Oleh Oleh Khas Bandung Paling Terkenal

Nyero.ID – Terkenal dengan julukan Paris Van Java, Bandung bukan hanya menawarkan sensasi liburan seru saja tetapi juga sederet pengalaman yang tak terlupakan.  Selain menjelajahi destinasi wisata di Bandung, kamu juga bisa berburu ragam fashion yang up to date di Kota Kembang.  Tidak ketinggalan juga dengan ragam kekayaan kuliner khas Bandung yang wajib kamu cicipi satu per satu.

Momen liburanmu di Bandung pun tidak akan lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di rumah.  Yang pasti ada banyak oleh-oleh khas Bandung yang wajib masuk dalam daftar pencarianmu seperti berikut ini.

1.  Peuyeum

Liburan ke Bandung belum lengkap tanpa membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.  Penganan manis yang merupakan fermentasi dari singkong ini memang sangat populer sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Berbeda dengan tape singkong pada umumnya, peuyeum memiliki tekstur yang lebih padat dengan warna putih di sekelilingnya.  Jika tape biasa menggunakan singkong yang sudah di potong-potong, peuyeum justru menggunakan singkong utuh sehingga dari segi ukuran lebih besar.

Singkong utuh yang sudah dibersihkan dikukus kemudian diberi ragi dan ditempatkan pada wadah yang tertutup.  Dari proses fermentasi tersebut maka dihasilkan peuyeum dengan cita rasa yang begitu manis.

Oleh-oleh manis dari Bandung ini pada awalnya dibuat untuk memanfaatkan singkong yang cukup melimpah di wilayah tersebut.  Tape singkong atau peuyeum khas Bandung ini juga diyakini mampu memberikan efek yang menghangatkan badan sehingga sangat cocok dengan cuaca Bandung yang cenderung dingin.

Oleh-oleh peuyeum khas Bandung ini biasanya dijajakan dengan cara digantungkan sehingga semakin menarik minat wisatawan untuk membelinya.  Peuyeum Bandung banyak dijual di sepanjang jalan Cileunyi sebelum masuk tol Cipularang atau di kawasan Jalan Cihampelas.  Peuyeum nan legit juga bisa didapatkan di sekitar Terminal Leuwipanjang.

2.  Surabi

Masih dengan jajanan manis, di Bandung kamu juga bisa membeli surabi untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Cita rasa manis dan gurih pada kue ini begitu menggoda, sangat pas buat kudapan di waktu senggang.

Untuk mendapatkan surabi khas Bandung ini kamu bisa langsung menuju ke Surabi Enhaii yang berada di Jalan Setiabudi, Bandung.  Selain menyediakan surabi dengan rasa original, tempat ini juga menyediakan surabi rasa oncom, keju, strawberry, durian, dan kismis yang bisa dipilih sesuai selera.

Rekomendasi lainnya adalah Surabi Cihapit yang beralamat di Jalan Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

3.  Cireng

Cireng atau aci goreng bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk dibawa pulang karena menyajikan cita rasa unik yang cukup menggoda.  Jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini sangat terkenal di Bandung dan menjadi salah satu makanan yang difavoritkan oleh masyakarat Bandung.

Cireng paling nikmat disantap ketika masih panas.  Tektsur cireng cenderung kenyal dengan rasa gurih yang pas sangat cocok untuk camilan di sore hari bersama secangkir teh hangat.

Saat ini cireng juga sudah dikreasikan menjadi beberapa macam varian isi sehingga cita rasanya semakin sempurna.  Salah satu yang terkenal adalah Cireng Cipaganti yang menyediakan cireng dengan isian sosis, kornet, keju hingga abon.

Rekomendasi lainnya untuk mendapatkan cireng adalah Cireng Kamsia yang beralamat di Jalan Pajajaran, Husen Sastranegara, Cicendo, Jawa Barat.

4.  Tempe Gila

Tempe gila menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas Bandung yang banyak dicari oleh wisatawan karena sensasi rasanya yang istimewa.  Disebut dengan tempe gila karena olahan tempe ini memang gila enak dan pedasnya, sangat cocok buat kamu yang doyan banget dengan makanan pedas.

Keripik tempe dengan tekstur yang sangat renyah ini disajikan dalam beberapa level pedas sehingga bisa dipilih sesuai selera.  Untuk pedas dengan level biasa kamu bisa memilih tempe gila jenis cobian, sementara jenis karesep untuk level pedas sedang, aink untuk level pedas yang lebih tinggi dari level sedang, dan gelo untuk level yang sangat pedas.

Tempe gila bisa didapatkan di Buah Batu Regensi Blok B2 No. 2, Bandung. Selain tempe gila, tempat ini juga menyediakan tahu ling-lung, keris atau keripik singkong, dan bubuk gila.

Rekomendasi lainnya adalah Tempe Gila Bandung 1 di Jalan Pelajar Pejuang 45 No.112, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

5.  Tahu Bandung

Oleh-oleh khas Bandung ini merupakan olahan kedelai pilihan sehingga menghasilkan tekstur tahu yang lembut dengan cita rasa unik nan menggoda.  Oleh-oleh dengan kandungan protein nabati ini sangat menarik untuk dibawa pulang, karena selain gurih juga kaya akan nutrisi.

Tahu Bandung menyajikan rasa gurih dan kenyal namun sangat lembut di lidah.  Bisa disajikan dengan cara digoreng dan paling pas dinikmati selagi masih panas.  Sangat cocok buat camilan di waktu senggang atau sebagai lauk pelengkap untuk makan.

Tahu Bandung bisa didapatkan di Jalan Cijeruk No. 133, Lembang atau di Jalan Sesko AU No. 20, Lembang, Bandung Barat. Untuk harga tidak perlu khawatir, karena tahu Bandung dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Sudah enak, murah pula!

Selain membeli oleh-oleh tahu, di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan proses pembuatan tahu secara langsung sehingga momen liburanmu semakin tak terlupakan.

6.  Tahu Susu Lembang

Sesuai dengan namanya, tahu susu Lembang dibuat dengan campuran susu asli sehingga menyajikan cita rasa gurih yang sangat menggoda.  Tekstur tahu susu Lembang ini sangat lembut di lidah sehingga tidak cukup jika hanya mencicipi satu saja.

Selain lembut, bagian dalam tahu susu ini juga lebih padat sehingga cukup mengenyangkan.  Tahu susu dibuat tanpa bahan pengawet dan hanya tahan sampai dua hari saja.  Kemasan tahu susu sangat praktis sehingga cocok buat dijadikan oleh-oleh tanpa banyak memakan tempat.

Untuk mendapatkan tahu susu Lembang ini kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

7.  Oncom Raos

Kuliner berbahan kacang dan ampas kelapa ini sangat identik dengan Bandung dan menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.  Olahan kacang ini menyajikan cita rasa yang begitu nikmat meskipun hanya disajikan dengan cara digoreng saja.

Seperti halnya pembuatan tempe, oncom juga diolah dengan menggunakan ragi namun dari jenis yang berbeda.  Sehingga hasilnya terlihat warna orange pada bagian atas oncom yang membuatnya semakin unik.

Oncom dengan bahan kacang yang lebih dominan menyajikan cita rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan tempe biasa.  Dari segi tampilan, oncom terlihat lebih kering dan cocok untuk dibuat berbagai menu masakan.

Salah satu yang populer di Bandung adalah oncom Raos.  Oleh-oleh oncom raos khas Bandung ini bisa kamu dapatkan di Jalan Cihampelas 91B.  Selain oncom, kamu juga bisa memilih jenis oleh-oleh lainnya seperti keripik, sale pisang dan juga manisan khas Bandung.

8.  Gepuk Cilampeni

Olahan daging sapi ini merupakan salah satu menu favorit masyarakat Bandung.  Cara pengolahannya adalah dengan merebus daging sapi dan kemudian digepuk atau digeprek sehingga tekstur daging sapi menjadi tipis.

Salah satu yang terkenal adalah Gepuk Cilampeni yang disajikan dalam ukuran relatif besar dengan tekstur yang empuk dan tidak alot.  Sensasi gurih dan manis dari gepuk ini sangat pas di lidah dan cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Gepuk Cilampeni yang legendaris ini bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Gepuk & Sate Cilampeni Hj. Wiwin Rukmini yang berada di Jalan Terusan Kopo Km 11, Bandung.

9.  Gepuk Nyonya Ong

Terbuat dari bahan daging sapi pilihan, empal atau gepuk Nyonya Ong sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Salah satu gepuk terkenal di Bandung ini menyajikan cita rasa gurih dan manis yang sangat lezat dengan racikan bumbu kaya rempah di dalamnya. Gepuk Nyonya Ong bisa dikreasikan menjadi aneka macam menu masakan sehingga sensasi rasanya semakin istimewa.

Untuk mendapatkan Gepuk Nyonya Ong ini kamu bisa datang ke Jalan Buah Batu No. 151A, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

10.  Bolu Susu Lembang

Kue bolu nan manis ini bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah.  Meskipun oleh-oleh khas Bandung ini belum lama muncul namun sudah menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Selain rasa original, Bolu Susu Lembang juga tersedia dalam beberapa varian rasa seperti vanilla dan cokelat. Perpaduan rasa antara manisnya kue dengan gurihnya keju dan susu pada kue bolu ini benar-benar menggugah selera.

Kue bolu khas Bandung ini sangat mudah ditemukan karena ada banyak gerai Bolu Susu Lembang yang menjadi mitra resmi BSL.  Diantaranya adalah di Jalan Raya Bojongsoang No. 108, Jalan Jenderal Amir Machmud No. 218, Jalan AH. Nasution No. 105, Bandung, dan Toko Oleh-oleh Lembang di Jalan Kopo Sayati No. 126, Bandung.

11.  Kue Brownies Amanda

Selain Bolu Susu Lembang, Bandung juga terkenal dengan oleh-oleh brownies-nya yang tak kalah menggoda.  Kue nan manis ini muncul di tahun 2000-an dan langsung menarik perhatian wisatawan karena pengolahannya yang dikukus dan cukup awet.

Sensasi rasa cokelat yang begitu dominan pada kue ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga tidak heran jika brownies Amanda menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan di Bandung.

Selain rasa cokelat original, brownies Amanda juga menyediakan aneka varian rasa lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.  Mulai dari rasa cheese cream, choco marble, sarikaya pandan, blueberry, tiramisu, hingga banana bizz.

Kue brownies Amanda bisa kamu dapatkan di Jalan Rancabolang No.29, Manjahlega, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

12.  Pisang Bollen

Oleh-oleh khas Bandung ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan banyak dicari untuk dibawa pulang.  Kue dengan isian pisang ini terasa semakin manis ketika dipadukan dengan lelehan cokelat dan gurihnya keju.

Nama bolen sendiri berasal dari bentuk kuenya yang menyerupai truk bolen atau truk pengaduk semen.  Jika diawal kemunculannya di tahun 1984 kue bollen hanya diberi isian pisang dan cokelat saja, saat ini sudah terdapat aneka macam varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera.  Mulai dari durian keju bollen, kacang hijau bollen, peuyeum keju bollen, cokelat keju hingga apel bollen.

Pisang bollen bisa didapatkan di Kartika Sari yang beralamat di Jalan H. Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

13.  Batagor

Batagor merupakan akronim dari bakaso tahu goreng dan menjadi salah satu menu wajib yang harus dicicipi saat berada di Bandung.  Selain disantap di kedai batagor kamu juga bisa membawa pulang batagor untuk oleh-oleh.

Adonana batagor biasanya terdiri dari tepung tapioka dan ikan tenggiri sehingga aroma dan rasanya sangat khas dengan tekstur yang cukup kenyal.  Batagor disajikan bersama kuah kacang dan bisa diberi tambahan lainnya seperti tahu dan kentang sehingga sensasi rasanya semakin lengkap.

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli batagor sebagai oleh-oleh adalah Batagor Kingsley yang berada di Jalan Veteran No. 25, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Batagor Haji Yunus yang berada di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 68, Babakan Asih, Bojongloa, Kota Bandung, Jawa Barat.

14.  Siomay

Siomay atau bakso tahu merupakan salah satu ikon kuliner khas Bandung yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.  Sama seperti batagor, siomay juga terbuat dari adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri dengan rasa gurih yang begitu menggoda.

Menu ini disajikan dengan siraman bumbu kacang pedas sehingga cita rasanya semakin isimewa. Selain bakso tahu, siomay juga diberi tambahan seperti tahu, kol, kentang, telur, dan pare sehingga kombinasi rasanya semakin lengkap.

Selain dinikmati di tempat, kamu juga bisa membawa siomay beku sebagai oleh-oleh.  Salah satu tempat yang bisa dituju untuk berburu oleh-oleh siomay adalah Baso Tahu Lina yang berada di Jalan Sawah Kurung No. 4, Kota Bandung, Jawa Barat.

15.  Donat Madu

Donat madu bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Penganan manis nan empuk ini menyajikan kombinasi rasa yang unik dengan tambahan toping aneka macam rasa.

Meskipun terlihat sederhana dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau, namun donat madu menawarkan sensasi rasa yang begitu istimewa.  Tekstur donat yang lembut dan empuk membuat donat ini masih tetap enak meskipun dinikmati pada kesesokan harinya.

Donat madu nan empuk dan manis ini bisa kamu beli di Donat Madu yang berada di Jalan Sarirasa Blok IV No. 16, Sarijadi, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

16.  Kopi Aroma

Kopi legendaris khas Bandung ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga atau sahabat di rumah.  Kopi Aroma khas Bandung tersedia dalam beberapa jenis, yaitu biji matang atau roasted beans, giling halus atau fine grind, giling medium atau medium grind, dan giling kasar atau coarse grind.

Untuk penyajian yang bisa langsung diseduh kamu bisa memilih jenis kopi giling halus sehingga lebih praktis.  Selain itu tersedia juga jenis kopi aroma mokka arabika yang memiliki aroma wangi, lembut, dan rendah kafein.  Serta robusta yang sensasi rasanya pahit, keras, dan tinggi kafein.

Kopi Aroma hanya bisa kamu dapatkan di Jalan Banceuy No. 51, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

17.  Pia

Pia menjadi salah satu kue yang bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah pia Bandung yang cita rasanya begitu manis dan menggoda.  Kudapan manis ini menyajikan rasa renyah di luar dan lembut di dalam sehingga sangat pas buat menemani secangkir teh di sore hari.

Selain rasa kacang hijau, tersedia juga varian rasa pia lainnya yang tak kalah enak seperti cokelat, keju, butter scotch dan campur empat varian rasa.  Salah satu pia yang terkenal di Bandung adalah Pia 170 yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah.  Pia 170 berada di Jalan Pasir Kaliki No. 170, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *