Makanan Khas Lombok yang Dijamin Mantap, Sudah Coba?

Nyero.ID – Gili Trawangan, Gili Meno, Gunung Rinjani, Pink Beach hingga Air Terjun Kelambu merupakan destinasi wisata terkenal dari Lombok yang menyajikan keindahan alam nan eksotis.

Selain lima destinasi wisata tersebut, Lambok masih memiliki banyak tujuan wisata lainnya yang tak kalah menawan.  Berada di Lombok kamu akan dimanjakan dengan segala pesona dan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Bukan hanya kaya akan potensi wisata unggulan saja, Lombok juga menyajikan kekayaan kuliner yang begitu menggugah selera.  Acara jalan-jalanmu akan semakin lengkap dengan mencicipi aneka menu khas Lombok yang dijamin mantap berikut ini.

1. Ayam Taliwang

Menu ayam yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.  Makanan tradisional dari Lombok ini memiliki cita rasa pedas yang sangat menggoda dengan aroma kencur yang begitu kuat.

Proses pengolahan ayam taliwang bisa dengan cara digoreng ataupun dibakar.  Penggunaan ayam kampung muda pada kuliner ini membuat rasa gurih dan empuk pada ayam terasa semakin nikmat.

Untuk melengkapi kesempurnaan rasanya, menu ayam taliwang juga disajikan bersama plecing kangkung atau beberuk terong.

Salah satu ikon kuliner Lombok ini bisa kamu nikmati di Ayam Taliwang Khas Pak Udin di Jalan Gelatik No. 2B, Cakranegara Barat, Mataram Kota, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Ayam Taliwang Irama 3 di Jalan Ade Irma Suryani No. 49, Monjok Timur, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

2. Ayam Rarang

Masih dengan olahan ayam, di Lombok juga terdapat menu ayam rarang yang tak kalah legendaris. Menu ini pertama kali dikenalkan olah Inaq Dellah yang tinggal di Desa Rarang, sehingga terkenal dengan sebutan ayam rarang.

Tampilan ayam rarang memang terlihat pedas karena dibalur dengan bumbu sambal dan cabe rawit, namun rasa ayam plecingan ini ternyata tidak sepedas ayam taliwang.  Kombinasi bumbu yang cukup sederhana pada menu ini mampu menghasilkan rasa yang berbeda.

Penasaran dengan sensasi rasa ayam rarang?  Silakan datang ke Rumah Makan Rarang Inaq Dellah yang berada di Jalan Raya Rarang, Terara, Rarang, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3. Ayam Pelalah

Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan ayam sebagai bahan utamanya, sekilas mirip dengan ayam balado tapi dari segi rasa sedikit berbeda.

Ada juga beberapa variasi menu lainnya yang mengggunakan ikan nila ataupun burung puyuh yang diolah dengan bumbu pelalah.

Proses pengolahan ayam pelalah cukup sederhana.  Bumbu pelalah yang pedas dan manis ditumis hingga beraroma harum.

Selanjutnya bisa ditambahkan air dan dimasak hingga sedikit mengental, baru kemudian potongan ayam yang sudah dibakar dimasukkan dan dimasak sampai bumbu meresap sempurna.

Ayam pelalah sangat nikmat saat disantap bersama nasi hangat dan pelcing kangkung.
Kamu bisa mencicipi kenikmatan rasa ayam pelalah di Rumah Makan Suranadi di Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

4. Bebalung

Kuliner khas Suku Sasak ini menyajikan cita rasa gurih yang benar-benar nikmat di mulut.  Kuah gurih dari sup bebalung rupanya berasal dari iga dan tulang sapi atau kerbau yang digunakan sebagai bahan utama menu ini.  Bebalung lazim dihidangkan dalam acara adat maupun kenduri.

Sensasi gurih dan pedas pada menu ini semakin nikmat dengan adanya sentuhan jahe yang memberikan efek hangat saat disantap.

Masyarakat setempat percaya bahwa menyantap sup bebalung bisa memberikan tenaga ekstra.  Di beberapa tempat makan, sup bebalung juga ada yang menggunakan iga dan tulang kuda yang diyakini mampu  mendongkrak stamina.

Dengan cita rasa khas Lombok yang menggugah selera, sajian bebalung bisa didapatkan di Depot Kelebet (Bebalung) yang berada di Jalan HOS. Cokroaminoto No. 10, Monjok Timur, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Buat yang penasaran dengan rasa bebalung kuda bisa datang ke Rumah Makan Masteng di Jalan TGH Faisal, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

5. Beberuk Terong

Menawarkan sensasi pedas yang menggoda, menu beberuk terong lazim disajikan bersama ayam taliwang sehingga sensasi pedasnya semakin nendang.

Lalapan khas dari Lombok ini terbuat dari irisan terong gelantik dan kacang panjang yang kemudian disiram dengan sambal tomat yang pedas.

Sembari menikmati gurih dan pedasnya ayam taliwang, kamu bisa sekalian mencicipi beberuk terong di Rumah Makan Taliwang Nada Alam Nyaman yang berada di Jalan Saleh Sungkar 2, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

6. Plecing Kangkung

Sama seperti beberuk terong, plecing kangkung juga biasa disajikan bersama ayam taliwang.  Tekstur kangkung yang renyah terasa semakin nikmat saat dipadukan dengan bumbu plecing yang khas.

Kuliner khas Lombok ini menyajikan cita rasa yang unik dan pedas sehingga cukup ampuh untuk meningkatkan selera makan.

Seporsi plecing kangkung bisa kamu nikmati bersama gurihnya ayam taliwang di Rumah Makan Kania II yang berada di Jalan Panca Usaha No. 22A, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

7. Kue Bantal

Jajanan tradisional khas Lombok ini terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, sedikit garam dan isian kacang merah atau pisang.

Beras ketan yang sudah dicuci bersih dicampur parutan kelapa dan garam diberi isian kacang merah atau pisang, kemudian dibungkus daun aren atau janur.

Selanjutnya direbus sampai benar-benar matang dan mengembang.  Bentuk kue yang mengembang seperti bantal inilah yang membuat kue ini dikenal dengan sebutan kue bantal.

Masyarakat Lombok biasa menyantap kue bantal sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan.  Kamu bisa berburu kue bantal di Desa Gapuk, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

8. Nasi Puyung

Nasi puyung merupakan salah satu kuliner favorit di Lombok yang sangat terkenal.  Menu yang dikenalkan pertama kali oleh Papuk Isum dari Kampung Puyung ini juga dikenal dengan sebutan nasi balap puyung.

Seperti menu khas lain dari Lombok, sajian nasi ini juga memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera dengan aneka lauk pelengkap di dalamnya.

Dalam satu porsi nasi puyung terdapat nasi, sayur kacang panjang, suwiran ayam berbumbu pedas, abon, taburan kedelai, udang rebon dan kentang goreng.

Untuk menikmati nasi balap puyung kamu bisa datang langsung ke Rumah Makan Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang merupakan generasi ketiga keluarga Papuk Isum.

Rumah makan ini terletak di Lingkung Daya Puyung, Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Nasi Campur Sukaraja

Nasi campur khas Lombok ini menyajikan cita rasa yang lezat dengan aneka lauk yang cukup lengkap di dalamnya.

Selain disajikan bersama ayam goreng yang kaya rasa, nasi campur Sukaraja juga dihidangkan bersama beberuk terong yang pedasnya nendang dan sate lilit yang gurih.

Seporsi nasi campur Sukaraja yang lezat bisa kamu nikmati di Warung Murah yang berada di Jalan Yos Sudarso, Ampenan Tengah, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

10. Nasi Kotaraja

Masih dengan sajian nasi yang enak dan mengenyangkan, di Lombok kamu juga wajib mencicipi menu spesial nasi Kotaraja yang lezatnya bikin nagih.

Menu nasi yang cukup sederhana ini menyajikan cita rasa yang istimewa dengan bumbu dan rempah yang cukup kuat di dalamnya.

Nasi ini disajikan bersama lauk jangan rarit, yaitu daging sapi berbumbu yang sudah dijemur, digeprek, lalu digoreng.  Jangan rarit masih dikombinasikan dengan kuah rawon dan sambal sebie yang super pedas.

Sensasi rasa pedas, gurih dan aroma rempah yang menggoda pada nasi kotaraja bisa kamu cicipi di Warung Makan Hj. Sumiatun di Lombok Timur

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Kotaraja yang berada di Jalan Sandubaya, Bertais, Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

11. Sate Bulayak

Menu ini disebut dengan sate bulayak karena disantap bersama bulayak yaitu sejenis ketupat atau lontong yang dibungkus dengan daun aren.  Cita rasa bulayak sangat gurih karena dicampur dengan santan dan kemiri.

Bumbu sate bulayak juga cukup unik karena terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan ditumbuk.  Kemudian dimasak bersama santan dan bumbu rempah sehingga rasanya bukan hanya gurih tetapi juga pedas.

Untuk satenya sendiri biasanya terbuat dari daging ayam, sapi atau jeroan.  Perpaduan rasa dari sate, bulayak dan bumbu pada menu ini menghadirkan keunikan rasa yang begitu nikmat.

Seporsi sate bulayak bisa kamu nikmati di Sate Bulayak Suranadi yang berada di Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

12. Sate Ikan Tanjung

Nama sate ikan tanjung merujuk pada lokasi asalnya yang berada di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Sate khas Lombok ini terbuat dari daging ikan cakalang.  Berbeda dari jenis sate lainnya, sate tanjung dibumbui dengan aneka rempah dan santan sehingga cita rasanya semakin gurih dan pedas.

Aroma rempah dari hidangan sate ini juga cukup kuat sehingga semakin menggugah selera.  Selain bisa disantap langsung, menu sate ini juga bisa dinikmati bersama sepiring nasi ataupun lontong.

Sate ikan tanjung nan lezat bisa kamu dapatkan di sepanjang jalan Desa Tanjung, Tanjung, Lombok Utara.  Salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Sate Ikan Tanjung Mama Zira di Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

13. Sate Rembiga

Menu sate khas Lombok ini berasal dari daerah Rembiga yang konon resep rahasianya telah diwariskan secara turun temurun untuk menjaga keaslian rasanya.

Sate yang terbuat dari daging sapi ini memiliki cita rasa yang lezat, karena selain kaya akan bumbu rempah tekstur daging sapi juga empuk dan enak buat dikunyah.  Seporsi sate rembiga biasanya disajikan bersama irisan lontong sehingga cukup mengenyangkan.

Untuk menikmati seporsi sate rembiga yang legendaris ini kamu bisa datang ke Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang berada di Jalan Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Sate Rembiga “Goyang Lidah” yang berlokasi di Jalan Dakota, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

14. Sate Pencok

Jika kebanyakan sate dibuat dari daging, maka sate pencok sedikit berbeda karena dibuat dari adonan tepung sagu berbumbu sehingga teksturnya kenyal.  Meskipun terbilang cukup sederhana namun untuk rasa, sate pencok tak kalah menggoda.

Tekstur sate yang kenyal terasa semakin nikmat saat dipadukan dengan bumbu pelalah yang pedas.  Satu porsi sate pencok biasa disajikan bersama bihun plecing sehingga kombinasi rasanya semakin lengkap.

Untuk menikmati menu sate nan lezat ini silakan datang ke Warung Sate Rembiga Utama Bu Ririn yang berada di Jalan Dr. Wahidin No. 05, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

15. Sate Pusut

Secara tampilan sate pusut mirip dengan sate lilit.  Sate ini terbuat dari bahan ikan segar dan parutan kelapa yang dililitkan sehingga sensasi rasanya begitu gurih.

Selain dicampur parutan kelapa, daging ikan juga dicampur dengan bumbu rempah bercita rasa pedas sehingga rasa sate bukan hanya gurih tetapi juga pedas.

Selain menggunakan ikan segar, beberapa tempat makan juga membuat variasi sate pusut lainnya dengan menggunakan daging ayam dan sapi sehingga cita rasanya sedikit berbeda.

Menu sate yang cocok buat menu makan siang ini bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang berada di Jalan Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

16. Sayur Ares

Ares kedebong puntiq merupakan sajian unik dari Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Lombok.

Makanan tradisional Suku Sasak ini terbuat dari batang pisang yang masih muda dan lazim disajikan dalam acara begawe atau acara makan-makan setelah pernikahan.

Sayur ares dimasak dengan bumbu rempah dan santan sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang nikmat.  Menu masakan ini juga bisa ditambahkan daging untuk menambah kenikmatan rasa di dalamnya.

Seporsi sayur ares nan lezat bisa kamu cicipi di Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang yang berada di Jalan Arya Banjargentas No. 88X, Ampenan, Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

17. Poteng Jaje Tujak

Kuliner tradisional ini biasanya hanya muncul pada perayaan adat atau hari raya sehingga keberadaanya terbilang cukup langka.

Poteng atau tape ketan merupakan olahan beras ketan yang dikukus dan difermentasi dengan menggunakan campuran ragi.

Sementara jaje tujak merupakan olahan beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa.  Kedua bahan ini kemudian dikukus sampai matang dan ditumbuk sampai halus.

Poteng biasanya dibuat terlebih dahulu karena membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk proses fermentasinya.  Sensasi gurih dan manis dari kedua menu ini menjadi perpaduan rasa yang begitu unik.

Untuk mencicipi keunikan rasa dari poteng jaje tajuk ini kamu bisa datang ke Pusat Kuliner Poteng Jaje Tujak yang berada di Danger, Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

18. Kelaq Sebie

Kelaq merupakan menu sayur tradisional khas Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan keunikan rasanya.  Salah satu yang cukup menggoda adalah kelaq sebie yang dalam bahasa Sasak berarti cabe.

Karena menggunakan cabe rawit sebagai bahan utamanya, kamu bisa membayangkan bagaimana sensasi pedasnya di mulut.

Meskipun menjadi bahan utama dalam sayur ini namun kelaq sabie juga bisa ditambahkan kacang panjang, terong atau ikan tongkol sebagai pelengkapnya.

Pada menu ini cabe rawit dipotong-potong dan dimasak bersama kuah santan dan bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan pedas di dalamnya.

Menu kelaq sabie yang super pedas ini bisa kamu nikmati di rumah makan dengan menu makanan khas Lombok atau bisa membuat sendiri di rumah karena proses memasaknya cukup sederhana.

19. Ikan Bakar Pantai Nipah

Agenda wisatamu di Pantai Nipah akan semakin lengkap dengan mencicipi hidangan khas ikan bakarnya yang lezat.

Ada banyak penjual ikan bakar di sepanjang tempat wisata ini yang bisa kamu sambangi untuk mencicipinya.

Seporsi ikan bakar akan disajikan bersama plecing kangkung, beberuk terong, dan pastinya sepiring nasi hangat.  Rasa laparmu pun segera terobati dengan menu sedernaha namun memiliki rasa yang istimewa ini.

20. Dodol Rumput Laut

Oleh-oleh khas Lombok ini bisa menjadi pilihan tepat untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Salah satu ikon panganan khas Suku Sasak ini menyajikan cita rasa manis yang menggoda dengan tekstur kenyal di dalamnya.

Dodol yang menggunakan bahan dasar rumput laut ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh khas Lombok yang banyak terdapat di wilayah Cakranegara, Sweta, dan Karang Bedil, Mataram.

Salah satunya adalah Phoenix Food Showroom yang berada di Jalan A.A Gede Ngurah, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *