Jangan Salah, Bekasi juga Punya Makanan Khas lho!

kuliner bekasi

Sebagai salah satu kota satelit ibukota, Bekasi juga memiliki keunikan dan keberagaman tersendiri. Mulai dari kebudayaan, destinasi wisata, hingga kekayaan alam. Tidak terkecuali pada kulinernya.

Berjarak tidak terlalu jauh dari Jakarta, Bekasi memiliki keberagaman kuliner yang dipengaruhi budaya Betawi. Mulai dari hidangan lauk sampai makanan ringan, Bekasi memiliki varian kuliner yang menarik dan layak dicoba! Kalau kamu berencana main ke Bekasi, Airy udah siapin nih daftar kuliner khas Bekasi yang wajib kamu coba!

Sayur Gabus Pucung

kuliner bekasi
Credit: food.detik

Hidangan ini merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di Bekasi. Meskipun namanya ‘sayur’, hidangan ini terbuat dari ikan dan tidak ada sayur di dalamnya. Penggunaan istilah ‘sayur’ digunakan karena makanan ini dihidangkan dengan kuah yang banyak. Sensasi kesegaran ini sering dianggap seolah seperti menikmati sayur yang berkuah.

Bahan utama dari hidangan ini adalah ikan gabus goreng. Ikan gabus sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di wilayah Bekasi, bahkan ada kampung di daerah Tambun yang memiliki nama Kampung Gabus. Tidak heran jika hidangan gabus pucung ini sangat terkenal di wilayah Bekasi.

Sayur Gabus Pucung memiliki warna hitam yang mirip seperti Rawon. Warna hitam berasal dari kluwak yang menjadi salah satu bumbunya. Pucung sendiri merupakan nama kuah dari hidangan ini. Jika di wilayah Jawa disebut dengan kluwak maka di Betawi disebut dengan istilah Pucung.

Gabus Pucung memiliki rasa gurih, sedikit asam dan pedas, serta kuat dengan rasa rempah yang kuat. Tekstur ikan gabusnya sangat lembut dan mudah dipotong. Sangat segar jika disantap dengan kuahnya.

Bandeng Rorod

kuliner bekasi
Credit: IDN Times

Bandeng Rorod adalah kuliner olahan bandeng yang cukup khas. Olahan bandeng satu ini memiliki perbedaan tersendiri dibanding lainnya. Jika bandeng presto masih memiliki duri lunak, bandeng rorod sudah tidak memiliki duri sama sekali, jadi sangat praktis untuk dikonsumsi.

Bandeng dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Selain itu bandeng memiliki rasa yang lezat, gurih, dan teksturnya mudah dicerna. Di Bekasi, bandeng rorod banyak dikemas dalam daun, lalu disajikan sebagai cemilan dan lengkap dengan sambal terasi yang lezat. Kini bandeng rorod mulai menjadi oleh-oleh khas Bekasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Jika kamu datang ke Bekasi, jangan lupa beli oleh-oleh bandeng rorod ya!

Kue Dongkal

kuliner bekasi
Credit: Instagram.com/don_guzz

Kue Dongkal merupakan kuliner yang memiliki bentuk unik dan mencuri perhatian. Bahannya terbuat dari tepung beras yang digiling kasar. Tepung yang sudah digiling ini dimasukkan ke dalam cetakan tradisional, lalu ditaburi diberikan gula aren.

Nah, disini rahasia bentuk unik dari kue dongkal. Cetakan yang digunakan berbentuk kerucut seperti tumpeng dan terbuat dari anyaman daun.

Setelah dicetak, kemudian adonan  dikukus hingga matang. Dengan gula aren yang meleleh, Kue Dongkal ini terasa gurih dan manis saat kamu mencicipinya.

Kue ini seringkali dinikmati bersama segelas teh hangat dan sangat cocok dinikmati ketika sarapan atau sebagai cemilan sore.

Kue Akar Kelapa

kuliner bekasi
Credit: Instagram.com/dianfaizin17

Kue Akar Kelapa juga menjadi salah satu kue kering khas Bekasi yang sering disajikan ketika ada acara besar seperti Lebaran atau hajatan. Sering lihat kue berbentuk unik ini saat Lebaran atau hajatan? Meskipun namanya akar kelapa, ternyata kue ini tidak menggunakan akar kelapa sebagai bahan dasarnya. Kue ini terbuat dari olahan tepung, kelapa parut, dan tepung ketan. Adonan ini nantinya akan dicetak dengan cetakan khusus sehingga bentuknya mirip akar kelapa.

Dengan ciri khas rasa gurih, manis, dan sedikit asin, kue akar kelapa menjadi salah satu kudapan favorit yang nikmat disantap dengan segelas teh. Masyarakat Bekasi menjadikan kue akar kelapa sebagai salah satu kudapan yang wajib ada di meja ruang tamu.

Kue Biji Ketapang

kuliner bekasi
Credit: Instagram.com/mrs.viriya

Asal usul kue kering ini berawal dari banyaknya pohon ketapang yang tumbuh di pinggir kota Jakarta pada zaman dulu. Pohon ini memiliki buah yang berbentuk lonjong dengan ujung agak pipih. Buahnya banyak berjatuhan di pinggir jalan. Karena itulah banyak masyarakat yang terinspirasi untuk menciptakan kue dengan bentuk seperti biji ketapang.

Salah satu ciri khas kue ini adalah teksturnya keras. Kue biji ketapang yang baik justru harus yang keras karena dari situlah sensasi kerenyahan yang khas muncul. Bagi warga Bekasi, kue biji ketapang merupakan salah satu makanan yang wajib dihidangkan jika sedang merayakan hari raya Lebaran atau acara besar.

Jadi, kalau jalan-jalan ke Bekasi, jangan lupa cobain kuliner khasnya ya. Biar jalan-jalan kamu makin nyaman, gunakan Airy sebagai akomodasi jalan-jalanmu! Booking Kamar Airy serta tiket pesawat dengan download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Jangan lupa follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Kamu bisa lihat informasi promo menarik yang sayang banget kalau kamu lewatkan.

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804-111-2479

Header image credit: merahputih.com


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *