Liburan Seru ke Pantai Baros Bantul Sambil Menyusuri Hutan Mangrove!

Pantai baros merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bantul memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Jumlahnya akan terus bertambah tiap tahunnya sebagai potensi alam yang terus digali memunculkan banyak sekali tempat wisata alam terbaru.

Meski kota Jogja tidak terlalu besar namun memiliki puluhan pantai dengan pasir hitam dan putih yang memukau, bahkan kebanyakan pantai di daerah selatan kota Jogja memiliki Gumuk Pasir yang langka.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Pintu Langit Dahromo yang Lagi Hits

Gumuk pasir ini berada di sepanjang pantai selatan jawa namun berpusat di Kota Jogja khususnya di pantai Parangkusumo, atau yang lebih dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo yang juga telah kita bahas sebelumnya.

Dari puluhan pantai yang terdapat di koa Jogja, pantai depok termasuk satu dari sekian banyak pantai yang menarik di Kota Jogja. Bukan hanya mengandalkan pemandangan alam dengan pasir yang membentang serta lautan biru yang luas namun pantai depok juga menyajikan keindahan lain yaitu hutan mangrove yang bisa menjadi tempat ekowisata yang bisa dipilih untuk berlibur dan menghilangkan penat.

Pantai baros terletak tidak jauh dari pusat kota Jogja,  hanya berjarak sekitar 45 menit dari tugu Jogja jika di tempuh menggunakan motor pada kondisi jalan yang normal.

Tepatnya berada di selatan kota Jogja di Dusun baros, itulah mengapa pantai ini dinamakan pantai baros, pantai yang terletak di daerah Baros, Desa Tirtoharjo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Liburan Seru ke Pantai Baros

Liburan Seru ke Pantai Baros

Lokasi Pantai Baros

Pantai yang memiliki kesatuan dengan hutan mangrove ini menawarkan pesona pantai yang luar biasa. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, berada di sebelah selatan kota Jogja, di sebelah Timur pantai samas serta berada di sebelah Barat sungai opak.

Untuk sampai ke lokasi wiasata banyak alternative jalan yang bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasi tepatnya berada di Dusun Baros, Desa Tirtoharjo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yokyakarta. Jika anda ingin mengetaui secara pasti letak lokasi wisata pantai baros anda bisa share di google maps pada smartphone anda.

Rute Menuju Lokasi Pantai Baros

Rute menuju pantai baros sudah lumayan bagus dan muda di tempuh. Namun sebaiknya anda menggunakan motor menuju pantai sebab beberapa kilometer sebelum sampai di pantai anda akan menjumpai jalan yang sempit.

Lokasi pantai ini berada sekitar 28,6 kilometer dari pusat kota, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Anda tak perlu takut menuju lokasi sebab banyak terpasang papan petunjuk arah menuju pantai baros di pinggir jalan.

Rute menuju pantai baros sangat muda, jika anda dari pusat Kota Jogja ambil jalur menuju arah Timur melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan lalu jalan terus hingga sampai ke jalan Pangurakan kemudian jalan terus hingga menemukan perempatan ambil arah menuju selatan melalui jalan Brigadir Katamo sampai anda menemukan perempatan ambil arah lurus menuju jalan Parangtritis.

Jalan lurus terus hingga menemukan pertigaan ambil arah Barat menuju jalan samas Kretek jalan terus sampai menemukan perempatan ambil arah menuju selatan ke jalan Tirtoharjo jalan lurus terus sampai menemukan pertigaan lalu ambil arah timur menuju jalan utama Baros, jalan terus sampai pertigaan ambil arah barat menuju jalan kandang sapi, lalu ikuti jalan yang ada hingga anda menemukan pantai baros.

Transportasi Menuju Pantai

Untuk sampai ke lokasi wisata pantai baro anda bisa mengikuti petunjuk rute yang telah kita bahas di atas. Untuk mempermudah perjalanan anda juga bisa mengikuti petunjuk arah dari Google maps secara manual.

Untuk masalah transportasi menuju lokasi anda bisa menggunakan transportasi pribadi seperti motor atau mobil. Namun jika anda lebi memilih menggunakan kendaraan umum seperti bus juga tersedia.

Dari terminal kota Jogja anda ambil arah menuju selatan dan berhenti di terminal pantai Samas setelah itu lanjutan naik ojek atau gojek menuju pantai baros.

Jam Operasional

Pantai baros di buka setiap hari mulai dari senin hingga minggu tanpa hari libur. Pantai samas juga dibuka 24 jam tanpa waktu istirahat.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan aja namun saat weekend seperti sabtu-minggu atau hari libur besar lainnya tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang membuat liburan anda kurang menyenangkan oleh sebab itu kami anjurkan untuk berkunjung pada hari biasa mulai senin hingga jumat.

Selain itu berkunjunglah di jam-jam wajar jangan sampai terlalu larut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Baros

Pantai baros bukan hanya menyugukan keindahan pantainya saja serta pemandangan alam lainnya seperti romantisnya sunset di kala senja dan hamparan pasir hitam yang cantik namun juga memiliki utan mangrove yang mempesona.

Anda bisa memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto yang cantik, banyak juga warga yang menjadikan tempat ini sebagai background  foto prewedding.

Untuk bisa masuk ke dalam lokasi pantai anda perlu membayar Rp. 10.000 per orang. Harga yang sangat terjangkau dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Tarif Parkir

Pantai baros juga menyediakan lokasi parkir untuk meletakkan kendaraan pribadi anda. Di tempat ini ada beberapa petugas parkir yang akan menyusun kendaraan anda dengan rapi serta menjaga keamanannya.

Untuk itu bagi anda yang menitipkan kendaraan pribadinya ditempat ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 untuk mobil, serta Rp. 3000 untuk motor.

Fasilitas di Pantai Baros

Meski fasilitas di pantai baros belum begitu lengkap seperti di lokasi lain yang sudah lebih dulu terkenal seperti pantai parangtritis, pantai depok, serta gumuk pasir parangkusumo namun fasilitas ditempat ini sudah cukup membuat pengunjung nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia

  • Area parkir yang luas dan aman juga disediakan petugas untuk meletakkan kendaraan pribadi pengunjung
  • Toilet umum juga ada lho bisa anda gunakan dengan cukup membayar Rp 2000 saja
  • Tempat sampah bisa anda gunakan untuk membuang sampah agar kebersihan lingkungan tetap terjaga
  • Spot foto menarik banyak di tempat ini
  • Warung makan juga ada jadi tak perlu takut kelaparan saat anda tidak membawa bekal makanan dan minuman sendiri
  • Area camping bisa anda nikmati bersama orang-orang tercinta
  • Gardu Pandang

Tempat kece lainnya: Keindahan Candi Gedong Songo Semarang yang Menakjubkan!

Spot Foto Instagramable di Pantai Baros

Saat akan berkunjung ke tempat ini jangan lupa memasukkan kamera ke dalam tas anda sebab di tempat ini banyak terdapat spot foto menarik, sehingga anda bisa berselfie sepuasnya. Berikut beberapa pilihan spot foto yang menarik seperti :

  • Kawasan sawah di area pantai baros serta kandang sapi kelompok
  • Kawasan muara sungai opak yang juga bisa digunakan untuk memancing
  • Wilkel peninggalan belanda
  • Sungai winongo juga cocok anda jadikan spot foto alami
  • Berfoto di atas sepeda yang terdapat di pemukiman warga dusun Baros
  • Berfoto di hamparan pasir pantai
  • Berfoto di pinggir laut dengan background lautan lepas
  • Suasana sunset di kala senja di tepi pantai juga bisa anda jadikan spot foto yang cantik
  • Hutan Mangrove sangat cocok dijadikan tempat selfie dan foto preweddiding

Artikel terkait: Wisata Alam Pantai Pelangi Bantul yang Lagi Hits

Aktivitas Seru

Di pantai baros anda juga bisa melakukan banyak kegiatan yang berhubungan dengan alam. Bukan hanya bermain pasir dan air serta berselfie ria namun masih banyak lagi tawaran kegiatan lain untuk membuat liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Berikut berapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti :

1. Berkeliling di hutan mangrove

Hutan Mangrove Pantai Baros

Hutan Mangrove Pantai Baros via Alodiatour

Pemandangan seperti ini memang sangat jarang kita jumpai di pantai lain. Pengunjung dapat menikmati pantai yang dikombinasikan dengan area pedesaan.  Anda bisa menyusuri jalan setapak akan disambut area persawahan yang hijau disini juga tak jarang ada petani lokal yang tengah mencari makanan untuk ternaknya.

Sebuah LSM bernama Relung Hati dulunya mengelola dan merintis kawasan hutan mangrove baros di muara sungai opak dalam program pembibitan.

Namun saat ini para pemuda dan pemudinya telah bergabung dalam KP2B yaitu kelompok pemuda pemudi baros serta di dukung beberapa instansi membantu mengembangkan hutan mangrove serta upaya penyelamatan muara sungai opak.

Sekelompok mahasiswa juga aktif melakukan penanaman bibit baru yang hingga saat ini terus dilakukan. Penanaman mangrove dan beberapa jenis tanaman bakau lainnya dilakukan sebagai upaya mencegah abrasi ombak laut selatan  serta pelebaran area muara sungai setiap tahunnya.

Meski penanaman dilakukan di area tanah yang merupakan endapan lumpur campuran pasir vulkanis dan tanah liat namun tanaman mangrove disini mampu bertahan hidup.

Keberadaan hutan mangrove di pantai opak ini patut diacungi jempol karena merupakan kawasan perintis di muara sungai Kabupaten Bantul.

Meski awalnya diprediksi tanaman mangrove dan jenis tanaman bakau lainnya tidak dapat tumbuh disini disebabkan kondisi tanah serta lingkungan yang tidak mendukung namun pantai baros membuktikan bahwa prediksi banyak orang itu keliru. Sebab dimana ada kemauan pasti ada jalan demikian kata pepatah lama.

Sedangkan  pengertian umum mengenai hutan mangrove itu sendiri adalah hutan yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut serta tumbuh di atas rawa-rawa berair payau.

Hutan ini memiliki fungsi utama yaitu mencegah abrasi yang bisa merusak area pertanian serta perikanan serta mencegah bahaya angin laut berkadar garam tinggi merusak areal pertanian. Cara ini juga dibuat sebagai upaya pencegahan bencana tsunami.

2. Camping

Camping Seru

Camping Seru via IG @Nasirullah5itam

Bagi anda yang ingin menyempurnakan petualangan bisa bercamping di area pantai bersama teman-teman sambil bernyanyi dan bergitar dan duduk mengelilingi api unggun.

Anda juga bisa membakar ikan atau jagung pada malam itu dengan memanfaatkan bara dari api unggun tersebut. suasana itu mengingatkan kita saat camping di hutan terbuka atau saat mendaki gunung.  Sungguh suasana yang menyenangkan

3. Mengelilingi sungai opak menggunakan perahu

Mengelilingi Sungai Opak Menggunakan Perahu

Mengelilingi Sungai Opak Menggunakan Perahu via Jalanjogja

Sungai opak berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pantai baros, anda bisa berkunjung ke sana menikmati berkeliling di pantai opak menggunakan perahu rakit yang bisa membawa sekitar 20 orang.

Dengan berkeliling sungai opak menggunakan perahu anda bisa menikmati hutan mangrove serta burung-burung yang dibudidayakan.

Beberapa tanaman bakau yang hidup di hutan mangrove adalah nypha, avicennia, brugueira, dsb. Untuk beberapa jenis burung yang dibudidayakan seperti burung kuntul, burung gelodok, burung uca, serta burung seylla.

Kunjungi juga yuk: Objek Wisata Air Terjun Kedung Pengilon Bantul

Pesona Pantai Baros Nan Menawan

Banyak pengunjung yang datang ke pantai baros karena ingin merasakan udara segar di tempat ini serta menikmati pasir putihnya yang membentang di sepanjang pantai serta  laut lepas yang mempesona.

Ditambah lagi terdapat hutan mangrove yang cantik. Hutan mangrove juga menjadi tempat penangkaran berbagai jenis burung. Hutan mangrove di sepanjang sungai opak sangat cocok dijadikan kawasan ekowisata yang sangat cocok dikunjungi ketika anda berlibur ke Kota Jogja.

Kunjungi juga: Liburan ke ekowisata jatisari Dlingo Bantul

Rute menuju lokasi terbilang mudah namun beberapa kilometer dari lokasi pantai terdapat jalanan yang sempit. Sesampainya di area parkir anda akan disambut hamparan pasir putih serta deburan ombak lautan.

Belum lagi ketika senja tiba dimana matahari terbenam perlahan dan berubah warna menjadi jingga keemasan diatas hamparan lautan sungguh suasana yang romantis. Anda juga bisa mengabadikan momen sunset tersebut menggunakan kamera untuk melengkapi galeri liburan anda.

 Berjalan lebih dalam lagi anda akan menemukan hutan mangrove yang terus diupayakan kelestariannya oleh berbagai organisasi dan perkumpulan pemuda.

Di dalam hutan kita juga bisa melihat berbagai jenis burung bertengger di ranting-ranting pohon. Kawasan hutan mangrove ini juga bisa anda jadikan spot foto yang cantik dan beberapa burung bisa anda jadikan objek foto.

Setelah penat berkeliling pantai dan hutan mangrove pengunjung bisa bersantai sejenak di gardu pandang yang tersedia. Menghilangkan penat sembari duduk santai menikmati semilir angin laut yang segar sambil menikmati pemandangan hutan dan tingkah laku para burung-burung. Selain itu terdapat juga instruktur bagi pengunjung yang ingin belajar cara menanam pohon bakau.

Satu lagi kegiatan yang wajib anda coba yaitu camping di pinggir pantai bersama teman-teman untuk mengisi malam yang menyenangkan. Anda juga bisa bernyanyi gembira sambil membakar api unggun.

Anda juga bisa memanfaatkan pantai opak dengan memancing disana lalu dibakar menggunakan bara dari sisa api unggun, suasana malam camping itu mengingatkan kita pada petualangan di alam bebas.

Kuliner Lezat di Pantai Baros

Di kawasan pantai baros juga tersedia wisata kuliner yang nikmat. Meski tidak begitu lengkap menu hidangan lautnya namun cukup membuat perut pengunjung kenyang.

Berbagai makanan dan minuman ringan juga dijual di warung pinggir pantai. Namun jika anda ingin membawa makanan dan minuman sendiri juga bisa dinikmati di gardu pandang yang disediakan petugas pantai.

Tips Liburan

  • Pastikan tubuh dan kendaraan anda fit agar mampu menempuh perjalanan jauh dan tidak mengganggu liburan anda
  • Jika anda berencana bermain air sebaiknya bawa baju ganti dan handuk kecil
  • Perlengkapan seperti alat camping, alat memancing, serta kamera juga perlu anda bawa agar liburan kali ini semakin menyenangkan dan seru
  • Karena menu yang disediakan kurang lengkap sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri
  • Sediakan alat-alat kesehatan untuk jaga-jaga.

Demikianlah ulasan mengenai pantai baros yang mempesona berserta hutan mangrove di dalamnya. Kawasan ini patut diacungi jempol karena menjadi kawasan perintis pelestarian hutan mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi yang disebabkan oleh ombak laut. Semoga ini menginspirasi anda dan bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Kunjungi juga yuk: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo Bantul

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *