Mengingat Jasa Pahlawan, Ini Museum yang Bisa Kamu Kunjungi!

Museum kemerdekaan indonesia

Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia! Rencananya tahun ini kamu mau ngapain nih? Selain ikutan lomba yang seru, kamu juga bisa mengunjungi museum kemerdekaan Indonesia. Mengunjungi museum akan membuat acara tujuh belasan semakin seru, lho. Bingung mau mengunjungi museum yang mana? Ulasan blog kali ini, Airy mau mengajak kamu jalan-jalan ke museum yang lekat banget dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Museum Sejarah Fatahillah

Museum kemerdekaan indonesia
Credit: letsgo2museum.blogspot.com

Tepat di tengah destinasi wisata Kota Tua, ada museum Kemerdekaan Indonesia yang gagah berdiri yaitu Museum Sejarah Fatahillah. Masuk ke sini, kamu bisa melihat peninggalan penjajahan Belanda seperti lemari, meja rapat, tempat tidur, senjata, patung-patung, dan kursi. Yang menjadi primadona museum ini adalah penjaranya. Penjara bawah tanah dan penjara wanita. Kedua penjara ini adalah tempat di mana pahlawan nasional kita pernah dihukum. Seperti pahlawan Cut Nyak Dhien dan Pangeran Diponegoro. Kalau kamu lagi di daerah Jakarta, jangan lupa mampir ke tempat ini, ya!

Alamat Museum Sejarah Fatahillah: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum kemerdekaan indonesia
Credit: 60museumjakarta.blogspot.com

Indonesia tidak akan merdeka tanpa adanya proklamasi. Nah, Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah tempat dibuatnya naskah proklamasi Indonesia. Dulu, bangunan ini adalah rumah Laksamana Tadashi Maeda. Markas kecil tempat naskah proklamasi disusun. Di sini, kamu bisa menemukan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, dan lain-lain. Semua susunannya masih sama persis seperti saat penyusunan naskah proklamasi dulu. Selain itu, di museum ini juga terdapat foto-foto tokoh penyusun naskah proklamasi, kaset, uang kertas, stempel, koran, lukisan, buku, poster, dan patung yang menceritakan kejadian terbuatnya naskah proklamasi.

Alamat Museum Perumusan Naskah Proklamasi: Jl. Imam Bonjol No.1, RT.9/RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Museum Kebangkitan Nasional

Museum kemerdekaan indonesia
Credit: wego.co.id

Ini dia tempat lahirnya ide-ide untuk memerdekakan negara dari penjajah. Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah tempat dibentuknya organisasi pergerakan pembela kemerdekaan pertama, bernama Boedi Oetomo. Selain jadi markas perkumpulan pembela kemerdekaan, tempat ini dulunya adalah sebuah sekolah kedokteran.

Masuk ke museum ini, kamu bisa melihat ruang kelas, laboratorium, asrama, tempat olahraga, kantin, dapur, dan aula, ala era zaman dulu. Selain itu ada juga pajangan berupa senjata, patung, map, lukisan, foto, dan diorama yang menceritakan perjuangan pahlawan Indonesia. Menarik banget, kan? Kamu sudah pernah ke museum ini belum?

Alamat Museum Kebangkitan Nasional: Jl. Abdul Rachman Saleh No.26 4 5, RT.4/RW.5, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410

Tugu Proklamasi

Credit: Youtubr.com/Rey VieMo Hawk

Dulu, sebelum dijadikan taman Tugu Proklamasi, tempat ini adalah rumah Presiden pertama Indonesia Ir .Soekarno. Tempat ini juga merupakan lokasi di mana proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan. Di Tugu Proklamasi, kamu bisa melihat monumen dan tugu yang menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia.

Menarik banget ya museum-museumnya! Kamu pengin mengunjungi yang mana dulu, nih? Atau kamu punya cara lain untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia? Seperti liburan menikmati kecantikan Indonesia misalnya. Kalau mau liburan, booking kamar dan tiket pesawatnya di Airy aja! Tinggal download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store, kamu pun sudah siap untuk liburan. Biar makin asyik, nikmati promo dari, yuk! Follow aja media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, untuk mendapatkan informasi promonya!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *