Harga Tiket Masuk Sari Ater Terbaru 2019 & Wahana Wisata yg Lengkap!

Harga Tiket Masuk Sari Ater – Bandung memang sangat pas jika dijuluki kota dengan sejuta pesona. Pasalnya disana banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah pesona wisata alam yang sedang hits dan banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri saat ini, yakni Sari Ater.

Wisata air panas yang ada di Lembang, Bandung Barat ini memang menjadi buruan wisatawan, apalagi kala libur panjang atau libur akhir pekan. Bahkan seringkali tercatat ratusan ribu pengunjung pada objek wisata ini per tahunnya. Hebat, bukan?

Wisata Pemandian Air Panas Alami ini ada di Jalan Raya Ciater, tepatnya di Kecamatan Ciater, Subang. Lokasinya juga berdekatan dengan Ciater Highland Resort yang sangat terkenal tersebut.

Selain itu, lokasi wisata ini juga dekat dengan objek wisata lain di Bandung Barat, misalnysa saja Gunung Tangkuban Perahu, Grafika Cikole, hingga Hutan Pinus Cikole. Mengingat hal ini, tentunya akan sangat menguntungkan jika kita kesana, karena selain menyambangi Sari Ater, kita juga bisa mampir ke berbagai objek wisata tersebut.

Sari Ater

Sari Ater via Visit-halal.com

Lokasi dan Rute Menuju Sari Ater

Berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu, lebih tepatnya berada di Jalan Raya Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tentu saja membuat kawasan wisata ini dibalut udara sejuk dan hamparan pemandangan menyegarkan mata. Dalam perjalanan ke Ciater, kamu akan disambut hijaunya kebun teh di kiri dan kanan jalan. Kamu juga akan bebas menghirup oksigen disana lantaran bersihnya udara pegunungan disana.

Untuk menuju Sari Ater, akses jalannya sudah cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi, tergantung kebutuhanmu. Untuk arahan saja, jika kamu berasal dari Bandung dan ingin menuju ke wisata ini, kamu cukup mengikuti petunjuk arah yang banyak tersebar di sepanjang jalan menuju lokasi.

Jaraknya dari Kota Bandung hanya sekitar 30 kilometer saja. Tapi jika kamu menuju Sari Ater dari arah Tangkuban Perahu, kamu hanya perlu menempuh jarak kurang dari 10 kilometer. Sangat dekat, bukan?

Salah satu trik khusus bagi pelancong dari Jakarta adalah yakni bisa melewati tol Cikampek untuk menuju Tol Cipali. Setelah melalui tol tersebut, kamu bisa keluar lewat Tol Subang agar tidak terjebak kemacetan yang sering kali terjadi di daerah Lembang.

Tapi jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa berangkat dari kawasan Terminal Ledeng untuk menuju Terminal Lembang. Maka dari itu, ambil angkutan dengan jurusan Ledeng ke Lembang. Setibanya di terminal disana, kamu bisa oper dengan angkutan umum lainnya yang menuju Subang.

Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja dari Lembang. Begitu sudah tiba di Subang, kamu turun saja di Jalan Gagak yang ada di kawasan Desa Ciater. Selanjutnya kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju lokasi.

Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan dari Ledeng ke lokasi wisata tidaklah mahal, kira-kira hanya kurang dari 20 ribu rupiah. Rinciannya, 3 ribu rupiah untuk sekali naik angkutan dan tarif mulai dari 10 ribu rupiah untuk naik ojek menuju lokasi.

Sari Ater Hotel and Resort

Sari Ater Hotel and Resort

Sejarah Pemandian Sari Ater

Sejarah yang terjadi di Sari Ater merupakan sebuah cerita yang patut dikenang dan memiliki kemisteriusan tersendiri. Menurut kisah yang beredar, lokasi Sari Ater ini dulunya merupakan sebuah hutan yang dicap angker oleh masyarakat sekitar.

Hutan ini memiliki banyak sekali Pohon Ater yang saat ada seseorang menebangnya, keluarlah pancaran air yang deras dari cabang pohon tersebut. Fenomena ini tentu saja menjadi anugerah bagi warga sekitar hutan yang kala itu mengalami kekeringan.

Akhirnya, pancaran air tersebut dimanfaatkan oleh warga. Bahkan, mereka beranggapan jika air dari Pohon Ater tersebut mempunyai khasiat menyembuhkan banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit kulit. Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh peneliti Belanda bernama Hack Bessel.

Namun baru di tahun 1960, kawasan ini dbuka untuk lahan perkampungan oleh pria sakti bernama Embah Ebos. Perkampungan tersebut diberi nama Ciater dan dari sinilah wisata air panas tersebut mulai dikenal banyak orang. Bahkan mulai tahun 1968, pemandian air panas disana sudah dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Subang untuk potensi wisata alam.

Daya Tarik Wisata Pemandian Sari Ater

Bagi kamu yang ingin berendam air panas, tentu wisata di Pemandian Alam Air Panas Sari Ater adalah pilihan terbaik. Pasalnya disana terdapat kolam untuk tempat berendam pengunjung yang berisi air panas dari alam. Kawasan ini memang dikenal dengan sumber air panas alaminya dari panas belerang pegunungan.

Air panas yang digunakan untuk pemandian ini merupakan air tampungan yang dikumpulkan dalam kolam dan juga dalam kamar rendam eksklusif yang ada disana. Tentunya dengan luas pemandian sekitar 30 ha, Sari Ater bisa disebut sebagai salah satu objek pemandian terbesar di Jawa Barat, bukan?

Sebenarnya Sari Ater sendiri dikelola pihak Sari Ater Hotel and Resort. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu akan melihat bangsal-bangsal kolam VIP yang dikhususkan oleh para penyewanya. Tentunya ada keistimewaan yang bisa didapat oleh pengguna kamar VIP, yakni adanya privasi yang didapat kala berendam yang tidak bisa dimiliki jika kamu menggunakan kolam umum.

Tapi baik kolam VIP atau umum, banyak pengunjung kesana dengan tujuan untuk merasakan khasiat berendam air panas di Sari Ater yang konon memang sangat mujarab. Pasalnya seperti yang kita tahu, belerang dari kawah gunung berapi memang sangat baik untuk kesehatan kulit manusia, apalagi untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Khasiat ini bahkan sudah diuji klinis dan didapat hasil berupa adanya kandungan chloride, kalsium, thermo, mineral, magnesium, hypertherma, dan sulfat pada air kolam.

Terdapat pula kandungan aluminium dengan angka menyentuh 38,5 equiv persen yang tentunya bisa dibilang sangat tinggi. Kandungan pH pada kolam ini juga tinggi, yakni menyentuh angka 2,45.

Tentunya dengan suhu air sekitar 43 hingga 46 derajat celcius dan dengan berbagai kandungan di dalamnya, tidak heran jika air ini bisa juga untuk menyembuhkan rematik, gangguan syaraf, hingga penyembuhan kelumpuhan akibat stroke dan darah tinggi.

Tentunya kesembuhan juga tidak bisa langsung didapat. Diperlukan beberapa kali terapi disana secara rutin untuk mendapat hasil maksimal. Jadi tidak heran jika disana banyak sekali pengunjung yang datang.

Selain berendam di kolam Hotel, kamu juga bisa berendam di kolam alami yang ada di kawasan wisata alam terbuka disana jika mau. Kolam ini tepatnya ada di Curug Jodo, Grojogan sewu, dan Pancuran Tujuh yang juga terkenal dengan air panas alaminya.

Selain berendam, kamu juga bisa menikmati segarnya udara sejuk pegunungan dibalut dengan selimut kabut akibat hangatnya uap air disana. Kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam pegunungan disana. Tentunya daya tarik ini membuat banyak wisatawan rela menginap disana untuk menghilangkan stress akibat pekerjaan.

Semua daya tarik ini dipadu dengan adanya banyak fasilitas pendukung yang membuat pengunjung semakin nyaman berlibur disana.

Main Panahan di Sari Ater

Main Panahan di Sari Ater

Di Sari Ater sendiri disediakan banyak wahana permainan, seperti ATV, Paint Ball, persewaan kuda ala Lembang, wahana wisata air, panahan, hingga Putch & Put Golf dan Jeef Off Road dengan panjang trek sekitar 2,7 km. Tidak cukup sampai disitu, Sari Ater juga sering dipakai untuk wisata outbond murah dan bagus.

Permainan Paintball & ATV di Sari Ater

Permainan Paintball & ATV di Sari Ater

Objek wisata ini juga sering dipakai untuk tempat camping dan lokasi menginap dengan fasilitas sebaik kawasan Ciwidey Bandung. Bahkan, disana juga terdapat pelayanan pengunjung selama 24 jam penuh sehingga wisatawan bisa berendam di saat malam hari atau kapanpun mereka ingin. Maka tidak heran, kawasan ini akan sangat penuh kala weekend menjelang.

Naik Kuda di Sari Ater

Naik Kuda di Sari Ater via Fadevmother.com

Selain itu, jika kamu lapar dan butuh makanan, kamu bisa menemukannya di restoran 24 jam yang ada disana. Tidak hanya pelayanan yang selalu ada, tapi menu makanan yang disediakan juga bermacam-macam dengan masakan khas Bandung. Ada juga makanan bercita rasa luar yang dijamin akan membuat lidahmu bergoyang.

Jeep Off Road di Sari Ater

Jeep Off Road di Sari Ater

Harga Tiket Masuk Sari Ater

Jika kamu tertarik berkunjung ke kawasan wisata ini, kamu tentu perlu tahu berapa harga tiket masuk Sari Ater, bukan? Nah, maka dari itu tidak ada salahnya kamu simak informasi berikut ini. Pasalnya info ini akan sangat berguna jika kamu ingin liburan kesana.

Harga tiket masuk wisata ini untuk per orangnya terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Secara umum, di hari weekdays, kamu cukup membayar biaya masuk sekitar 32 ribu rupiah per orang dan untuk weekend kamu perlu membayar sekitar 37 ribu rupiah.

Untuk biaya parkir, kamu akan dikenakan tarif sekitar  20 ribu untuk motor di weekdays dan weekend, sedangkan mobil dikenakan tarif 30 ribu rupiah. Untuk bus, tarifnya berbeda lagi, yakni sekitar 42 ribu rupiah.

Nah, jika kamu ingin berendam di Kolam Mayang Sari, kamu cukup membayar biaya sekitar 45 ribu rupiah, sedangkan untuk Kolam Rendam Wangsadipa, kamu hanya perlu membayar biaya sekitar 27 ribu rupiah saja.

Kolam Mayang Sari via Flickr

Kolam Mayang Sari via Flickr

Untuk Kolam Rendam Pulosari, biayanya tidak berbeda jauh dari Wangsadipa, yakni sekitar 28 ribu rupiah saja. Sementara itu, yang paling murah bisa kamu dapatkan di Kolam Rendam Leuwi Sari yang hanya mematok harga sekitar 14 ribu rupiah saja sekali masuknya.

Kolam Rendam Pulosari

Kolam Rendam Pulosari via sputnikers.blogspot.com

Tidak hanya tiket per orang, Sari Ater juga menyediakan tiket untuk kelompok yang tentunya hitungannya akan lebih murah. Kisaran biayanya adalah 155 ribu rupiah per orang yang dikhususkan untuk minimum 20 pax pemesanan. Paket ini terdiri dari tiket rekreasi, prasmanan, tiket kolam berendam, hingga free pemakaian ruangan dengan waktu pakai selama 3 jam.

Kolam Wangsadipa Sari Ater via Mycataluma.blogspotcom

Kolam Wangsadipa Sari Ater via Mycataluma.blogspot.com

Selain itu, ada pula paket liburan yang disediakan dari pihak travel itu sendiri. Biayanya juga cukup murah dengan berbagai ragam tawaran paket wisata di Sari Ater dan beberapa lokasi wisata lainnya di Bandung Barat. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi pihak tour travel terpercaya.

Kolam Rendam Leuwi Sari

Kolam Rendam Leuwi Sari via Pergidulu.com

Harga Tiket Masuk Sari Ater Terbaru

Berikut ini daftar harga tiket masuk sari ater dalam bentuk tabel:

Nama Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Gerbang Utama (Weekday) Tiket Orang Rp.32.000
Tiket Motor Rp.20.000
Tiket Mobil Rp.30.000
Tiket Bus/Truck Rp.42.000
Tiket Masuk Gerbang Utama Libur Nasional Tiket Orang Rp.37.000
Tiket Motor Rp.25.000
Tiket Mobil Rp.35.000
Tiket Bus/Truck Rp.45.000
Tiket Kolam & Kamar Rendam (Weekday) Tiket Kolam Rendam Mayangsari Rp.45.000
Tiket Kolam Rendam Wangsadipa Rp.25.000
Tiket Kolam Rendam Pulosari Rp.28.000
Tiket Kolam Rendam Leuwi Sari Rp.14.000
Tiket Kamar Rendam Rp.60.000
Tiket Paket Mayangsari Rp.65.000
Tiket Paket Kimannis Rp.75.000
Tiket Kolam Rendam Libur Nasional Tiket Kolam Rendam Mayangsari Rp.50.000
Tiket Kolam Rendam Wangsadipa Rp.27.000
Tiket Kolam Rendam Pulosari Rp.30.000
Tiket Permainan Komedi Putar Rp.8.000
Sepeda Air Rp.10.000
Perahu Dayung Rp.10.000
Kereta Mini Rp.8.000
Water Ball Rp.25.000
Dream Zone Rp.16.000
Wall Climbing 1 Putaran Rp.20.000
Wall Climbing 2 Putaran Rp.25.000
Trampolin Rp.20.000
Panahan 6 Panahan Rp.10.000
Panahan 12 Panahan Rp.15.000

*Harga Tiket Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Penginapan di Sekitar Pemandian Sari Ater

Bagi kamu yang juga ingin menginap di kawasan ini, ada juga fasilitasnya lho. Jadi kamu tidak perlu takut tidak ada tempat untuk tidur karena ternyata disana terdapat banyak penginapan, salah satunya adalah Sari Ater Hotel and Resort.

Sari Ater Hotel and Resort

Harga sewa kamarnya termasuk terjangkau. Tapi dari semua kamar yang tersedia, biasanya tipe kelas Bungalow adalah yang paling laris dengan kisaran harga sewa sekitar 765 ribu rupiah untuk 1 malam.

Sari Ater Hotel and Resort

Sari Ater Hotel and Resort

Puspa Sari Hotel Ciater

Selain di Sari Ater Hotel and Resort, kamu juga bisa menginap di beberapa hotel murah di dekat lokasi wisata, misalnya saja Puspa Sari Hotel Ciater yang mempunyai harga kamar mulai dari 350 ribu rupiah untuk 1 malam.

Puspa Sari Hotel Ciater

Puspa Sari Hotel Ciater via Tripadvisor

Marbella Twin Waterfall Resort Ciater

Ada juga Marbella Twin Waterfall Resort Ciater yang juga di kisaran harga sewa sekitar 350ribuan.

Marbella Twin Waterfall Resort Ciater

Marbella Twin Waterfall Resort Ciater

Beberapa hotel lain juga ada, yakni Lembah Sarimas Resort Hotel Ciater yang ada di Jalan Raya Ciater-Subang, Tea Garden Resort yang ada di Dusun Cigeureung Cicadas, Villa Ranchero 7 Ciater Highland Resort, hingga Pesona Ciater yang ada di Jl. Montana III Subang.

Ada pula Villa De Nata yang juga di Jalan Montana 3, Bungalow White yang ada di Kompleks Ciater Highland Resort, Villa Albadar di Jalan Riung Rangga, hingga Villa Marindu And Glamping yang terletak di Jalan Sariater nomor 29.

Tempat Wisata di Sekitar Pemandian Sari Ater

Bagi kamu menginap di Sari Ater Hotel and Resort dan ingin berlibur di tempat wisata yang ada di dekat sana, kamu bisa ke beberapa lokasi wisata dalam list berikut ini. Pasalnya selain tidak terlalu jauh lokasinya, beberapa objek wisata berikut ini juga dikenal dengan khasiat pemandian air panasnya. Penasaran, kan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Curug Cisalada

Curug Cisalada via Ridwanderful.com

Curug Cisalada via Ridwanderful.com

Lokasi objek wisata pertama yang direkomendasikan untuk objek dekat Sari Ater adalah Curug Cisalada. Curug ini juga ada di kawasan Subang. Cisalada sendiri merupakan kata dari Bahasa Sunda yang bermakna air untuk “Ci” dan tanaman selada untuk “salada”. Entah alasan apa curug ini disebut Cisalada, namun tidak perlu meragukan khasiatnya. Pasalnya pemandian ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk berendam lho.

2. Curug Bedil

Curug Bedil via Sisadoe.wordpress.com

Curug Bedil via Sisadoe.wordpress.com

Selain Cisalada, ada pula Curug Bedil yang ada di Desa Sanca, Subang. Curug yang ada diatas Curung Bentang ini bisa diakses dengan mudah lho. Jaraknya dari Sari Ater juga tidak terlalu jauh.

Tips Liburan ke Pemandian Sari Ater

Setelah informasi tentang penginapan dan objek wisata kamu ketahui, kamu bisa mulai mencari info tentang tips wisata kesana. Ada satu tips liburan ke Sari Ater yang bisa kamu contek demi kelancaran hari-harimu liburan, yakni berkunjunglah kala musim hujan.

Jika pada umumnya berkunjung ke lokasi wisata tidak pada musim hujan, lain halnya dengan wisata ke Sari Ater ini. Pasalnya karena objek wisata ini merupakan pemandian air panas, maka akan sangat nikmat jika dikunjungi kala musim penghujan. Selain bisa membantu kita untuk menghalau dingin disana, berendam kala musim hujan tentu memberi kegembiraan tersendiri.

****

Demikianlah informasi wisata mengenai harga tiket masuk Sari Ater dan beberapa aspek yang mendukungnya, seperti lokasi, rute, daya tarik, hingga tips liburan. Bagaimana? Sudah sangat lengkap informasinya, bukan?

Nah, bagi kamu yang hendak berlibur, kawasan ini memang sangat pas untuk melepas penat. Selain itu, Sari Ater juga merupakan pilihan tepat untuk liburan bersama keluarga, teman, atau orang terdekat.

Selain bisa menyegarkan diri dari berbagai kesibukan sehari-hari, mengunjungi Sari Ater juga bisa mengembalikan kesehatanmu lho. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera ke Sari Ater dan nikmati berbagai kemudahan dan kenyamanan selama berwisata disana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur ya!

Artikel terkait: 35 Tempat Wisata di Subang

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *