Kuliner yang Terkenal Enak & Bikin Ketagihan!

Nyero.ID – Beriwisata ke suatu daerah tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Salah satunya adalah kuliner khas di Jawa Tengah yang memiliki aneka macam menu tradisional yang cukup beragam.

Jawa Tengah merupakan sebuah wilayah provinsi di Pulau Jawa yang terdiri dari beberapa kota dan kabupaten denganmenu khasnya masing-masing.

Saat berada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kamu akan menemukan berbagai hidangan khas Cilacap, demikian juga ketika kamu berkunjung ke Solo, Wonosobo, Salatiga, Kudus, Banyumas, dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Tengah.

Sebagai referensinya berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu cicipi kelezatannya saat berwisata ke beberapa daerah di provinsi Jawa Tengah.

Nasi Liwet Solo

Di urutan pertama ada nasi liwet Solo yang sudah sangat terkenal dengan cita rasa gurihnya yang menggoda. Rasa gurih nasi liwet ini berasal dari proses pengolahannya yang menggunakan santan. Biasanya hidangan tradisional ini disajikan bersama sayur labu dengan kuah santan kental, suwiran ayam dan juga areh.

Tekstur nasi liwet yang pulen dan gurih terasa semakin nikmat saat disajikan di atas pincuk daun pisang. Tidak heran jika hidangan ini menjadi salah satu menu kuliner khas Jawa Tengah yang ngangenin. Sebagai menu andalan yang begitu melegenda, sajian ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah di Surakarta.

Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Letaknya di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Banjarsari, Surakarta. Rekomendasi lainnya adalah Nasi Liwet Bu Sri yang terletak di Pasar Gede, tepatnya di Jalan Honggowongso No. 107, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

Nasi Gandul

Masih dengan menu nasi, di Pati Jawa Tengah terdapat sajian khas yang populer dengan sebutan nasi gandul. Menu dengan nama yang cukup unik ini menawarkan cita rasa yang menggugah selera.

Nasi putih disajikan bersama kuah kecoklatan dengan irisan daging sapi, lidah, ataupun jeroan sesuai selera. Sekilas rasanya mirip dengan perpaduan rawon, soto, dan gulai.

Untuk menikmati seporsi nasi gandul dengan cita rasa aslinya, kamu bisa datang ke Warung Nasi Gandul Pak Meled yang sudah berjualan sejak tahun 1955. Lokasinya ada di Jalan Panunggulan, Desa Gajahmati, Kecamatan Pati, Pati, Jawa Tengah.

Gudeg Semarang

Gudeg dikenal sebagai makanan khas Jogja, tapi di Jawa Tengah pun ada gudeg yang tak kalah menggugah selera. Berbeda dengan gudeg Jogja yang bercita rasa manis, gudeg Semarang lebih menonjolkan rasa pedas. Menu ini biasanya disajikan bersama kerecek pedas, daun singkong, koyor, opor ayam, dan areh kental.

Untuk mencicipi kelezatan gudeg ini kamu bisa datang ke Gudeg Abimanyu yang berada di Jalan Abimanyu VII No. 6, Semarang, Jawa Tengah.

Timlo Solo

Hidangan dengan kuah yang kaya rempah ini menjadi salah satu menu wajib yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Solo. Kuah kaldu pada sajian ini dilengkapi dengan irisan daging ayam kampung, keripik kentang, mie soun, dan juga sosis Solo yang membuat cita rasanya semakin menggoda.

Untuk menikmati semangkuk timlo, sempatkan mampir ke Warung Timlo Solo Sastro atau Timlo Balong yang sudah berdiri sejak tahun 1952, lokasinya berada di Pasar Gede. Rekomendasi lainnya adalah Timlo Kwali Mangkunegaran yang terletak di Jalan Raden Mas Said No. 9, Banjarsari, Surakarta.

Brekecek Pathak Jahan

Sajian lezat ini merupakan makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah. Sekilas tampilannya mirip rica-rica dengan kuah kuning kemerahan yang cukup kental. Bahan utamanya adalah ikan laut jenis ikan jahan karena dianggap memiki cita rasa yang khas.

Dinamakan dengan brekecek pathak jahan karena proses pengolahanya yang dilakukan dengan cara seolah menjatuhkan (brek) kepala (pathak) ikan jahan dalam kuah bercampur bumbu rempah yang sudah mendidih.

Meskipun populer dengan nama brekecek pathak jahan, namun beberapa jenis ikan seperti ikan lumadang dan ikan abangan juga lazim digunakan sebagai bahan utamanya. Bahkan di beberapa tempat sajian ini juga menggunakan udang, cumi, ayam, dan entog sebagai bahan utamanya.

Seporsi brekecek pathak jahan bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan Bu Widi yang terletak di Jalan Slamet No. 5, Cilacap, Jawa Tengah. Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan di Jalan Teri No. 1, Cilacap, dan di Jalan Menteri Supeno No. 23, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Lentog Tanjung

Beralih ke wilayah Kudus, Jawa Tengah, kamu bisa mencoba kuliner khasnya yang dikenal dengan sebutan lentog tanjung. Olahan khas Kudus ini terdiri dari irisan lontong, sayur gori atau nangka muda yang dicampur dengan opor tahu dan taburan bawang goreng.

Buat yang suka rasa pedas bisa menambahkan sambal dan cabai matang sehingga lebih menggugah selera.

Menu sarapan ini biasanya disajikan di atas piring yang sudah dialasi daun pisang sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat. Tersedia juga tempe bacem, sate telur puyuh, dan juga kerupuk sebagai lauk tambahan.

Untuk menikmati keunikan rasa lentog tanjung kamu bisa datang langsung ke Lentog Tanjung Bu Noor Gatin yang terletak di Jalan Sentot Prawirodirjo, Tanjung Utara, Tanjung Karang, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Rekomendasi lainnya adalah di Lentog Tanjung yang berada di Demangan, Kecamatan Kudus, Kudus, Jawa Tengah.

Mie Ongklok

Beralih ke Wonosobo, Jawa Tengah, di daerah ini terdapat satu kuliner khas yang terkenal dengan sebutan mie ongklok. Olahan mie rebus ini diracik dalam sebuah mangkuk dengan tambahan kuah kental berkanji, daun kucai dan juga irisan kol. Menu mie ini biasanya disajikan bersama sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo.

Untuk mencicipi semangkuk mie ongklok yang menggugah selera, kamu bisa datang ke Warung Mie Ongklok Longkrang yang terletak di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo. Rekomendasi lainnya adalah Mie Ongklok Bu Umi yang berada di Jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo dan Mie Ongklok Tosari di Jalan Raya Dieng, Kalianget, Wonosobo.

Nasi Grombyang

Berkunjung ke Pemalang tidak akan lengkap tanpa mencicipi keunikan rasa dari nasi grombyang yang menggugah selera. Kuah nasi grombyang hampir mirip dengan rawon namun tidak sekental rawon, cita rasanya gurih dengan aroma yang begitu sedap. Biasanya nasi grombyang terdiri dari nasi, suwiran daging sapi, daun bawang dan kuah kaldu.

Seporsi nasi grombyang yang menggoda bisa kamu dapatkan di Warung Nasi Grombyang Pak H. Warso yang terletak di Jalan R.E. Martadinata, Pelutan, Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Rekomendasi lainnya adalah Nasi Grombyang Pak Waridin yang berada di Jalan Gatot Subroto, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Getuk Goreng

Jajanan manis khas Sokaraja, Banyumas ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan karena menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang banyak dibeli saat berwisata ke beberapa wilayah di Jawa Tengah. Berbeda dari getuk pada umumnya, getuk dari daerah ini digoreng sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih renyah pada bagian luarnya.

Cita rasa getuk goreng yang gurih dan manis dengan tekstur sedikit kenyal sangat pas dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. Tidak sulit menemukan jajanan khas ini karena banyak dijual di toko oleh-oleh. Salah satunya ada di Getuk Goreng Asli H. Tohirin 1 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Sokaraja Tengah, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Enting-Enting Gepuk

Jajanan khas Salatiga, Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang manis, renyah, dan gurih, sangat pas buat menemani secangkir teh tawar di sore hari. Jajanan tradisional ini biasanya berbentuk prisma segitiga dan diproduksi secara tradisional dalam skala industri rumah tangga.

Untuk menikmati manisnya enting-enting gepuk sambil melihat proses pembuatannya secara langsung kamu bisa datang ke tempat produksi Enting-Enting Gepuk “Klenteng & 2 Holo” yang berada di Jalan Kali Bodri No. 37, Salatiga, Jawa Tengah atau Enting-Enting Gepuk “Naga Mas” di Jalan Semeru No. 17, Salatiga, Jawa Tengah.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *