Oleh Oleh Khas Jakarta Paling Terkenal

Nyero.ID – Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, Jakarta memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata.  Beberapa objek wisata di Jakarta menawarkan sensasi liburan seru yang mungkin tak terlupakan.

Terkenal dengan Monas, Dufan, dan Taman Mini Indonesia Indah-nya, Jakarta juga memiliki ragam destinasi wisata menarik lainnya yang bisa dijelajahi satu persatu selama liburan.  Bukan hanya sekedar jalan-jalan mengunjungi tempat wisatanya saja, di Jakarta kamu juga bisa melengkapi liburanmu dengan berburu kuliner khas Betawi yang pastinya menggugah selera.

Untuk menyempurnakan momen liburanmu yang akan segera berakhir, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas Jakarta buat keluarga atau sahabat di rumah.  Sebagai referensinya, berikut ini adalah aneka macam oleh-oleh khas Jakarta yang bisa dibawa pulang.

1.  Dodol Betawi

Kue legendaris khas Betawi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Meskipun hanya terbuat dari bahan yang cukup sederhana, yaitu tepung ketan, santan, dan gula merah namun proses pengolahannya cukup rumit dan lama.

Proses pembuatan dodol bisa memakan waktu hingga 8-12 jam tergantung banyaknya bahan yang akan diolah menjadi dodol.  Proses memasak dodol ini masih menggunakan cara tradisional dengan tungku kayu bakar.  Api yang digunakan pun tidak boleh terlalu besar agar dodol matang secara merata dan tidak mudah gosong.

Biasanya masyarakat Betawi menyajikan kue dodol ini sebagai hidangan khusus untuk acara pesta, bulan Ramadhan, lebaran maupun Idul Adha.  Kombinasi rasa manis dan gurih yang pas pada dodol ini sangat cocok untuk menemani secangkir teh hangat di sore hari.

Untuk mendapatkan dodol Betawi ini silakan datang ke Dodol Betawi Ibu Mariyam yang berada di Jalan Damai No. 4, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.  Di toko kue ini tersedia beberapa varian rasa dodol Betawi yang bisa dipilih sesuai selera.  Mulai dari rasa original, rasa durian, wijen, dan ketan hitam.

2.  Tape Uli

Olahan tape ketan khas Betawi ini menyajikan cita rasa manis yang cukup menggoda.  Biasanya tape ketan terbuat dari ketan hitam yang difermentasi.  Proses pembuatan tape ketan Betawi ini pun tidak boleh sembarangan.

Salah satu mitos dalam pembuatan tape ketan ini adalah tidak boleh emosi karena dikhawatirkan hasil fermentasinya tidak bagus, sehinggg tape terlalu asam atau bahkan masih keras.

Tape ketan hitam biasanya dinikmati bersama uli atau ketan putih yang dikukus dengan campuran parutan kelapa.  Kombinasi rasa manis dan gurih pada tape uli ini sangat pas di lidah, cocok sekali buat kudapan di waktu senggang.

Tape uli khas Betawi ini bisa didapatkan di Warung Tape Uli yang berada di Perkampungan Budaya Betawi di Jalan RM Kahfi II, Srengseng Sawah, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Rekomendasi lainnya adalah Tape Uli Emak Nanih yang beralamat di Jalan Jati No. 64, Cengkareng Timur, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

3.  Pencok Betawi

Kering kentang pengantin atau pencok khas Betawi merupakan kuliner tradisional yang terbuat dari kentang dan sambal teri sehingga sangat praktis buat dijadikan oleh-oleh.  Kombinasi rasa pedas dan manis pada pencok ini bukan hanya cocok buat dijadikan camilan tetapi juga enak buat lauk pelengkap saat makan.

Olahan kentang ini biasanya disajikan dalam acara pernikahan adat Betawi, namun saat ini pencok menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang.

Untuk mendapatkan pencok Betawi ini kamu bisa datang ke Romlah Oleh-oleh Khas Jakarta yang beralamat di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta atau di Harmonie Exchange Mall (Harris Vertu Hotel), Hayam Wuruk, Jakarta Pusat.

4.  Kue Biji Ketapang

Kue khas Betawi ini hampir dipastikan selalu ada sebagai salah satu suguhan dihari lebaran.  Kue berukuran mini ini masih tetap eksis ditengah banyaknya kue-kue modern yang bermunculan.  Ketapang sendiri merupakan jenis tanaman yang dulu banyak tumbuh di wilayah Jakarta.

Penganan jadul khas Betawi ini banyak digemari karena menyajikan cita rasa gurih dan renyah yang sangat menggoda.  Dengan bentuk yang cukup kecil dan mudah untuk dikemas membuat kue biji ketapang banyak dicari sebagai oleh-oleh.

Camilan renyah ini rupanya terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, santan, dan parutan kelapa sehingga rasa gurihnya benar-benar pas dan istimewa.

Untuk membeli kue biji ketapang ini kamu bisa mampir ke beberapa toko oleh-oleh khas Jakarta, salah satunya yang berada di Thamrin City Lt. 1, Blok H5 No. 6, Jalan Thamrin Boulevard, Jakarta Pusat.  Selain makanan khas, tempat ini juga menyediakan aneka macam souvenir khas Betawi seperti ondel-ondel, cukin atau syal Betawi, dan kain batik Betawi.

5.  Kue Kembang Goyang

Kue ini biasanya merupakan salah satu suguhan ketika lebaran dan menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari Jakarta.  Disebut kue kembang goyang karena kue khas Betawi ini memiliki bentuk menyerupai kembang atau kelopak bunga dengan proses pembuatan yang digoyang-goyang untuk melepaskan adonan dari cetakannya.

Untuk membuat kembang goyang hanya diperlukan bahan berupa tepung beras, tepung sagu, air santan, telur, gula dan sedikit garam.  Jika adonan sudah jadi, cetakan kembang goyang bisa dicelupkan sebentar ke dalam minyak panas baru kemudian dicelupkan ke dalam adonan hingga setengah tinggi cetakan.

Cetakan bersama adonan yang telah menempel bisa langsung dicelupkan ke dalam minyak panas dan sedikit digoyang-goyang agar adonannya terlepas dari cetakan

Kue kembang goyang bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh khas Jakarta, salah satunya adalah Betawi Store.  Lokasinya ada di kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

6.  Telur Gabus Keju Jakarta

Camilan legendaris khas Betawi ini menyajikan cita rasa gurih dan renyah sehingga banyak dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.  Makanan ringan ini terbuat dari tepung sagu, telur, mentega, keju, dan garam sehingga sensasi rasanya begitu gurih dan menggoda.

Adonan yang sudah jadi diuleni sampai kalis baru kemudian dipilin dengan kedua tangan sampai habis dan dimasukkan ke dalam minyak dingin sebelum digoreng.  Tujuannnya adalah agar hasil gorengan tidak berbintik-bintik.

Untuk mendapatkan camilan renyah nan gurih ini silakan datang ke KMS Oleh-oleh Khas Betawi yang berada di Jalan Gajah Mada Blok C No. 19-26, Gambir, Jakarta Pusat.  Selain makanan ringan seperti telur gabus keju, pusat oleh-oleh ini juga menyediakan aneka macam kue khas Betawi lainnya dan berbagai souvenir yang cukup lengkap.

7.  Kue Akar Kelapa

Kue kering khas Betawi ini biasanya menjadi salah satu suguhan pada saat lebaran.  Teksturnya yang renyah dan mampu bertahan lama tentunya sangat cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya, kue kering ini bentuknya memang mirip dengan akar kelapa.  Selain beken dengan nama kue akar kelapa, ada juga yang menyebutnya dengan kue “pocrot” karena merujuk pada proses pembuatannya yang menggunakan cetakan berlubang dan kemudian di”procotin” ke dalam minyak panas.

Kue legendaris ini rupanya terbuat dari adonan tepung ketan, gula pasir, telur, margarin, santan kental, dan vanili sehingga menghasilkan cita rasa manis dan gurih yang begitu menggoda.

Kue akar kelapa ini bisa didapatkan di Romlah Oleh-oleh Jakarta yang beralamat di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.  Selain menyediakan kue akar kelapa original, di tempat ini juga tersedia varian kue akar kelapa ketan hitam yang unik dan sama enaknya.

8.  Semprong Unyil

Jajanan legendaris khas Betawi ini menyajikan rasa manis dan renyah yang begitu menggoda, sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.  Kue semprong Betawi ini terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, gula, mentega, santan, dan bubuk kayu manis sehingga teksturnya renyah dengan rasa manis yang begitu khas.

Selain semprong original, ada juga semprong unyil dengan bentuk mini yang tak kalah manis dan renyah sebagai salah satu pilihan menarik buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkan semprong unyil ini silakan datang ke Romlah Oleh-oleh Jakarta yang ada di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

9.  Geplak Betawi

Kue legit khas Betawi ini merupakan sajian yang biasanya dijadikan sebagai salah satu kue hantaran dalam acara pernikahan adat Betawi.  Geplak sendiri terbuat dari bahan tepung beras yang digiling menjadi tepung dan kemudian disangrai.  Adonan tepung beras selanjutnya dicampur dengan parutan kelapa dan gula pasir yang telah dicairkan.

Semua bahan diaduk sampai rata hingga menjadi adonan yang cukup padat untuk kemudian diletakkan pada sebuah wadah dan diratakan dengan cara sedikit dipukul.  Itulah mengapa kue legendaris ini dikenal dengan sebutan kue geplak.  Kue dengan cita rasa manis dan gurih ini bisa tahan hingga 3-7 hari sehingga sangat cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk mendapatkan keu geplak khas Betawi ini kamu bisa langsung datang ke Dodol Betawi Asli Ibu Hj. Mamas di Jalan Batu Ampar I No. 42, Batu Ampar, Jakarta Timur, DKI Jakarta.  Selain geplak Betawi, tempat ini juga menyediakan dodol Betawi, kue kembang goyang, kue akar kelapa, hingga asinan Betawi.

10.  Sagon Betawi

Kue khas Betawi ini cukup unik karena berbentuk bubuk dengan cita rasa manis yang sangat menggoda.  Cara menikmatinya pun tidak kalah unik karena kamu harus menutup mulut rapat-rapat ketika mengunyahnya agar bubuk sagon akan bertebaran ke mana-mana.

Proses pembuatan bubuk sagon Betawi ini cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan tepung beras sangrai dengan parutan kelapa yang juga disangrai baru setelahnya ditambahkan dengan gula sehingga sensasi rasanya semakin manis dan gurih.  Selanjutnya bubuk sagon bisa segera disajikan di atas piring dan paling cocok dinikmati bersama teh hangat di sore hari.

Bubuk sagon Betawi yang unik ini bisa kamu dapatkan di Romlah Oleh-oleh Jakarta yang berada di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

11.  Sagu Keju Betawi

Kue kering khas Betawi ini lazim disajikan sebagai suguhan pada saat lebaran atau perayaan hari besar lainnya.  Sensasi rasanya yang lembut dan renyah dengan tampilan yang cukup cantik membuat kue ini sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya, kue kering ini terbuat dari tepung sagu, keju, telur, mentega, dan gula putih.  Adonan yang telah dicetak selanjutnya dipanggang sampai matang dan kering sehingga siap untuk disajikan.

Sagu keju Betawi bisa dibeli di Romlah Olah-oleh Jakarta yang beralamat di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.  Selain segu keju ada juga varian segu keju pandan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh manis buat keluarga di rumah.

12.  Roti Buaya

Roti legendaris khas Betawi ini biasanya digunakan dalam acara pernikahan.  Bentuk roti yang menyerupai buaya merupakan simbol sebuah kesetiaan, pasalnya masyarakat Betawi meyakini bahwa buaya hanya memiliki satu pasangan selama hidupnya.  Selain menyimbolkan kesetiaan, buaya juga melambangkan kesabaran, kejantanan, dan kemapanan.

Ukuran buaya juga memiliki arti tersendiri dalam tradisi Betawi, semakin besar ukuran roti buaya maka hal itu akan semakin baik.  Biasanya setelah upacara pernikahan roti buaya akan dibagikan kepada para tamu.  Konon tamu yang memakan roti buaya akan lebih mudah untuk mendapatkan jodoh dikemudian hari, tapi khusus bagi yang masih single ya!

Buat yang ingin membawa pulang roti buaya bisa memilih roti buaya mini dengan harga yang sangat terjangkau di Romlah Oleh-oleh Jakarta yang ada di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

13.  Kue Cucur Betawi

Kue tradisional khas Betawi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan bentuk bundar dan warna coklat, harganya pun sangat terjangkau.  Jajanan legendaris ini terbuat dari adonan tepung beras, tepung terigu, gula merah, daun pandan, dan sedikit garam.

Kue cucur menyajikan cita rasa manis dan gurih yang sangat pas dengan tekstur sedikit renyah di pinggir dan empuk di tengahnya.  Kue tradisional ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

Kudapan manis ini bisa didapatkan di Romlah Oleh-oleh Jakarta di Harmonie Exchange Mall atau di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

14.  Kue Satu

Meskipun namanya kue satu, namun sensasi manisnya yang menggoda tidak akan cukup jika hanya mencicipi satu saja apalagi jika buat oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah.  Kue khas Betawi ini terbuat dari tepung kacang hijau, tepung beras, dan gula.  Terlihat sangat sederhana, kue satu tidak kalah dengan aneka macam kue modern dan tetap eksis sampai saat ini.

Tekstur kue satu cenderung padat dengan butiran-butiran seperti pasir di dalamnya yang lumer di mulut.  Sangat cocok dijadikan kudapan untuk menemani secangkir teh ataupun kopi di sore hari.

Kue satu banyak dijual di toko oleh-oleh khas Betawi, salah satunya adalah Romlah Oleh-oleh Jakarta yang berada di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

15.  Keripik Bawang

Menyajikan sensasi rasa gurih dan renyah yang begitu enak, keripik bawang khas Betawi bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk keluarga di rumah.  Keripik nan renyah ini terbuat dari adonan tepung terigu, bawang putih, kanji, telur, santan, seledri, dan garam dengan proses pengolahan yang cukup mudah.  Adonan yang sudah kalis digiling hingga tipis dan dibentuk baru kemudian digoreng hingga matang.

Kamu bisa mendapatkan keripik bawang Betawi ini di toko oleh-oleh khas Jakarta, salah satunya adalah Romlah Oleh-oleh Jakarta.  Lokasinya di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Rekomendasi lainnya adalah KMS OLeh-oleh Khas Betawi di Jalan Gajah Mada Blok C No. 19-26, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

16.  Kacang Condet

Kacang Condet merupakan salah satu oleh-oleh khas Jakarta yang bisa dibawa pulang untuk buah tangan bagi keluarga di rumah.   Berbeda dari kacang bawang biasa, kacang condet memiliki ukuran yang lebih besar, dengan tekstur yang cukup empuk dan renyah sehingga enak buat dikunyah.

Kacang condet menyajikan sensasi rasa gurih dan manis yang khas sehingga sangat pas untuk dijadikan camilan di waktu senggang saat berkumpul bareng keluarga ataupun sahabat.

Untuk mendapatkan oleh-oleh kacang Condet khas Jakarta ini kamu bisa singgah ke Romlah Oleh-oleh Jakarta yang berada di Jalan Swadaya 2 No. 20B, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan atau di Harmonie Exchange Mall.

17.  Bir Pletok

Meskipun namanya bir, namun minuman khas Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan justru berkhasiat untuk kesehatan sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh.  Bir pletok dibuat dari campuran rempah-rempah plus jahe, gula dan secang sebagai pewarna alaminya.

Pemberian nama bir sendiri berasal dari bahasa Arab “birun” atau “abyar” yang memiliki arti sumber mata air.  Biasanya masyarakat Betawi membuat minuman tradisional ini di wadah bumbung atau selongsong bambu dengan tambahan es sehingga ketika dikocok-kocok menimbulkan suara pletok-pletok.

Ada banyak toko oleh-oleh khas Jakarta yang menjual bir pletok, salah satunya adalah Pusat Oleh-oleh dan Kerajinan Jakarta yang berada di Jalan Prof Dr. Satrio No. 7, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *