Liburan Seru ke Taman Safari Prigen dengan Wahana Bermain Terlengkap

Taman Safari Prigen – Memasuki weekend atau hari libur tak lengkap rasanya jika kita tak menyempatkan waktu luang untuk berlibur. Terlebih bersama keluarga. Kesibukan telah sedikit banyak menyita banyak waktu kita untuk bersama keluarga.

Di hari liburlah waktu yang pas untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Tapi enaknya kemana ya kalau liburan begini? Menghabiskan waktu di rumah pasti akan terasa membosankan tapi kalau berlibur ke salah satu destinasi wisata belum ada referensi mau kemana.

Wah pasti bingung banget ya jika dihadapkan pada pilihan seperti di atas. Tenang saja, kali ini kami akan berbagi pengalaman liburan yang menarik, unik, edukatif, dan tentu saja menyenangkan.

Itu dimana sebenarnya. Jauh tidak? Sudah tidak sabar ternyata. Kali ini kami akan mereview suatu tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga anda.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Keunggulan Taman Safari Prigen 

Iya Taman Safari Prigen. Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu dari 4 taman safari yang ada di Indonesia. Empat itu ialah taman safari Indonesia yang ada di Bogor, taman safari dan marine park yang ada di Bali, taman safari Batang, dolphin centre, dan yang terakhir ialah Taman Safari Prigen yang berada di Pasuruan, Jawa Timur. Mengapa harus Taman Safari Prigen?

Taman Safari Prigen memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

1. Taman Safari Terluas di Asia

Pertama merupakan taman safari terluas di Asia yakni sekitar 350 Ha. Wah, sangat luas sekali ya. Jadi, berapapun pengunjung yang datang, tempat rekreasi di Pasuruan ini tidak bakalan sumpek kok.

Dengan area yang sangat luas tentu bisa menampung lebih banyak lagi koleksi satwa yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

2. Sarana Wisata Edukasi

Kedua, tempat ini menawarkan wisata edukatif terlebih bagi anak usia sekolah. Jadi jika anda memiliki anak usia sekolah bisa anda ajak ke Taman Safari Prigen. Di sana anak akan belajar mengenai berbagai hewan beserta kehidupannya di alam bebas.

Taman Safari II ini juga mendukung berbagai program pengembangan pendidikan mulai dari program Edukasi, Safari Sahabat Pendidikan, Animal Goes To School, CSR (Corporate Social Responsibility) serta program pendidikan rutin yang lainnya, seperti kunjungan sekolah-sekolah ke Taman Safari Prigen untuk belajar lebih mencintai satwa dan alam sekitar.

3. Memiliki Koleksi dari Berbagai Belahan Dunia

Ketiga, hewan yang di penangkaran ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja melainkan juga banyak yang berasal dari Afrika, Amerika, Asia, Australia dan masih banyak lagi.

Semua hewan yang disebut itu dibiarkan hidup bebas tidak di kandang. Jadi ketika anda memilih berlibur ke tempat ini jangan kaget kalau anda tiba-tiba di jalan bertemu segerombolan binatang. Serasa berlibur di hutan ya. Hahaa.

4. Bisa Berinteraksi dengan Hewan Secara Langsung

Keempat, konsep yang ditawarkan Taman Safari Prigen memang berbeda dari kebun binatang pada umumnya, jika di kebun binatang hewan berada di dalam kandang, di Taman Safari Prigen semua hewan dibiarkan hidup bebas di alam terbuka tentunya dengan pengawasan dari pihak terkait.

Masalah keamanan karena seringnya hewan yang berada di Taman Safari Prigen bersosialisasi dengan manusia bisa dianggap sedikit jinak namun demi keamanan anda yang berniat melihat hewan dari dekat diwajibkan untuk berkeliling Taman Safari Prigen menggunakan kendaraan dan dianjurkan untuk tidak terlalu dekat ketika memberi makan.

5. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Keunggulan Taman Safari Prigen yang kelima adalah fasilitas yang begitu lengkap. Apa saja? Nanti ya kita bahas di bawah lebih lengkapnya.

6. Harga Tiket Masuk yang Terjangkau

Keenam, harga tiket masuknya cukup terjangkau untuk liburan yang berkesan dan bisa dibilang wow. Bahkan bisa membuat siapa saja yang liburan ke sini akan merasa berada di alam bebas Afrika sana. Sangat fantastis sekali!

7. Menawarkan Banyak Wahana

Ketujuh, jika bosan melihat hewan, Taman Safari Prigen juga menawarkan wahana lain yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, taman safari Prigen juga menawarkan atraksi-atraksi menarik yang wajib anda tonton dan kami jamin atraksi yang diperlihatkan akan membuat hati anda berdecak kagum.

**

Bagaimana menarik bukan? Konsep wisata lengkap sengaja ditawarkan khusus untuk anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga namun dengan suasana yang murni bersentuhan dengan alam.

Oke deh mungkin terlalu bertele-tele ya karena terlalu panjang dan bersemangat ketika menyebut keunggulan Taman Safari Prigen di atas.

Ya wajar sih memang destinasi wisata yang satu ini memang sangat lengkap dan bagi anda yang mengaku menyukai dunia hewan wajib banget untuk berkunjung ke tempat ini. Berikut ini review pengalaman tim penulis ketika berkunjung ke Taman Safari Prigen. So, terus baca hingga habis ya.

Fasilitas Lengkap di Taman Safari Prigen

Sebagai salah satu taman safari terluas di Asia yang berada di Pasuruan, Jawa Timur, tempat ini menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap. Fasilitas ini penting karena sebagai bentuk pelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, fasilitas merupakan penunjang untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Bayangkan saja saat kita berkunjung ke suatu tempat wisata dan ketika lapar tidak ada satu warung atau restoran sekalipun.

Jenuh, kesal kan rasanya. Karena itulah di Taman Safari Prigen memberikan fasilitas baik itu mushola, kamar mandi/WC, restoran, toko oleh-oleh/souvenir.

Untuk parkir Taman Safari Prigen juga memberikan tempat parkir yang sangat luas. Hanya dengan membayar sebesar 5.000 rupiah untuk motor, 10.000 rupiah untuk mobil, dan 20.000 untuk kendaraan skala besar seperti bis. Cukup terjangkau kan?

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Untuk tiket masuk Taman Safari Prigen sangat bervariatif dan dibagi menjadi beberapa paket. Pembagian ini berdasarkan pada aktivitas dan atraksi yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Taman Safari Prigen.

Jadi, sebelum pergi ke tempat ini alangkah baiknya jika sudah ada kesepakatan mau ambil paket yang mana agar tidak bingung. Berikut harga tiket masuk beserta aktivitas dan atraksi apa saja yang bisa kita nikmati berdasarkan paket yang ada.

1. Tiket rusa (reguler)/ Deer’s Ticket

Memilih tiket ini bisa dibilang ini tiket paling murah daripada tiket yang lainnya.tiket rusa ini dibagi menjadi dua yakni tiket rusa anak dan tiket rusa dewasa.

Untuk tiket rusa anak pada hari biasa sebesar Rp 80.000 dan di akhir pekan sebesar Rp 105.000. sedangkan untuk tiket rusa dewasa pada hari biasa sebesar Rp 85.000 dan di akhir pekan sebesar Rp 110.000.

Nah dengan memilih tiket ini anda sekeluarga akan bisa mengunjungi Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 4 pertunjukan satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, pilih Dolphin Show atau Temple of Terror. Perlu diingat bahwa tiket untuk anak itu berlaku untuk anak dengan umur 1- 5 tahun.

2. Tiket badak (Terusan)/Rhino’s Ticket

Tiket kedua ialah Tiket badak (terusan)/Rhino’s Ticket. Atraksi dan aktivitas yang bisa dinikmati ketika anda sekeluarga memilih tiket ini adalah Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 pertunjukan satwa, Gratis Shuttle Bus Safari, 22 wahana permainan, dan safari Water World. Untuk harga tiket masuknya pada hari biasa sebesar Rp 110.000 dan di akhir pekan sebesar Rp 135.000.

3. Tiket Gajah /Elephant Ticket

Tiket ketiga adalah tiket gajah/Elephant ticket. Atraksi dan aktivitas yang bisa dinikmati ketika mengambil tiket ini adalah Safari Adventure, Aquatic Land, Baby Zoo, 6 pertunjukan edukasi satwa, Gratis Shuttle Bus safari, 21 wahana permainan, Safari Water World, dan Cinema 6D (Gratis 2 film). Sedangkan untuk harga tiket masuknya adalah untuk hari biasa sebesar Rp 135.000 dan di akhir pekan sebesar Rp 160.000.

Paket Liburan ke Taman Safari Prigen

Jika harga tiket di atas dirasa cukup mahal dan anda juga membawa banyak keluarga, pihak pengelola Taman Safari Prigen juga menawarkan paket lainnya yaitu Paket Tabitha renang dan Paket Tabitha main.

1. Paket Tabitha

Untuk Paket Tabitha renang aktivitas dan atraksi yang bisa dinikmati adalah 4 pertunjukan dan Safari Water World dengan harga tiket sebesar Rp 70.000 baik untuk hari biasa ataupun akhir pekan.

2. Paket Tabitha Main

Sedangkan untuk Paket Tabitha main atraksi dan aktivitas yang bisa dinikmati yaitu 4 pertunjukan dan 22 wahana permainan. Untuk harga tiket masuknya sama yakni sebesar Rp 70.000 baik hari biasa maupun akhir pekan.

Jam Operasional Taman Safari Prigen

Untuk jam bukanya, Taman Safari Prigen seperti halya taman safari lainnya buka setiap hari. Untuk hari biasa yakni senin sampai jumat tempat wisata ini buka mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.30 WIB.

Sedangkan untuk akhir pekan yakni hari sabtu dan minggu tempat wisata ini mulai buka pada jam 08.30 WIB sampai 16.45 WIB. Untuk tanggal merah atau hari libur jam bukanya disamakan dengan hari minggu.

Bagaimana sampai di sini sudah mulai tertarik berlibur ke Taman Safari Prigen?

Aktivitas, Atraksi, dan Wahana di Taman Safari Prigen

Untuk memperkaya pengetahuan anda mengenai Taman Safari Prigen dan hal apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, di bawah ini akan diulas aktivitas, atraksi, dan wahana apa saja yang ada di Taman Safari Prigen. Berikut ini diantaranya:

1. Animal Show

Pertunjukkan lumba-lumba Taman Safari Prigen foto: md yahya

Pertunjukkan lumba-lumba Taman Safari Prigen foto: md yahya

Bagi anda sekeluarga yang menyukai aksi heroik beberapa satwa tak ada salahnya untuk mengunjungi taman safari ini. Di tempat ini anda sekeluarga akan disuguhkan dengan atraksi dari harimau, lumba-lumba, berbagai burung dan masih banyak lagi.

Kalau biasanya harimau hanya dikurung di kandang karena dinilai membahayakan manusia di tempat ini harimau diajarkan bagaimana beraksi dengan memanjat pohon yang tingginya lebih dari 7 meter hanya untuk mendapatkan makanan.

Selain melihat atraksi berbagai satwa, jika anda ingin berfoto bersama dengan satwa juga bisa, dengan membayar sekitar Rp 10.000 anda sudah bisa berfoto dengan satwa idaman anda.

2. Roller Coaster

Roller Coaster via Youtube

Roller Coaster via Youtube

Seperti halnya tempat wisata lainnya, di Taman Safari Prigen juga memberikan wahana permainan yang ekstrim, seru, dan menegangkan. Apa lagi kalau bukan Roller Coaster.

Dengan menaiki wahana ini jantung anda akan dibuat berdebar-debar karena meliuk-liuk dengan ketinggian tertentu. Berani mencoba?

3. Safari Paintball

Masih dengan wahana permainan yang menegangkan. Taman Safari Prigen menawarkan wahana permainan yang menantang ala film perang yang bernama Safari Paintball. Untuk menambah keseruan dalam bermain sebaiknya jika ingin bermain, anda bisa mengajak teman atau keluarga anda.

Sebelum memulai permainan ini biasanya pihak pengelola mengharuskan pengunjung untuk memilih beberapa paket permainan diantaranya paket 3 on 3 War Games, 5 on 5 War Games, atau mencoba permainan Shooting Target.

4. Safari Adventure

Safari Adventure

Safari Adventure

Dengan mengambil tiket baik tiket rusa, badak, maupun gajah anda akan diberikan kesempatan untuk mencoba salah satu aktivitas di Taman Safari Prigen. Safari Adventure memang menjadi aktivitas wajib sekaligus ciri khas dari Taman Safari Prigen.

Dikarenakan luasnya wilayah Taman Safari Prigen maka anda sekeluarga dianjurkan untuk menaiki mobil atau shuttle bus yang telah disediakan. Dengan begitu anda tidak perlu capek-capek berjalan dan anda pun dapat melihat satwa secara langsung dari jarak dekat.

5. Baby Zoo

Baby Zoo via Youtube

Baby Zoo via Youtube

Sesuai dengan namanya, di tempat ini anda akan disuguhkan dengan beraneka bayi satwa yang mungil dan menggemaskan. Diantaranya bayi orangutan, bayi harimau, bayi singa, bayi penguin dan masih banyak lagi. Anda pun dapat mengabadikan momen ini dengan berswa foto dengan mereka.

6. Amusement Park

Amusement Park

Amusement Park

Capek dengan wahana satwa anda pun dapat mencoba permainan yang satu ini yang terbagi menjadi beberapa zona permainan. Diantaranya ialah sepeda layang, puri misteri, dan Bom Bom Car.

7. Safari Water World

Safari Water World

Safari Water World

Capek keliling melihat berbagai satwa, panas-panasan pula paling enak kalau siang-siang bermain air. Safari Water World bisa anda coba sepuasnya. Di tempat ini anda akan menemukan wahana permainan menarik dan seru seperti Gigantic Water Slide, Crocodile Cave Lazy River, Pirate Ship Park, dan Angkor Wat.

8. Journey to the Temple of the Terror

Journey to the Temple of the Terror

Journey to the Temple of the Terror

Ke Taman Safari Prigen tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan waktu berkunjung ke Journey to the Temple of the Terror.

Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan atraksi dari para satwa yang dilatih oleh tokoh-tokoh yang profesional di bidangnya. Tidak hanya itu, penataan panggung yang tidak biasa semakin menambah keseruan di tempat ini.

9. Melihat Sapi Jaliteng

Sapi Jaliteng - Foto: MAHR DPS

Sapi Jaliteng – Foto: MAHR DPS

Apa itu sapi jaliteng? Tentu ini yang akan anda tanyakan pertama kali ketika mendengar nama sapi yang satu ini. Sapi jaliteng merupakan salah satu spesies sapi baru hasil dari persilangan antara banteng Jawa jantan dengan sapi betina Bali.

Persilangan keduanya dilakukan dengan menggunakan teknik inseminasi buatan. Tujuan dari persilangan ini tidak lain tak bukan adalah untuk menguatkan sapi dari penyakit berbahaya, meningkatkan produktivitas sapi hingga memperbaiki genetik sapi.

Bagaimana bentuk sapinya, apa keunikan dari sapi ini serta apa yang membedakan sapi jaliteng dengan sapi lain anda pun dapat mengunjungi tempat ini untuk mencari tahu jawabannya.

10. Tempat Penimbangan Gajah

Tempat Penimbangan Gajah

Tempat Penimbangan Gajah

Ini salah satu tempat unik yang ada di Taman Safari Prigen yakni tempat penimbangan gajah. Kalau biasanya kita sering menemui penimbangan bayi manusia, di sini kita akan melihat bagaimana gajah sumatera yang merupakan spesies gajah yang hampir punah ditimbang.

Tujuan dari penimbangan ini adalah sebagai bentuk memonitoring kesehatan gajah tersebut. Dan salah satu pemeriksaannya adalah dengan menimbang berat badannya. Tertarik melihat?

Itu dia informasi mengenai berbagai aktivitas, atraksi, serta wahana yang ada di Taman Safari Prigen. Nah, bagi anda yang sudah tidak sabar ingin mengunjungi tempat ini, di bawah ini akan disebutkan alamat serta rute lokasinya.

No Telp, Alamat dan Rute Lokasi Taman Safari Prigen

Alamat tempat wisata ini berada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi hotline (0343) 6741 991/995.

Untuk menuju kawasan wisata ini cukup mudah anda bisa menggunakan berbagai kendaraan dari roda dua, empat, hingga roda enam. Karena sudah dikelola dengan baik, akses menuju lokasi ini juga sangat mudah.

Jika anda dari arah Surabaya dan ingin menuju lokasi wisata menggunakan kendaraan umum, anda bisa menuju ke terminal Purabaya dan memilih bus yang mengarah ke Kota Malang.

Atau jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa langsung menuju Kabupaten Pasuruan atau bisa juga menggunakan Google Maps jika memang masih bingung rutenya.

Nanti setelah tiba di lokasi anda akan melihat pintu gerbang dengan dua gading gajah berukuran besar di kedua sisi pinggirnya. Setelah itu anda tinggal masuk saja mengikuti jalan hingga menemukan loket tiket.

*****

Bagaimana sudah memutuskan untuk berlibur ke Taman Safari Prigen? Lengkapi suasana liburan keluarga anda dengan wisata yang menyenangkan, edukatif, dan lengkap. Selamat berlibur!

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *