Makanan Khas Banten yang Terkenal Enak, Mana Seleramu?

Nyero.ID – Banten merupakan salah satu wilayah provinsi di Tatar Pasundan yang terkenal dengan atraksi debus-nya.  Tradisi yang telah berlangsung sejak dulu ini sangat unik dan ekstrem.

Atraksi ini menunjukkan bagaimana kekebalan tubuh manusia dalam menghadapi serangan senjata tajam yang mungkin terlihat tidak masuk akal.

Selain terkenal dengan debus-nya, Banten juga memiliki kuliner enak yang tak kalah terkenal.  Mau tahu apa saja kuliner di Banten yang enak dan terkenal, berikut ini adalah daftarnya.

Angeun Lada

Di urutan pertama ada angeun lada yang enaknya bikin nagih.  Istilah angeun lada sendiri bisa diartikan sebagai sayuran kuah pedas.  Kuliner ini memang menawarkan sensasi rasa gurih dan pedas yang merupakan perpaduan antara kuah santan dengan rempah dan cabe yang dihaluskan.

Menu yang biasa dihidangkan pada hari lebaran atau acara adat Banten ini menggunakan babat sapi atau tulang iga sapi sebagai isiannya.  Dengan proses memasak yang cukup lama, cita rasa bumbu dan rempah yang kaya begitu terasa karena telah meresap sempurna.

Seporsi angeun lada yang gurih dan pedas menggoda bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Cep Udin Angeun Lada yang berada di Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Nasi Sumsum

Sesuai dengan namanya, kuliner unik dari Banten ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan sumsum tulang kerbau yang telah dibumbui.

Nasi sumsum diolah dengan cara menggoreng kedua bahan tersebut lalu membungkusnya dengan daun pisang.  Setelah itu baru dibakar sehingga aromanya semakin menggugah selera.

Cita rasa gurih dari sumsum tulang berpadu dengan nasi dan bumbu rempah membuat hidangan ini semakin lezat saat disantap selagi hangat.

Seporsi nasi sumsum bisa kamu dapatkan di Nasi Bakar Sumsum yang berada di Jalan Veteran No. 30, Pisang Mas, Cipare, Kota Serang, Banten.

Rekomendasi lainnya adalah Nasi Sumsum Mang Puri yang berada di Jalan Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Serang, Kota Serang, Banten.

Pecak Bandeng

Olahan dengan menu pecak memang sangat populer bagi masyarakat Sunda, tak terkecuali dengan pecak bandeng dari Banten.  Kuliner yang identik dengan sambal pedas ini terasa semakin enak ketika berpadu dengan gurihnya bandeng.

Pecak bandeng menjadi salah satu kuliner khas Banten yang cukup digemari karena keunikan rasanya yang menggoda.

Sensasi pedas dan gurih dari pecak bandeng bisa kamu nikmati di Rumah Makan Pecak Bandeg Sawah Luhur yang berada di Desa Sawah Luhur, Kaseman, Banten.

Rekomendasi lainnya adalah Pecak Bandeng Mamah Rendi yang berada di Jalan Kitapa No. 53, Kotabaru, Serang, Kota Serang, Banten.

Sate Bandeng

Masih dengan olahan bandeng, di Banten juga terdapatk kuliner sate bandeng yang tak kalah lezat.
Hidangan sate ini sangat nikmat ketika disantap bersama sepiring nasi dan juga sambal.  Apalagi tulang dan duri ikan bandeng sudah dibersihkan, jadi kamu bisa menikmatinya dengan aman.

Pada sate ini kulit bandeng akan diisi dengan daging bandeng yang sudah dibumbui dan dicampur tepung plus telur.  Baru kemudian ditusuk dengan bambu dan diasapi.

Menu unik ini bisa kamu dapatkan di Sate Bandeng Ibu Aliyah yang berada di Jalan Lopang Gede III, Lopang, Serang, Kota Serang, Banten.

Rekomendasi lainnya adalah Sate Bandeng “Ratu Toety” yang berada di Jalan Jayadiningrat No. 22, Lontarbaru, Serang, Kota Serang, Banten.

Sate Bebek

Jika sebelumnya ada sate bandeng, kali ini kamu akan dimanjakan dengan sensasi rasa gurih dari sate bebek khas Cibeber, Banten.

Menu sate ini sedikit berbeda dari menu sate lainnya karena menggunakan kuah yang terbuat dari campuran gula merah, merica hitam, kemiri, kunyit, daun sereh dan lainnya sehingga aromanya semakin menggugah selera.

Kelezatan sate bebek bisa kamu dapatkan di Sate Bebek Khas Cibeber yang berada di Jalan Imam Bonjol, Cibeber, Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

Rabeg Banten

Olahan khas dari Banten ini menggunakan bahan daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat yang memanjakan lidah.

Sensasi rasa gurih dan manis pada menu ini sangat cocok untuk menemani waktu makan siangmu, tapi ingat ya, menu ini tidak cocok buat kamu yang hipertensi.

Rabeg Banten yang enak bisa kamu nikmati di Rabeg Khas Serang H. Naswi (Magersari) di Jalan Mayor Syafei No.30, Kotabaru, Serang, Kota Serang, Banten.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Rabeg dan Empal yang berada di Jalan Maulana Hasanuddin, Kotabaru, Serang, Kota Serang, Banten.

Gecom

Kuliner khas Banten ini merupakan singkatan dari tauge oncom.  Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari olahan tauge dan oncom sebagai bahan utamanya.

Proses pengolahannya pun cukup unik karena menggunakan wajan datar untuk mencampur bahan-bahan yang digunakan, dengan tambahan kecap manis dan tauco.  Olahan oncom ini biasanya disajikan bersama nasi dan lauk untuk menambah selera makan.

Menu gecom yang unik bisa kamu dapatkan di Toge Goreng Bu Wati yang berada di Gg. Leduk Asem No. 115, Jatake, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten.

Nasi Gonjleng

Olahan nasi khas Cilegon, Banten ini memadukan cita rasa Timur Tengah dengan kuliner khas nusantara, sehingga menghadirkan sensasi rasa yang berbeda.  Kuliner ini sekilas mirip dengan sajian nasi kebuli dan biasa dihidangkan pada hari besar seperti lebaran atau Maulid Nabi.

Seporsi nasi gonjleng yang nikmat bisa kamu dapatkan di Nasi Gonjleng yang berada di Jalan RA. Kartini No. 2, Jombang Wetang, Cilegon, Banten.

Kue Jojorong

Kue tradisional khas Banten ini merupakan salah satu jajanan populer masyarakat Pasundan. Sensasi rasa kue yang gurih, lembut, dan manis berasal dari olahan tepung beras, tepung kanji, dan gula merah.

Kue ini ditempatkan pada wadah yang terbuat dari daun pisang sehingga membuat aromanya semakin menggoda.  Kue jojorong mudah ditemukan di pasar tradisional, terutama di daerah Rangkasbitung.

Kue Pasung

Masih seputar kue, kali ini ada kue pasung yang tak kalah enak jika dibandingkan dengan kue jojorong.  Kue dengan bentuk kerucut ini menggunakan adonan tepung beras, tepung sagu, santan dan gula merah.

Kombinasi rasa gurih dan manis pada kedua adonan ini terasa sangat pas dan saling melengkapi. Jajanan manis ini bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun toko kue yang ada di wilayah Banten.

Ketan Bintul

Jajanan khas dari Banten ini biasanya banyak dijual saat bulan Ramadhan.  Olahan ketan dengan cita rasa gurih ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk dan kemudian dibuat adonan bersama santan dan dikukus sampai matang.

Setelah matang baru dipotong-potong dan diberi taburan serundeng ataupun empal daging. Biasanya jajanan ini dijual di wilayah Pasar Lama, Kota Serang, Banten.

Sambal Burog

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki menu sambal yang khas, salah satunya adalah sambal burog dari Serang, Banten.  Sambal yang satu ini cukup unik karena menggunakan kulit melinjo sebagai bahan dasarnya.  Cita rasa sambal yang pedas biasanya disantap bersama nasi sumsum atau rabeg.

Untuk mencicipi keunikan rasa sambal burog ini kamu bisa datang ke Rumah Makan Ibu Entin yang berada di Jalan Raya Jenderal Sudirman, Kalanganyar, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *