Gudeg Yu Djum! Gudeg Paling Legendaris di Jogja!

Liburan ke Jogja belum afdol rasanya kalau gak dilengkapi dengan acara wisata kuliner! Mulai dari nyobain kuliner Jogja yang legendaris, nongkrong di cafe kekinian, nyicipin dessert lucu, sampai ngopi sambil menikmati senja. Pokoknya kulineran di Jogja lengkap banget, deh! Nah, dari sekian banyak yang kuliner lezat, ada satu nih kuliner yang gak boleh kamu lewatkan pas liburan di Jogja! Yaitu Gudeg, lebih spesifiknya Gudeg Yu Djum! Kira-kira seperti apa sih rasa dan cerita dibalik gudeg yang katanya paling enak di Jogja ini? Yuk, langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

Sejarah Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum pertama kali didirikan pada tahun 1951 oleh seorang wanita bernama Djuwariyah. Beliau lahir dan dibesarkan keluarga yang dari dulu sudah memiliki bisnis kuliner khas Jogja. Jadi gak heran, semenjak remaja, beliau memiliki cita-cita membuka restoran sendiri, khususnya masakan gudeg.

Seiring berjalannya waktu, setelah kerja keras dan kegigihan, Djuwariyah akhirnya membuka kedai Gudeg Yu Djum di Kampung Widjilan. Nah, ada kisah menarik, lho di balik nama  `Yu Djum`. “Yu” merupakan singkatan dari panggilan akrab bahasa Jawa ‘mbakyu’ dan “Djum” adalah singkatan nama Djuwariyah. Dari situlah nama “ Gudeg Yu Djum” muncul. 

Menu Gudeg Yu Djum

Sebenernya gudeg tuh, apa sih? Gudeg adalah makanan khas Jogja, yang terbuat dari nangka muda dan santan. Kedua bahan ini dimasak selama berjam-jam, beserta rempah-rempah lain seperti bawang merah, kemiri, gula aren, cabai, bawang putih, dan sebagainya. Dimasak menggunakan kompor kayu bakar dan resep yang sama dari tahun 1951, Gudeg Yu Djum mempunyai cita rasa yang istimewa dan beda dari gudeg yang lainnya.

Selain cara memasak dan resep yang sama, kedai gudeg ini juga menggunakan bahan-bahan pilihan untuk gudeg dan masakan pelengkapnya, lho! Konon, nangka muda untuk membuat gudeg Yu Djum, didatangkan khusus dari daerah Prembun Kabupaten Kebumen. Gak hanya itu, kedai ini juga hanya menggunakan ayam dan bebek kampung untuk masakannya. Alasannya, karena katanya ayam dan bebek kampung memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan telur  biasa. Wuih, menarik banget, ya!

Nah, kalau kamu memesan satu porsi gudeg yang lengkap. Kamu akan mendapatkan nasi, gudeg, krecek, telur, dan ayam opor. Kamu juga bisa memilih gudeg dengan pelengkap lain seperti tahu, tempe, ati ampela, atau telur dadar.  Apapun seleramu, di kedai ini ada!

 Kuliner Legendaris kebangaan Jogja

Karena Jogja terkenal dengan bakpia, gudeg, dan kopi klathak, gak heran dong semua orang mencari hidangan gudeg legendaris ini. Apalagi ketika musim liburan, tempat ini akan ramai pengunjung yang penasaran dengan kelezatannya. Saking terkenal dan larisnya, sekarang gudeg ini sudah memiliki tujuh cabang di Jogja, lho! Gak hanya itu, banyak tokoh selebriti dan politikus yang menyukai hidangan ini!

Gimana, jadi penasaran pengin nyoba, kan? Ayo buruan rencanakan liburanmu ke Jogja sekarang! Booking kamar dan tiket pesawat melalui Airy sekarang, biar bisa langsung pergi liburan! Caranya tinggal download dan install aplikasi Airy di Google Play Store atau App Store, kok! Mau liburan murah? Buruan follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms! Ada banyak informasi promo seru, yang sayang banget kalau kamu lewatin!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *