Makanan Khas Cirebon yang Nikmat Banget, Mana Seleramu?

Nyero.ID – Cirebon memiliki potensi wisata yang cukup beragam sehingga sangat menarik sebagai tujuan wisata di saat liburan tiba.  Di Cirebon kamu bukan hanya dimanjakan dengan destinasi wisatanya saja, tetapi juga bisa menjelajahi kuliner khas-nya yang menggugah selera.

Lokasi Cirebon yang berada di Provinsi Jawa Barat tentu juga berpengaruh pada cita rasa masakananya yang masuk dalam kategori menu makanan khas Sunda.  Untuk melengkapi agenda liburanmu di Cirebon, berikut ini adalah daftar makanan khas di Cirebon yang harus kamu icip-icip kelezatannya.

Nasi Jamblang

Di urutan pertama ada nasi jamblang yang kelezatannya sudah sangat melegenda.  Masyarakat Cirebon biasa menyebutnya dengan sega jamblang.  Makanan khas yang juga salah satu ikon kuliner Kota Cirebon ini menyuguhkan menu nasi dengan aneka macam lauk-pauk untuk melengkapinya.

Olahan nasi dengan bungkus daun jati ini bukan hanya lezat tetapi juga menyimpan cerita sejarah. Pasalnya, nasi jamblang awalnya dibuat dan dibagikan secara gratis untuk para buruh pabrik dan pekerja stasiun kereta api pada kurun waktu 1847-1883.

Dengan kata lain, menu ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan kemudian diwariskan secara turun temurun.  Hingga akhirnya banyak masyarakat Cirebon yang menjual nasi jamblang sebagai salah satu menu andalan yang banyak difavoritkan.

Untuk mencicipi kelezatan nasi jamblang ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Nasi Jamblang Tulen yang berada di Jalan Utara Pasar Jamblang No. 100, Kasugengan Lor, Jamblang, Cirebon, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Jamblang Bu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring 2 No. 34, Kejaksan, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Bubur Sop Ayam

Menu yang satu ini sangat pas jika dinikmati saat cuaca dingin.  Kuliner ini terbuat dari nasi tim yang kemudian ditambahkan dengan kuah sop, sehingga teksturnya tetap kental dan tidak mudah hancur seperti bubur pada umumnya.

Biasanya menu bubur sop ayam juga ditambahkan dengan suwiran ayam, daun bawang dan daun seledri, kacang goreng, kerupuk, dan juga bawang goreng.  Selain itu juga diberi bumbu tauco dan kacang kedelai sehingga cita rasanya semakin juara.

Seporsi bubur sop ayam yang nikmat bisa kamu dapatkan di Bubur Sop Ayam M. Kapi yang berada di Jalan Tentara Pelajar No. 18, Pekalangan, Pekalipun, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Bubur Sop Ayam Djohar yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Kejaksan, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Empal Gentong

Kuliner khas Cirebon ini merupakan olahan daging sapi yang dimasak menggunakan gentong dari tanah.  Proses memasak yang cukup lama pada menu ini menghasilkan tekstur daging yang lembut.  Bukan hanya lembut saat dikunyah, empal gentong juga sangat gurih karena dimasak bersama kuah santan berbumbu rempah.  Sangat pas disantap bersama sepiring nasi hangat.

Untuk menikmati kelezatan empal gentong ini kamu bisa datang ke Empal Gentong H. Apud Pusat yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 24, Battembat, Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Empal Gentong Mang Darma yang berada di Jalan P. Diponegoro No. 23, Kesenden, Kajaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Empal Asam

Masih dengan olahan daging sapi,di Cirebon juga terdapat menu khas empal asam yang tak kalah menggoda.  Meskipun sama-sama menggunakan daging sapi dan juga diolah hingga empuk, namun kedua menu ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Jika empal gentong terasa gurih dan bersantan, empal asam justru tidak menggunakan santan sehingga kuahnya cenderung bening.  Sensasi rasa empal asam merupakan perpaduan antara gurih dan asam, dimana rasa asam pada masakan ini berasal dari belimbing wuluh yang segar.

Seporsi empal asam yang nikmat bisa kamu cicipi di Kedai Empal Asam dan Empal Gentong H. Apud yang berada di tiga lokasi, yaitu Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, di Jalan Ir. H.Juanda, atau di kawasan Batik Trsumi.

Rekomendasi lainnya adalah Bang JT-Empal Gentong/Asem yang terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 4B, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tahu Gejrot

Menu khas dari Cirebon ini sudah begitu populer di kalangan pecinta kuliner.  Bukan hanya di Cirebon saja, tahu gejrot juga bisa ditemukan di berbagai wilayah lainnya di Indonesia.  Makanan ringan berbahan tahu ini memang disajikan dengan cara yang sederhana, namun begitu cita rasanya tetap istimewa.  Pada menu ini potongan tahu disajikan bersama kuah berbumbu dengan cita rasa pedas yang menggugah selera.

Sensasi rasa tahu gejrot yang unik bisa kamu nikmati di Tahu Gejrot Kanoman yang berada di Jalan Kanoman, Pekalipan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Tahu Gejrot Mang Dio yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sate Kalong

Meskipun dikenal dengan nama sate kalong, namun menu sate yang satu ini tidak menggunakan daging kelelawar sama sekali.  Sate kalong justru menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Istilah kalong merujuk pada waktu penjualannya yang biasanya dilakukan pada sore hingga malam hari.  Ada dua pilihan rasa yaitu manis dan asin yang bisa dipilih sesuai selera.  Untuk penyajian biasanya dihidangkan bersama irisan lontong.

Sensasi rasa sate kalong yang enak bisa kamu dapatkan di Sate Kalong yang berada di Jalan Kesambi Dalam No. 102, Drajat, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Gado-gado Ayam

Makanan khas Cirebon ini menyajikan perpaduan rasa yang unik dari kuah kacang dan kari ayam.  Menu ini terdiri dari irisan lontong, tahu, kentang, telur rebus, timun, tauge rebus, dan suwiran ayam goreng.

Meskipun sekilas mirip dengan penyajian gado-gado pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan.  Karena pada gado-gado ayam ini setelah disiram dengan kuah kacang, selanjutnya masih disiram lagi dengan kuah kari ayam sehingga cita rasanya semakin nikmat.

Seporsi gado-gado ayam dengan kelezatannya bisa kamu nikmati di Gado-gado Ayam Mang Djum yang berada di Jalan Pulasaren No. 53, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Pedesan Entog

Buat para pecinta pedas, manu khas Cirebon yang satu ini wajib untuk dicicipi.  Sesuai dengan namanya, olahan daging entog ini dimasak dengan kuah pedas berbumbu rempah sehingga cita rasanya semakin sempurna.

Jika biasanya daging entog cenderung keras dan alot, namun dengan proses pengolahan yang tepat daging entog pada menu ini terasa empuk dan enak dikunyah.  Tekstur daging yang empuk terasa semakin nikmat ketika berpadu dengan kuah ekstra pedas yang nendang di lidah.

Seporsi pedesan entog dengan rasa yang pedas menggoda bisa kamu dapatkan di Pedesan Entog Mas Nana yang berada di Jalan Fatahilah No. 80 Blok Kawung Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Pedesan Entog Ibu Dian yang terletak di Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Rujak Kangkung

Olahan kangkung yang satu ini sangat menarik untuk dicicipi karena menyajikan sensasi rasa pedas yang bikin melek. Seporsi rujak kangkung biasanya terdiri dari kangkung yang direbus dan kemudian disiram dengan sambal atau kuah asam pedas.  Untuk melengkapi rasa, rujak kangkung biasanya disajikan bersama kerupuk mie kuning dan irisan bakwan.

Pedasnya rujak kangkung ini bisa kamu nikmati di Rujak Kangkung Dadakan Khas Cibingbin yang berada di Jalan Kandang Perahu No. 8, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.  Atau di Rujak Kangkung Dadakan Ibu Deni di Jalan Pangeran Cakra Buana, Kemantren, Sumber, Cirebon, Jawa Barat.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *