web log free Makanan Khas Solo yang Akan Membuat Kamu Ketagihan! - Travelling News

Makanan Khas Solo yang Akan Membuat Kamu Ketagihan!

Nyero.ID – Solo dikenal sebagai daerah dengan nuansa budaya yang cukup kental.  Ditambah dengan keramahan masyarakatnya, Solo menawarkan sebuah ketenangan sehingga siapapun betah berada di kota ini.

Selain dimanjakan dengan suasananya, kamu juga akan dimanjakan dengan menu kuliner Solo yang terkenal murah meriah namun bercitarasa istimewa.  Liburan asik ke Solo tidak akan lengkap tanpa berburu makanan khasnya yang kaya rasa.

Biar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa makanan khas Solo yang wajib dicicipi untuk memanjakan lidah.

Selat Solo

Terkenal dengan sego liwetnya, Solo juga memiliki menu masakan yang tak kalah nikmat yaitu selat Solo.  Istilah selat konon berasal dari kata “slaatje” dalam Bahasa Belanda yang berarti salad. Karena lafal Jawa lebih mudah untuk mengucapkan kata selat, maka kata inilah yang akhirnya lazim digunakan secara turun temurun.

Menu istimewa ini terdiri dari irisan daging bistik, telur, selada, potongan kentang, buncis, dan wortel yang disiram dengan kuah semur sehingga cita rasanya semakin nikmat.

Seporsi selat nan menggoda bisa kamu nikmati di Warung Selat Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran Gang II No.42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Rekomendasi lainnya adalah Vien’s di Jalan Hasanuddin No. 99 D & E, Banjarsari, Surakarta.

Timlo

Hidangan dengan cita rasa gurih ini terdiri dari suwiran ayam, mie soun, potongan sosis Solo, wortel, dan irisan telur semur yang kemudian disiram dengan kuah kaldu panas.  Selain itu juga ditambahkan dengan telur dadar, irisan hati ayam dan taburan bawang goreng sehingga memberikan rasa yang semakin menggugah selera.

Untuk menikmati kelezatan timlo yang melegenda ini kamu bisa datang ke Warung Timlo Solo Sastro yang berada di Jalan Kapten Mulyadi No. 8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.  Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Timlo Solo di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No. 94, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Tengkleng

Olahan dengan kuah kental seperti gulai ini biasanya berisi tulang belulang kambing dengan sedikit daging yang masih melekat. Biasanya juga ditambah dengan ditambah jeroan dengan cita rasa kuahnya yang kaya rempah.

Sensasi rasa pedas dan gurih pada masakan ini terasa semakin nikmat saat disantap bersama nasi hangat di atas wadah pincuk daun pisang. Tengkleng biasanya disajikan bersama tomat, timun maupun irisan kol sebagai lalapannya.

Untuk menikmati seporsi tengkleng yang lezat, kamu bisa datang ke Tengkleng Bu Edi yang berada di Pasar Klewer Solo.

Brambang Asem

Makanan tradisional khas Solo ini terdiri dari rebusan daun ubi jalar dengan bumbu bawang merah dan rasa pedas di dalamnya.  Biasanya menu ini disantap bersama tempe gembus sehingga cita rasanya semakin menggoda.

Untuk mencicipi keunikan rasa brambang asem kamu bisa datang ke warung Yu Sum yang berada di Pasar Gede Hardjonagoro, Jalan Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sate Buntel

Hidangan sate ini terbuat dari daging kambing giling yang dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dibakar di atas bara api.  Lemak yang menjadi pembungkus daging mengeluarkan aroma khas yang membuat hidangan sate ini terasa semakin nikmat.

Sate buntel biasanya disajikan bersama bumbu kecap, irisan bawang merah mentah, daun kol, tomat, cabe rawit dan juga jeruk nipis.

Salah satu tempat makan sate buntel yang cukup populer adalah Sate Buntel Mbah Galak yang berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 112, Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sate Kere

Sate kere merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari jeroan sapi dan bahkan ada yang menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamanya.  Menu sate berbahan jeroan dan gembus muncul dikarenakan harga sate daging yang cukup mahal.  Makanan legendaris ini biasanya disajikan bersama lontong, bumbu kacang, irisan bawang merah, dan juga cabe rawit.

Kuliner unik ini bisa kamu dapatkan di Sate Kere Mbah Yem yang berada di Jalan Sukoreno, Kemlayan, Serengan, Surakarta.  Rekoemndasi lainnya adalah Sate Kere Mbak Tug di Jalan Arifin No.63, Solo dan Sate Kere Mbah Ranu di Jalan Popda No. 1, Banjarsari, Solo.

Tahu Kupat

Menu makanan khas Solo ini terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kecambah, dan taburan kacang goreng dengan kuah kecap yang manis. Untuk menambah kenikmatan rasa biasanya ditambahkan dengan kerupuk dan telur dadar. Bagi penggemar pedas, menu tahu kupat juga bisa ditambahkan dengan cabe rawit.

Salah satu tempat makan tahu kupat yang cukup legendaris di Solo adalah Warung Sido Mampir atau lebih dikenal dengan Tahu Kupat Solihin yang berada di sudut Jalan Gajah Mada, tidak jauh dari Masjid Solihin.

Tahok

Menu jajanan ini bernuansa Tionghoa menawarkan cita rasa unik yang menggugah selera.  Tahok merupakan jajanan berkuah manis yang terbuat dari kembang tahu dengan tekstur yang sangat lembut.  Kuah manis pada tahok berasal dari perpaduan gula merah, daun pandang, daun sereh, dan jahe.

Jahe pada tahok mampu memberikan sensasi rasa hangat di badan.  Konon mengkonsumsi tahok secara rutin bisa memberikan efek yang bagus untuk kesehatan dan cocok buat program diet.

Kuliner ini bisa kamu dapatkan di Tahok Pak Citro yang berada di Jalan Suryopranoto No. 21, Kepatihan Wetan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Serabi

Serabi adalah jajanan di Solo yang terkenal dengan cita rasa manis dan gurihnya yang menggoda. Perpaduan antara tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan menghasilkan rasa yang menggoda dengan tekstur lembutnya.

Salah satu tempat pembuatan serabi yang sudah sangat populer adalah Serabi Notosuman yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an.  Jika ke Solo kamu bisa sekalian melihat proses pembuatan serabi di Serabi Notosuman yang berada do Jalan Muhammad Yamin No. 28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Es Gempol Pleret

Sensasi dingin dan segar pada es gempol pleret bisa menjadi pilihan yang tepat di kala cuaca sedang panas.  Hidangan segar ini terbuat dari tepung beras dengan cita rasa gurih dan dipadukan dengan kuah santan manis sehingga pecah di lidah.

Aroma pandan yang begitu wangi membuat cita rasa es gempol pleret semakin menggoda.
Meskipun jajanan tradisional ini semakin langka, namun kamu masih bisa mencicipi keunikan rasanya di Es Gempol Pleret Pak Suhar yang berada di Jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Solo.

Bubur Tumpang

Menu sarapan “ndeso” ini tidak kalah nikmat jika dibandingkan dengan menu sarapan roti ala Eropa.  Sensasi gurih dan pedas pada bubur tumpang begitu menggugah selera.

Bubur tumpang merupakan perpaduan antara bubur nasi yang gurih dengan sambal tumpang yang menggunakan tempe semangit atau tempe bosok sebagai bahan utamanya. Bebeda dengan sambal pada umumnya, sambal tumpang dimasak dengan santan dan tambahan kerupuk rambak sehingga rasanya semakin istimewa.

Menu bubur tumpang bisa kamu dapatkan di Warung Pecel & Tumpang Bu Kis yang berada di Jalan Gleges, Priyobadan, Solo atau di belakang Pengadilan Negeri Surakarta, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *