web log free Kuliner Tradisional yang Enak & Ngangenin, Mana favoritmu? - Travelling News

Kuliner Tradisional yang Enak & Ngangenin, Mana favoritmu?

Nyero.ID – Masakan Sunda terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Bagi para pecinta kuliner, makanan khas Sunda tentu memiliki tempat tersendiri karena menawarkan sensasi rasa yang begitu menggoda. Wisata kuliner dengan mengexpolre menu makanan khas Sunda bisa menjadi pengalaman tersendiri yang pastinya bikin kangen.

Berbicara tentang makanan Sunda tentu yang terbayang adalah hidangan dengan sambal dan lalapannya yang beranekamacam. Masyarakat Sunda memang sangat gemar mengkonsumsi sayuran, termasuk lalapan mentah yang segar dan menyehatkan.

Bukan hanya identik dengan lalapan, jenis masakan khas Sunda juga sangat bervariasi dengan berbagai macam cita rasanya yang lezat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Sunda yang bisa kamu cicipi saat plesiran ke tanah Pasundan.

Nasi Liwet

Di urutan pertama ada nasi liwet yang sudah sangat terkenal kelezatannya. Nasi liwet merupakan salah satu menu masakan yang cukup populer di tanah air. Nasi liwet juga ada di Solo meskipun keduanya diolah dengan cara yang sedikit berbeda.

Nasi liwet biasanya disajikan dengan aneka menu lauk yang cukup lengkap sehingga semakin menggugah selera. Lebih enak lagi jika nasi liwet dinikmati rame-rame bareng keluarga atau teman-teman dengan alas daun pisang yang membuat cita rasanya semakin nikmat.

Buat kamu yang ingin memanjakan lidah dengan sensasi rasa nasi liwet bersama aneka lauknya, bisa datang langsung ke Nasi Bancakan yang terletak di Jalan TrunojoyoNo. 62, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bakakak Hayam

Kuliner khas Sunda ini berbahan dasar ayam utuh yang diolah dengan menggunakan racikan bumbu khusus yang kemudian dipanggang. Bakakak hayam biasanya disajikan dalam upacara pernikahan, dimana kedua mempelai pengantin saling berebut dengan menarik bagian ayam tersebut.

Bakakak hayam juga sering disajikan dalam upacara sunatan, bukan untuk tamu undangan melainkan untuk pengantin sunat. Sajian ini menjadi simbol pengharapan agar si pengantin sunat kelak memiliki fisik dan mental yang kuat.

Meskipun sajian khas Sunda ini digunakan untuk keperluan upacara pernikahan dan sunatan, namun kamu tetep bisa mencicipi kelezatannya. Kamu bisa datang ke Bekakak Ayam Kampung “Abah Enyeng” yang terletak di Jalan DR. Setiabudi No. 355, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan menu khas Sunda yang awalnya dihidangkan untuk para petani saat beristirahat. Menu sederhana ini biasanya dibungkus dalam daun pisang sehingga membuat cita rasanya semakin nikmat. Saat ini nasi timbel menjadi salah satu menu makanan yang banyak dijual di warung makan.

Untuk menambah kelezatannya, nasi timbel disantap bersama lauk pauk, sambal, dan pastinya lalapan yang menjadi ciri khas masakan Sunda. Buat kamu yang ingin mencicipi keunikan rasa nasi timbel, bisa datang langsung ke Nasi Timbel Bawean yang terletak di Jalan Bawean No. 3, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Nasi Tutug Oncom

Dalam Bahasa Sunda tutug berarti tumbuk. Dalam proses pengolahannya, beras yang belum dimasak ditumbuk terlebih dahulu bersama oncom yang sudah dibakar. Selanjutnya beras baru dimasak menjadi nasi sampai matang.

Hidangan tradisional khas Bandung ini sangat cocok dinikmati selagi hangat. Apalagi jika disantap bersama aneka lauk yang menggugah selera, seperti tempe goreng atau ayam goreng. Jangan lupa juga dengan pelengkap wajibnya, yaitu sambal. Dijamin hobby makanmu semakin terpuaskan.

Seporsi nasi tutug oncom beserta lauk lengkapnya bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Bobotoh Bandung yang terletak di Jalan A.H. Nasution No. 111A, Ujungberung, Bandung.

Tumis Genjer Oncom

Genjer yang biasanya tumbuh liar di lahan perswahan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi makanan lezat, salah satunya adalah tumis genjer oncom khas Sunda. Cita rasa oncom yang unik berpadu dengan renyahnya tekstur genjer membuat hidangan sederhana ini begitu menggoda.

Kuliner khas Sunda ini menjadi salah satu menu wajib yang harus kamu cicipi saat plesiran ke Bandung. Kamu bisa menikmati keunikan rasanya di Rumah Makan Cibiuk yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 508, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Karedok

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang tampilannya mirip dengan gado-gado. Perbedaannya terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran mentah. Orang Sunda juga sering menyebut karedok dengan istilah lotek atah yang berarti lotek mentah. Olahan sayur dengan bumbu kacang ini sangat nikmat disantap bersama kerupuk, tempe, tahu dan juga nasi hangat.

Untuk menikmati seporsi karedok maupun lotek, kamu bisa datang ke Warung Lotek Cihapit yang cukup legendaris. Lokasinya berada Jalan Cihapit No. 06, Kota Bandung. Rekomendasi lainnya adalah Lotek Karedok Katamso yang berada di Jalan Brigjend Katamso, Asia Afrika, Bandung dan Sindang Reret Restaurant di Jalan Surapati No. 53, Bandung.

Empal Gepuk Daging Sapi

Menu masakan ini banyak disajikan di rumah makan Sunda karena cita rasanya yang menggugah selera. Irisan daging sapi yang menjadi bahan utama biasanya digepuk atau dipukul sampai gepeng dan dimasak dengan menggunakan bumbu rempah bercitarasa manis gurih.

Selanjutnya daging diungkep sehingga teksturnya menjadi lebih empuk dan bumbu meresap sempurna ke dalam serat daging. Irisan daging kemudian digoreng dan siap disantap bersama nasi hangat, sambal dan juga lalapan segar.

Untuk mencicipi kelezatan empal gepuk yang menggoda kamu bisa datang langsung ke Warung Nyonya Eha yang terletak di Pasar Cihapit, Jalan Cihapit No. 8A, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

Doclang

Makanan khas Sunda ini dahulu banyak dijajakan secara keliling oleh penjualnya. Sekilas tampilannya seperti kupat tahu namun cita rasanya sedikit berbeda. Menu tradisional ini mencampurkan irisan lontong, kentang rebus, telur rebus, tahu goreng dan kerupuk yang kemudian disiram dengan kuah kacang yang gurih, manis, dan pedas.

Untuk mencicipi keunikan rasa doclang yang cukup menggoda, kamu bisa singgah ke Doclang Pak Odik yang berada di Jalan Pasir Kuda, Bogor. Rekomendasi lainnya adalah menu doclak di depan Kantor Pos dan Giro Kebon Waru, Bandung atau di depan Masjid Al Ukhuwah Wastu Kencana, Bandung.

Cungkring

Kuliner khas Sunda ini merupakan makanan yang berbentuk sate. Berbeda dengan sate biasa yang menggunakan daging sapi, ayam, atau kambing sebagai bahan utamanya, cungkring justru menggunakan kikil, dampal, urat, dan kulit sapi. Mirip dengan sate kere yang berasal dari Solo.

Tekstur sate yang kenyal dengan cita rasa lezat yang menggugah selera membuat menu sederhana ini cukup diminati oleh pecinta kuliner. Biasanya cungkring disajikan bersama lontong dan bumbu kacang yang gurih manis. Sangat cocok untuk mengganjal perut saat lapar melanda.

Untuk menikmati sensasi rasa cungkring yang begitu menggoda, kamu bisa datang ke Jalan Suryakencana, tepatnya di sebelah kiri jalan sebelum perempatan Gang Aut, Bogor.

Kadedemes atau Oseng Kulit Sampeu

Makanan unik khas Sunda ini menggunakan kulit singkong bagian dalam sebagai bahan utamanya. Setelah dicuci bersih, bagian kulit singkong yang berwarna putih kemudian dicuci dan ditiriskan. Selanjutnya ditumis dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang cukup menggoda.

Untuk melengkapi kenikmatan rasa kadedemes, biasanya menu sederhana ini disantap bersama nasi hangat dan ikan asin. Menu makanan ini bisa kamu dapatkan di warung makan khas Sunda atau kamu bisa membuatnya sendiri karena proses pengolahannya cukup sederhana.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *