Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Terkenal Lezat, Mana Favoritmu?

Nyero.ID – Sulawesi Selatan merupakan sebuah wilayah provinsi yang berada di bagian selatan Pulau Sulawesi.  Provinsi yang beribukota di Makassar ini terdiri dari 21 kabupaten dan 3 kota dengan ragam potensi wisata dan kuliner di dalamnya.

Berada di Sulawesi Selatan kamu bakal dimanjakan dengan berbagai hidangan khas nan istimewa yang pasti menggugah selera. Penasaran apa saja hidangan yang dimaksud?

Berikut adalah beberapa makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal lezat dan wajib kamu cicipi saat berada di provinsi ini.

Kapurung

Makanan khas dari Palopo ini sangat terkenal di Makassar dan menjadi salah satu menu yang difavoritkan oleh banyak orang.  Masakan ini terbuat dari sagu yang dibentuk bulatan-bulatan kecil dengan kuah berbumbu yang lezat.

Untuk menambah kenikmatan rasanya, kapurung disajikan bersama potongan ikan, udang, dan aneka sayuran.  Sangat pas disantap selagi masih hangat.

Semangkuk kapurung nan lezat bisa kamu nikmati di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang berada di BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Nasu Likku

Menu tradisional khas Bugis ini menawarkan kenikmatan rasa yang begitu menggoda.  Kuliner yang menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya ini juga dikenal dengan sebutan ayam masak lengkuas Bugis.

Gurihnya ayam kampung yang berpadu dengan aneka bumbu rempah membuat cita rasanya semakin istimewa.  Aroma rempah dan rasa gurih pada kuliner ini membuat lidahmu tak berhenti untuk menikmati setiap suapannya.

Menu nasi likku nan lezat bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Nasu Likku Padaiya yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pai, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Coto Kuda

Jika Makassar terkenal dengan coto Makassar-nya maka di Jeneponto, Sulawesi Selatan ada menu coto kuda yang tak kalah menggoda.  Olahan daging kuda ini disebut-sebut berkhasiat untuk meningkatkan stamina.

Meskipun serat daging kuda memiliki tekstur yang cukup keras, namun sensasi rasa gurihnya tetap juara.  Biasanya menu ini dihidangkan bersama ketupat dan sangat pas dinikmati selagi hangat.

Seporsi coto kuda khas Jeneponto ini bisa kamu dapatkan di Coto Kuda yang berada di Monro-Monro, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Coto Kuda Turatea yang terletak di Empoang, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Barobbo

Bubur khas Bugis ini menyajikan cita rasa yang unik karena menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.  Seporsi barobbo bisa kamu nikmati bersama aneka lauk sebagai pelengkapnya.  Seperti ikan asin, berbagai macam sayur, perkedel, ayam goreng suwir, kacang, dan pastinya bawang goreng.

Seporsi barobbo nan lezat bisa kamu nikmati di Warung Kapurung dan Barobbo yang berada di Jalan Pandang Raya Ruko Safira 2 No. 13, Panakkukang, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Kapolo yang berlokasi di Jalan Faisal XII No. 6, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Lawa

Menu tradisional dari Makassar ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan kuliner eksotis. Pasalnya hidangan ini terbuat dari ikan mentah.

Biasanya masyarakat setempat menggunakan suwiran daging ikan mentah yang dicampur irisan jantung pisang dan merendamnya ke dalam air jeruk nipis atau cuka selama semalam.

Disebut-sebut sebagai salad-nya orang Makassar, lawa menyajikan cita rasa gurih dan asam. Sangat cocok untuk dinikmati bersama semangkuk kapurung.

Untuk menikmati keunikan rasa lawa ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Kapurung Kasuari yang berada di Jalan Kasuari No. 2, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pacco’

Hampir sama dengan lawa, pacco’ yang merupakan makanan khas Luwu, Sulawesi Selatan ini juga merupakan hidangan ikan mentah yang pengolahannya tidak dimasak.

Proses pembuatannya adalah dengan membersihkan ikan teri segar dan mencucinya dengan air matang.  Selanjutnya ditambahkan perasan jeruk nipis dan direndam selama 10 menit.

Adapun bumbu yang dibuat untuk menambah cita rasa ikan adalah cabe, garam, dan kacang tanah goreng.  Setelah 10 menit, ikan bisa diperas dan diaduk bersama bumbu yang sudah disiapkan.

Untuk menicipi sensasi rasa unik pada pacco’ ini kamu bisa datang ke Lesehan Pondok Bambu Aroma Luwu’ta yang berada di Jalan Merdeka Selatan, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Ikan Parede

Olahan ikan segar khas Palopo, Sulawesi Selatan ini memiliki tampilan seperti pindang ikan dengan kuah bening ataupun pallumara.  Biasanya kuliner ini menggunakan bahan ikan kakap, bandeng, lamuru, dan jenis ikan lainnya.

Rasa asam pada parede berasal dari buah patikala dan irisan mangga muda, bisa dibayangkan bagaimana pecahnya cita rasa gurih, asam, dan pedas pada masakan ini.

Seporsi parede bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Aroma Luwu yang berada di Jalan Beruang No. 63, Bonto Biraeng, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Biji Nangka

Meskipun dikenal dengan sebutan biji nangka, namun jajanan ini sama sekali tidak menggunakan buah nangka di dalamnya.  Sensasi rasa manis di luar dan gurih di dalam menjadi keunikan tersendiri yang membuat lidahmu semakin penasaran.  Jajanan tradisional ini terbuat dari campuran kentang dan kenari yang dihaluskan sehingga teksturnya lembut menggoda.

Keunikan rasa dari kue biji nangka bisa kamu dapatkan di Mama Toko Kue dan Es Krim yang berada di Jalan Seruni No. 19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Atau di Mama Toko Kue dan Es Krim yang berada di Jalan Bau Mangga No.9, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Cindolo Na Tape

Sering disingkat dengan CinTa, makanan bercitarasa manis ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Bugis di Pinrang.  Perpaduan antara cendol dan tape ketan hitam terasa semakin menggoda kala disiram dengan kuah santan dan gula merah yang manis.

Untuk menikmati semangkuk cinta yang menyegarkan ini kamu bisa datang ke Desa Patobong, Kecamatan Mattirosompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pisang Epe

Jajanan manis berbahan pisang ini menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan.  Olahan pisang ini dibuat dengan cara dibakar dan dipipihkan baru kemudian dicampur dengan kuah manis yang berasal dari gula aren.  Kudapan tradisional ini banyak dijual di kawasan wisata Pantai Losari Makassar dan paling nikmat disantap selagi hangat.

Seporsi pisang epe nan menggoda bisa kamu dapatkan di Pisang Epe Mandiri yang berada di Jalan Ali Malaka No. 45, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Pisang Epe’ Lamadukelleng yang berlokasi di Jalan Lamadukelleng No. 3, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Es Pisang Ijo

Olahan pisang ini merupakan salah satu jajanan tradisional di Makassar, Sulawesi Selatan yang sangat populer.  Sesuai dengan namanya, kudapan ini terbuat dari adonan tepung dan pewarna hijau alami yang digunakan untuk membungkus pisang.  Selanjutnya pisang yang sudah berbalut adonan tersebut dikukus sampai matang.

Untuk menambah kenikmatan rasanya, menu ini disajikan bersama vla atau bubur sumsum dan sirup DHT atau cocopandan. Sementara untuk sensasi dinginnya bisa ditambahkan es serut.

Seporsi es pisang ijo bisa kamu dapatkan di Warung Bravo Pisang Ijo yang berada di Jalan Andalas No. 254, Parang Layang, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Raja Pisang Ijo yang berlokasi di Jalan Daeng Tata Raya, Parang Tambung, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *