web log free Liburan ke Taman Ujung Soekasada Nan Ekstosis, Istana Air Raja Bali! – Travelling News

Liburan ke Taman Ujung Soekasada Nan Ekstosis, Istana Air Raja Bali!

Taman Ujung – Bagi yang pernah melakukan pre-wedding photoshoot di Bali, pasti pernah mendengar Taman Sukasada. Namun bagi orang awam, pasti bertanya-tanya apakah hubungan antara Taman Sukasada dengan foto pre wedding?

Jawabannya tentu saja adalah karena Taman Sukasada yang juga disebut Taman Ujung Karang Asem merupakan salah satu lokasi wisata favorit para fotografer dalam melakukan tugasnya. Tempat ini berada di Bali Timur dan memang masih jarang dikunjungi wisatawan domestik.

Taman Ujung Karang Asem sedikit mirip dengan Taman Ayun yang berlokasi di kawasan Mengwi. Taman ini persis ada di pengujung Karang Asem, yaitu tepat ada di pinggir pantai. Selain sebagai sarana rekreasi, Taman ini juga digunakan sebagai langganan tempat pemotretan. Nilai sejarahnya juga tinggi. Pasalnya Taman Ujung dibuat oleh Raja Karang Asem saat terjadi perpecahan kerajaan.

Taman Ujung Karang Asem

Taman Ujung Karang Asem via Rentalmobilbali

Jangan lewatkan juga: 39 Tempat Wisata Kuliner Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Dahulunya Merupakan Tempat Pembuangan

Taman Ujung dibangun pada tahun 1901 oleh Raja Karang Asem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik dan bergelar Agung Anglurah Ketut Karangasem. Awalnya Taman ini dinamai Kolam Dirah yang mana digunakan sebagai tempat pembuangan orang yang menguasai black magic.

Pada tahun 1909, Raja Karang Asem menugaskan seorang arsitektek Belanda, Van Den Hentz dan arsitek Tiongkok, Loto Ang, serta dibantu oleh Arsitek Adat Bali, Undagi, untuk membangun Kolam Dirah ini menjadi tempat Raja beristirahat. Disana juga dibangun tempat bersemdi para Raja dan tempat penjamuan tamu Kerajaan.

Tahun 1921, Taman ini telah rampung dibangun namun terjadi kerusakan pada 1963 lantaran meletusnya Gunung Agung. Semenjak itu, Taman Sukasada tidak dirawat sama sekali. Baru pada tahun 2000, Taman ini dilakukan perbaikan oleh Puri Karangsem dan Pemkab Karangasem.

Lokasi dan Cara Menuju ke Taman ini

Taman Ujung Karangasem berada di Banjar Ujung, tepatnya di Desa Tumbu, daerah Karang Asem. Dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Pantai Kelan, dan Pantai Jerman, lokasi ini berjarak sekitar 80 Km atau waktu tempuh sekitar 2 Jam 6 menit. Sedangkan dari Kuta Theater, New Kuta Green Park, dan Circus Waterpark, Taman Ujung berjarak 78 KM atau 2 Jam 7 Menit  saja.

Yuk sambangi juga: 41 Pantai Bali Paling Memukau yang Wajib Dikunjungi

Untuk menuju kesana, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya jarang sekali ada transportasi umum yang menuju kesana. Salah satu alasan jarangnya kendaraan umum ini adalah karena lokasinya tidak mudah ditemukan.

Tapi jika memang terpaksa kesana tidak memakai kendaraan pribadi, kamu dapat menggunakan bus Trans Sarbagita dari Bandara Ngurah Rai jurusan Nusa Dua – Batu Bulan. Dari kawasan Batu Bulan, kamu dapat naik minibus menuju Karangasem dengan singgah di Terminal Klungkung terlebih dahulu.

Jika rute yang kamu ambil dari Denpasar Kota, kamu akan menempuh sekitar 65 Kilometer atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan melewati Tol Prof. Ide Bagus Mantra dan juga melewati Goa Gajah. Jika kamu dari arah utara, misalnya dari Pantai Lovina, kamu dapat langsung ke Taman Sukasada dengan menempuh perjalanan 3 jam atau 120 Kilometer.

Taman Ujung Soekasada

Taman Ujung Soekasada via Rentalmobilbali

Harga Tiket Masuk Taman Ujung

Banyaknya spot menarik di Taman Ujung ini jelas membuat wisatawan penasaran. Nah… untuk masuk kesana, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam lantaran biaya masuknya hanya sekitar Rp 10.000 per orang dan untuk parkir mobil Rp 5.000 / mobil.

Namun lain halnya jika kesana untuk mengadakan photoshoot. Biaya masuknya dibanderol seharga Rp 600.000 untuk keseluruhan anggota tim. Waktu operasionalnya antara jam 08.00 hingga 17.00 WITA dari Senin sampai Sabtu.

Daya Tarik Taman Sukasada

Taman Ujung Karangasem via IG @komangreksa

Taman Ujung Karangasem via IG @komangreksa

Ada satu spot paling menarik di Taman Ujung, namun untuk kesana dibutuhkan perjuangan. Hal ini karena kamu harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk sampai di bangunan pilar yang tidak memiliki atap tersebut. Dari bangunan itu, semua view akan terlihat.

Lautan biru dan Pantai Ujung akan terlihat dari arah tenggara. Keunikan arsitektur Taman Sukasada juga dapat dilihat. Tidak ketinggalan Bukit Bisbis dapat disaksikan dari arah timur.

Jangan lewatkan: 19 Oleh-Oleh Khas Bali yang Bisa Anda Bawa Pulang

Selain itu, di dalam Taman Sukasada memiliki 3 kolam besar. Uniknya ketiga kolam itu ada di satu tempat dengan letak yang dipisah. Di sebelah selatan ada 1 kolam dan di sebelah utara ada 2 kolam.

Di tengahnya, terdapat jembatan dan bangunan bernama Bale Bengong yang tidak memiliki dinding. Perbedaan antara kolam sebelah utara dan selatan yaitu kolam Utara lebih besar dan lebih luas dari bagian selatan.

Karena arsitektur yang begitu indah tersebut, banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai Istana Gantung lantaran bangunannya terlihat menggantung.

Perpaduan arsitektur Eropa dan arsitektur Bali juga menimbulkan keunikan tersendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya kaca berwarna-warni yang ada di dinding bangunan. Sekilas terlihat seperti kaca pada gereja khas nuansa Eropa.

Disana kamu juga dapat melihat kolam yang penuh dengan bunga Tujung (Lotus) dari jendela kamar tempat Peristirahatan Raja. Taman seluas 10 hektare ini juga memiliki arena bermain air, tempat bersantai, hingga kilasan sejarah Kerajaan. Oleh karena itu, selain disebut Istana Air, bangunan ini juga banyak disebut mirip dengan Pura Taman Saraswati di Ubud.

Keindahan Taman Ujung Karangasem via IG @galihwwardhana

Keindahan Taman Ujung Karangasem via IG @galihwwardhana

Fasilitas yang ada di Sekitar Taman

Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar Taman Sukasada, antara lain :

  • Tempat Peristirahatan “Gumi Bali Villa”

Tempat ini merupakan Villa murah yang ada di dekat lokasi wisata. Lokasinya ada di daerah Peladung dengan harga mulai dari Rp 766.000,-.

  • Penginapan “Taman Ujung Resort & Spa”

Lokasi ini ada di Jl Raya Taman Ujung, daerah Seraya dengan harga mulai dari Rp.675.000

  • Hotel “Aashaya Jasri Resort”

Hotel ini berada di Pantai Jasri, daerah Amlapura dengan banderol harga sewa mulai dari Rp.791.000

Jangan lewatkan juga: 50 Tempat Liburan di Gianyar Bali yang Wajib Dikunjungi

Wisata Unik Selain Taman

Tidak hanya Taman peninggalan Raja Bali Kuno saja, di Pulau Dewata pun juga terdapat beberapa objek wisata yang patut dijadikan acuan untuk foto prewedding atau sekedar berlibur semata. Kamu dapat berkunjung ke Monumen Bajra Sandhi Renon atau di Danau Batur yang ada di kawasan Wisata Kintamani. Atau kamu juga dapat mengunjungi wisata Tirta Gangga, Tenganan, Candidasa hingga Virgin Beach. Ada lagi wisata menarik di daerah Pantai Tegal Wangi.

Ingin foto naik unta di Bali? kamu bisa langsung menuju Pantai Sawangan di daerah Nusa Dua. Kamu juga bisa menikmati panorama alam melalui Bukit Campuhan Ubud, memandangi bunga-bunga indah di Ladang Bunga Marigold, atau sekedar berfoto bersama di daerah Tanah Lot, Pantai Sanur, hingga GWK Bali. Nah… lengkap, bukan?

Bagaimana? tertarik untuk berkunjung ke Taman Ujung alias Taman Sukasada Bali? Silahkan ajak teman, keluarga, atau pasangan untuk menikmati indahnya bangunan yang pada jaman Belanda disebut sebagai Water Paleis itu. Kamu pasti tidak akan bisa melewatkan keindahan arsitekturnya. Jangan lupa rekomendasikan kepada orang lain ya. Selamat berlibur!

Kunjungi juga yuk: 19 Objek Wisata di Bali Selatan Paling Terkenal

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *