Ini Dia Fakta Unik dari Hewan Komodo si Kadal Besar!

Komodo

Komodo adalah warisan Indonesia yang disebut-sebut sebagai kadal terbesar yang ada di dunia. Berbadan besar, dengan panjang 2-3 m menjadi pusat perhatian di dunia. Penasaran seperti apa karakteristik hewan pemangsa satu ini? Yuk, simak ini dia informasi seru dari Airy untuk kamu!

Susah beradaptasi! 

Komodo
Credit: telegraph.co.uk

Komodo adalah salah satu hewan dengan usia paling tua di Indonesia. Jangan salah sangka, ya! Sekilas komodo memang terlihat pendiam, tapi komodo bisa berenang dan berlari, lho! Laju kecepatan lari komodo bisa mencapai 20km/jam, seperti manusia pada umumnya.

Beberapa komodo pernah dipindahkan ke pulau lain untuk menghindari kepunahan mereka. Namun, hanya dalam waktu 4 bulan, mereka pulang ke habitat aslinya. Ini dia alasan peneliti menyebut komodo hewan rumahan. Eits, tapi bukan karena komodo bisa dipelihara di rumah, ya!

Kebiasaan Komodo 

komodo
Credit: thesouthafrican.com

Komodo kecil pandai sekali memanjat pohon! Mereka melakukan ini untuk menghindari dirinya dimangsa oleh komodo tua. Ternyata, saat dewasa komodo bisa menjadi kanibal, apalagi jika mereka kesulitan untuk mendapat makanan! 

Uniknya, hewan kanibal ini kuat makan sekali dalam sebulan, lho! Makanan utama mereka biasanya hewan berkaki 4 seperti kambing dan rusa. Komodo tidak butuh waktu yang lama untuk melahap makanan mereka, hanya 15-20 menit saja! Tidak lama setelah itu, komodo akan berjemur di panas matahari dan memuntahkan sisa-sisa makan seperti tanduk dan hal-hal yang mengganggu melalui liur mereka.  

Predator yang sangat kuat

Credit: thesouthafrican.com

Predator yang sangat kuat ini dapat hidup selama 40-50 tahun, lho! Penciuman mereka sangat tajam, jadi hindarilah menggunakan parfum yang terlalu menyengat. Indera penciuman komodo juga sangat peka dengan darah. Jadi, untuk kamu wanita yang sedang menstruasi jangan sungkan memberitahu pawang, ya!

Credit: clickittefaq.com

Saat kamu berkunjung untuk melihat komodo, usahakanlah didampingi pawang untuk berjaga-jaga! Komodo adalah hewan yang cerdik dan suka berpura-pura tidur. Cara ini mereka lakukan untuk menerkam mangsanya. Perlu diingat ya, liur komodo sangat berbahaya, karena mengandung 40 lebih bakteri. Jadi, pastikan tidak menginjak dan menjaga jarak dari komodo.

Untuk berjaga-jaga jika kamu dikejar oleh komodo, berlarilah secara zig-zag dengan cepat! Kelemahan komodo adalah mereka tidak bisa membedakan mana benda diam dan bergerak. Jangan menyepelekan hewan ini karena mereka bisa sangat agresif!

Komodo hanya ada di Indonesia

Credit:travel.kompas.com

Komodo adalah warisan Indonesia. Hewan ini hanya ada di Pulau Komodo, di Nusa Tenggara. Ada 3 tempat konservasi komodo yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Pulau komodo pernah dinobatkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia tahun 2013, bersanding dengan Pulau Jeju, Sungai Amazon, Table Mountain, dan beberapa wisata lainnya. Wah, keren banget, ya!

Hayo! Jadi penasaran kan dengan komodo? Pulau Komodo tidak jadi ditutup, lho! Yuk, kunjungi hewan warisan Indonesia sekarang! Untuk kamu yang ada di luar kota, mulai atur jadwal liburanmu ke Pulau Komodo dari sekarang, ya! Tentukan tanggalnya dan jangan lupa langsung booking penginapan dan tiket pesawatmu! Supaya liburanmu makin hemat, kamu bisa booking tiket pesawat kamu di Airy App. Tersedia berbagai pilihan maskapai untuk semua destinasi kamu. Ada Hotel Airy tersedia di 90 kota Indonesia dengan jaminan kenyamanan untukmu. Nah, itu dia rekomendasi destinasi dari Airy. Selamat mencoba dan selamat liburan, ya! 

Coba sekarang download dan install Airy Apps di Google Play Store atau App Store. Supaya liburanmu lebih hemat lagi, buruan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, ya! Ada banyak informasi tentang promo-promo Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *