Makanan Khas Sumatera Utara yang Terkenal akan Kelezatannya!

Nyero.ID – Sumatera Utara merupakan salah satu wilayah provinsi di Pulau Sumatera yang terkenal dengan keindahan Danau Tobanya.  Selain Danau Toba, provinsi yang beribukota di Medan ini juga memiliki ragam destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang menggugah selera.   Yang pasti ada banyak menu khas di Sumatera Utara yang bisa kamu jelajahi keunikan rasanya satu per satu.

Buat kamu yang ingin mengexplore kekayaan kuliner di Sumatera Utara berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera Utara yang terkenal akan kelezatannya.

Arsik Ikan Mas

Di urutan pertama ada menu tradisional dari wilayah Tapanuli yang dikenal dengan sebutan arsik. Menu ini menyajikan cita rasa unik yang menggoda karena menggunakan bumbu dan rempah pilihan khas Sumatera Utara.

Selain bumbu kuning, arsik juga dilengkapi dengan asam cikala atau buah kecombrang dan andaliman sehingga aromanya semakin sedap.  Biasanya menu ini menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya, namun begitu bisa saja diganti dengan jenis ikan lainnya.

Menariknya lagi, dalam proses memasak arsik ini sisik ikan mas bisa dibersihan ataupun tidak sesuai selera.  Ikan yang sudah dibalur dengan bumbu kuning kemudian bagian perutnya diisi dengan kacang panjang dan bawang Batak plus bumbu yang tersisa.

Selanjutnya ikan mas bisa dimasak dengan api sedang sampai matang dan mengering.  Menu ini sangat cocok disantap bersama sepiring nasi yang pulen dan hangat.

Untuk menikmati kelezatan arsik ikan mas ini kamu bisa mampir ke Rumah Makan Sitanggang yang berada di Jalan Sei Batang Hari No. 80A, Babura Sunggal, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Sipirok di Jalan Sunggal No. 14, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Bihun Bebek

Kuliner berbahan bihun dan suwiran daging bebek ini menawarkan cita rasa gurih yang sangat menggoda.  Selain bihun dan bebek, seporsi bihun bebek biasanya juga dilegkapi dengan daun sawi, daun bawang dan bawang putih goreng.  Menu ini juga bisa ditambah dengan lauk lainnya sesuai selera, seperti misalnya ati ampela.

Sensasi rasa dari bihun bebek ini sangat gurih karena menggunakan kuah kaldu dari daging bebek yang sudah dibumbui. Sangat nikmat disantap selagi panas.

Salah satu tempat makan bihun bebek legendaris di Medan yang bisa kamu sambangi adalah Bihun Bebek Asie Kumango yang berada di Jalan Kumango No. 15, Medan, Sumatera Utara.

Anyang Pakis

Makanan lezat khas Kabupaten Asahan ini bisa kamu cicipi untuk melengkapi agenda wisata kulinermu di Sumatera Utara.  Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan daun pakis muda sebagai bahan utamanya.

Sekilas menu ini mirip dengan urapan, hanya saja pada anyang pakis menggunakan kelapa parut panggang atau serundeng yang sudah dibumbui.  Sebagai pelengkapnya, anyang pakis juga ditambahkan dengan rebusan tauge, daun pepaya ataupun kacang panjang.

Menu yang menyehatkan ini biasanya banyak dijual saat bulan Ramadhan, sehingga di luar bulan Ramadhan cukup sulit untuk ditemukan.

Kuliner yang cukup langka ini bisa kamu temukan di Rumah Makan 100 yang berada di Jalan Medan-Kisaran Km 100, Air Putih, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Naniura

Menu tradisional khas Batak ini berasal dari wilayah Tapanuli Utara dan lazim disajikan sebagai hidangan untuk para raja.  Naniura sendiri dalam Bahasa Batak bisa diartikan sebagai ikan yang tidak dimasak tetapi enak untuk dimakan.

Proses memasak ikan pada kuliner ini memang tidak dimasak melainkan dengan menggunakan bumbu khusus.  Ikan mas yang sudah dibersihkan direndam di dalam air perasan jeruk atau air asam jungga.

Ikan yang digunakan biasanya tidak terlalu besar agar proses pematangannya bisa merata.  Setelah direndam selama 4-5 jam dan dagingnya sudah mulai kenyal serta mudah disobek maka naniura siap untuk dihidangkan

Ikan tersebut kemudian disiram dengan bumbu dan rempah yang cukup lengkap dengan tambahan andaliman dan kecombrang sehingga aromanya semakin menggugah selera.

Menu tradisional ini bisa kamu nikmati di Rumah Makan Batak Tobasa yang berada di Jalan S. Parman No. 52H, Simpang Glugur, Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara.

Natinombur

Makanan khas Batak ini menyajikan cita rasa pedas dan sedap yang menggoda.  Pada kuliner ini menu ikan bakar akan disajikan dengan kuah kental yang kaya akan bumbu rempah sehingga cita rasanya semakin lezat.

Ikan air tawar seperti mujahir, lele, ataupun nila yang sudah dibersihkan direndam dengan air perasan jeruk dan sedikit garam untuk menghilangkan aroma amisnya.  Selanjutnya ikan dibakar hingga matang dan disiram dengan kuah berbumbu pedas yang sudah disiapkan.

Sensasi pedas dan keunikan rasa dari andaliman pada menu ini membuat lidah tak berhenti bergoyang untuk menikmati kelezatannya.

Menu khas nan lezat ini bisa kamu nikmati di Pondok Makan Sitalolo yang berada di Jalan Turi Ujung No. 188, Binjai, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

Manuk Napinadar

Kuliner khas Batak ini lazim dihidangkan dalam acara adat dengan proses memasak yang cukup rumit.  Hidangan ini menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya.  Potongan daging ayam yang sudah dipanggang selanjutnya di siram dengan kuah khusus yang terbuat dari tumisan bumbu yang dicampur darah ayam.

Menu non halal ini tersedia di Rumah Makan Pinadar Nainggolan yang berada di Jalan Sidikalang-Medan, Batang Beruh, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Dali ni Horbo

Menu yang unik ini merupakan olahan susu kerbau yang dibuat menjadi kudapan lezat dan sering disebut dengan keju Batak.  Susu kerbau yang diolah secara tradisional ini memiliki rasa yang unik dan khas sehingga sangat memanjakan lidah.

Menu keju Batak ini bisa didapatkan di beberapa pasar tardisional yang ada di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir.

Keju tradisional ini juga bisa kamu dapatkan di Pondok Makan Sitalolo yang berada di Jalan Turi Ujung No. 188, Medan, Sumatera Utara.

Ombus-ombus

Jajanan tradisional dari Siborong-borong, Tapanuli Utara ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan, atau campuran dari keduanya yang dikukus dan di dalamnya terdapat isian gula merah.

Makanan ini lazim dihidangkan dalam acara adat, terutama pada saat peletakan batu pertama pembangunan rumah.  Ombus-ombus dibuat dengan cara mengukus tepung ketan atau tepung beras bersama parutan kelapa dan sedikit garam sehingga cita rasanya gurih.

Bahan tersebut dibungkus daun pisang dengan bentuk kerucut dan didalamnya diberi gula merah, kemudian dikukus kembali hingga matang.

Jajanan manis ini bisa didapatkan di Warung Ombus-ombus No. 1 yang berada di kawasan terminal mini Siborong-borong atau di Jalan Karya Jaya, Medan, Sumatera Utara.

Sambal Tuktuk

Kuliner khas Batak ini menyajikan sensasi pedas yang menggigit, sangat cocok buat kamu yang gemar dengan sambal.  Sesuai dengan namanya, sambal ini menggunakan bumbu sederhana yang terdiri dari cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam.

Untuk menambah rasa dan aroma sering juga ditambahkan dengan andaliman.  Sambal ini terasa semakin nikmat karena dipadukan dengan ikan aso-aso.  Ikan aso-aso merupakan jenis ikan kering dari Sibolga yang memiliki cita rasa gurih alami.

Jadi setelah semua bumbu sambal ditumbuk kasar, ikan aso-aso ditumbuk hingga memar dan terakhir diberikan air jeruk nipis atau limau.  Jika tidak ada ikan aso-aso bisa diganti dengan ikan kering lainnya, meskipun hasil akhir dari rasanya pasti agak berbeda.

Dalam penyajiannya, sambal tuktuk bisa dihidangkan bersama aneka sayuran seperti daun singkong, kacang panjang ataupun terong.  Cukup dicocol dengan sambal plus sesuap nasi hangat, dijamin nendang di mulut!

Cita rasa pedas nan menggoda dari sambal tuktuk bisa kamu nikmati di Rumah Makan Humairah yang berada di Jalan Karya Budi No. 36A, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

 

Baca: Makanan Khas Jambi Unik dan Enak, Seporsi mana Cukup!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *