Makanan Khas Manado Paling Dicari, Mana Seleramu?

Nyero.ID – Manado merupakan ibukota Provinsi Sulawei Utara yang terkenal dengan Taman Laut Bunaken-nya yang eksotis.  Selain Bunaken, Manado juga memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk disambangi saat liburan.

Bukan hanya menyajikan spot wisata kece dan eksotis saja, Manado juga merupakan salah satu surga kuliner yang menawarkan aneka menu khas bercita rasa istimewa.

Buat kamu yang berencana mengunjungi Manado dalam waktu dekat ini, berikut adalah daftar makanan khas Manado yang paling dicari.

Ayam Rica-rica

Di urutan pertama ada ayam rica-rica yang sensasi pedasnya begitu melegenda.  Olahan ayam ini menggunakan aneka bumbu rempah plus cabe merah keriting dan cabe rawit merah.

Pada menu ini potongan ayam digoreng terlebih dulu kemudian diangkat.  Setelah itu baru dimasukkan ke dalam kuah berbumbu rempah yang sudah mengental hingga bumbunya meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Ayam rica-rica pun siap disajikan bersama sepiring nasi hangat dan irisan jeruk nipis untuk memberikan sensasi asam yang menggugah selera.

Menu ayam rica-rica bisa kamu nikmati di Rumah Makan Bakar Rica yang berada di Jalan Balaikota, Komo Luar, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Restoran Bumber Haepawang yang berada di Jalan Katamso Bumi Beringin, Kota Manado, Sulawesi Uatar.

Ayam Isi Buluh

Masih dengan olahan ayam, di Manado juga terdapat menu ayam isi buluh yang tak kalah menggoda.  Kuliner ini diolah dengan cara yang cukup unik karena daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dibumbui dan dibungkus daun pisang.

Selanjutnya baru dimasukkan ke dalam buluh atau bambu dan dipanggang sampai matang.  Tekstur ayam yang lembut dengan rasa bumbu rempah yang cukup kuat sangat sedap disantap selagi hangat.

Biasanya menu ini disajikan bersama nasi jaha dan sambal dabu-dabu sehingga cita rasanya semakin menggugah selera.

Menu ayam isi buluh bisa kamu nikmati di Rumah Makan Bakar Rica yang berada di Jalan Balaikota, Komo Luar, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Cakalang Fufu

Perairan Manado dikenal sebagai penghasil ikan cakalang, jadi tidak heran jika di wilayah ini ikan cakalang banyak diolah menjadi aneka menu masakan yang menggugah selera.

Cakalang fufu menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan karena keunikan rasanya dan keawetannya.  Kuliner ini diolah dengan cara pengasapan sehingga bisa tahan lama hingga satu bulan.

Oleh-oleh khas dari Manado ini bisa kamu dapatkan di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sario, Manado, Sulawesi Utara.

Kamu juga bisa menikmati kelezatan ikan cakalang fufu di Rumah Makan Arafah yang berada di Jalan Babe Palar, Tomohon Tengah, Tomohon, Manado, Sumawesi Utara.

Tinutuan atau Bubur Manado

Bubur khas Manado ini merupakan salah satu kuliner legendaris yang paling dicari sehingga wajib kamu cicipi saat berada di kota ini.  Saking populernya, bubur ini menjadi salah satu ikon kuliner yang membuat Manado terkenal dengan julukan Kota Tinutuan.

Bubur dengan isi aneka sayuran ini sangat menyehatkan dan bisa menjadi menu sarapan yang tepat untuk memulai aktivitas di pagi hari.  Biasanya bubur ini disajikan bersama ikan cakalang fufu, sambal roa ataupun perkedel nike sehingga sensasi rasanya semakin juara.

Untuk menikmati seporsi bubur Manado yang enak ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Wakeke Tinutuan yang berada di Jalan Wakeke No. 1, Wenang Utara, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Tinutuan Ci Momo yang terletak di Lawangirung, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Ikan Kuah Asam

Kuliner ini menawarkan sensasi rasa pedas dan asam yang berpadu dengan gurihnya ikan.  Rasa asam pada masakan ini berasal dari belimbing wuluh dan jeruk nipis.

Ikan yang sudah potong dimasukkan ke dalam kuah berbumbu rempah yang sudah mendidih sampai airnya menyusut dan ikan benar-benar matang.  Lembutnya daging ikan terasa semakin nikmat saat disantap bersama kuah asamnya yang segar, sangat cocok buat menu makan siangmu di Kota Manado.

Untuk menikmati seporsi ikan kuah asam kamu bisa datang ke Dabu-dabu Lemong Restaurant yang berada di Jalan Boulevard 2, Bitung Karangria, Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Ikan Woku Belanga

Sajian khas dari Manado ini menggunakan bahan dasar ikan yang dimasak bersama tumisan bumbu rempah.  Proses pemasakan ikan dilakukan di dalam belanga sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih istimewa.  Sensasi rasa pedas dan gurih yang ada membuat setiap suapannya terasa nikmat.

Untuk mencicipi keunikan rasa dari ikan woku belanga ini silakan datang ke Rumah Makan Pondok Maengket Teterusan yang berada di Jalan Terusan Mapanget, Manado, Sulawesi Utara.

Mie Cakalang

Sajian mie selalu menarik untuk dicicipi karena jenis kuliner difavoritkan oleh banyak orang, tak terkecuali dengan mie cakalang khas Manado.  Sesuai dengan namanya, olahan mie ini menggunakan ikan cakalang sebagai pelengkapnya sehingga sensasi rasanya semakin memanjakan lidah.

Untuk menikmati seporsi mie cakalang yang enak kamu bisa langsung datang ke Rumah Makan Dego-Dego yang berada di Jalan Wakeke No. 11, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Kios Pelangi yang berlokasi di Jalan Dr. Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

Brenebon

Kuliner brenebon terdiri dari dua jenis yaitu sup brenebon dan es brenebon.  Kali ini yang akan kita cicipi adalah es brenebon yang menyegarkan tenggorokan.  Es dengan bahan kacang merah ini merupakan salah satu minuman khas Manado yang wajib kamu cicipi kesegarannya.

Cita rasa manis dari gula aren dan susu pada es brenebon begitu memanjakan lidah, sangat pas dinikmati saat cuaca panas.  Selain menyegarkan, es legendaris ini juga cukup mengenyangkan lho!

Untuk menikmati seporsi es brenebon kamu bisa datang ke Rumah Makan Es Miangas yang berada di Jalan Wolter Monginsidi, Malalayang Satu Timur, Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Lalampa

Jajanan tradisional khas Manado ini hampir sama dengan lemper di Jawa, bedanya terletak pada isian dan proses memasaknya.  Jika lemper menggunakan isian berupa abon, maka lalampa menggunakan ikan cakalang.

Proses memasaknya pun sedikit berbeda karena lalampa tidak dikukus melainkan dibakar setelah terlebih dulu dioles dengan minyak sayur.  Jajanan tradisional ini sangat cocok buat menemani momen santaimu bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Kue tradisional ini bisa kamu dapatkan di Ananas cafe yang berada di Jalan B.W. Lapian No. 39, Lawangirung, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Kios Lalampa yang terletak di Jalan D.I. Panjaitan No. 48, Calaca, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Klappertaart

Kue dengan nama unik ini merupakan salah satu jajanan khas Manado yang dipengaruhi oleh nuansa Belanda.  Dengan menggunakan bahan tepung terigu, susu, mentega, telur, gula pasir, vanili, air kelapa dan daging kelapa muda, klappertaart menawarkan cita rasa manis yang menggoda.

Proses pembuatan kue ini bisa dilakukan dengan cara dipanggang ataupun tidak.  Untuk jenis klappertaart yang dipanggang memiliki tekstur yang lebih padat, sementara yang tidak dipanggang teksturnya lebih lembut dan meleleh di mulut.

Manisnya klappertarat yang melegenda bisa kamu nikmati di Christine Klappertaart Kairagi yang berada di Jalan AA Maramis No. 16, Kompleks Perumahan Pemda, Kairagi, Weru, Paal Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Rekomendasi lainnya adalah Christine Klappertaart Tikala yang berada di Jalan B.W. Lapian No. 32, Tikala Kumarakan, Lawangirung, Wenang, Kota Manado, sulawesi Utara.

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *