Menikmati “Omelette” khas Betawi, Kerak Telor

jajanan khas jakarta

Siapa yang udah pernah nyobain kerak telor? Atau ada yang belum tahu sama sekali? Hidangan ini merupakan salah satu makanan legendaris khas Betawi. Jajanan khas Jakarta ini terbuat dari beras ketan dan telur, lalu disajikan dengan taburan serundeng kelapa serta bawang goreng. Gurih banget!

Menjelang HUT kota Jakarta tanggal 22 Juni mendatang, makanan ini jadi hidangan wajib dan juga salah satu ciri khas dalam perayaannya. Rasanya kurang pas kalau tidak ada kerak telor. Untuk mengenal lebih dalam, yuk, kita simak ulasan lengkap dari Airy!

Sejarah Kerak Telor

jajanan khas jakarta
Credit: instagram.com/antonio_thefoodfather

Kamu tahu gak? Kerak telor itu diciptakan secara tidak sengaja, lho. Dulu. ketika masih disebut Batavia, Jakarta memiliki banyak sekali pohon kelapa. Masyarakat Betawi yang tinggal di daerah Menteng memanfaatkan kelapa tersebut untuk coba-coba membuat berbagai masakan. Hingga akhirnya mereka berhasil membuat serundeng dan diolah menjadi kerak telor.

Masyarakat Betawi baru mulai menjajakan hidangan ini pada tahun 1970 an di kawasan Monas.  Dari awalnya coba-coba, ternyata kerak telor disukai oleh masyarakat Batavia dan menjadi terkenal. Bahkan dulu, kerak telor sempat menjadi hidangan untuk masyarakat kelas atas di Jakarta. Seiring berkembangnya zaman, kini kerak telor menjadi makanan favorit semua kalangan.

Omelette khas Betawi

jajanan khas jakarta
Credit: instagram.com/dellatan

Bahan utama kerak telor adalah telur ayam atau telur bebek. Makanan ini sering disebut sebagai omelette khas Betawi karena bentuknya mirip dan juga berbahan dasar telur.

Salah satu ciri khasnya adalah proses pembuatan yang masih menggunakan tungku dan bara api. Ketika masih setengah matang, wajan akan di balik dan dibiarkan menghadap bara api agar teksturnya menjadi renyah. Penggunaan bara api sendiri bakal menambah aroma wangi pada kerak telor. Pembuatannya juga gak menggunakan minyak sama sekali, lho!

Setelah matang, kerak telor akan diberikan tambahan serundeng, bumbu rempah, dan taburan bawang goreng. Jajanan khas Jakarta ini paling enak dinikmati ketika baru matang dan masih hangat. Rasanya gurih dan ada sensasi rasa manis dari serundeng kelapa, menggugah selera banget!

Lokasi Penjual Kerak Telor di Jakarta

kerak telor Jakarta
Credit: instagram.com/arieswariputri

Penjual kerak telor biasanya banyak bermunculan ketika menjelang hari besar kota Jakarta seperti HUT kota Jakarta atau HUT Republik Indonesia. Menjelang hari jadi kota Jakarta pada bulan Juni hingga Juli, kamu bisa menemukan penjual kerak telor di sekitar wilayah Kemayoran, terutama dekat area Pekan Raya Jakarta.

Kamu juga bisa menemukan kerak telor di tempat wisata seperti kawasan Kota Tua atau di Monas. Beberapa tempat wisata kebudayaan Betawi seperti Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah, atau Taman Ismail Marzuki  kini juga mulai menjual kerak telor.

Harga kerak telor cukup bervariasi tergantung dari penjualnya. Namun biasanya makanan ini dijual dengan harga Rp15.000 sampai Rp20.000. Jika kamu memesan kerak telor dengan bahan dasar telur bebek, biasanya akan lebih mahal daripada yang berbahan dasar telur ayam.

Nah itu dia beberapa info tentang kerak telor khas Jakarta. Enak banget, ya! Kalau kamu punya rencana liburan ke Jakarta, jangan lupa pesan kamar dan tiket pesawat pakai Airy! Caranya gampang banget, download dan install aplikasi Airy di Google Play Store atau App Store. Kamu bisa menemukan berbagai hotel Airy dan tiket pesawat dengan harga murah!

Mau promo? Langsung aja follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia, dan LINE Official Account @airyrooms. Banyak promo hotel Airy dan tiket pesawat Airy tersedia untuk kamu.

Informasi lebih lengkap kamu bisa klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit: instagram.com/gp_eth


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *