Eksplor Sumatra Utara, Ini Destinasi Wisata Unik untukmu!

Eksplor Sumatra Utara

Bicara tentang Sumatra Utara, destinasi wisata yang tersedia di provinsi ini gak ada habis-habisnya. Tapi tahukah kamu? Objek wisata di Sumatra Utara bukan hanya Danau Toba aja, lho. Masih banyak destinasi lainnya yang sayang banget kalau tak diberitahukan pada dunia. Punya luas sekitar 72.980 km, wajar saja provinsi ini punya segudang kekayaan alam yang layak dieksplor!

Kalau kamu hanya punya waktu empat hari untuk eksplor Sumatra Utara, kamu tetap bisa mengunjungi berbagai tempat keren. Supaya liburanmu makin efektif dan bisa memanfaatkan waktumu sebaik-baiknya, Airy sudah susun itinerary eksplor Sumatra Utara di bawah ini. Simpan dan jadikan acuanmu saat liburan nanti, ya!

Hari pertama eksplor Sumatra Utara = Medan

Credit: Starberita.com

Kalau kamu berasal dari luar Sumatra Utara dan menempuh perjalanan udara, kamu bisa memilih singgah di Bandara Kualanamu. Dari Kualanamu, destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah kota Medan. Jaraknya kurang lebih 37 km dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam perjalanan darat. Dari bandara ini, ada banyak pilihan transportasi untukmu. Kamu bisa memilih menggunakan bus Damri, mini bus, taksi, atau kereta bandara.

Eksplor Sumatra Utara
Credit: krjogja.com

Setibanya di Medan, kamu bisa mengisi perut terlebih dahulu dengan mencicipi berbagai kuliner Medan, mulai dari yang legendaris sampai kekinian, semuanya ada di kota Melayu Deli ini. Setelah kenyang, waktunya melanjutkan eksplor Sumatra Utara dengan mengunjungi Istana Maimun, peninggalan Kesultanan Deli untuk kota Medan.

Eksplor Sumatra Utara
Credit: datawisata.com

Di istana ini, kamu bisa menikmati interior mewah, paduan antara  gaya budaya Melayu, timur tengah, Belanda, dan Spanyol. Kamu juga bisa merasakan jadi bangsawan dalam sehari, karena pengelola istana ini menyediakan baju kerajaan dan boleh dipakai untuk berfoto!

Sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya, kamu bisa memilih beristirahat di kamar yang nyaman, murah, dan fasilitasnya lengkap! Salah satunya kamar di Airy Medan Sunggal Sepakat 19. Cukup bayar kurang dari 200rb, kamu sudah bisa mengistirahatkan tubuhmu dan keesokan harinya kembali fit!

Hari ke- 2 mampir ke Pematangsiantar

Ini dia kota yang katanya surganya makanan enak! Menurut penduduk Pematangsiantar yang merantau keluar kota, mereka susah banget menemukan makanan yang selezat dan semurah makanan di kota asal mereka. Bahkan, makanan di pinggir jalan juga punya rasa yang menggugah selera. Harganya? Cukup merogoh kocek kurang dari 20rb, kamu sudah kenyang kulineran di sini.

Eksplor Sumatra Utara
Credit: Instagram.com/rosainrilitani

Salah satu objek wisata yang gak boleh kamu lewatkan adalah Vihara Avalokitesvara. Di tempat ini, kamu bisa menemukan sebuah patung Dewi Kwan Im yang tingginya mencapai 22,8 meter. Bahkan, patung ini pernah dinobatkan sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi se-Asia Tenggara. Wah, bangga banget!

Sebenarnya tempat ini merupakan rumah ibadah umat Budha. Terdiri dari dua lantai, lantai dasar dijadikan tempat beribadah dan para wisatawan dipersilahkan berfoto-foto di lantai atas. Jadi, masuk ke sini tidak dipungut biaya apa-apa, alias gratis!

Berkunjung ke Pulau Mursala pada hari ke-3

Credit: kitamuda.id

Ingat film King Kong yang rilis tahun 2005 lalu? Salah satu lokasi shooting film Hollywood ini adalah Pulau Mursala di Sibolga. Mursala memiliki air terjun yang super jernih. Dikelilingi pepohonan yang rindang bakal bikin kamu betah berlama-lama di pulau ini.

Apalagi kalau kamu suka snorkeling, kamu wajib merasakan menyelam di air yang bening banget. Ditambah dengan kicauan burung yang merdu, liburanmu ke sini gak bakal sia-sia, deh! Seru banget!

Tutup eksplor Sumatra Utara dengan nonton pertunjukan lompat batu

Generasi 90an pasti familiar dengan gambar lompat batu di uang Rp1,000 kertas. Kalau dulu kamu cuma bisa memandang gambarnya sebelum jajan di warung, kamu bisa melihatnya secara langsung di Pulau Nias!

Credit: archipelagos.id

Sebelum menyelesaikan liburanmu di Sumatra Utara, mampir dulu ke Desa Bawomataluo. Kamu bisa melihat pertunjukan Hombo Batu, di mana para pria dengan lihai melompati batu berukuran besar. Konon, dulu tradisi ini dilakukan untuk menguji para pria. Mereka bisa bergabung dalam perang lokal apabila sudah bisa melompati batu ini. Tapi sekarang, Hombo Batu dilakukan sebagai hiburan untuk para wisatawan.

Setelah selesai menyaksikan semua keunikan dan mencicipi kuliner khas Nias, kamu bisa kembali ke daerah asalmu dan terbang dari Bandara Binaka, bandar udara yang ada di Gunungsitoli, Sumatra Utara.

Jadi untuk mengeksplor tempat wisata yang ada Sumatra Utara, itinerary di atas bisa kamu jadikan panduan dan liburanmu bakal makin menyenangkan dan efektif. Nah, sekarang saatnya kamu mempersiapkan akomodasi dan transportasimu. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store.  Ada banyak pilihan kamar hotel yang nyaman dan tiket pesawat yang rute penerbangannya lengkap! Supaya liburanmu lebih hemat, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada diskon spesial untukmu!

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *