Makanan Khas Bengkulu Ini Wajib Kamu Cobain!

Nyero.ID – Terkenal dengan julukan Bumi Rafflesia, Bengkulu memiliki potensi wisata yang menarik untuk di sambangi saat liburan, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya dan sejarahnya.

Bukan hanya memiliki ragam destinasi wisata menarik saja, Bengkulu juga menawarkan pengalaman asik jelajah kuliner.  Yang akan membuat lidahmu serasa dimanjakan dengan aneka menu khasnya yang menggugah selera.

Biar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa makanan khas Bengkulu yang bisa kamu cobain saat berada di Bengkulu.

Gulai Kamba’ang

Masakan tradisional khas Bengkulu ini menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya.  Kuliner ini dimasak dengan bumbu dan rempah yang cukup lengkap sehingga aroma gulainya semakin nikmat menggoda.

Gulai kamba’ang juga dilengkapi dengan daun pakis, daun talas, dan kelapa parut sangrai sehingga kuah santannya semakin gurih dan sedap.

Menu tradisional ini bisa kamu dapatkan di kawasan Kota Manna, Bengkulu Selatan, Bengkulu, tepatnya di Pasar Kuatu maupun Pasar Ampera.  Selain itu juga bisa didapatkan di beberapa rumah makan yang menyajikan menu makanan khas Bengkulu.

Pendap

Olahan ikan khas Bengkulu yang satu ini merupakan salah satu menu tradisional yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Bengkulu.  Masakan ini memadukan cita rasa bumbu rempah dan cabe giling dengan parutan kelapa muda yang kemudian dikukus bersama sepotong ikan yang dibungkus daun talas.

Sekilas mirip dengan pepes ikan hanya saja sebelum dibungkus dengan daun pisang, potongan ikan dan bumbu dibungkus terlebih dahulu dengan daun talas hingga beberapa lapis.  Proses memasak hidangan ini pun cukup lama hingga makan waktu sekitar 6-8 jam.

Dengan proses pematangan yang begitu lama, pendap bisa bertahan hingga lima hari. Tidak mengherankan jika sensasi rasa dari hidangan para raja dan bangsawan Bengkulu ini cukup menggoda.

Pasalnya selain kaya akan bumbu dan rempah nusantara, hidangan ini akan mengajak kamu untuk menikmati kombinasi rasa yang unik.  Yaitu dari daun keladi, bumbu, dan kemudian daging ikan yang lembut hingga ke tulangnya.

Untuk menikmati seporsi pendap nan lezat silakan datang ke Rumah Makan Marola di kawasan Pantai Panjang, Bengkulu.

Kamu juga bisa langsung datang ke rumah Ibu Fatmawati atau Cik Timah yang berada di Jalan Enggano, Pasar Bengkulu RT 05/RW 02 No. 25, Kota Bengkulu yang merupakan salah satu pembuat pendap legendaris di Bengkulu.

Lontong Tunjang

Menu khas dari Bengkulu ini sangat cocok buat sarapan pagi sebelum memulai aktivitas.  Satu porsi lontong tunjang biasanya terdiri dari irisan lontong, gulai nangka dan buncis, serta irisan tunjang atau kikil.  Bisa juga diberi tambahan telur rebus sesuai selera.

Lembutnya tekstur lontong yang dipadukan dengan gurihnya kuah gulai dan kikil membuat hidangan ini semakin nikmat untuk disantap.  Karena lazim disantap sebagai menu sarapan maka waktu terbaik untuk berburu lontong tunjang adalah di pagi hari.

Untuk mencicipi hidangan lontong yang mengenyangkan ini kamu bisa datang ke Kedai Lontong Tunjang yang berada di Jalan Bakti Husada No. 13A, Lingkar Barat, Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Gulai Lema

Lema merupakan hidangan khas dari Bengkulu yang terbuat dari olahan bambu muda atau rebung. Lema biasanya dimasak bersama ikan dan dibuat gulai lema dengan aroma yang menggoda.

Proses pembuatan lema sendiri membutuhkan ketelatenan dengan waktu pembuatan tiga sampai lima hari.  Teknik memasak yang tidak tepat pada menu ini bisa membuat gulai lema yang dihasilkan bercitarasa asam dengan aroma tidak sedap.

Pembuatan lema dimulai dengan merajang rebung tipis-tipis dan mencucinya sampa bersih.  Selanjutnya irisan rebung disimpan di dalam wadah tertutup yang sudah dialasi daun pisang selama 24 jam, dimana setiap 8 jam air di dalam wadah harus diganti dengan yang baru.

Setelah itu rebung disaring hingga kering dan dicampurkan dengan ikan yang sudah dibersihkan. Selanjutnya kedua bahan tersebut kembali disimpan di dalam wadah selama 24 jam atau lebih.

Hasil fermentasi dari rebung dan ikan selanjutnya dimasak dengan bumbu gulai dan kuah santan yang berasal dari air rendaman rebung sebelumnya.  Hal ini bertujuan agar aroma gulai lema semakin sedap khas lema.

Sehingga sensasi rasa pedas dan asam pada masakan ini membuat lidah tak berhenti untuk menikmati setiap suapannya.

Untuk mencicipi keunikan rasa gulai lema kamu bisa datang ke Gulai Lema yang berada di Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Bagar Hiu

Makanan khas dari Bengkulu ini rupanya merupakan menu favorit presiden pertama RI, Ir Soekarno pada saat menjalani masa pengasingan di Bengkulu.  Meskipun sekilas tampak seperti rendang dari Padang, namun bagar hiu dimasak tanpa menggunakan santan dan hanya menggunakan kelapa sangrai.

Sesuai dengan namanya, menu ini menggunakan daging ikan hiu sebagai bahan utamanya. Dibutuhkan teknik memasak khusus agar aroma amis pada hiu hilang, salah satunya adalah dengen membersihkan potongan ikan dengan jeruk nipis dan merebusnya terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu.

Seporsi hidangan bagar hiu nan lezat bisa kamu nikmati di Rumah Makan Inga Raya yang berada di kawasan Pantai Pariwisata, Pasar Bengkulu, Sungai Serut, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Gulai Pisang

Olahan gulai yang satu ini pasti bikin kamu penasaran.  Bagaimana mungkin buah pisang dibuat gulai?  Tapi ternyata di Bengkulu kamu bisa mencicipi gulai pisang yang cukup menggugah selera.

Makanan khas Bengkulu ini menggunakan lokan, pisang, dan santan.  Selain dimasak dengan aneka bumbu rempah khas masakan gulai, menu ini juga ditambahkan dengan kelapa goreng. Menu ini disajikan dengan kuah santan yang kental dan cita rasa gurih di dalamnya.

Meskipun menu ini sudah jarang ditemui namun kamu masih bisa menikmatinya di Rumah Makan Bunga yang berada di Jalan Ratu Agung No.4, Penurunan, Kota Bengkulu.

Gulai Rebung Asam Undak Liling

Makanan tradisional ini merupakan salah satu menu yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Bengkulu.  Memadukan liling atau keong hitam dan rebung, makanan ini menyajikan cita rasa yang unik dan sedikit asam.

Rasa asam pada menu ini berasal dari olahan rebung yang direndam selama beberapa hari. Perpaduan antara rebung yang asam dengan keong hitam dan gurihnya santan berbumbu rempah membuat hidangan ini terasa semakin nikmat.

Untuk menikmati seporsi gulai rebung asam liling kamu bisa datang ke Rumah Makan Inga Raya yang berada di kawasan Pantai Pariwisata, Pasar Bengkulu, Sungai Serut, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Lepek Binti

Jajanan tradisional dari Bengkulu ini memiliki cita rasa yang gurih dan kenyal karena terbuat adonan tepung ketan dan santan dengan isian daging giling yang sudah dimasak dan dibumbui.

Lepek binti dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang.  Sangat cocok buat menemani waktu santaimu di sore hari bersama secangkir kopi atau teh panas.

Kudapan ini bisa kamu dapatkan di pasar tradisional atau di toko kue dan jajanan tradisional yang ada di Bengkulu.

Bubur Sekoi

Olahan bubur yang satu ini cukup unik karena terbuat dari bahan biji jewawut.  Menu bubur khas Bengkulu ini lazim ditemui saat bulan Ramadhan.  Sensasi rasa manis dan gurih dari bubur sekoi sangat cocok buat hidangan berbuka puasa.

Seporsi bubur sekoi yang nikmat bisa kamu dapatkan di Kedai Kopi Sle yang berada di kawasan Pantai Panjang, Bengkulu.

 

Baca: Makanan Khas Medan, Ini Dia Referensi Kuliner Enak untuk Kamu!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *