Makanan Khas Jawa Barat Terkenal Enak yang Wajib Kamu Cobain

Nyero.ID – Provinsi Jawa Barat menyimpan potensi wisata yang sangat beragam, tidak heran jika banyak wisatawan menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi wisata favorit saat liburan. Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, Jawa Barat juga menawarkan sensasi wisata kuliner yang menggugah selera dengan berbagai macam menu makanan khas di dalamnya.

Sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia, Jawa Barat sangat identik dengan aneka masakan Sunda yang sudah sangat terkenal kelezatannya. Provinsi yang terdiri dari beberapa wilayah kabupaten dan kota ini memiliki kekayaan kuliner dengan berbagai cita rasa yang menggoda.

Berada di Provinsi Jawa Barat tidak akan lengkap tanpa mencicipi aneka olahan menu khasnya yang sangat bervariasi. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang bisa dicicipi untuk melengkapi momen liburanmu.

Sega Jamblang (Nasi Jamblang)

Menu khas Cirebon, Jawa Barat ini memiliki cerita sejarah dibalik kemunculannya yaitu ketika Belanda memerintahkan pembuatan jalan raya Anyer-Panarukan yang melewati wilayah Cirebon.
Untuk makanan bagi para pekerja, warga Desa Jamblang membuat bekal nasi yang dibungkus daun jati. Selain memberikan cita rasa tersendiri, pemilihan daun jati sebagai bungkus nasi dianggap mampu membuat nasi lebih awet dalam waktu yang lama.

Selain tahu dan tempe goreng, saat ini menu nasi jamblang juga memiliki banyak pilihan lauk seperti sambal goreng, perkedel, semur ikan, semur daging, ayam, telur, dll. Namun yang paling identik dengan menu nasi jamblang adalah balakutak hideung yaitu olahan cumi atau sotong dengan kuah kental berwarna hitam karena dicampur tintanya.

Untuk menikmati seporsi nasi jamblang yang legendaris, kamu bisa mampir ke Warung Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cangkring 2 No. 34, Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sega Lengko (Nasi Lengko)

Makanan tradisional khas Jawa Barat ini merupakan hidangan nasi yang dilengkapi dengan kecambah, orek tempe, timun, tahu, tempe, daun kucai, kerupuk, sambal kacang, dan bawang goreng. Untuk menambah cita rasa nasi lengko biasanya menu ini disajikan bersama sate kambing.

Menu sederhana dengan cita rasa istimewa ini merupakan hidangan khas dari wilayah di Pantai Utara seperti Cirebon, Indramayu, Brebes, dan sekitarnya. Saat berada di Cirebon kamu bisa singgah ke Warung Nasi Lengko H. Barno yang terletak di Jalan Pagongan No. 15B, Cirebon, Jawa Barat untuk mencicipi seporsi nasi lengko yang nikmat.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Nasi Lengko dan Sate Kambing H.M. Sadi yang terletak di Gang Alas Demang No. 1, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Nasi Tutug Oncom

Istilah nasi tutug oncom merujuk pada roses pengolahannya yang dimulai dengan menumbuk beras bersama oncom yang sudah dibakar, kemudian baru dimasak sampai matang.  Tutug sendiri dalam Bahasa Sunda memiliki makna tumbuk.

Makanan tradisional dari Tasikmalaya, Jawa Barat ini sangat nikmat disantap bersama aneka lauk seperti ayam atau tempe goreng plus sambal yang tidak boleh ketinggalan.

Untuk menikmati seporsi nasi tutug oncom beserta lauk lengkapnya kamu bisa datang ke Rumah Makan Bobotoh Bandung yang terletak di Jalan A.H. Nasution No. 111A, Ujungberung, Bandung.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Talaga Paris Van Java di Jalan Sukajadi No. 131-139, Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Soto Bandung

Soto Bandung merupakan salah satu menu makanan khas Jawa Barat yang kaya rempah dan nikmat disantap selagi hangat. Berbeda dengan soto pada umumnya, soto Bandung menggunakan tetelan daging sapi sebagai bahan utamanya. Racikan bumbu dan rempah yang melimpah membuat cita rasa soto Bandung semakin menggugah selera.

Semangkuk soto Bandung biasanya disajikan bersama irisan lobak rebus, daun seledri, daun bawang, kedelai goreng dan bawang goreng. Sedangkan untuk sensasi rasa pedas bisa ditambahkan sambal. Tidak lupa juga perasan jeruk nipis dan sedikit kecap untuk menghasilkan cita rasa yang lebih istimewa, raos pisan euy!

Untuk menikmati semangkuk soto Bandung yang menggoda, sempatkan mampir ke Warung Soto Ojo Lali yang telah berdiri sejak tahun 1940-an. Lokasinya berada di Jalan Cibadak No. 79-81, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Soto Bandung M. Tarya yang terletak di Jalan Sawah Kurung No. 16, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sate Maranggi

Menu khas Purwakarta, Jawa Barat ini menawarkan sensasi rasa yang begitu lezat karena proses pengolahannya dimulai dengan merendam daging ke dalam bumbu sebelum dibakar. Sate ini banyak dijajakan di daerah Purwakarta dan Cianjur.

Racikan bumbu dan rempah yang sudah meresap masuk ke dalam serat daging menghasilkan cita rasa yang lebih enak. Sehingga dalam penyajiannya sate maranggi hanya dilengkapi dengan irisan bawang merah, cabe, dan tomat, tanpa tambahan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Untuk menikmati kelezatan rasa sate maranggi kamu bisa datang ke Sate Maranggi Haji Yetty yang berada di Jalan Raya Cibungur, Bungursari, Purwakarta, Jawa Barat. Rekomendasi lainnya adalah Sate Maranggi Ibu Rina yang berlokasi di Jalan Raya Sadang-Subang Km 1, Ciseureuh, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Geco

Geco merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Makanan khas Cianjur, Jawa Barat ini menggunakan tauge dan bumbu tauco sebagai bahan utamanya. Untuk melengkapi hidangan, biasanya geco disajikan bersama potongan ketupat dan mie sagu.

Selain itu juga sering ditambahkan daun bawang, irisan tomat, udang, dan kacang untuk mendapatkan sensasi rasa yang lebih nikmat. Makanan tradisional ini memiliki cita rasa manis, gurih, asam, dan pedas yang menggugah selera.

Meskipun makanan ini semakin jarang ditemukan, namun kamu masih bisa mencicipi keunikan rasanya di Geco Nusasari Pak Iding yang terletak di Pamoyangan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Awug

Jajanan manis ini merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Barat yang cocok dinikmati saat santai bersama secangkir kopi atau teh hangat. Makanan ini terbuat dari tepung beras, parutan kelapa muda, daun pandan dan gula merah.

Proses pengolahan awug dengan cara dikukus dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu dengan bentuk lancip seperti tumpeng. Masyarakat Sunda mengenalnya dengan istilah aseupan. Setelah dikukus matang, biasanya awug disajikan di atas alas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa muda, sehingga menghasikan sensasi rasa manis dan gurih yang begitu menggoda.

Jajanan manis ini bisa kamu dapatkan di Awug Cibeunying yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 361, Kacapiring, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dodol Garut

Jajanan manis yang satu ini terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Garut, Jawa Barat. Makanan yang terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah ini menyajikan cita rasa legit yang begitu menggoda. Jajanan tradisional ini mulai dikenal sekitar tahun 1920-an dan semakin banyak diproduksi sebagai oleh-oleh khas Garut.

Salah satu produsen dodol Garut yang cukup legendaris adalah Dodol Picnic yang mulai dirintis sejak tahun 1949. Lokasinya berada di Jalan Pasundan No. 102, Kota Kulon, Garut, Jawa Barat. Selain membeli dodol, di pabrik ini kamu juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung.

Peuyeum

Jajanan khas Jawa Barat ini merupakan sejenis tape yang terbuat dari singkong utuh yang difermentasi. Disebut dengan peuyeum karena dahulu jenis makanan ini banyak dibuat di daerah Cipeuyeum. Biasanya peuyeum dijual dengan cara digantung untuk menarik minat para pembeli.

Jajanan murah meriah ini memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam khas tape, selain itu mengkonsumsi peuyeum dianggap mampu memberikan efek hangat di badan. Peuyeum bisa dinikmati langsung atau digoreng dengan tepung sebagai camilan. Sangat pas dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Tidak sulit menemukan penjual peuyeum, salah satunya ada di Cipatat, Bandung Barat, tepatnya di pinggir Jalan Bandung-Cianjur. Selain itu kamu juga bisa mampir ke Warung Peuyeum di Terminal Bus Cicaheum, Jalan Antapani, Cicaheum, Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *