web log free Lokasi & Tiket Masuk Pantai Baru Bantul, Destinasi Wisata dengan Spot Kincir Angin di Jogja! - Travelling News

Lokasi & Tiket Masuk Pantai Baru Bantul, Destinasi Wisata dengan Spot Kincir Angin di Jogja!

Nyero.ID – Terletak di ujung selatan Provinsi DIY, Kabupaten Bantul dikenal memiliki deretan pantai dengan view yang menawan.

Sebut saja Pantai Parangtritis yang menjadi salah satu ikon wisata Bantul, Pantai Pandansimo, Pantai Samas dan beberapa destinasi wisata pantai lainnya yang mulai populer di kalangan wisatawan.

Jika sebelumnya kamu mengenal Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansari, dan Pantai Kewaru, saat ini kamu akan semakin dimanjakan dengan destinasi wisata Pantai Baru yang tak kalah eksotis.

Terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY, Pantai Baru berbatasan langsung dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kewaru jaraknya hanya beberapa ratus meter dari muara Sungai Progo.

Meskipun sudah diresmikan sebagai objek wisata sejak bulan Maret 2010, namun pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Baru. Jika dibandingkan dengan wisata pantai lainnya di Kabupaten Bantul, Pantai Baru memang terbilang baru dikenal wisatawan.

Memasuki kawasan pantai, kamu akan disambut oleh patung harimau dan hiu tutul yang menjadi ikon Pantai Baru. Pemilihan patung harimau tidak terlepas dari lokasi pantai yang berada di kawasan Pantai Pandang Simo, Simo sendiri memiliki makna harimau.

Wisata Hits Pantai Baru Bantul Yogyakarta
Photo by @mirip_mantan

Konon dahulu ada kerabat keraton yang bertapa dan melihat penampakan harimau dalam ukuran yang sangat besar di kawasan pantai. Sementara patung hiu tutul menjadi pengingat ketika tanggal 1 Agustus 2012 ada seekor hiu tutul yang terdampar di kawasan Pantai Baru.

Sejak saat itu, popularitas Pantai Baru semakin dikenal luas dengan jumlah pengunjung yang semakin meningkat. Berbeda dengan pantai lainnya di kawasan pantai selatan DIY, Pantai Baru memiliki keunikan tersendiri.

Selain dikenal dengan wisata ramah lingkungan, di Pantai Baru terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH), dimana di dekat pintu masuk pantai berjajar puluhan kincir angin yang berdiri kokoh seolah menanti datangnya angin.

Meskipun letak kincir angin berada di tengah kebun dan semak belukar, namun hal itu tidak mengurungkan niat pengunjung untuk mengabadikannya sebagai background foto selfie.

Keberadaan kincir angin yang merupakan bagian dari PLTH di Pantai baru merupakan bantuan dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) di tahun 2010.

Kincir angin ini merupakan program uji coba pembangkit listrik tenaga alternatif yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi di kawasan Pantai Baru.

Dalam program tersebut, sumber energi bukan hanya bersumber dari tenaga angin saja tetapi juga memanfaatkan energi matahari dan biogas yang berasal dari limbah kotoran sapi milik warga.

Spot Kincir Angin di Pantai Baru Bantul Yogyakarta
Photo by @feliia_yunita

Deretan kincir angin di kawasan Pantai baru nyatanya bukan hanya bermanfaat untuk pembangkit listrik saja tetapi juga cukup menarik perhatian wisatawan.

Perpaduan antara panorama alam di pantai yang indah semakin terlihat unik dengan view kincir angin yang berjajar diantara semak belukar.

Suasana alam di Pantai Baru cukup sejuk dan teduh karena rimbunnya cemara udang di pinggir pantai. Kamu bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati keindahan lautan luas di depan mata.

Harga Tiket Masuk Pantai Baru Bantul

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Baru cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 belum termasuk parkir.

Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000, mobil Rp 5.000, minibus Rp 10.000, dan bus sebesar Rp 15.000.

Rute Perjalanan Pantai Baru Bantul

Pantai Baru terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY. Akses jalan menuju ke lokasi wisata Pantai Baru cukup mudah.

Dari Kota Yogyakarta kamu bisa langsung menuju ke arah Jalan Bantul. Lurus ke seletan hingga Jalan Samas dan menjumpai Tempat Pembayaran Retribusi (TPR).

Setelah membayar tiket di TPR kamu bisa langsung menuju ke deretan pantai yang ada di kawasan tersebut, karena Pantai Baru terletak sejajar dengan Pantai Goa Cemara, Samas, dan Kewaru.

Fasilitas Pantai Baru Bantul

Fasilitas yang tersedia di Pantai Baru cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, toilet, warung makan, mushola, kolam renang mini, ATV, wahana permainan anak, dan hiburan kesenian tradisional.

Di kawasan pantai juga ada Tim SAR yang selalu sigap bila terjadi kondisi darurat, sehingga wisatawan bisa lebih aman dan nyaman menikmati waktu liburannya.

Daya Tarik Pantai Baru Bantul

Wisata Hits Terbaru Pantai Baru Bantul
Photo by @pantaibarubantul

Suasana pantai yang khas dengan pemandangan laut yang menyejukkan mata menjadi salah satu sajian utama di Pantai Baru.

Sejuknya angin yang berhembus dan lingkungan pantai yang cukup teduh membuat siapapun betah untuk berlama-lama menikmati suasana di Pantai Baru.

Pesona Pantai Baru semakin menarik dengan adanya deretan kincir angin di kawasan tersebut.  Meskipun fungsinya sebagai sumber tenaga angin untuk PLTH namun mampu menyajikan suasana yang berbeda, unik dan instagramable buat foto-foto.

Hamparan pasir hitam yang berpadu dengan hijaunya dedaunan cemara udang, menampilkan nuansa alam yang begitu elok.

Berpadu dengan birunya laut dan gelombang yang seolah tak mau tenang. Jika biasanya suasana pantai cenderung panas, namun di Pantai Baru kamu akan dimanjakan dengan suasana alam yang sejuk dan teduh.

Menyingkir sejenak dari berbagai kesibukan dan menikmati eloknya alam di Pantai Baru bisa menjadi solusi terbaik untuk merefresh pikiran di akhir pekan.

Letaknya yang berdekatan dengan kawasan wisata pantai lainnya memberikan keuntungan tersendiri bagi siapapun, karena mudah diakses dan bisa sekalian mampir untuk hunting  spot foto yang berbeda.

Dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, kamu akan diajak menikmati momen liburan dengan cara yang menyenangkan.

Destinasi Hits Wisata Pantai Baru Bantul Jogja
Photo by @hafidz_ihwa

Selain bersantai di bawah rindangnya pepohonan, kamu juga bisa mengexplore keindahan Pantai Baru menggunakan ATV dengan harga relatif terjangkau, yaitu Rp 30.000/15 menit.

Buat keluarga kecil yang datang bersama buah hatinya, tersedia wahana kolam renag mini dan wahana permainan lainnya yang akan membuat liburan semakin seru dan asik.

Liburan ke pantai tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas seafood yang menggugah selera.

Sambil menikmati suasana pantai, kamu bisa makan aneka hidangan laut dengan harga yang cukup terjangkau.

Kamu juga bisa memilih seafood mentah yang dijual di kawasan pantai kemudian menggunakan jasa masak di warung makan dengan biaya sekitar Rp 15.000. Kamu bisa menikmati hidangan seafood dan kelapa muda sambil lesehan di pinggir pantai.

Buat yang ingin beli oleh-oleh ada banyak toko oleh-oleh dengan harga yang relatif murah. Dan bagi yang ingin belanja kebutuhan bumbu dapur maupun sayuran seperti bawang putih, bawang merah, cabai, terong dll bisa juga mampir ke pasarnya, dijamin murah meriah.

Pantai Baru memang memiliki pesona yang unik dan berbeda. Untuk momen yang lebih syahdu dan romantis, kamu bisa menikmati senja di pantai ini dan menyaksikan sunset yang begitu menakjubkan.

Profil Singkat Pantai Baru Bantul

Destinasi Pantai Baru Bantul
Lokasi Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY.
Tiket Masuk Rp. 10.000,-
Jam Buka 24 Jam

Tips Traveling di Pantai Baru Bantul

  • Karakter gelombang di Pantai Baru cenderung besar sehingga tidak direkomendasikan untuk berenang di pantai.
  • Meskipun kamu memesan seafood di warung makan, tapi bisa request makan di pinggir pantai atau di bawah pohon cemara biar lebih asik.
  • Jangan buang sampah sembarangan agar lingkungan pantai tetap bersih dan acara liburan semakin nyaman.

Baca: Bukit Paralayang Parang Endog, Menikmati Senja Pantai Selatan Jogja dari Ketinggian!


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *