Makanan Khas Padang yang Menggoda Lidah, Sudah Coba?

Nyero.ID – Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang menyimpan potensi wisata yang cukup beragam.  Bukan hanya destinasi alam dan budayanya saja yang unggul, Padang juga memiliki destinasi wisata kuliner yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Hampir seluruh daerah di Indonesia terdapat restoran Padang dengan keunikan rasanya yang khas. Jika di banyak daerah saja terdapat restoran Padang, di kota asalnya tentu kamu akan sangat mudah menemukan restoran dengan masakan khas Minang yang otentik.

Buat kamu yang sedang berada di Padang, berikut ini adalah beberapa makanan khas Padang yang bisa kamu explore kelezatannya.

Rendang
Di urutan pertama tentu saja ada rendang yang sudah sangat terkenal dengan cita rasa lezatnya yang kaya rempah.  Kuliner yang satu ini bahkan disebut sebagai salah satu makanan terenak di dunia dalam ajang World’s 50 Most Delicious Food versi CNN di tahun 2011.  Tentu menjadi kebanggaan tersendiri karena makanan khas dari Padang bisa dikenal luas secara internasional.

Makanan yang terbuat dari daging sapi ini memang menawarkan cita rasa yang begitu istimewa, perpaduan antara gurih, manis, pedas, dan rempah yang sangat meresap ke dalam serat daging.

Butuh waktu yang cukup lama untuk memasak daging rendang agar bumbu dan rempahnya meresap sempurna.  Menu ini sangat cocok untuk disantap bersama sepiring nasi hangat sehingga setiap suapannya terasa nikmat.

Hampir semua restoran Padang menyediakan menu rendang, salah satunya adalah di Rumah Makan Lamun Ombak yang berada di Jalan Khatib Sulaiman No. 99, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Sate Padang

Kuliner sate yang satu memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan olahan sate dari daerah lain.  Jika selama ini sate lebih populer disajikan bersama bumbu kacang atau saus kecap, maka di Padang satenya sedikit berbeda karena menggunakan kuah kuning kaya rempah yang kental.

Sate Padang sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu sate Padang Panjang, sate Pariaman, dan sate Padang Kota.  Dimana masing-masing sate memiliki keunikan pada kuahnya.  Untuk sate Padang Panjang kuahnya cukup kental dengan aroma rempah yang kuat.

Sate Pariaman lebih merah dengan cita rasa pedas yang menggoda.  Sedangkan sate Padang Kota disajikan dengan kuah warna coklat yang tak kalah menggugah selera.  Untuk menambah kelezatannya, sate Padang dihidangkan bersama irisan lontong atau ketupat dan bawang goreng.

Cita rasa sate Padang yang begitu enak bisa kamu dapatkan di Sate Pauh yang berada di Simpang Empat Kapalo Koto, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Sate Mak Syukur yang terletak di Jalan Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Gulai Gajeboh

Gulai gajeboh merupakan salah satu kuliner khas Padang yang menyerupai gulai namun dimasak tanpa santan.  Kuah gajeboh bukan hanya terasa gurih tetapi juga pedas.  Makanan berlemak yang tinggi kolesterol ini memang menawarkan keunikan rasa yang begitu lezat dengan penggunaan daging sapi bagian punuk sebagai bahan utamanya. Saking lezatnya, masyarakat Minang bahkan sering menyebutnya sebagai “makanan surga”.

Untuk menikmati sensasi rasa gulai gajeboh ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Kayu Aro yang berada di Jalan Lintas Padang-Solok, Solok, Sumatera Barat.

Soto Padang

Menu soto sudah tidak asing lagi dalam dunia kuliner tanah air karena di berbagai daerah terdapat aneka menu soto yang khas.  Tidak terkecuali di Kota Padang yang akan memanjakanmu dengan menu soto Padang-nya.

Hampir sama dengan menu soto di daerah lain, soto Padang juga disajikan dengan isian yang cukup sederhana bersama kuah kaldu yang gurih.  Perbedaannya justru terletak pada isian dagingnya yang menggunakan dendeng sapi.  Sensasi rasa gurih pada soto ini sangat pas dinikmati selagi panas bersama sepiring nasi biar lebih kenyang.

Ada banyak warung makan di Padang yang menyediakan menu ini salah satunya adalah Soto Minang Roda Jaya yang berada di Jalan Tepi Pasang No. 67, Simpang Kinol-Pondok, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Soto Garuda yang berlokasi di Jalan S.Parman Kelurahan No. 110, Lolong Belanti, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dendeng Balado

Makanan tradisional khas Minang ini terbuat dari daging sapi yang diiris kecil-kecil kemudian diolah dengan cara dikeringkan.  Dengan cara ini dendeng sapi bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah basi.  Sesuai dengan namanya, dendeng ini kemudian dimasak dengan bumbu balado yang pedas sehingga cita rasa gurih dan pedasnya semakin istimewa.

Sensasi pedas yang begitu menggoda dari dendeng balado bisa kamu dapatkan di Dendeng Balado Ny. Tju yang berada di Jalan Kampung Sebelah, Berok Nipah, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Gulai Banak

Jika gulai dengan bahan daging sapi, ayam, atau ikan sudah begitu biasa bagi kamu, maka tidak ada salahnya mencoba kuliner gulai banak yang menggunakan otak sapi sebagai bahan utamanya.
Penggunaan bahan otak sapi ini memang terlihat unik karena menyajikan sensasi rasa yang berbeda dengan tekstur otak yang begitu lembut.

Pengolahan otak sapi ini dimulai dengan proses pengukusan dan menghilangkan kulit arinya.  Baru selanjutnya otak sapi dipotong-potong sesuai keinginan.  Potongan otak sapi kemudian dimasak bersama santan dan bumbu rempah, tidak ketinggalan juga dengan daun mangkokan dan asam kandis untuk menghilangkan aroma amis.

Gulai banak yang unik ini bisa kamu dapatkan di Restoran Lamun Ombak yang berada di Jalan Khatib Sulaiman, Ulak Karang Utara, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ayam Pop

Kuliner khas Padang ini terbuat dari ayam kampung yang dimasak bersama bumbu rempah dan kemudian dimasak lagi dengan tambahan air kelapa untuk mempertajam aroma dan rasanya.
Setelah matang, potongan daging ayam kampung digoreng dan kemudian dilumuri dengan sambal sehingga cita rasanya semakin gurih dan menggugah selera.

Untuk menikmati kelezatan ayam pop ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Simpang Raya yang berada di Jalan Bundo Kandung No. 3-5, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Restoran Sederhana di Jalan Rasuna Said No. 81A, Rimbo Kaluang, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Ampiang Dadiah

Bubur manis khas Padang ini terbuat dari beras ketan dan sekilas mirip dengan bubur sumsum. Dadiah sendiri merupakan susu kerbau yang difermentasi.  Dalam penyajiannya, ampiang dadiah dilengkapi dengan kuah manis dari gula merah cair dan taburan parutan kelapa.

Sensasi unik dari ampiang dadiah bisa kamu nikmati di Bofet Gumarang yang berada di Jalan M.Syafei, Pasar Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat.

Lamang Tapai

Jajanan khas Padang ini biasanya muncul pada saat bulan Ramadhan.  Sesuai dengan namanya, jajanan tradisional ini terbuat lamang yaitu sejenis lontong dari beras ketan yang dimasak bersama santan dan dimasukkan ke dalam bambu.

Setelah matang, lamang akan disajikan bersama tapai ketan hitam yang sudah difermentasi sehingga menghasilkan sensasi rasa gurih, manis dan asam yang unik.  Selain lamang tapai original ada juga lamang tapai pisang dan lamang tapai baluo yang ditambahkan dengan parutan kelapa serta gula merah.

Sensasi rasa unik lamang tapai bisa kamu dapatkan di Usaha Keluarga Lamang Tapai yang berada di Jalan Padang Pasir IX No. 7, Padang Pasir, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kue Basung

Jajanan tradisional dari Padang ini menawarkan sensasi rasa legit yang menggoda dengan cara pembuatan yang cukup sederhana.  Hanya dengan menggunakan bahan tepung beras, santan, gula merah, sedikit garam, dan air untuk membuat bahan-bahan tersebut menjadi sebuah adonan.

Selanjutnya adonan dimasukkan ke dalam daun pisang yang dibentuk kerucut kemudian dikukus sampai matang.  Kudapan manis ini bisa kamu dapatkan di toko kue atau jajanan tradisional yang ada di Padang.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *