Liburan Seru ke Taman Langsat Kebayoran Baru dengan Fasilitas Lengkap

Taman Langsat – Bagi mereka yang mengedepankan keseimbangan antara rutinitas sehari-hari dengan waktu untuk menyegarkan diri, piknik mungkin menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Kegiatan liburan tersebut biasanya dilakukan di akhir pekan atau pada hari-hari libur lainnya.

Para ibu biasanya yang paling semangat menyiapkan segala keperluan, mulai dari makanan hingga tikar yang akan dibawa. Biasanya tujuan berpiknik juga tidak jauh-jauh dari rumah, misalnya di area Taman Kota. Nah… bagi warga Jakarta, mungkin pernah berpiknik di kawasan Taman Langsat.

Taman yang cukup rindang dan memiliki penataan indah ini memang dapat digunakan oleh para keluarga untuk menghabiskan waktu libur.

Taman Langsat memang satu dari sekian Taman yang ada di Kota Jakarta dan mempunyai keunikan serta ceritanya sendiri. Taman ini berada di dekat Taman Ayodya. Cukup dengan mengikuti jejeran pilar di Ayodya, kamu sudah bisa sampai menyeberang ke kawasan Langsat.

Taman Ayodya merupakan salah satu taman tercantik di Jakarta Selatan dengan adanya danau, pilar-pilar, hingga lampu-lampu Taman yang ditata apik. Disana juga terdapat beragam fasilitas alat olahraga layaknya Taman di Korea Selatan.

Hingga malam pun, banyak anak muda masih berkumpul disana. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan kawasan Taman Langsat. Penasaran ada apa saja cerita dibaliknya? Ikuti ulasan berikut!

Susunan Payung di Taman Langsat via Airyrooms

Susunan Payung di Taman Langsat via Airyrooms.com

Kunjungi juga yuk: 18 Tempat Makan Enak di Tebet Jakarta Selatan

Sejarah Taman Langsat

Taman yang juga disebut Taman Barito ini dahulunya merupakan kawasan dimana bibit-bibit tanaman milik Pemerintah Kota DKI Jakarta disimpan. Kemudian di tahun 2012, Taman ini dirubah dan dipercantik dengan adanya beragam fasilitas yang memadai.

Dikenalkan sebagai Hidden Park atau Taman yang Tersembunyi membuat popularitasnya sempat meningkat, apalagi dengan banyaknya pernak-pernik di Taman yang dapat dijadikan spot foto.

Hidden Park di Taman Langsat via Noodlehair

Hidden Park di Taman Langsat via Noodlehair.com

Namun entah karena suatu hal, Taman tersebut dirubah kembali menjadi bentuk Taman yang biasa, tanpa adanya pernak-pernik seperti sebelumnya. Namun fungsinya ditingkatkan, yakni menjadi area penyuluhan penanaman. Meski desainnya sedikit berubah, disana masih terdapat tempat yang luas dengan rindang pepohonan.

Lokasi dan Cara Menuju Taman

Taman Langsat berada bersebelahan dengan Taman Ayodya di Jl Barito, tepatnya di Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru. Bagi wisatawan asli Kota Jakarta Selatan, tentu sudah tidak asing dengan lokasinya.

Namun bagi yang belum tahu atau wisatawan luar kita, ada baiknya mengikuti arahan ini agar tidak tersesat saat menuju kesana. Semua alat transportasi dapat menjangkau daerah ini. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Jika memilih memakai bus atau angkutan umum lainnya, kamu dapat berhenti di Terminal Kota dan melanjutkannya menggunakan ojek untuk menuju lokasi.

Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi, entah itu motor atau mobil, kamu cukup menuliskan nama tempat yang akan dituju di petunjuk arah pada Google Maps dan kemudian ikuti saja arahannya. Mudah, bukan?

Daya Tarik Taman Langsat

Taman Langsat sebenarnya merupakan Taman yang memiliki keindahan yang tiada duanya. Penduduk sekitarnya ramah dan mudah diajak berbicara.

Kala pagi, Taman ini sangat pas digunakan untuk berloahraga karena suasananya yang asri dan udaranya yang segar. Bahkan karena begitu indahnya, Taman ini pernah dipergunakan untuk acara bertema garden party lho!

Bagaikan oase di tengah Kota, Taman ini menawarkan keindahan danau buatannya dan sungai yang mengalir membelah Taman. Cocok sekali digunakan untuk spot berpiknik bersama keluarga.

Sungai di Taman Langsat via Kakipasir

Sungai di Taman Langsat via Kakipasir.com

Tidak hanya pagi dan siang, di kala sore hari pun banyak komunitas yang berkumpul disana. Taman rindang nan teduh ini juga memiliki aneka tanaman yang ditata rapi.

Luasnya sekitar 3,5 hektar dan sangat dekat dari Terminal Blok M dan Pasar Mayestik membuat Taman ini kerap dikunjungi wisatawan untuk sekedar melepas penat sebelum melanjutkan aktivitas.

Setelah puas berjalan-jalan di Taman, pengunjung dapat berjalan menuju Pasar Burung Barito lantaran Taman ini berada tepat di bagian belakang Pasar. Disana terdapat banyak sekali aneka hewan peliharaan, mulai dari anjing, hamster, kucing, dan lain sebagainya.

Fasilitas di Taman Langsat

Ada banyak sekali fasilitas disana meski fungsi basic Taman ini tidak diubah, yakni :

  • Area Parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Jogging track hampir 1 km
  • Lapangan untuk olahraga Tenis
  • Area untuk melihat koleksi tanaman
  • Wahana bermain anak
  • Fasilitas untuk Lansia
Jogging Track via Duniaibrahim.wordpresscom

Jogging Track via Duniaibrahim.wordpress.com

Cerita Mistis di Balik Taman Langsat

Tidak ada yang menyangka, jika Taman yang pada kala siangnya digunakan untuk kegiatan refreshing para pengunjungnya ini berubah menjadi alam yang berbeda kala malam.

Bahkan pepohonan rindang nan nyaman yang sering digunakan sebagai penutup peraduan di kala siang pun tampak begitu menyeramkan. Hal ini tidak lepas pengunjung Taman yang tidak selalu ramai setiap harinya.

Taman yang menurut warga sekitar angker ini sangat sepi setelah matahari terbenam. Menurut cerita, disana terdapat kuntilanak yang nangkring di pohon-pohon di area Taman.

Bahkan terdapat cerita yang berkembang dari mulut ke mulut jika pernah suatu ketika seseorang duduk di kios di dekat Taman dan tiba-tiba saja tanpa alasan yang jelas, orang tersebut pamit pulang. Setelah didesak, seseorang tersebut mengaku jika ia melihat sosok genderuwo disana.

Bahkan, menurut warga, tidak jarang disana tercium bau-bau aneh dan anyir serta terdengar tawa yang tidak jelas arahnya. Wah… seram ya?

Suasana angker ini semakin terasa kala malam lantaran di Taman Langsat memang tumbuh pohon-pohon yang umurnya sudah sangat tua, misalnya beringin besar berusia ratusan tahun juga ada disana. Namun apapun itu, keindahan Taman ini kala siang tidak ada yang menyainginya.

Saran dan Tips Berlibur di Taman Langsat

Tempat Bermain Anak di Taman Langsat via Travelxtrans

Tempat Bermain Anak di Taman Langsat via Travelxtrans

Tidak ada saran khusus untuk liburanmu di Taman ini. Hanya saja, ada baiknya jika berkunjung kala malam, kamu hati-hati dan usahakan bersama teman. Bukan karena gangguan makhluk gaibnya, namun sepinya area tersebut dapat memungkinkannya terjadi tindak kejahatan yang akan kita sesali jika tidak mawas diri.

Dari ulasan diatas, kita bisa menyimpulkan meski Jakarta adalah sebuah kota metropolitan yang mana setiap orang mengadu nasib di dalamnya, namun gemerlapnya juga menyimpan sisi lain cerita yang mungkin tidak akan ditemui di tempat lain.

Ibukota juga tidak hanya tentang rutinitas pekerjaan dan aktivitas yang seakan tidak pernah ada ujungnya, namun Ibukota juga dapat diperuntukkan sebagai tujuan wisata.

*****

Demikian sedikit uraian mengenai salah satu Taman di area Jakarta Selatan ini. Semoga ulasan ini dapat menginspirasi dan memberikan referensi kepada siapapun yang membutuhkannya. Tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak menghibur diri di Taman Langsat dari hiruk-pikuknya pekerjaan yang mungkin menuntut untuk segera diselesaikan. Semoga bermanfaat.

Kunjungi yuk: Daftar Taman di Jakarta Paling Hits Terbaru

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *