng juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan diyakini mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.  Seperti anemia, gangguan paru-paru, infeksi saluran pernafasan, penyakit lambung, diabetes, dll.

Untuk mendapatkan madu klanceng yang berkhasiat ini kamu bisa mampir ke Toko Rimba Raya yang beralamat di Jalan DR. Wahidin No. 8, Bedali, Lawang, Malang, Jawa Timur.

14.  Kopi Dampit

Disebut dengan kopi dampit karena kopi ini berasal dari Kecamatan Dampit yang merupakan salah satu daerah penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia.  Setidaknya ada sekitar 2.500 hektare lahan yang dijadikan perkebunan kopi di wilayah ini dan sebagian besar produk kopi dampit diekspor ke luar negeri.

Kopi dampit menyajikan cita rasa kopi yang nikmat dan khas karena ditanam di ketinggian sekitar 800 mdpl dengan struktur tanah yang baik.  Untuk mendapatkan kopi dampit ini kamu bisa langsung meluncur ke Kopi Bubuk Dampit Lax Coffee yang berada di Jalan Guntur No. 3, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

15.  Sambel Pecel Malang

Pecel menjadi salah satu kuliner tradisional yang bisa dinikmati di Malang.  Sensasi rasa gurih, manis, dan pedas dari bumbu kacang terasa sangat pas ketika dipadukan dengan aneka sayuran yang telah disiapkan.

Nah, selain berburu pecel di Kota Malang kamu juga bisa berburu oleh-oleh bumbu pecel untuk dibawa pulang.  Tersedia bumbu pecel dengan tingkat rasa pedas yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai selera.  Dengan bumbu pecel ini kamu bisa membuat pecel ala kamu dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Untuk mendapatkan bumbu pecel Malang ini silakan datang ke Sambel Pecel Bu Slamet yang berada di Jalan Tlogo Suryo VI, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

16.  Aneka Olahan Telo

Selain apel dan berbagai macam olahannya, di Malang kamu juga bisa berburu oleh-oleh khas lainnya yang terbuat dari olahan telo atau ubi jalar.  Ada banyak variasi makanan yang terbuat dari telo dengan cita rasanya masing-masing yang khas.  Sehingga memberikan banyak pilihan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain bakpia dan bakpao telo, tersedia juga menu olahan telo lainnya yang tidak kalah unik dan menggoda.  Seperti ice cream telo, brownies kukus telo, nugget telo, pizza telo, ice cone telo, hingga sandwich hot dog telo.

Aneka olahan telo dengan sensasi rasa istimewa ini bisa kamu dapatkan di The Meeting Point Repoeblik Telo yang beralamat di Jalan Raya Malang-Gempol No. 62, Sumping Wetan, Turirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur.

17.  Keramik Dinoyo

Buat kamu yang ingin melengkapi oleh-oleh makananmu dengan soivenir cantik bisa berbelanja keramik Dinoyo sebagai buah tangan untuk keluarga ataupun sahabat.  Sentra insudtri rumahan di wilayah ini memproduksi aneka macan kerajinan dari keramik yang bisa kamu pilih untuk dibawa pulang.

Selain membeli souvenir unik nan cantik, di tempat ini kamu juga bisa sekaligus melihat proses pembuatan kerajinan keramik tersebut sehingga momen liburanmu berakhir dengan semakin sempurna.

Untuk mendapatkan oleh-oleh souvenir keramik Dinoyo ini silakan datang langsung ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo yang berada di Jalan MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Malang, Jawa Timur.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *