Melihat Kampung Para Pahlawan Nasional dari Sumbar

Pahlawan Nasional

Tahukah kamu? Pahlawan Nasional adalah sebuah gelar tertinggi yang diberikan pemerintah Indonesia untuk masyarakatnya. Gelar ini diberikan karena seseorang telah berjasa melakukan suatu hal yang nyata, berguna, dan dapat dikenal bangsa Indonesia sepanjang masa. Para Pahlawan Nasional ini berasal dari berbagai daerah dan salah satunya adalah Sumbar (Sumatera Barat).

Selain jasa mereka yang layak dikenang, mereka juga memiliki kampung halaman yang keren untuk dikunjungi satu-persatu. Di mana aja sih, kampung halaman para pahlawan dari Sumbar ini? Cek di bawah dan jadikan destinasi liburanmu selanjutnya, ya!

Mohammad Hatta, Bukittinggi

Pahlawan Nasional
Credit: beritagar.id

Siapa yang gak kenal dengan Pahlawan Nasional ini? Beliau adalah tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam. Bersama dengan Ir. Soekarno, Moh. Hatta dikenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia.

Pahlawan Nasional
Credit: hashtagbylily.com

Nah, ternyata, sebelum merantau ke Jakarta, beliau lahir dan tinggal di Bukittinggi. Saat ini, rumah milik beliau telah dijadikan museum dengan berbagai benda-benda miliknya yang masih terawat dengan rapi. Saat berkunjung ke Bukittinggi nanti, jangan lupa sempatkan berkunjung ke museum ini, ya!  

Tuanku Imam Bonjol, Bonjol

Pahlawan Nasional
Credit: kataloguangkuno.blogspot.com

Kamu pasti familiar dengan Pahlawan Nasional ini! Memiliki nama asli Muhammad Shahab, Tuanku Imam Bonjol adalah seorang ulama yang turut berjuang mengusir Belanda saat masa penjajahan dulu. Beliau lahir di Bonjol, Pasaman tahun 1772. Untuk memperingati jasanya, wajah beliau terpajang di uang nominal Rp5.000 cetakan tahun 2001.

Pahlawan Nasional
Credit: prokabar.com

Kampung halaman beliau berada di Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat. Salah satu objek wisata yang terkenal di tempat ini adalah Museum Tuanku Imam Bonjol. Museum ini dilengkapi oleh alat-alat perang yang digunakan oleh Imam Bonjol saat berperang dulu. Saat berkunjung ke sini, kamu akan dibuat terpukau oleh perjuangan para pahlawan kita dulu!

Tan Malaka, Pandan Gadang

Pahlawan Nasional
Credit: historia.id

Tan Malaka merupakan Pahlawan Nasional yang lahir di Pandan Gadang, Suliki, Kab. Lima Puluh Kota. Setelah lulu sekolah, beliau memutuskan untuk mengajar di sebuah perkebunan di Deli. Beliau menyumbangkan beberapa karya penting untuk Indonesia, seperti Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) dan Garpolek (Gerilya, Politik, dan Ekonomi)

Pahlawan Nasional
Credit: wakik.com

Saat berlibur ke Sumatera Barat, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke kampung halaman Pahlawan Nasional ini. Di Suliki, kamu bisa menemukan berbagai batu akik yang bagus-bagus. Bentuknya yang menawan sangat cocok untuk dipadukan dengan perhiasanmu. Jadi mewah banget!

Nah, itulah tadi beberapa kampung halaman para pahlawan yang ada di Sumatera Barat. Supaya lebih mengenal dan mengenang cerita pahlawan kita, kamu bisa mengunjungi kampung halaman mereka. Yuk, segera atur liburanmu bersama Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Temukan kamar hotel dan rute penerbangan yang kamu butuhkan. Pilihannya lengkap banget! Mau liburanmu lebih irit? Bisa, dong! Follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada promo menarik untuk kamu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Header & Feature Image Credit: id.wikipedia.org


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *