Gunung Bagus, Tempat Wisata ala Bukit Teletubies di Gunung Kidul Cocok Untuk Spot Prewedding

Jogja tak henti-hentinya memamerkan objek-objek wisata alamnya. Patut diakui bahwa kota Jogja memang mempunyai potensi alam yang baik di dukung dengan pantai-pantainya yang indah dan tentu juga pegunungannya.

Nggak melulu berkunjung ke malioboro, Keraton atau candi Prambanan saja. Menikmati kota Jogja juga bisa dengan berwisata alam seperti di kawasan Kidul misalnya.

Apa sih yang terbayang dalam pikiran kita ketika mendengar daerah Kidul? Sudah pasti kawasan pantai yang indah dan ciamik sudah ada dalam bayangan bukan? seperti Pantai Siung yang memiliki karang besar berbentuk kera, Pantai Pok Tunggal yang memiliki pasir putih dan tebing-tebing karang yang indah,atau pantai Sundak yang menyimpan begitu banyak legenda yang di yakini oleh penduduk setempat.

Namun jika berkunjung ke Gunung Kidul, tak ada salahnya jika kamu mengunjungi salah satu tempat wisata ini. Bukan pantai melainkan sebuah bukit indah yang bernama Gunung Bagus. Wisata ala bukit teletubies ini selain sebagai tempat untuk melepas penat saat weekend juga bisa digunakan untuk lokasi pemotretan prewedding kamu dan pasangan.

Gunung Bagus adalah sebuah kebun jagung seluas 80 hektar lebih. Sebelumnya, kawasan gunung bagus ini adalah kawasan kebun jati yang kemudian ditebang dan oleh warga sekitar kemudian dimanfaatkan menjadi ladang untuk menanam jagung.

Meski tujuan awalnya bukan untuk destinasi wisata, namun Gunung Bagus sangat viral di media sosial karena pengunjung yang semakin hari semakin ramai mengunjungi kawasan ini untuk sekedar berfoto dan menikmati hamparan perkebunan jagung milik penduduk setempat ini.

Gunung bagus juga disebut-sebut menyerupai kawasan bukit Warinding di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Hamparan tanaman jagung yang berwarna hijau dan tinggi sedada itulah yang membuat gunung bagus kidul ini kemudian menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain menyimpan keindahan yang ciamik, gunung bagus juga menyimpan legenda-legenda yang dipercaya oleh penduduk setempat. Konon diceritakan bahwa pada zaman dahulu Raja Mataram Surakarta yaitu Sri Susuhunan Pakubuwana II memiliki seorang putra bernama Bondan Gejawen. Diceritakan bahwa sang putra raja ini mengidap penyakit cacar yang pada waktu itu penyakit ini dianggap sebagai kutukan atau wabah di sebuah kerajaan. Kondisi ini membuat Bondan Gejawen diharuskan untuk menjauh dari kalangan istana.

Untuk mencegah penyakitnya meluas dan menulari semua orang di istana, Bondan Gejawan pun diasingkan dan kemudian mengembara bersama para pengawal yang diutus bersamanya. Ia mengembara sampai ke gunung Giring atau yang sekarang ini kita kenal sebagai gunung bagus. Di gunung inilah kemudian sang pangeran menyepi dan bertapa agar bisa sehat kembali hingga wafatnya.

Selain makam keramat milik Pangeran Bonda Gejawen, terdapat pula 2 makam keramat yang diyakini adalah makam dari Joko Tarub dan makam Putri nya yaitu Nawangsih. Joko Tarub diceritakan sebagai sosok pemuda yang mencuri selendang dari seorang bidadari bernama Nawangulan dan kemudian menikahinya dan menjadikannya istri.

Lokasi Gunung Bagus

Lokasi gunung kidul terletak di Desa Paliyan Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Atau sekitar 1 jam 22 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalanan ramai lancar.

Jika dari pusat kota Jogjakarta kamu bisa ke arah selatan di Jl. Mataram sejauh 120 meter kemudian belok kiri menuju Jl. Juminahan melewati Hotel Vala. Sekitar 3.2km, lalu belok kiri ke Jl. Kusuma Negara sejauh 750 meter. Dari Jl. Kusumanegara, kemudian belok kanan ke Jl. Gedongkuning kira-kira 950 meter, belok kiri ke arah Jl. Wonosari sejauh 15km. Menuju Jl. Nasional III  lalu belok kanan ke jl. Kyai Legi, belok kanan ke jl. Ki Ageng Giring hingga sampai ke kawasan Pesarean gunung bagus.

Jika kamu kesulitan menemukan lokasinya, bisa juga menggunakan bantuan Google Maps atau bertanya kepada masyarakat sekitar.

Tiket Masuk

Karena kawasan ini sebenarnya bukan destinasi wisata, jadi lokasi gunung bagus belum dipungut biaya apapun. Hemat bukan? Pengunjung cukup membayar uang parkir dan juga karena itu adalah kawasan perkebunan yang dimiliki oleh penduduk setempat, maka pengunjung wajib untuk menjaga kebersihan serta tidak merusak tanaman para warga.

Fasilitas

Sejauh ini pemerintah atau penduduk setempat belum menyediakan fasilitas tertentu di kawasan ini. Warung-warung kecil pun cukup jauh dari lokasi. Jadi buat kamu yang akan berkunjung kesini, ada baiknya membawa persediaan makanan atau minuman dari rumah sendiri. Bahkan lebih asyik karena serasa sedang piknik di bukit teletubies. Tapi ingat ya jaga kebersihan dan tidak membuang sampah makananmu di sembarang tempat.

Tempat wisata yang berdekatan

Tempat wisata lain yang berdekatan dengan kawasan ini adalah Goa Pindul di Wonosari yang berjarak 20km dari kawasan Gunung Bagus, atau bisa ditempuh selama 34 menit jika kondisi jalanan ramai lancar. Lalu ada pemakaman Pesarean Ki Ageng Giring 3 yang hanya berjarak 3,7km atau bisa di tempuh selama 6 menit saja jika menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalanan lancar dan tidak macet.

Nah itu dia tempat wisata baru yang bisa kamu jadikan alternatif jika ingin refreshing atau juga sedang mencari spot menarik untuk lokasi pemotretan prewedding kamu yang tentunya anti mainstream.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *