Makanan Khas Bogor Paling Enak, Mana Favoritmu?

Nyero.ID – Terkenal dengan julukan Kota Hujan, Bogor bukan hanya menarik sebagai tujuan wisata saja tetapi juga cocok buat wisata kuliner.  Sembari mengeksplore berbagai tempat wisata hits di Bogor, kamu juga bisa berburu kuliner khas-nya yang cukup beragam.

Masih berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, kuliner Bogor juga sangat kental dengan nuansa Sunda-nya yang begitu istimewa.  Tentunya ada banyak kuliner khas Bogor yang bisa kamu nikmati selama liburan di kota ini.

Sebagai referensinya berikut ini adalah beberapa makanan khas Bogor paling enak yang bisa kamu cicipi bersama teman atau keluarga.

1. Tauge Goreng

Kuliner yang satu ini sangat terkenal di Bogor dan menjadi salah satu menu yang wajib kamu cicipi keunikan rasanya.  Secara tampilan, menu tauge goreng mungkin terlihat sangat sederhana, namun untuk rasa jangan ditanya, unik dan enak.

Menu khas Bogor ini biasanya terdiri dari tauge rebus, mie kuning, potongan ketupat dan tahu. Untuk sausnya, tauge goreng disiram dengan kuah berbumbu tauco dan oncom sehingga rasanya benar-benar khas dan enak.

Untuk mencicipi rasa nikmat dari tauge goreng ini kamu bisa menyambangi Tauge Goreng H. Gebro yang berada di Pasar Anyar Blok B. 2, Jalan Dewi Sartika No.35, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Atau bisa juga di Tauge Goreng Pak Iwon yang terletak di Jalan Raya Padjajaran, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

2. Asinan Bogor

Meskipun terlihat cukup sederhana namun menu yang satu ini banyak dicari oleh wisatawan karena menyajikan cita rasa unik yang khas.  Asinan Bogor sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu asinan buah, asinan sayur dan perpaduan antara keduanya.

Beberapa macam buah atau sayuran dicampur dengan kuah asinan kemudian diberi taburan kacang tanah sehingga membuat kombinasi rasanya semakin istimewa.

Seporsi asinan buah biasanya terdiri dari mangga, nanas, jambu, pala, pepaya, jambu air dan bengkoang.  Rasa segar pada buah-buahan samakin sempurna dengan tambahan kuah cuka plus bumbu pedas di dalamnya.

Acara jalan-jalanmu ke Bogor akan semakin lengkap dengan berburu kuliner segar yang satu ini.
Menu asinan Bogor bisa kamu dapatkan di Asinan Sedap Gedung Dalam yang berada di Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Asinan Asli Bogor di Jalan Ir. Haji Juanda No. 90, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

3. Asinan Jagung Bakar

Berbeda dengan asinan sayur atau buah, asinan yang satu ini menggunakan jagung bakar sebagai bahan utamanya.  Selain diburu wisatawan, kuliner ini juga sangat digemari oleh masyarakat Bogor.

Aroma jagung bakar yang menggoda terasa semakin nikmat saat disantap dengan kuah asinan yang khas.  Biasanya terdiri dari kombinasi cuka, air cabe, dan gula pasir, sehingga rasanya asam, manis, dan pedas.

Menu ini juga ditambahkan dengan irisan mentimun segar dan kerupuk mie sehingga rasanya semakin juara.  Dijamin kombinasi rasa yang muncul pada asinan ini bikin nagih.

Sensasi rasa jagung bakar dengan kuah asinan ini bisa kamu nikmati di Asinan Jagung Bakar Pak Sabur yang berlokasi di Jalan Surya Kencana No. 289, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Laksa Bogor

Makanan khas Bogor yang satu ini sangat mudah ditemukan di kawasan Bogor dan menjadi salah satu menu wajib yang harus kamu cicipi.

Biasanya satu porsi laksa Bogor terdiri dari bihun, irisan oncom, tauge dan kuah santan kuning yang gurih menggoda.  Cita rasa laksa semakin nikmat karena diberi tambahan telur rebus, tahu kuning, taburan serundeng, dan daun kemangi.

Semangkuk laksa yang kaya rempah ini bisa kamu nikmati di Laksa Bogor Tradisional Ibu Lili yang berada di Jalan Katulampa No. 6, Katulampa, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat.

Rekomendasi lainnya adalah Laksa Gang Aut Mang Wahyu yang terletak di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Mie Glosor

Kuliner yang satu ini banyak dijadikan menu buka puasa saat bulan Ramadhan karena memiliki rasa khas yang lezat.  Warna mie yang kuning cerah membuat hidangan ini semakin menarik untuk disantap.

Tekstur mie ini juga kenyal karena terbuat dari tepung singkong.  Perpaduan antara rasa, aroma, dan tekstur kenyal pada mie membuat hidangan ini semakin nikmat.

Untuk mencicipi kelezatan mie glosor ini kamu bisa datang ke Mie Glosor Mang Cireng yang berada di Jalan M.A. Salmun, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Ubi Bakar Cilembu

Udara dingin di Bogor bisa sedikit berkurang dengan menyantap yang hangat-hangat, salah satunya adalah ubi bakar Cilembu yang manis.  Ubi Cilembu merupakan jenis ubi yang terkenal manisnya.  Selain manis, tekstur ubi cilembu juga sangat lembut sehingga semakin nikmat di mulut.

Proses pemasakan ubi dengan cara dioven membuat cita rasa manisnya semakin istimewa.  Untuk keperluan oleh-oleh, ubi Cilembu juga banyak dijual mentah sehingga bisa direbus atau di bakar di rumah.

Ubi bakar Cilembu bisa kamu dapatkan di Sari Berkah Ubi Bakar Cilembu yang terletak di Jalan Merpati I, Bojong Gede, Bogor.

7. Gepuk Karuhun

Secara tampilan makanan khas Bogor ini mirip dengan empal meskipun proses dan cara pembuatannya sedikit berbeda.  Kuliner warisan nenek moyang ini menyajikan cita rasa gurih yang sangat lezat, tidak heran jika hidangan ini difavoritkan oleh banyak orang.

Untuk menikmati kelezatan rasa gepuk karuhun ini kamu bisa datang ke Gepuk Karuhun & Ikan Balita yang berada di Jalan Raya Semplak No. 172, Bogor Barat, Kota Bogor.

8. Soto Mie

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Bogor ini memadukan rasa yang berbeda sehingga semakin nikmat untuk disantap.  Rasa gurih yang dominan dari kuah soto memang sangat menggoda terlebih jika dipadukan dengan isian yang cukup lengkap.

Biasanya dalam satu mangkuk soto mie terdapat mie kuning, daging sapi, jeroan dan juga irisan risol atau kroket yang digoreng kering.  Ada juga tambahan berupa potongan lobak, tomat, dan kol.
Sangat cocok dinikmati selagi panas sebagai menu makan siangmu saat berada di Bogor.

Kuliner enak ini bisa kamu dapatkan di Soto Mie Abeh yang berada di Ruko R3 Perumahan Taman Yasmin, Sektor Satu, Cilandek Barat, Bogor Barat, Bogor.

Rekomendasi lainnya adalah Soto Mie “Agih” di Jalan Surya Kencana No. 311, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.

9. Soto Kuning

Sesuai dengan namanya, soto kuning disajikan dengan kuah santan berbumbu kunyit dan aneka rempah yang membuat aromanya semakin menggugah selera.  Semangkuk soto kuning biasanya disajikan dengan tambahan kikil, babat, ataupun daging sesuai selera.

Soto ini semakin nikmat saat disantap bersama perkedel dan juga emping.  Menikmati soto kuning saat masih panas akan membuat momen makan siangmu semakin sempurna.

Soto kuning nan lezat ini bisa kamu dapatkan di Soto Kuning Pak Yusup yang berada di Gang Aut, Jalan Surya Kencana No. 103, kota Bogor.

Rekoemndasi lainnya adalah Soto Kuning Khas Bogor yang terletak di Jalan Surya Kencana No. 219-221, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Dodongkal

Jajanan tradisional yang satu ini menyajikan rasa manis dan gurih di dalamnya, sangat cocok buat camilan di waktu santai.  Terbuat dari tepung beras, dodongkal juga ditambahkan dengan parutan kelapa dan gula aren yang kemudian dikukus sampai matang.

Gula aren yang meleleh pada jajanan ini terasa sangat manis, pas sekali ketika dikombinasi dengan rasa gurih dari parutan kelapa.

Jajanan khas Bogor ini bisa kamu dapatkan di Dodongkal Pak Nasikin dan Bu Mimin yang berada di Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor.

11. Sate Sumsum dan Ginjal

Berbeda dari sate pada umumnya, olahan sate yang satu ini memang cukup unik karena menggunakan bahan sumsum dan ginjal sapi.

Tekstur sate yang kenyal terasa semakin nikmat saat dipadukan dengan bumbu kacang, perasan jeruk nipis, dan sambal.  Aroma harum pada sate ini membuat lidah semakin tergoda untuk mencicipi kelezatannya.

Satu porsi sate sumsum dan ginjal bisa kamu nikmati di Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo yang berada di Jalan Surya Kencana No. 193, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor.

12. Pangsit Pengantin

Menu romantis ini konon hanya disajikan untuk pasangan pengantin, membuat siapapun penasaran dengan cita rasanya.  Sensasi lezat dari pangsit pengantin ini berasal dari perpaduan bumbu yang pas dan isian yang cukup lengkap.

Menu ini biasanya disajikan bersama soun, suwiran ayam, rollade, dan daun bawang.  Rasa pangsit pengantin semakin nikmat karena dipadukan dengan kuah kaldu ayam yang begitu gurih.  Biar lebih romantis menu ini paling pas jika dinikmati bersama pasanganmu.

Pangsit pengantin yang lezat bisa kamu santap di Ngohiang Khas Bogor, Pangsit Pengantin yang berada di Jalan Surya Kencana No. 154, Bogor.

13. Bapatong

Merupakan akronim dari bakso kupat gentong, bapatong menyajikan keunikan rasa yang menggugah selera.  Dengan kuah kaldu yang begitu gurih, cita rasa bakso dan ketupat pada menu ini sangatlah lezat.

Kombinasi rasanya semakin sempurna ketika menu ini juga disajikan bersama iga sapi, bihun, mie kuning, dan pangsit.

Untuk menikmati rasa nikmat dari bapatong kamu bisa mampir ke Taman Kencana di Jalan Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

14. Bakso Bumbu Rujak

Kuliner ini cukup unik dan pastinya bikin penasaran.  Jika biasanya bakso disajikan dengan kuah kaldu yang gurih plus bihun, pangsit, sawi hijau, dan bawang goreng maka di Bogor ada bakso bumbu rujak yang tak kalah enak.

Pada menu ini, satu porsinya terdiri dari bakso sapi yang disiram kuah coklat keruh beraroma gurih. Uniknya lagi, mie yang digunakan bukanlah mie kuning atau bihun, melainkan spaghetti.  Dan untuk sayurannya menggunakan kangkung rebus bukan sawi hijau.

Nah, untuk sambalnya terdiri dari campuran cabe rawit, kacang tanah yang ditumbuk kasar, dan gula merah yang diletakkan di atas bakso.  Kombinasi rasa dari kuah kaldu yang gurih dengan cita rasa bakso dan sambal rujak menciptakan keunikan rasa yang begitu istimewa. Pecah di lidah!

Kuliner nan unik ini bisa kamu cicipi di Boogie Bogor yang berada di Jalan Raya Pajajaran No. 78K, Bogor.  Rekomendasi lainnya adalah Bakso Rujak Bi Enti yang terletak di Jalan Raya Sukabumi-Bogor No. 66, Srogol, Cigombong, Bogor.

15. Bakso Bening Kikil

Kuliner yang satu ini sangat menarik untuk dicicipi karena menyajikan bakso bening dengan potongan kikil yang begitu kenyal.  Kombinasi rasa keduanya semakin istimewa karena dilengkapi dengan kuah kaldu yang gurih menggoda.

Satu mangkuk bakso bening kikil bisa kamu nikmati di Bakso Kikil Pak Jaka yang berada di Gang Aut, Jalan Surya Kencana No. 287, Bogor.

16. Martabak Encek

Martabak legendaris yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari karena memiliki cita rasa yang begitu nikmat.  Proses memasak martabak yang tetap menggunakan cara tradisional yaitu dengan tungku berbahan bakar arang membuat martabak ini memiliki aroma yang lebih sedap.

Proses memasak tersebut juga membuat martabak lebih awet dan tetap empuk meskipun dimakan keesokan harinya.  Rasa yang konsisten, ukuran martabak yang besar dan banyaknya variasi topping membuat martabak ini tetap eksis meskipun telah ada sejak tahun 1975.

Untuk mencicipi martakan encek atau martaba suken ini kamu bisa mampir ke Jalan Surya Kencana No. 289, Bogor, di seberang Gang Aut.

17. Sop Buah

Mau yang segar-segar dan manis saat jalan-jalan ke Bogor? Langsung saja berburu menu sop buah yang sangat terkenal di Bogor.  Salah satunya adalah Sop Buah Pak Ewok.

Sesuai dengan namanya, menu ini menyajikan aneka macam potongan buah yang dihidangkan dengan susu, yoghurt atau saus durian sehingga kombinasi rasanya semakin lengkap.

Segarnya sop buah ini bisa kamu nikmati di Saung Pak Ewok, yang berada di Jalan Prof. Dr. H. Andi Hakim Nasoetion, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor.

18. Es Pala

Masih dengan menu yang segar dan manis dari Bogor, kamu juga bisa berburu es pala yang tak kalah menggoda.  Es legendaris ini sudah ada sejak tahun 1950 dan menjadi salah satu kuliner khas Bogor yang masih tetap eksis hingga saat ini.

Sensasi dingin dan uniknya rasa buah pala menyajikan kombinasi rasa yang begitu istimewa, sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

Satu gelas es pala yang segar bisa kamu dapatkan di Es Pala Pak Ujang yang berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kota Bogor.

19. Lumpia Basah

Jika lumpia Semarang memiliki isian rebung, cacahan udang, dan telur, maka berbeda halnya dengan lumpia Bogor.  Karena lumpia Bogor biasanya menggunakan isian bengkoang, tauge, ebi giling, tahu, dan juga telur sehingga dari segi rasa sangatlah berbeda.

Perbedaan lainnya terletak pada cara penyajiannya yang tidak digoreng.  Sesuai dengan namanya, lumpia basah Bogor disajikan di atas adonan kulit lumpia.  Rasa lumpia ini semakin enak karena dimasak dengan tungku arang yang membuat aromanya semakin sedap menggugah selera.

Untuk menikmati keunikan rasa lumpia basah yang enak ini kamu bisa singgah ke Lumpia Basah yang berada di Jalan Surya Kencana No. 89, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor.

20. Roti Unyil

Disebut dengan roti unyil, rupanya kue khas Bogor ini memiliki bentuk yang cukup mini dan mungil dengan rasa manis yang sangat menggoda.  Meskipun mini, namun roti yang satu ini memiliki varian rasa yang cukup banyak sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Roti unyil yang memiliki tekstur empuk dan lembut terasa semakin nikmat dengan aneka rasa yang cukup bervariasi di dalamnya.  Selain coklat dan keju, roti unyil juga tersedia dengan rasa lainnya yang tak kalah enak, seperti abon, kelapa, pisang coklat, sosis, sosis keju, dll.

Untuk mendapatkan roti unyil yang mungil ini kamu bisa mampir ke Roti Unyil Venus yang berada di Jalan Raya Pajajaran No. 1, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.

Rekomendasi lainnya di Roti Unyil Venus Siliwangi yang terletak di Jalan Siliwangi No. 65, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *