Liburan Seru ke Pantai Parangtritis Bantul yang Memiliki Sunset Menawan!

Pantai Parangtritis – Kota jogja memiliki ukuran wilayah yang tidak terlalu luas namun beragam keindahan ada di dalamnya, terutama di sektor pariwisata. Terdapat banyak destinasi alam salah satunya keindahan pantai yang luar biasa.

Terdapat pantai terluas di kota Jogja sekali memiliki pamor jempolan yang sudah mendunia, berbagai kalangan mengetahui keindahan pantai tersebut yaitu pantai parangtritis. Pantai ini terletak di selatan Jogja.

Letaknya yang di selatan kota Jogja inilah yang mengaitkannya dengan sosok legendaris yaitu “ratu kidul” dari pantai selatan. Bukan sampai disitu saja berbagai keunikan lain yang menjadi daya terik pantai parangkritis. Lautnya yang luas dengan gundukan pasir layaknya berada di Timur Tengah.

Berbagai keunikan dan keindahan yang disugukan pantai selatan tersebut tidak dapat diragukan lagi membuat banyak wisatawan domestik dan mancanegara penasaran dan mengunjungi tempat itu. Anda juga bisa berkeliling pantai menggunakan mobil ATV, delman, serta kuda.

Bagi yang hobi berfoto juga banyak tukang foto keliling yang menawarkan jasa, foto langsung jadi dengan ongkos yang relatif murah.

Di lokasi ini juga sudah banyak di bangun berbagai kolam renang  yang di bangun untuk anak-anak sebagai pengalihan, sebab pantai parangtritis memiliki ombak yang cukup besar sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak.

Pantai Parangtritis via Tribun wisata

Pantai Parangtritis via Tribun wisata

Lokasi Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Jogja hanya berjarak sekitar 1 jam dengan rute yang luas dan rata sehingga sangat nyaman untuk dilalui.

Lokasinya berada di Desa Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Untuk mengetahui lokasinya dengan jelas anda juga bisa menggunakan google Maps yang ada di ponsel pintar anda. Tempatnya yang terkenal hingga ke manncaegara ini menyebabkan lokasinya sangat mudah diakses dengan petunjuk jalan yang banyak di pasang di pinggir jalan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangtritis

 Untuk menuju lokasi pantai parangtritis akan menempuh jalan yang luas dan landai sehingga sangat mudah di lalui menggunakan motor, mobil, ataupun bus pariwisata. Lokasinya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja, dengan jarak tempuh sekitar 28 km.

Pantai ini terletak di selatan kota Jogja sehingga jika kita ingin menuju lokasi  pantai ambil rute menuju selatan Jogja melewati jalan parangtritis lurus terus ke selatan hingga sampai ke lokasi pantai. Selain itu jika anda masih bingung di tepi jalan juga banyak papan petunjuk arah untuk sampai ke lokasi pantai.

Wisatawan Memadati Pantai Parangtritis Saat Musim Libur via Tempo

Wisatawan Memadati Pantai Parangtritis Saat Musim Libur via Tempo

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis merupakan tempat wisata yang sangat popular dan ngehits banget dengan berbagai destinasi unggulan, seperti  birunya laut yang mempesona dengan gulungan ombak yang cukup tinggi sangat  eksotis, belum lagi keindahan matahari terbenam atau sunsetnya yang menakjubkan serta masih banyak lagi eindahan lainnya.

Semua keindahan tersebut bisa anda nikmati dengan mudah dan murah. Untuk masuk  ke lokasi anda hanya dikenakan tarif retribusi sebesar Rp. 5000 per orang.

Harga tersebut tak sebanding dengan semua kepuasan yang akan anda dapatkan di pantai ini. Bagi anda yang belum pernah mengunjungi pantai parangtritis Jogjakarta bisa sebaiknya memasukkan lokasi wisata ini ke daftar liburan anda berikutnya

Tarif Parkir

Lokasi wisata  pantai selatan ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap salah satunya disediakan lokasi parkir yang luas. Anda tak perlu bingung lagi meletakkan kendaraan anda dimana.

Di sana terdapat petugas yang akan menata  rapi kendaraan anda serta menjaga keamanannya. Anda hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk mobil, Rp. 2000 untuk motor.

Pantai Parangtritis Destinasi Favorit Wisatawan via Indonesiainside

Pantai Parangtritis Destinasi Favorit Wisatawan via Indonesiainside

Fasilitas di Pantai Parangtritis

Karena pantai ini sudah cukup lama di buka dan terkenal hingga seantero negeri  tentunya membuat pemerintah daerah setempat mengambil alih pengelolaan dan pembangunan infrastruktur. Oleh sebab itu fasilitas di tempat ini sangat lengkap yang dibangun demi kenyamanan pengunjung.  Pembangunan juga terus dilakukan agar lokasi wisata ini semakin menarik para pengunjung

Berikut beberapa fasilitas di pantai parangtritis :

  • Area parkir yang luas dan aman
  • Gazebo pantai juga dibangun di sana untuk bersantai para pengunjung serta meletakkan barang bawaan
  • Toilet umum bisa anda gunakan dengan membayar uang kebersihan 2000 rupiah saja
  • Tempat sampah disediakan petugas pantai untuk menjaga kebersihan dan keindahan lokasi pantai
  • Warung makan di pinggir pantai banyak menyediakan menu khas Jogja yaitu Gudek selain itu juga banyak terdapat menu lain
  • Toko souvenir dan baju bisa anda manfaatkan untuk membeli oleh-oleh untuk orang terdekat anda di rumah
  • Kolam renang buatan yang disediakan untuk mengalihkan perhatian anak-anak agar tak bermain di dekat pantai sebab pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar
  • Penginapan disekitar lokasi pantai juga disediakan untuk anda yang akan bermalam di lokasi
  • Sarana untuk berkeliling pantai juga ada seperti motor ATV, kuda serta delman

Menyaksikan Sunset yang Menakjubkan

Sunset di Pantai Parangtritis via Alodiatour

Sunset di Pantai Parangtritis via Alodiatour

Pantai parangtritis bukan hanya menyediakan pemandangan pantai dengan pasir putih yang terbentang luas beserta hamparan laut biru yang mempesona namun ada sesuatu yang istimewa disana yaitu pemandangan matahari yang terbenam perlahan di kala senja atau biasa disebut sunset yang romantis akan menjadi kenangan yang manis.

Tepatnya di belakang pantai terdapat sebuah tebing yang bisa anda kunjungi, dari atas bukit akan terlihat seluruh pemandangan pantai parangtritis. Pemandangan atas tebing akan semakin mempesona ketika senja tiba dimana matahari mulai terbenam perlahan dengan langit yang berubah jingga keemasan dengan latar pantai selatan di belakangnya.

Anda juga bisa mengabadikan moment sunset itu menggunakan kamera dan berselfi ria di sana. Tempat ini bisa dijadikan spot foto  yang instagramable, selain itu ada juga sebuah rahasia yang belum banyak diketahui orang bahwa terdapat sebuah reruntuhan candi Gembirawai tepatnya beberapa ratus meter dari bibir pantai parangtritis.

Catatan Kecil

Pantai paranngtritis selalu menunjukkan pesonanya yang luar biasa mulai dar pagi dengan pesona sunsetnya beserta kabut putih yang menyelimuti bagaikan berada dikayangan, hingga senja menjemput matahari senjanya yang rupawan, namun semua pantai parangtritis juga menyimpan bahaya yang mengancam yang berupa palung laut.

Terdapat tiga palung yang dalam di parangtritis yang salah satu letaknya di dekat pos SAR. Untuk itu para pengunjung diminta untuk berhati-hati ketika bermain air, terutama jika berada di lokasi yang berombak tenang.

Palung laut itu sendiri memiliki ciri-ciri memiliki air yang cenderung tenang , tidak ada buih putihnya, Cuma sedikit bergelombag, namun tempat itu sangat berbahaya sebab ada arus bawah yang bisa menarik orang masuk ke dalamnya. Ketenangan air laut itu yang banyak menipu orang yang justru banyak bermain di sana.

Ombak yang besar justru tidak begitu berbahaya sebab orang yang bermain air ke tengah laut justru akan di hantam ombak untuk kembali ke pantai yang jauh berbeda dar air laut yang tenang namun memiliki arus bawah yang menarik.untuk itu bagi para pengunjung pantai selatan harus berhati-hati ketika berlibur, selalu awasi anak-anak dan anggota keluarga yang lain ketika bermain air.

Banyaknya pengunjung yang menyewa motor ATV melintasi rute yang tidak boleh dilalui seperti melintas di depan payung bisa saja menabrak payung dan pengunjung lain. Selain itu ketika musim tertentu disaat cuaca sedang dingin dan angin berhembus kencang, sekawanan ubur-ubur akan menepi ke pantai dan tak jarang menyengat pengunjung yang sedang bermain air.

Kunjungi juga yuk: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Pesona Keindahan Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis memang lebih terkena dibanding beberapa pantai lain yang juga terletak di kota Jogja. Pantai ini adalah pantai paling luas di kota Jogja dengan cerita mistis di dalamnya.

Ceria mistis tentang ratu kidul justru menjadi daya tarik tersendiri. Banyak yang beranggapan bahwa pantai selatan ini merupakan pintu gaib menuju kerajaan ratu kidul.

Banyak warga yang melakukan ritual ditempat ini dan kemudian melarung sesaji ke laut  selatan. Terdapat juga sebuah hotel yang dikaitkan dengan mistis mengenai keberadaan Ratu Kidul yaitu Hotel Queen Of the South.

Terlepas dari cerita mistis tersebut tersimpan ribuan pesona pantai parangtritis. Pantai parangtritis yang berkilo-kilo meter luasnya menjadi daya tarik wisatawan, dengan pasir besi hitam. Di pantai ini juga terdapat gundukan pasir yang disebut sebagai gumuk pasir yang bisa dijadikan tempat berselancar atau sand boarding.

Gumuk pasir pantai selatan ini merupakan gumuk pasir yang langka hanya terdapat di dua tempat di Dunia yaitu di Indonesia serta di Meksiko. Anda bisa bermain pasir  sambil berselancar seperti sedang berada di gurun pasir yang terdapat di Arab.

Keindahan sunsetnya juga bisa jadi spot foto yang cantik. Ketika matahari suudah berada diperaduannya dimana matahari sudah condong ke barat, justru disaat itulah tiba waktunya untuk bersenang-senang namun aktivitas berenang sudah dilarang.

Di pinggir pantai disediakan tempat penyewaan motor ATV yang dipasang tarif mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. dengan mulai mengendarai motor bebas hambatan yang mampu melintasi segala medan ini melesat membawa pengunjung melewati gumuk pasir.

Nyobain ATV di Pantai Parangtritis via Youtube

Nyobain ATV di Pantai Parangtritis via Youtube

Kegiatan ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang. Bagi anda yang ingin berjalan berkeliling pantai dengan santai disediakan juga delman atau bendi yang dilengkapi  dengan pak kusir yang siap menghantar anda menikmati pantai di selatan pulau Jawa ini.

Bagi anda yang hobi berselancar atau surfing  juga disediakan tempat penyewaan papan selancar di tengah ombak besar yang bergulung membuat adrenalin anda semakin terpacu. Snorkeling juga bisa menambah kegiatan pengunjung untuk menikmati pesona bawah lautnya.

Menggunakan transportasi yang tersedia ini anda bisa menuju ujung timur pantai parangtritiis tempat dimana terdapat gugusan karang yang sangat indah.

Tempat ini merupakan spot foto yang menarik dan sering dijadikan lokasi foto praweding. Suasana yang romantis di pantai selatan senja yang remang-remang bersama delman yang melaju membawa kita berkeliling serta bayangan matahari berwarna jingga keemasan di atas permukaan air sangat cocok dinikmati bersama pasangan atau orang terdekat.

Pengelola pantai juga menyediakan tempat penyewaan payung-payung besar warna-warni untuk berteduh, sebab di siang hari memang cuaca pantai sangat terik. Payung-payung ini yang juga biasa disewa para turis asing untuk tiduran di bawahnya.

Pengelola pantai parangtritis juga menyediakan kolam renang buatan terutama bagi anak-anak. Kolam renang ini juga dibangun sebagai pengalihan untuk anak-anak agar tidak bermain di pinggir pantai sebab ombak pantai ini cukup besar.

Kegiatan lain yang juga bisa anda lakukan bersama keluarga adalah bermain  layang-layang sambil berlarian di atas pasir, dibantu oleh tiupan angin laut yang kencang membantu layang-layang terbang tinggi.

Wajib mampir juga ke: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Sajian Kuliner Lezat di Pantai Parangtritis

Nyobain Kuliner di Pantai Parangtritis via Atmajatour

Nyobain Kuliner di Pantai Parangtritis via Atmajatour

Ketika hari mulai gelap bermunculan beberapa penjual jagung pinggir pantai yang menggelar tikar untuk pengunjung yang ingin belum ingin pulang dan masih mau bersantai sambil menikmati jagung bakar bersama segelas minuman hangat.

Untuk urusan wisata kuliner khas lautnya juga sangat lengkap di pinggir pantai lobster, cumi-cumi, udang, pari, ikan gurame yang tentunya sangat nikmat.

Bagi anda yang berencana menginap di sekitar pantai parangtritis tersedia pula puluhan losmen serta penginapan dengan harga yang relative murah, dengan fasilitas yang baik.

Objek Wisata ini Sangat Nyaman dan Aman

Pantai parangtritis yang bukan hanya menyimpan berbagai keindahan juga menyimpan bahaya yang perlu diwaspadai.

Untuk menghindari korban jiwa pengelola pantai menyediakan pos SAR sebagai upaya penanggulangan bahaya darurat. Tim SAR satlinmas juga dibekali keahlian berselancar atau surfing menggunakan papan selancar.

Terdapat juga 4 kursi pengaman atau shelter. Disetiap shelter terdapat satu tenaga professional surfer dan di backup beberapa personil lain.

Terdapat juga rambu-rambu dimana palung air berada. Untuk menghindari  tabrakan antara motor ATV dan pengunjung lain disediakan juga rute khusus yang bisa dilewati ATV. Serta peraturan yang mengharuskan orang tua mendampingi anaknya ketika mengendarai ATV.

Semua fasilitas keamanan ini di buat untuk melindungi pengunjung dari hal-hal yang tidak diinginkan yang mengandung bahaya.

Kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Objek Wisata di Sekitar Pantai Parangtritis

Kota Jogja memang memiliki banyak wisata pantai yang tak kalah mempesonanya dari  pantai parangtritis, letaknya pun tak begitu jauh dari lokasi panta terbesar ini. Berikut 10 wisata sekitar pantai parangtritis seperti :

  • Pantai depok terdapat di Kabupaten Bantul. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pusat kuliner lautnya yang ramai dikunjungi wisatawan
  • Pantai pandansari yang cantik semakin menarik dengan dibangun sebuah mercusuar yang berdiri gagah di pinggir pantai di antara cemara laut. Untuk mencapai punca mercusuar anda harus menaiki ratusan anak tangga.
  • Pantai pandansimo memiliki sebuah pohon cemara udang dan menara kincir angin yang megah membuat tempat ini banyak dilirik para wisatawan
  • Pantai kuwaru di sekitarnya banyak ditumbuhi pohon cemara yang dijadikan tempat berteduh pengunjung dan spot foto yang menarik
  • Pantai goa cemara Bantul dimana terdapat cemara yang tumbuh seperti goa dimana terlihat seperti mulut gua yang berlubang
  • Pantai samas terkenal dengan ombaknya yang besar dan berangin kencang
  • Pantai baros merupakan tempat menikmati sunset yang sempurna
  • Pantai parangendong terdapat banyak batu yang menyerupai telur atau endog
  • Pemandian air panas parang wedang juga bisa anda kunjungi sebagai pelengkap liburan anda di kawasan parangtritis
  • Bukit parang endog tempat sempurna menikmati sunset dan sunrise
  • Gumuk pasir parangkusumo yang langka dan satu-satunya tempat sendboarding di Asia.

***

Demikianlah ulasan mengenai pantai parangtritis yang sangat terkenal dan hits di kota Jogja. Pantai ini menyuguhkan berbagai keindahan dan pesona luar biasa. Sunsetnya ketika senja juga sangat indah dan romantic. Tak salah jika tempat ini selalu ramai pengunjung. Selamat berlibur.

Kunjungi juga yuk: Liburan Seru ke Grojogan Pucung Seloharjo

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *