web log free Objek Wisata yang Hits dengan Spot Foto Kece Abis – Travelling News

Objek Wisata yang Hits dengan Spot Foto Kece Abis

Bukit Mojo Gumelem – Destinasi wisata alam yang memiliki daya tarik yang luar biasa di perbukitan Dlingo, sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul yang menyimpan pesona keindahan yaitu bukit mojo gumelem (Mojo Gumelem Hill). Beberapa destinasi baru memang terus bermunculan yang diawali munculnya Bukit Panguk Kediwung, jurang tembelan dan kini yang teranyar bukit Mojo.

Pada awalnya bukit mojo dibangun ala kadarnya yang menawarkan pemandangan perbukitan yang mempesona, namun keberadaannya belum begitu diminati hingga banyak bermunculan wisata perbukitan yang penuh kreativitas maka petugas bukit mojo gumelem mulai menata konsep pembuatan yang matang dengan dibangunnya beberapa spot selfie yang artistik.

Setelah peremajaan tempat ini mendapat sambutan baik dari para pengunjung. Memang saat ini tempat wisata yang menawarkan spot foto yang instagramable dicari banyak orang.

Belum lagi keberadaannya yang mulai wira – wiri di berbagai akun sosial media khususnya instagram yang terus mengekspos kecantikan tempat ini membuat pengunjung semakin tertarik dan penasaran ingin segera menyambangi tempat ini.

Selain dilengkapi dengan spot – spot selfie yang hits di media sosial tempat ini juga menawarkan pemandangan kota Jogja yang masih sangat alami. Bukit mojo gumelem ini terletak di kawasan wisata mangunan  yang berjejer dengan destinasi wisata lain yang tidak kalah ngehitsnya.

Dari semua keindahan yang ditawarkan tempat ini tidak heran jika banyak sekali pengunjung yang datang, terutama pada musim liburan, untuk bisa menikmati spot fotonya saja anda harus rela antri panjang.

Pintu Masuk Bukit Mojo via IG @al_syaqirun5858

Pintu Masuk Bukit Mojo via IG @al_syaqirun5858

Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Lokasi bukit mojo gumelem ini terletak di sebelah selatan kota Jogja, berada di kawasan wisata mangunan yang sangat terkenal, yang dipenuhi dengan perbukitan yang indah dan mempesona yang menawarkan tempa foto yang artistik. Jika anda penasaran dimana lokasi pastinya berada di Dusun kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi anda pecinta traveling pastinya sudah tidak asing lagi dengan kawasan mangunan karena ditempat ini terdapat beberapa lokasi wisata yang cukup terkenal. Namun bagi anda yang belum paham dengan lokasinya jangan takut nyasar karena tempat ini sangat mudah ditemukan dengan akses jalan yang sangat mudah dilalui.

Rute Menuju Lokasi Bukit Mojo Gumelem

Untuk bisa mencapai lokasi bukit mojo gumelem anda bisa mengendarai motor, atau mobil, serta transportasi umum seperti bus. Seluruh jalanan di tempat ini sudah diaspal.

Anda akan melewati jalanan yang lebih sering berkelok, menanjak, serta menurun sebab lokasinya di perbukitan membuat jalanannya sendiri menantang untuk dilalui. Berada tidak jauh dari pusat Kota Jogja hanya sekitar 24 km menuju selatan Jogja.

Rute perjalanan dimulai dari Pusat Kota Jogja menuju arah selatan yang melewati jalan Imogiri Barat jalan terus menuju Kecamatan Imogiri hingga menemukan taman makan Raja – Raja Mataram selanjutnya silahkan berbelok kearah selatan menuju jalan Imogiri – Dlingo lalu jalan terus hingga menemukan pertigaan ambil arah ke kanan lalu jalan terus di jalur utama dan ikuti petunjuk jalan menuju lokasi bukit mojo gumelem yang tidak jauh dari situ.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi anda akan disuguhkan pemandangan yang mempesona dan masih sangat alami. Sebelum sampai di lokasinya anda akan melewati destinasi Jurang Tembelan terlebih dahulu. Untuk mempermudah perjalanan anda juga bisa mengikuti peta petunjuk jalan dari Google Maps yang bisa diakses melalui smartphone.

 

Harga Tiket Masuk Bukit Mojo Gumelem

Biaya untuk tiket masuk di bukit mojo gumelem sangat bersahabat, anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Anda hanya dikenakan biaya untuk pembayaran retribusinya Rp. 5000 per orang. Namun ketika anda menikmati berbagai spot foto yang instagramable silahkan memberikan sumbangan suka rela yang nantinya digunakan untuk merawat tempat ini.

Nah bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan untuk membayar tiket parkir. Harga tiketnya juga sangat murah anda hanya perlu membayar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua atau motor serta Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Area parkir ini disediakan khusus bagi pengunjung bukit mojo gumelem yang membawa kendaraan, jadi anda tidak perlu bingung meletakkan kendaraan anda dan menjadi lebih tenang ketika menikmati pesona wisata ditempat ini. Terdapat beberapa petugas parkir yang berasal dari warga sekitar yang akan menjaga dan merapikan kendaraan anda.

Memang tempat ini masih dikelola secara swadaya masyarakat khususnya pemuda karang taruna. Dengan dibukanya lokasi bukit mojo gumelem ini turut mengoptimalkan kemampuan sumber daya masyarakatnya.

Jam Operasional Mojo Gumelem Hill

Kabar gembira untuk anda yang ingin menyambangi lokasi wisata ini bisa datang kapan saja mulai senin hingga minggu tanpa hari libur, serta dengan waktu kunjung  tanpa batas pula dibuka 24 jam untuk umum. Jadi anda bisa puas menikmati keindahan tempat ini sesukanya, selain itu anda juga bisa menikmati pesona sunrise serta sunsetnya yang menawan.

Waktu Berkunjung Terbaik ke Mojo Gumelem Hill

Meski anda bebas berkunjung kapan saja, namun ada waktu berkunjung yang paling tepat. Sebaiknya anda berkunjung di pagi hari selesai sholat subuh sekitar pukul 05.00 wib silahkan memulai perjalanan anda dari rumah agar sesampainya di lokasi anda langsung disuguhkan pemandangan sunrise atau matahari terbit yang menawan.

Dimana langit berubah pink dengan sinaran mentari yang sangat cerah membuat suasananya sangat menggemaskan. Nikmati sunrise dari tempat  ini bersama secangkir kopi hangat dan makanan seadanya membuat suasana semakin sempurna. Jangan lupa untuk foto – foto ya mengabadikan momen sunrise yang mnggemaskan.

Fasilitas di Mojo Gumelem Hill

Meski pengelolaannya masih dilakukan secara swadaya masyarakat kreatif sesuai dengan kapasitas dan kemampuan mereka, untuk urusan fasilitas yang ada di dalamnya sudah cukup lengkap. Selain itu pembangunan demi pembangunan juga masih terus dilakukan demi kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia seperti:

1. Area Parkir

Area parkir wajib ada disetiap lokasi wisata jangan sampai pengunjung batal berkunjung hanya karena bingung meletakkan kendaraan mereka dimana karena takut terjadi kerusakan atau hilang

2. Tempat Sampah

Meski tidak begitu penting dibahas namun tempat sampah juga termasuk bagian dari fasilitas yang diperlukan untuk menjaga kebersihan lokasi wisata. Bayangkan jika anda berlibur ditengah hamparan sampah pastinya akan mengganggu kenyamanan anda

3. Toilet

bagi anda para wisatawan jika lokasi wisata ini tidak dilengkapi toilet umum pastinya anda akan pikir – pikir lagi untuk berkunjung atau tidak, bukan?

4. Mushola

Mushola juga ada lho meski seadanya namun cukup nyaman digunakan warga muslim untuk menunaikan ibadah sholat

5. Papan Informasi

Papan informasi cukup penting bagi pengunjung yang tidak tahu apa – apa mengenai lokasi ini bisa melihat papan informasi yang tersedia.

6. Berbagai Spot Selfie Menarik

Abadikan Momen Cintamu di Bukit Mojo

Abadikan Momen Cintamu di Bukit Mojo

Fasilitas yang satu ini merupakan fasilitas unggulan tempat ini, menjadi salah satu  daya tarik bagi pengunjung yang datang. Membuat mereka ketagihan berkunjung dan rasanya enggan beranjak dari lokasi

7. Warung Makan Khas

Setelah lelah berkeliling lokasi pastinya anda ingin segera istirahat sambil mengisi perut yang mulai keroncongan alias lapar. Anda bisa langsung datang ke warung – warung kecil yang dikelola warga sekitar dengan menu khas lokal yang lezat

Keindahan Bukit Mojo Gumelem yang Instagramable

Pada tahun 2016 lalu  wisata bukit mojo gumelem berdiri.  Berawal dari warga gumelem menyadari adanya potensi alam bukit gumelem sebagai objek wisata. Nama bukit mojo diambil dari banyaknya pohon mojo yang hidup di lokasi perbukitan ini, di kawasan wisata mangunan yang terkenal.

Pemandangan indah yang ditawarkan membuat anda enggan beranjak dari tempat ini, terlihat perbukitan yang yang ditumbuhi pepohonan hijau dan rimbun serta menawarkan pemandangan kota Yogyakarta yang cantik dan  alami. Keberadaan bukit mojo gumelem cukup viral di media sosial karena berbagai spot fotonya yang cantik.

Spot Foto Instagramable di Bukit Mojo

Spot Foto Instagramable di Bukit Mojo

Terlihat beberapa hasil jepretan para traveler yang pernah mengunjungi lokasi ini terus beredar di media sosial, membuat popularitas destinasi wisata ini semakin tinggi dan memiliki banyak sekali pengunjung.

Terlihat dari sini pemandangan deretan bukit seribu yang cantik dan mempesona serta aliran sungai oya yang juga terlihat dari lokasi ini. Bagi anda pecinta fotografi pastinya merasa senang bisa berkunjung dan menuntaskan hobi berfoto anda.

Selain itu keindahan panorama alam ditempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat foto prewedding yang mengusung konsep alam terbuka, dengan mengandalkan background perbukitan hijau dan alam sekitar yang mempesona dijamin hasil jepretannya terlihat sangat cantik.

Foto di Sangkar Burung Bukit Mojo Bantul

Foto di Sangkar Burung Bukit Mojo Bantul

Setelah puas berfoto di beberapa tempat yang menawarkan bentuk sangkar burung dan bung matahari yang sangat cantik, selanjutnya momen indah yang tidak boleh terlewatkan adalah momen matahari terbenam atau sunsetnya yang menawan.

Dimana matahari yang mulai menghilang secara perlahan berubah warna menjadi jingga keemasan membuat suasana semakin menarik. Momen ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan foto terbaik dari permainan sudut yang anda lakukan.

Bukan hanya momen matahari terbenam saja yang dinanti sebab momen matahari terbit atau sunrise juga tidak kalah indahnya.

Keindahan Bukit Mojo Gumelem

Keindahan Bukit Mojo Gumelem

Suasana pagi di bukit gumelem ini sangat sempurna, dengan dataran rendahnya yang tertutup kabut berwarna putih membuat anda seolah sedang berada di negeri atas awan yang mengagumkan sambil menikmati langit pagi yang indah. Pastilah momen pagi hari di bukit mojo ini sangat dinanti para pecinta traveling.

Momen – momen romantis itu memang sangat cocok dinikmati bersama pasangan, sambil berfoto selfie mengabadikan momen kebersamaan ditengah pemandangan alam perbukitan yang mempesona.

Memang bukit mojo selalu ramai pengunjung, mulai dari pagi hingga sore hari, kebanyakan dari mereka berburu momen sunrise serta sunset dan spot –spot selfie yang cantik.

Menikmati Sunset di Bukit Mojo

Menikmati Sunset di Bukit Mojo

Keunikan lokasi ini bukan hanya sampai disitu saja, terdapat beberapa lokasi yang dipasang papan nama yang bertuliskan kata – kata lucu dan menarik yang disukai para muda mudi pastinya.

Kemudian pengunjung akan berfoto sambil bersanding dengan papan nama tersebut. tempat ini menjadi salah satu tujuan utama para pecinta traveling nah bagi anda yang belum berkunjung tunggu apa lagi? Silahkan menikmati keindahannya secara nyata.

Wisata Kuliner

Menikmati Keindahan Alam dengan Secangkir Kopi di Bukit Mojo via IG @ihsanudn

Menikmati Keindahan Alam dengan Secangkir Kopi di Bukit Mojo via IG @ihsanudn

Disini banyak terdapat warung – warung kecil yang dikelola oleh warga sekitar lokasi. Memang keberadaan destinasi wisata ini turut mengangkat perekonomian warganya, yang mendapatkan mata pencaharian di lokasi wisata ini.

Anda bisa menikmati kelezatan makanan khas lokal.  Selain itu warung makan disini juga menyediakan menu Gudeg yang sangat terkenal.

Beberapa jenis wedang, kopi, teh, serta beberapa jenis minuman lainnya juga tersedia disini. bagi anda yang tidak membawa bekal makanan sendiri bisa langsung datang ke warung –  warung yang tersedia.

Tips dan saran

Tips dan sarang bagi anda yang ingin mengunjungi wisata bukit mojo gumelem ini  sebaiknya datang di hari yang cerah agar bisa menikmati beberapa tempat selfie yang cantik. Jika anda datang ketika hujan pastinya akan menghalangi anda mendapatkan hasil foto yang sempurna, membuat foto anda menjadi kurang baik.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah hindari berkunjung di waktu weekend atau sabtu minggu dikarenakan akan banyak sekali pengunjung yang datang, sehingga untuk menikmati spot foto disini anda harus antri panjang dan sesak pengunjung yang berdesakan akan mengurangi kenyamanan berlibur anda.

Namun jika anda harus datang di hari sabtu minggu tetap bisa namun anda perlu ekstra hati – hati, hindari meletakkan barang bawaan sembarangan.

Jangan lupa mempersiapkan kondisi tubuh anda, jangan sampai liburan kali ini terhalang karena masalah kesehatan, minum beberapa suplemen dan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh kenakan pula baju hangat atau jaket karena udara disini sangat dingin terutama di pagi hari. Persiapkan pula peralatan kesehatan seperti obat – obatan, dll.

Hal yang paling utama harus anda siapkan adalah kamera. Tidak perlu kamera mahal dan canggih sebab saat ini technology smartphone sudah cukup canggih, dengan berbekal kamera handpone saja anda sudah bisa menghasilkan foto seperti ciptaan profesional.

Wisata di Sekitar Bukit Mojo Gumelem

Tahukah anda jika disekitar kawasan wisata mangunan atau di dekat bukit mojo gumelem terdapat banyak sekali lokasi destinasi wisata lain yang juga tidak kalah keren yang wajib anda kunjungi, berikut beberapa lokasi wisata di sekitarnya seperti:

Dari semua penjelasan mengenai bukit mojo gumelem di atas pastinya membuat anda semakin ingin mengunjungi tempat ini. Yuk tunggu apalagi liburan kali ini segera habiskan waktu anda bersama keluarga dan teman terdekat di lokasi ini. Selamat berkunjung, dan terima kasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Sejarah Pabrik Gula Madukismo Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *