Makanan Khas Surabaya Enak & Unik yang Wajib Kamu Coba…

Nyero.ID – Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabayan bukan hanya menawarkan ragam destinasi wisata unggulan saja. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini juga menawarkan sensasi wisata kuliner yang memanjakan lidah.

Ada banyak menu khas Surabaya yang bisa kamu explore dengan cita rasa yang cukup bervariasi. Mulai dari makanan berat hingga aneka jajanan yang cocok buat mengganjal perut ketika lapar melanda.

Buat kamu yang sedang liburan di Surabaya, berikut ini adalah daftar makanan khas Surabaya yang wajib dicicipi untuk melengkapi acara travelingmu.

Rawon

Menu masakan khas Surabaya ini sudah sangat populer di kalangan pecinta kuliner karena menyajikan cita rasa lezat yang begitu menggoda. Kuah rawon yang berwarna hitam berasal dari kluwak yang memberikan rasa khas di dalamnya. Sementara irisan daging sapi membuat kuah semakin gurih dan menggugah selera.

Di Surabayan juga terdapat sajian rawon setan yang sangat terkenal. Yang membedakan rawon setan dengan rawon biasa adalah irisan daging sapinya yang lebih besar dan hanya buka pada malam hari.

Untuk menikmati seporsi rawon setan yang sudah sangat melegenda, kamu bisa datang langsung ke Rawon Setan Mbak Endang yang merupakan warung rawon setan pertama di Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Embong Malang No. 781, Genteng, Surabaya.

Nasi Krawu

Menu makanan khas Surabaya ini sebenarnya berasal dari wilayah Gresik.  Biasanya menu nasi krawu disajikan di atas daun pisang dengan irisan daging sapi, semur daging, sambal terasi dan serundeng.  Salah satu nasi krawu legendaris bisa kamu dapatkan di Nasi Krawu Buk Su yang terletak di Jalan Dharmahusada No. 108B, Mojo, Gubeng, Surabaya.

Rujak Cingur

Berkunjung ke Surabaya tidak akan lengkap tanpa mencicipi keunikan rasa rujak cingur yang begitu menggoda. Makanan berbahan dasar cingur atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.

Selain menggunakan moncong sapi, rujak cingur juga dilengkapi irisan timun, bengkoang, kedondong, mangga muda, dan nanas. Selain itu juga ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo serta beberapa sayuran seperti kecambah, kacang panjang, dan kangkung.

Selanjutnya semua bahan dicampur dengan kuah atau saus kental yang terbuat dari olahan petis udang, kacang tanah goreng, gula merah, cabai, sedikit pisang klutuk muda, bawang goreng, garam, dan air. Penyajian rujak cingur biasanya dilengkapi dengan kerupuk sehingga sensasi rasanya semakin nikmat.

Untuk mendapatkan seporsi rujak cingur yang begitu melegenda, kamu bisa datang ke Rujak Cingur Ahmad Jais yang terletak di Jalan Ahmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.

Lontong Balap

Jajanan khas Surabaya yang cukup mengenyangkan ini sangat cocok dinikmati bareng keluarga atau teman-teman. Seporsi lontong balap biasanya terdiri dari irisan lontong, kecambah, dan lentho yang dilengkapi dengan kuah segar plus kecap dan bawang goreng.

Penyajian lontong balap biasanya juga dilengkapi dengan sate kerang yang membuat cita rasanya semakin juara dan memanjakan lidah.

Untuk menikmati keunikan rasa lontong balap, kamu bisa mampir ke Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Lokasinya berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo No. 11, Surabaya.

Sate Klopo Ondomohen

Meskipun bernama sate klopo (kelapa) tapi makanan yang satu ini terbuat dari daging sapi, ayam, usus atau udang dengan bumbu sate pada umumnya. Istilah sate klopo merujuk pada proses pengolahannya yang menggunakan bumbu kelapa sangrai sebelum dibakar sehingga cita rasanya lebih gurih.

Untuk menikmati gurihnya sate klopo ondomohen, kamu bisa datang langsung ke Sate Klopo Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Sego Sambel Iwak Pe

Sego sambel iwak pe sangat cocok buat para penggemar pedas yang ingin memanjakan lidah. Menu masakan khas Surabaya ini menawarkan sensasi rasa pedas yang menggugah selera.
Sego sambel atau lebih dikenal dengan istilah penyetan merupakan menu makanan yang terdiri dari nasi dan sambal terasi. Sedangkan iwak pe adalah jenis ikan laut yang biasa disebut dengan ikan pari.

Nasi hangat, ikan pari, sambal dan lalapan menjadi sebuah perpaduan yang begitu menggugah selera, membuat siapapun tergoda untuk menikmati kelezatan dan sensasi pedasnya.

Salah satu tempat makan sego sambel yang cukup legendaris adalah Sego Sambel Iwak Pe Mak Yeye yang berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Tempat makan ini buka malam hari mulai jam 21.00-04.00 WIB. Bisa jadi solusi buat kamu yang menderita insomnia dan lapar di malam hari.

Pecel Semanggi

Menu makanan sehat khas Surabaya ini memiliki tampilan seperti pecel pada umumnya, yang membedakan adalah keberadaan daun semanggi di dalamnya. Perpaduan antara sayuran dan bumbu kacang membuat sajian pecel semanggi semakin nikmat.

Biasanya pecel semanggi disajikan di atas pincuk bersama kerupuk puli yang juga difungsikan sebagai sendok sehingga membuat cita rasanya semakin istimewa.

Meskipun penjual pecel semanggi semakin jarang ditemui, namun kamu tetap bisa mencicipi menu tradisional ini di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Rekomendasi lainnya adalah Pecel Semanggi Dempo yang terletak di Jalan Dempo No. 19, Patemon, Sawahan, Surabaya.

Tahu Tek

Menu makanan tradisional ini terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, kentang rebus yang digoreng, telur dengan potongan tahu di dalamnya, serta kecambah yang kemudian disiram dengan saus kacang pedas dan petis khas Surabaya. Penyajian tahu tek biasanya ditambahkan dengan kerupuk sehingga semakin menggugah selera.

Untuk mencicipi seporsi tahu tek yang nikmat, kamu bisa mampir ke Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen yang terletak di Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Surabaya.

Sate Karak

Menu khas Surabaya yang satu ini merupakan sejenis sate namun berbahan dasar usus sapi. Meski begitu biasanya sate karak juga ditambah dengan irisan daging sapi. Penyajiannya pun cukup unik karena disajikan bersama nasi ketan hitam, parutan kelapa dan kedelai tumbuk bercitarasa pedas.

Meskipun keberadaannya semakin sulit ditemukan, kamu masih bisa mencicipi keunikan rasanya di kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya atau Kampung Arab yang berada di Jalan Ampel Lonceng No. 60, Semampir, Surabaya.

Soto Ambengan

Soto ambengan merupakan salah satu menu makanan khas Surabaya yang sudah sangat terkenal kelezatannya. Kuliner dengan kuah gurih dan segar yang kaya rempah ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan dasarnya.

Penyajianannya semakin menggoda karena ditambahkan dengan irisan kol, soun atau bihun, dan telur rebus. Untuk sensasi pedas biasanya ditambah sambal kemiri sehingga semakin menggugah selera.

Soto ayam ambengan yang cukup legendaris bisa kamu dapatkan di Soto Ayam Ambengan Pak Sadi yang berada di Jalan Ambengan No. 3A, Ketabang, Genteng, Surabaya.

Tahu Campur Kalasan

Menu masakan khas Surabaya ini menjadi salah satu kuliner yang difavoritkan oleh banyak orang. Tahu campur Kalasan terdiri dari jeroan sapi, daging, tahu goreng, perkedel, selada, dan bumbu kental yang menggugah selera. Untuk menikmati seporsi tahu campur yang cukup legendaris kamu bisa mampir ke Jalan Kalasan No. 22, Tambaksari, Surabaya.

Pecel Rawon

Kuliner khas Surabaya ini memadukan cita rasa pecel dan rawon dalam satu hidangan yang menggugah selera. Menu tradisional ini terdiri dari nasi pecel dengan berbagai sayuran dan bumbu kacang yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang gurih dan kaya rempah. Cita rasa yang unik membuat makanan ini semakin menggoda.

Untuk mencicipi keunikan rasanya, kamu bisa datang langsung ke Warung Pojok Moro yang berada di Jalan Pucang Anom No. 17, Gubeng, Surabaya.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *