Gak Perlu Bingung Cari Kuliner Semarang, Ini 60+ Pilihannya untukmu!

kuliner semarang

Liburan ke Semarang jangan dibikin pusing! Persiapan liburan nanti bisa makin praktis, asal kamu percayakan bersama Airy. Mulai dari kamar hotel hingga transportasi, atur bersama Airy supaya liburanmu jadi makin hemat. Gak hanya transportasi dan akomodasi, Airy juga mau bikin persiapan jalan-jalanmu makin praktis lagi, karena Airy sudah siapkan pilihan kuliner Semarang untukmu. Siap-siap dibikin ngiler, ini 60+ rekomendasi kuliner Semarang untukmu!

Cendol Queen Elizabeth

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/songofmarch

Coba yang suka minuman tradisional tunjuk jarinya! Semarang punya minuman khas Indonesia yang dikemas kekinian. Namanya Cendol Queen Elizabeth. Selain praktis dan bisa ditemukan di mall, cendol ini sehat, lho. Dibuat dari daun suji organik, tanpa santan, rendah lemak, dan menggunakan gula aren asli. Manisnya alami sealami senyuman si dia!

Alamat Cendol Queen Elizabeth: Paragon Mall Semarang Lantai 3 

Sowak Sop Iwak

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/semarangfoodgram

Liburan gak selamanya harus mahal! Kamu tetap bisa ngirit anggaran, asalkan kamu memilih akomodasi yang hemat dan nyaman seperti di Kamar Airy Semarang. Lalu, untuk kulineran, kuliner Semarang satu ini cocok untukmu! Di Sowak Sop Iwak, kamu bisa memesan berbagai menu yang harganya sesuai kantong mahasiswa. Salah satu menu yang Airy rekomondasikan untukmu adalah Mie Tulang. Rasanya juara!

Alamat Sowak Sop Iwak: Jl. Banjarsari Selatan No.18, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang  

Kith and Kin

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/semarangfoodgram

Liburan ke Semarang, kamu juga harus cobain western food ala Kota Pahlawan ini! Di Kith and Kin, kamu bisa memesan berbagai kuliner Barat yang halal dan tanpa MSG. bisa bebas makan, tanpa takut tubuhmu terkontaminasi micin berlebihan! Harganya juga terjangkau. Seporsi Spaghetti Bolognese ini harganya Rp39.000.

Alamat Kith and Kin: Jl Karangsari 3 No 107 Semarang

STEAK.CO Coffee & Grilled

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan 

Nikmati kuliner super fancy di Semarang ini. Dagingnya segar dan ukurannya jumbo! Kalau berkunjung ke sini, pastikan perutmu lagi kosong, supaya kamu bisa menikmati pesananmu sampai habis. Bayangkan seporsi Steak Aussy Striploin disajikan dengan mashed potato, bayam yang creamy banget, lalu di atasnya dituang mushroom sauce. Nimat banget!

Alamat STEAK.CO Coffee & Grilled: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.8, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang  

Susu Sedunia

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Mau hilangkan dahaga dengan minuman segar? Wajib cobain Susu Sedunia! Gak cuman segar, minuman satu ini enak, sehat, dan harganya terjangkau. Berbahan dasar susu sapi murni, mereka menyediakan berbagai varian rasa untukmu. Ada Kitkat Greentea, Regal, Taro, dan masih banyak pilihan lainnya!

Alamat Susu Sedunia: Jl. Tlogosari Raya II No.50, Muktiharjo Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50197

Joie – Roti Sobek

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/joie.patiserrie

Menurut akun Instagram @omndutsukamakan, roti sobek si Joie punya tekstur selembut kapas! Rasa butter-nya juga maksimal banget. Punya rasa yang senikmat ini, pantas saja roti ini jadi ngehits di Kota Semarang. Jadi saat berkunjung ke kota ini, jangan sampai ketinggalan, kamu harus cobain roti sobek ini, ya!

Alamat Joie – Roti Sobek: Dipesan melalui Whatsapp atau Line Joie Roti Sobek  

Bubble Q Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Ini dia minuman segar ala Taiwan! Untuk menikmati segelas Bubble Q, kamu cuma perlu merogoh kocek Rp13.000 atau Rp15.000 kalau mau ditambah susu. Pilihan topping-nya juga banyak banget, lho. Ada pearl, grass jelly, coffee jelly, dan masih banyak lagi. Meskipun rasanya manis, kamu gak perlu khawatir, karena gulanya menggunakan brown sugar. Kekinian dan sehat!

Alamat Bubble Q Semarang: Jl Jati Raya C no 15A Banyumanik Semarang  

Cincau Hijau Khas Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Kalau minuman yang satu ini, asli Semarang banget. Cincau Hijau Khas Semarang dibuat dari daun alami, tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Pengolahannya juga higienis banget dengan daun pilihan. Pantas saja rasanya nikmat dan bikin ketagihan. Liburan ke Semarang nanti jangan lupa mampir ke sini! 

Alamat Cincau Hijau Khas Semarang: JL Batan Selatan, No.24, Semarang 

HA-HA Vegetarian Resto

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Nikmati kuliner Semarang serba vegetarian di HA-HA Vegetarian Resto. Yang membuat restoran satu ini unik adalah, semua makanan di sini terbuat dari olahan sayur, meskipun bentuknya menyerupai daging. Kalau makan ke resto ini, yang kurang doyan sayur jadi bakal suka, deh!

Alamat HA-HA Vegetarian Resto: Jl. Seteran Serut, No.364, semarang

Kang Tjahyo-Dimsum.co

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Ini di surganya dimsum! Di Kang Tjahyo-Dimsum.co ini, tersedia berbagai pilihan dimsum yang gurih, lezat, dan bikin ketagihan banget! Selain dimsum, sesuai namanya, resto ini juga punya berbagai menu penyetan. Ayam penyet, bebek, serta ikan, semuanya bisa kamu pilih sesuai selera.

Alamat Kang Tjahyo-Dimsum.co: Jl. Kompol Maksum, No.233, Semarang 

Warung Penang

wisata kuliner semarang
Credit: Instagram.com/warungpenang

Kalau biasanya cendol dihidangkan dengan kuah dari gula aren, di Warung Penang, kamu bisa menemukan Es Kopi Cendol. Paduan isinya seperti cendol pada umumnya lengkap dengan es batu serta nangka. Tapi yang bikin minuman satu ini jadi unik adalah karena dipadukan dengan kopi dingin. Ternyata rasanya lezat dan menyatu di tenggorokan! 

Alamat Warung Penang: Jl. Singosari Raya 71, Semarang

SI8LINGS Semarang

wisata kuliner semarang
Credit: Instagram.com/siblings.smg

Nikmati segelas kopi dengan latte art kecil mungil ini. Meskipun ukurannya cuman setelapak tangan orang dewasa, yakin deh, kerinduanmu akan kopi nikmat bakal terbayarkan di SI8LINGS Semarang ini. Kopinya strong ditambah interiornya yang kece abis, sambil nongkrong bisa sekalian foto-foto deh.

Alamat SI8LINGS Semarang: Jl. purwosari raya no 63 semarang

Lombok Idjo Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Kalau kuliner Semarang satu ini, katanya sih “tempat makan semoe kalangan”. Kok bisa? Punya menu yang lengkap banget, makanan di sini harganya terjangkau banget. Kalau kamu ke sini, cobain sop buntut iga dan nila goreng ini, ya. Untuk minumannya, jangan lupa pesan es kelapa muda yang seger banget.

Alamat Lombok Idjo Semarang: Jl. Gajahmada No.158, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Karuna Vegetarian Resto

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Saat kulineran di Semarang, kamu tetap bisa menjaga kesehatan tubuhmu. Di Karuna Vegetarian Resto, sesuai dengan namanya, kamu bisa menyantap berbagai hidangan lezat dan sehat. Semua menu dimasak tanpa MSG, bawang, dan semuanya halal. Jadi, kamu gak perlu  ragu untuk melahap porsi besar di sini. 

Aamat Karuna Vegetarian Resto: Jl. Depok No.47, Semarang

Nasi Kulit Syuurga Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/keluarmakan 

Hei! Jangan ngiler dulu. Di bawah masih banyak banget kuliner-kuliner lezat yang wajib kamu cicipi saat main ke Surabaya. Kalau kuliner satu ini namanya Nasi Kulit Syuurga. Seporsi nasinya dilengkapi dengan ayam goreng, kulit goreng yang melimpah, sambal, serta serundeng. Disantap saat masih hangat, wah, rasanya makin maknyus

Alamat Nasi Kulit Syuurga Semarang: Jl. Gajahmada No.70, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Kopi Loka Lima 

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/omndutsukamakan

Paduan kopi plus donat itu memang klop banget, ya. Untuk mencicipi keduanya, langusng mampir aja ke Kopi Loka Lima. Salah satu menu yang Airy rekomendasikan untukmu adalah kopi rhum regal dipadukan dengan dota regal. Rasanya nyambung banget untuk dicicipi bersamaan. 

Alamat Kopi Loka Lima: Jl. Ariloka Raya No 5, Semarang  

Asinan Mevvah

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/semarangfoodgram

Setelah keliling-keliling Semarang, kamu perlu cobain asinan yang gak biasa ini. Di Asinan Mevvah, mereka menyediakan berbagai paduan buah-buahan yang mewah abis! Kalau biasanya asinan menggunakan buah lokal sebagai bahan dasarnya, asian ini memilih buah premium seperti apel, anggur, kiwi, dan lain sebagainya.

Alamat Asinan Mevvah: Pesan online melalui media sosial Instagram.com/asinanmevvahsmg

Sushi Q Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/sushiq_id

Pecinta sushi, ayo sini mampir ke Sushi Q Semarang! Di sini tersedia sushi yang dihidangkan dengan tangga mungil. Jadi selain menikmati kelezatannya, kamu juga bisa menikmati suasana yang berbeda saat menyantap hidangan khas Jepang ini. Siapkan perut kosong, karena makan di sini gak cukup cuman beberapa potong sushi saja!

Alamat Sushi Q Semarang: Jl. Sisingamangaraja no 43 semarang

INN Cafe & Resto Rinjani

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/ygreat

Waktunya cicipi sate taichan yang gurih banget! Di INN Cafe & Resto Rinjani ini, kamu bisa memesan sate taichan lengkap dengan mozzarella yang meleleh di atasnya. Gak lupa, ada juga sambal sebagai cocolannya supaya menyantap kuliner Surabaya satu ini makin mantap. Tambahkan taburan bawang goreng, makin top banget, deh.

Alamat INN Cafe & Resto Rinjani: Jl. Rinjani, No.10D, Semarang 

Ming Yuan Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/the_mingyuan

Cobain Chinese food di Semarang, yuk! Salah satu yang perlu kamu coba adalah Ming Yuan. di sini, berbagai hidangan disajikan dengan sangat profesional. Tempatnya juga fancy banget. Pastinya kamu, keluarga, teman-teman, atau pasangan bakalan betah berlama-lama nongkrong dan menikmati quality time di tempat ini!

Alamat Ming Yuan Semarang: Jl. Gajahmada, Pekunden, Central Semarang, Semarang

Xosuki Semarang

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/xosukisemarang

Bikin tubuh jadi hangat, cobain rebus-rebusan di Xosuki Semarang. Pilihan kuahnya ada banyak. Ada ayam original, ayam kolagen, tom yum, dan lain-lain. Cocok banget jadi pilihan untuk tempat makan bersama keluarga. Jadikan liburan di Semarang makin hangat, nanti ajak keluargamu ke sini, ya!

Alamat Xosuki Semarang: Jl. S. Parman, No. 76, Semarang

Tahu Gimbal Supeno

kuliner semarang
Credit: travelingyuk.com

Pergi ke Semarang jangan lupa untuk cobain Tahu Gimbal. Hidangan khas Semarang ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal. Tenang, gimbal ini bukan rambut, tapi potongan udang yang digoreng dengan tepung. Rasanya gurih, manis, dan ada rasa pedas. Harganya juga terjangkau, satu porsi tahu gimbal dijual sekitar Rp10.000. Murah meriah!

Alamat Tahu Gimbal Supeno: Jl. Menteri Supeno No. 2, Semarang 

Asem-asem Koh Liem 

kuliner semarang
Credit: instagram.com/irwantan

Ada yang tau hidangan asem-asem? Kuliner ini terdiri dari potongan daging berukuran dadu, lalu dicampur dengan potongan sayuran dan kuah asam segar. Asem-asem Koh Liem terkenal enak banget. Kalau disantap dengan nasi panas, rasanya makin mantap! Selain asem-asem, kamu juga bisa cobain lontong cap gomeh, kikil lombok ijo, atau bandeng sarden. Kalau ke Semarang, jangan lupa mampir, ya!

Alamat Asem-asem Koh Liem: Jl. Karang Anyar No.28- C4, Gabahan, Semarang

Soto Bangkong

kuliner semarang
Credit: instagram.com/wennyhendarto

Kalau lagi hujan di Semarang makan soto enak kali, ya? Salah satu soto yang bisa kamu coba ada Soto Bangkong. Kuliner Semarang ini terdiri dari bihun, suwiran daging ayam, irisan tomat, toge, taburan bawang putih dan bawang merah. Ciri khas hidangan ini ada di kuahnya yang bening kecoklatan, rasanya gurih manis karena ada campuran kecapnya. Kalau makan soto bangkong harus dinikmati bersama nasi panas dan pelengkap seperti sate kerang, sate telur, tempe goreng, tahu, atau perkedel.

Alamat Soto Bangkong: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Semarang

Restoran Pesta Keboen

kuliner semarang
Credit: semarangarea.com

Interior dan bentuk restoran ini unik banget karena mengambil konsep klasik. Lokasinya juga luas, kamu bisa pilih duduk di area indoor atau outdoor. Menu makanannya terdiri dari campuran hidangan khas Indonesia seperti nasi uduk, ayam kalasan, nasi timbel, gudeg, salad, gado-gado, dan masih banyak lagi. Yang paling unik, semua menu makanannya ditulis menggunakan ejaan Bahasa Indonesia lama, lho. Jadi, seperti balik ke zaman dulu, nih!

Alamat Restoran Pesta Keboen: Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang

Mie Kopyok Pak Dhuwur

kuliner semarang
Credit: ranselperi.com

Ada yang menyebut mie kopyok, ada juga yang bilang mie lontong. Apapun itu, kuliner ini rasanya lezat banget. Hidangan ini berisikan mie kuning dengan irisan tetelan daging, tahu, lontong, tauge, lalu disiram dengan kuah yang sudah diberi bawang putih. Jangan lupa pakai kerupuk gendar, biar makin renyah. Harganya juga murah, seporsinya dijual dengan harga Rp7.000. Murah meriah!

Alamat Mie Kopyok Pak Dhuwur: Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang  

Nasi Gandul Pak Memed

Credit: ksmtour.com

Hidangan ini simpel, isinya ada nasi yang disajikan dengan daging sapi dan jeroan, lalu disiram kuah kaldu dan santan encer. Kalau dilihat mirip dengan gulai atau semur, tapi cita rasanya beda, lebih segar karena kuahnya lebih encer. Nasi gandul paling enak disantap dengan gorengan seperti tempe atau tahu goreng. Jangan lupa jeruk nipis dan sambalnya ya, biar makin mantap!

Alamat Nasi Gandul: Jl. Sumbing No. 12, Bendungan, Gajahmungkur, Semarang

Wedang Tahu Cap Kaw King

kuliner semarang
Credit: instagram.com/belangaindonesia

Mau cari kuliner yang hangat-hangat? Kamu harus cobain wedang tahu di Wedangan Cap Kaw King. Wedang tahu dibuat dari susu kedelai yang dicampur dengan bubuk agar-agar sampai akhirnya jadi kembang tahu. Kuahnya terbuat dari jahe, gula merah, gula putih, dan beberapa rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Ketika disantap, nikmat banget untuk menghangatkan badan. Kuliner malam makin hangat dengan wedang tahu!

Alamat Wedang Cap Kaw King: Jl. Sedane, Bugangan, Semarang Timur, Semarang

Bakso Kakap Pak Wahid

kuliner semarang
Credit: instagram.com/donut.think

Kalau menyantap bakso ikan mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau pakai ikan kakap? Langsung aja cobain di Bakso Kakap Pak Wahid. Semua bakso yang dibuat menggunakan daging kakap. Porsinya juga banyak, dalam satu porsi kamu bakal mendapatkan tiga bakso kakap, tiga bakso kakap goreng, dan satu bakso tahu. Rasanya juga gak kalah enak dari bakso sapi. Dijamin puas!

Alamat Bakso Kakap Pak Wahid: Jl. Gergaji Pelem, Semarang

Nasi Ayam Bu Wido

wisata kuliner semarang
Credit: instagram.com/by_fanie08

Nasi ayam di Semarang isinya bukan cuma nasi dan ayam aja. Kamu bakal disajikan nasi gurih, suwiran daging ayam, sambal goreng labu, krecek, tahu bacem, dan telur pindang. Semua racikan itu disiram dengan kuah santan kuning yang gurih. Isinya komplit, cocok banget buat makan siang. Jangan lupa pakai sate jeroan, ya!

Alamat Nasi Ayam Bu Wido: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang

Mangut Welut Bu Nasima

kuliner semarang
Credit: instagram.com/firtahapsariapsari

Buat kamu yang suka makan pedes, kamu wajib cobain mangut belut di sini. Kuliner Semarang ini ramai karena banyak yang penasaran dengan sensasi pedas dari mangut welut. Selain itu, harganya juga murah banget. Satu porsi mangut welut bisa kamu nikmati dengan harga Rp10.000 aja. Kamu juga bisa cobain menu lain seperti mujair goreng, bandeng, lele, atau kepala manyu. 

Alamat Mangut Welut Bu Nasima: Jl. Menoreh Raya No.10B, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang

Nasi Kucing Pak Gik

kuliner semarang
Credit: daftartempatwisatadunia.web.id

Sudah malam tapi kamu masih lapar? Gak usah bingung, langsung aja ke Nasi Kucing Pak Gik. Kuliner Semarang ini terkenal karena jam bukanya selalu tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB. Di sini kamu bisa menikmati aneka jajanan seperti gorengan, mendoan, pangsit, tahu petis, sate bakso nasi kucing, nasi babat telur, nasi gurih, atau ketan kering. Harganya juga murah banget, semua makanan harganya sekitar Rp5.000 aja. Pilihan pas banget buat kuliner malam!

Alamat Nasi Kucing Pak Gik: Jl. Inspeksi, Sekayu, Semarang

Angkringan Gaul Ampiran 3

kuliner semarang
Credit: pandukusuma23.wordpress.com

Ini dia, tempat nongkrong yang lagi ramai dikunjungi anak-anak muda di Semarang. Angkringan Gaul Ampiran 3 menyajikan menu makanan yang tidak jauh berbeda dari angkringan biasa. Di sini menjual aneka sate, gorengan, nasi kucing, minuman segar, atau baceman. Yang membedakan adalah konsep angkringannya seperti seperti tempat nongkrong anak muda. Tempat ini juga menyediakan akses WiFi dan pertunjukan live music. Makin betah nongkrong di sini!

Alamat Angkringan Gaul Ampiran 3: Jl. Durian Raya No.29C, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Semarang

Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum

kuliner semarang
Credit: instagram.com/bapake_petra

Wisata kuliner Semarang ini buka mulai sore hingga malam hari. Warung ini menyediakan berbagai makanan seperti nasi gudeg, lontong opor, babat goreng, nasi opor, atau ayam goreng. Kalau ke sini, kamu harus cobain nasi koyor. Koyor (otot sapi) dimasak dengan sambal goreng lalu dicampur dengan kuah gurih. Disajikan dengan nasi panas dan segelas teh hangat. Hmm, sedap banget! 

Alamat Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum: Jl. MT Haryono, Wonodri, Semarang

Nasi Goreng Babat Pak Hengky

kuliner semarang
Credit: travelingyuk.com

Salah satu nasi goreng babat yang terkenal di Semarang ada di Nasi Goreng Babat Pak Hengky. Di sini kamu bisa pesan dua jenis nasi goreng. Ada yang rasa manis dan ada yang lebih gurih. Selain itu menu yang terkenal di sini adalah paru goreng. Teksturnya renyah banget, cocok buat dimakan dengan nasi goreng. 

Alamat Nasi Goreng Babat Pak Hengky: Jl. Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Semarang

Gudeg Abimanyu

kuliner semarang
Credit: instagram.com/ny.rempong

Kalau biasanya gudeg punya cita rasa manis, Gudeg Abimanyu punya rasa berbeda karena lebih mengedepankan sensasi pedas. Hidangan ini disajikan dengan daun singkong, sayur kol, krecek pedas, telur pindang, koyor, opor ayam, serundeng basah, areh kental, dan sambal udang. Harganya juga murah, seporsi dijual dengan harga Rp10.000. Dijamin kenyang dan hemat! 

Alamat Gudeg Abimanyu: Jl. Abimanyu VII No. 6, Semarang

Soto Pak No

kuliner semarang
Credit: jateng.tribunnews.com

Soto Pak No punya cita rasa khas yang berbeda dari soto lainnya. Kuliner Semarang ini menggunakan racikan spesial yang terbuat dari rempah-rempah tradisional. Kuahnya jadi lebih segar dan nikmat. Kamu juga bisa menikmati aneka sate seperti sate kerang, sate telur, sate jeroan, atau sate daging ayam. Satu mangkok dijual dengan harga Rp4.000 aja. Wajib nambah!

Alamat Soto Pak No: Jl. MH. Thamrin No. 28, Semarang

Bakso Doa Ibu

kuliner semarang
Credit: instagram.com/ny.rempong

Penggemar bakso wajib ke sini! Bakso Doa Ibu selalu jadi destinasi favorit wisatawan yang mau mencari bakso. Hidangan ini punya rasa spesial karena menggunakan daging sapi asli. Kaldunya juga diracik dengan kaldu sapi yang gurih. Belum lagi kalau kamu mencicipi iso dan babat. Rasanya akan jadi lebih lezat! 

Alamat Bakso Doa Ibu: Jl. Sompok Baru No.57, Peterongan, Semarang

Mie Ayam Ceker & Balungan Bu Sum

kuliner semarang
Credit: dimanaja.com

Kuliner Semarang ini menyajikan mie ayam yang berbeda dengan mie lainnya. Kalau biasanya dihidangkan dengan suwiran atau potongan daging ayam, mie ayam ceker disajikan dengan ceker ayam dan balungan (tulang ayam). Cekernya empuk banget, rasa dagingnya juga gurih karena dimasak dengan bumbu khusus. Satu porsi mie ayam sudah termasuk lima buah ceker ayam. Hmm, puas banget, ya!

Alamat Mie Ayam Ceker & Balungan Bu Sum: Jl. Patiunus VII No.8, Pandean Lamper, Kec. Gayamsari, Semarang

Nasi Kebuli Pak Djawas

kuliner semarang
Credit: anekawisata.com

Mau cari kuliner khas Arab di Semarang? Nasi Kebuli Pak Djawas punya banyak pilihan menu makanan seperti nasi kebuli atau nasi biryani. Rumah makan ini punya banyak pelanggan karena cita rasa nasi kebulinya gurih dan potongan daging kambingnya empuk. Kamu juga bisa mencicipi hidangan lainnya seperti nasi bukhari ayam, kambing guling, atau iga bakar. 

Alamat Nasi Kebuli Pak Djawas: Jl. Gatot Subroto No.102, Cirebonan, Bandarjo, Kec. Ungaran Barat, Semarang

Ayam Goreng Lombok Ijo

wisata kuliner semarang
Credit: kulinerkuliner1.blogspot.com

Penggemar ayam goreng wajib cobain hidangan di Ayam Goreng Lombok Ijo. Di sini hidanganya lengkap banget. Ada ayam goreng/bakar, kepala ayam goreng, empal penyet sambal terasi, tahu/tempe goreng, sambal terasi, sambal bawang, sayur bening, balado terong,  sampai sayur asem. Sambal ijonya juga juara banget! Pedasnya cocok banget disantap dengan ayam goreng dan nasi panas. Komplit!

Alamat Ayam Goreng Lombok Ijo: Jl. Gajahmada No.158, Brumbungan, Semarang 

Lumpia Gang Lombok

kuliner semarang
Credit: albertna.com

Kulineran ke Semarang kurang lengkap rasanya kalau gak nyobain kelezatan lumpia! Mau yang paling legendaris? Ya, Lumpia Gang Lombok! Konon, kedai lumpia ini adalah kedai lumpia yang paling tua di Semarang. Di sini, kamu bisa menemukan dua jenis lumpia yang klasik, Yaitu ayam dan udang. Meskipun sudah terkenal, kedai lumpia ini masih menggunakan cara tradisional untuk membuatnya, lho. Ini dilakukan supaya rasanya tetap sama dan khas! Wah, menarik banget, ya!

Alamat Lumpia Gang Lombok: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137

Mie Siang Kie

kuliner semarang
Credit: travelingyuk.com

Para pecinta bakmi yang lagi kulineran di Semarang, jangan melewatkan kesempatan buat nyobain Mie Siang Kie. Kedai mie ini adalah salah satu yang legendaris dan wajib dicoba. Tekstur mienya kenyal, pangsit gorengnya renyah, dan bakwan udang campurnya pun juga sangat lezat. Dijamin, kamu bakal nagih dan pengin nambah!

Alamat Mie Siang Kie: Gg. Lombok No.10, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50188

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

kuliner semarang
Credit: phinemo.com

Dari sekian banyak pilihan kedai gulai kambing di Semarang, yang paling terfavorit ya kedai Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar! Sudah berdiri semenjak tahun 1969, gulai kambing di tempat ini terkenal sangat lezat. Uniknya, kuah gulai kambing di tempat ini menggunakan serundeng. Sehingga rasanya lebih gurih dan nendang! Penasaran nyoba kuliner Semarang yang satu ini? Yuk, pas liburan ke Semarang nanti ajak keluargamu ke sini.

Alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar: Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174 

Kampung Laut

kuliner semarang
Credit: kuliner-kotasemarang.blogspot.com

Liburan ke Semarang nanti, ajak teman se-gengmu makan-makan di Kampung Laut, yuk! Asyiknya, di Kampung Laut kamu makan sambil ditemani pemandangan danau yang indah. Supaya bisa menikmati pemandangan danau dengan maksimal dan nyaman, kamu bisa memilih duduk di saung-saung atau meja biasa. Pilihan menu yang disajikan di tempat ini juga lengkap, lho! Ada masakan khas nusantara seperti ayam bakar dan ada juga masakan western seperti Chicken Maryland. Duduk-duduk santai di sini sambil menikmati suasana, bisa jadi pilihan aktivitas weekend yang menyenangkan.

Alamat Kampung Laut: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jalan Anjasmoro Raya, Semarang Barat, Tawangsari, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144

Waroeng Semawis

kuliner semarang
Credit: iklantravel.com

Ini dia surganya kuliner Semarang! Mampir ke sini, kamu bisa menemukan berbagai macam kuliner Semarang yang murah meriah dan lezat. Mulai dari bubur, nasi pindang, soto sapi, nasi ayam, nasi goreng babat, sate sapi pak kempleng, dan babat gongso pun, bisa kamu temukan di warung ini. Kalau kamu mau tempat kulineran yang lengkap dan murah meriah, mampir ke tempat ini aja!

Alamat Waroeng Semawis: Kranggan, Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139 

Es Puter Cong Lik

wisata kuliner semarang
Credit: hp4jateng.wordpress.com

Kalau biasanya makan es pas siang-siang, Es Puter Cong Lik cuma bisa kamu nikmati pas malam hari. Kedai es ini adalah salah satu kuliner Semarang yang paling terkenal. Di kedai ini ada es puter rasa cokelat, alpukat, durian, atau kelapa. Per porsinya, kamu akan mendapatkan dua buah irisan roti, biji mutiara, kelapa, gula, dan santan. Kalau penasaran pengin nyoba, kedai ini bisa kamu temukan di tiga tempat di Semarang, lho! 

Alamat Es Puter Cong Lik: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241 

Bakmi Jawa Pak Gareng

kuliner semarang
Credit: indonesiasand.blogspot.co.id

Penasaran pengin nyobain lezatnya bakmi jawa yang autentik? Mampir aja ke kedai Bakmi Jawa Pak Gareng. Meskipun kedainya sederhana, tempat ini selalu penuh dengan pengunjung yang penasaran pengin mencoba kelezatan mienya. Porsinya pas bikin kenyang dan harganya pun murah meriah. Pokoknya, kalau kamu kulineran di Semarang, kamu harus mengunjungi tempat ini, deh!

Alamat Bakmi Jawa Pak Gareng: Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

Leker Paimo

kuliner semarang
Credit: travelingyuk.com

Sudah pernah nyobain leker belum? Kalau belum, pas liburan ke Semarang nanti, jangan lupa mampir ke Leker Paimo, ya! Buat yang belum tahu, leker adalah sejenis makanan seperti martabak tetapi ukurannya lebih kecil dan cara membuatnya lebih sederhana. Di kedai Leker Paimo, kamu bisa memilih dua tipe leker,  yaitu leker manis dan gurih. Kalau mau yang gurih, kamu bisa pesan leker rasa keju mozarella, leker telur sosis, atau tuna. 

Buat yang sweet tooth, kamu bisa nyobain leker rasa karamel, coklat, atau susu putih! Terdengar lezat-lezat, kan? Mampir ke sini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang pengin jajan camilan khas pas lagi liburan di Semarang!

Alamat Leker Paimo: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

Babat Gongso Pak Karmin

kuliner semarang
Credit: travelingyuk.com

Nyobain Babat Gongso Pak Karmin, yuk! Kuliner Semarang yang satu ini wajib banget kamu masukkan ke daftar tempat kuliner yang harus kamu coba di Semarang. Bayangkan, lezatnya babat dengan rempah yang begitu terasa, ditemani dengan nasi goreng dan telur dadar! Duh, hidangan ini dijamin bakalan membuatmu kenyang dan puas!

Alamat Babat Gongso Pak Karmin: Jl. Kp. Sleko No.Kel, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50175 

Koenokoeni Cafe Gallery

kuliner semarang
Credit: adeknakemal.blogspot.com

Ini dia salah satu tempat nongkrong asyik di Semarang! Masuk ke Koenokoeni Cafe Gallery, kamu akan disambut dengan suasana tempo dulu yang begitu kental. Selain itu, pemandangan kota Semarang dari restoran ini juga indah banget, lho. Di sini, kamu bisa memilih dua macam menu, yaitu masakan western dan masakan khas nusantara. Kamu gak perlu khawatir mau memilih yang mana, karena dua-duanya sama-sama lezat! Kalau kamu butuh tempat baru buat hangout bareng teman, Koenokoeni Cafe Gallery bisa jadi pilihan, nih!

Alamat Koenokoeni Cafe Gallery: Jl.Tabanan No.4, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614

Toko Oen

kuliner semarang
Credit: nunoorange.com

Tempatnya bernostalgia! Konon Toko Oen adalah salah satu toko makanan manis paling legendaris di Semarang. Tempatnya masih antik banget! Bikin betah dan terpana. Uniknya, semua camilan yang dijual di tempat ini, di taruh di dalam toples yang bentuknya klasik banget. Menu spesial di Toko Oen adalah pilihan es krim, pastries, dan makanan manisnya lainnya. Penasaran? Yuk, langsung aja mampir ke tempat ini!

Alamat Toko Oen: Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138

Soto Kudus Mbak Lin

kuliner semarang
Credit: Instagram.com/semarangfoodhunter

Merapat ke Soto Kudus Mbak Lin, buat kamu yang butuh makanan hangat. Dari sekian banyak Soto Kudus yang akan kamu temukan di Semarang, yang paling legendaris dan jadi favorit adalah Soto Kudus Mbak Lin. Mampir ke sini, kamu gak perlu nunggu lama untuk mendapatkan satu porsi soto yang terlihat begitu menggoda. Untuk kamu yang belum tahu, biasanya, satu porsi Soto Kudus berisikan lontong, tauge, kuah soto, potongan ayam, dan taburan seledri serta bawang goreng. Sebagai pelengkap, Soto Kudus juga semakin lezat dengan tambahan sate paru, perkedel, tempe goreng, sate kerang, atau sate telur puyuh. Terdengar sangat lezat, kan?

Alamat Soto Kudus Mbak Lin: Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241 

Kedai Kahatkene

kuliner semarang
Credit: instagram.com/semarangfoodhunter/

Ini dia tempat nongkrong asyik yang murah meriah. Mampir ke Kedai Kahatkene, kamu bisa menemukan beragam makanan lezat. Mulai dari comfort food lokal seperti nasi uduk atau menu western seperti spageti. Soal harga kamu gak perlu khawatir! Semua makanan dan minuman di sini murah, kok! Cuma 15 ribuan aja per porsi. Mantap banget, kan?

Alamat Kedai Kahatkene: Jl. Tirto Agung No.28, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Bandeng Juwana Elrina

kuliner semarang
Credit: goodindonesianfood.com

Lagi mencari oleh-oleh khas Semarang? Bawakan saja keluarga atau temanmu Bandeng Juwana Elrina. Salah satu kuliner Semarang yang sangat ikonik ini pertama kali didirikan pada tahun 1981. Hebatnya, sampai sekarang Bandeng Juwana Elrina adalah merek bandeng yang paling ternama, lho. Karena sudah sangat terkenal Bandeng Juwana Elrina sangat mudah kamu temukan di toko oleh-oleh Semarang! Nah, pas liburan ke Semarang, jangan lupa membawa makanan ini, ya!

Alamat Bandeng Juwana Elrina: Jl. Pamularsih Raya No.70, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Pisang Plenet

kuliner semarang
Credit: goodindonesianfood.com

Sudah pernah nyobain Pisang Planet, belum? Pisang Planet, alias pisang bakar penyet adalah jajanan favorit orang Semarang. Satu porsi pisang planet terdiri dari pisang yang berbentuk penyet, olesan selai nanas, meses coklat, dan taburan gula. Perpaduan rasa semua bahan tersebut begitu serasi dan menciptakan sensasi sendiri di setiap gigitan. Duh, jadi penasaran pengin nyoba, kan? 

Alamat Pisang Plenet: Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139

Leon Cafe

kuliner semarang
Credit: instagram.com/revanosatria/

Ajak teman-temanmu nongkrong di Leon Cafe, yuk! Cafe kekinian di Semarang ini pas banget untuk dijadikan tempat hangout bareng temen se-geng. Tempatnya nyaman, pilihan menunya lezat-lezat, dan memiliki tempat yang sangat instagramable! Buat acara nongkrong nanti, ajak teman-temanmu ke sini, yuk!

Alamat Leon Cafe: Jalan Sisingamangaraja No.19C, Wonotingal, Candisari, Kota Semarang, Jawa, Tengah, Semarang, Wonotingal, Candisari, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232

Bebek Goreng Pak Thori

kuliner semarang
Credit: wisataku.id

Mampir ke kedai Bebek Goreng Pak Thori, kamu dijamin kenyang! Di sini, kamu bisa nyobain bebek goreng yang dagingnya sangat lembut. Bumbunya juga meresap banget, jadi setiap gigitan akan membuat kamu ketagihan. Buat yang suka makanan pedas, kedai ini juga menyediakan dua jenis sambal untuk dicocolin ke bebek gorengnya. Ada sambal ijo pedas dan sambal merah, keduanya sama-sama enak!

Alamat Bebek Goreng Pak Thori: Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222

The Tavern

kuliner semarang
Credit: seputarsemarang.com

Kalau butuh nongkrong untuk sekedar menyendiri, ini tempatnya. Di Tavern, kamu bisa duduk nyaman sambil nyicipin makanan yang lezat. Memiliki tempat yang luas dan nyaman, dijamin kamu gak bakal bosen nongkrong di sini. Selain itu, menu di The Tavern juga lezat-lezat banget, lho! Kamu bisa nyobain Grilled Chicken Saus Teriyaki, Baked Potato Soup, Grilled Chicken Soup, Tokyo Beef Salad, dan Margherita Pizza. Menarik banget, ya! Nah, kalau kamu butuh tempat baru untuk menyendiri pas weekend nanti, mampir ke sini aja!

Alamat The Tavern: Jl. Rinjani No.1, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232

Seven Degrees Cafe and Bistro

kuliner semarang
Credit: semarangrentcar.com

Menikmati kopi dan senja di Seven Degrees Cafe and Bistro, yuk! Cafe super nyaman ini pas banget untuk dijadikan tempat hangout sambil ngopi. Selain menyajikan kopi dan snack yang lezat, cafe ini juga instagramable banget. Ada banyak spot seru seperti lampu lalu lintas yang besar, zebra cross, dan kotak telepon umum seperti di London. Unik banget, ya!

Alamat Seven Degrees Cafe and Bistro: Jl. Diponegoro No.38B, Tegalsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50251

Joglo Agung Resto dan Gallery

kuliner semarang
Credit: instagram.com/indriyana6837

Yuk, sekali-sekali Mampir ke Joglo Agung Resto dan Gallery! Cafe yang super kece ini juga merupakan galeri barang-barang antik, lho! Jadi sambil menikmati makanan lezat, kamu juga bisa sambil lihat barang-barang yang unik. Suasana cafenya sangat nyaman dan homey. Dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun dan perabotan kayu, nongkrong di cafe ini bakal membuat mata jadi adem dan segar. Untuk acara kumpul-kumpul sama teman atau keluargamu nanti, ajak mereka ke sini, yuk! 

Alamat Joglo Agung Resto dan Gallery: Jalan Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Munding, Semarang, Jawa Tengah 50552

Bakoel Es Krim

kuliner semarang
Credit: trenzing.id

Pecinta makanan manis, ketika mencari kuliner Semarang jangan lupa mampir ke Bakoel Es Krim, ya. Di toko ini kamu bisa nyobain es krim yang lezat dan murah meriah. Beberapa menu yang wajib banget kamu coba di tempat ini adalah es krim roll, es krim puding, pancake es krim, dan banana split. Harga per porsinya rata-rata cuma 25 ribuan aja, kok! Murah, kan?

Alamat Bakoel Es Krim: Jl. Hayam Wuruk, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

Nah, itu dia ragam kuliner Semarang yang lezat banget! Harus banget kamu cobain ketika liburan ke Semarang. Yuk, booking tiket pesawat dan kamar di Airy! Cukup download dan install aplikasi Airy di Google Play Store atau App Store, kamu sudah siap liburan! Mau hemat? Follow aja media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms, biar gak ketinggalan informasi promo seru!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *