Bukti Kekayaan Indonesia, Ini Pakaian Adat Kita yang Menawan!

Pakaian Adat

Bukan rahasia lagi, Indonesia punya kekayaan melimpah, gak cuman alamnya, tapi juga ada adat istiadat dan tradisi. Dilansir dari BPS dan Kemendikbud, Indonesia memiliki 1.331 kelompok suku dan 625 bahasa daerah yang berbeda-beda! Wah, banyak banget, ya. Bukan hanya bahasanya, tapi suku-suku ini juga memiliki kebiasaan, tradisi, tarian dan pakaian adat masing-masing. 

Supaya makin terpukau dan cinta tanah air, ulasan kali ini Airy mau mengajakmu berkenalan dengan pakaian adat suku di Indonesia, lengkap dengan fakta-faktanya! Jadi pas liburan ke daerah itu nantinya, kamu sudah lebih kenal dan bisa buktikan sendiri keunikannya!

Lampung

Credit: ragam.cahunnes.com

Tahukah kamu? Ternyata, suku di Lampung dibagi menjadi dua. Ada Lampung Saibatin (penduduk bagian pesisir) dan Lampung Pepadun (dari bagian daratan). Untuk pakaian adatnya, keduanya memiliki perbedaan pada warna baju dan siger. Siger adalah hiasan yang digunakan di kepala. Lampung Saibatin menggunakan baju berwarna merah dan Lampung Pepadun berwarna putih. 

Batak Simalungun

Pakaian Adat
Credit: sanggarnusantara.com

Suku Batak terdiri beberapa sub suku, yaitu Batak Toba, Simalungun, Karo, Pakpak, Angkola, serta Mandailing. Masing-masing sub suku ini memiliki bahasa serta pakaian adat yang berbeda. Yang menjadi kesamaan semuanya adalah, seluruh suku Batak sama-sama menggunakan ulos. Untuk pakaian adat simalungun, hiasan kepala wanita disebut Bulang dan pria menggunakan Gotong.

Credit:Jolyday.com

Pada perayaan 17 Agustus 2019 yang lalu, Ibu Negara Iriana menggunakan pakaian adat Simalungun, lho! Lengkap dengan aksesoris leher, telinga, serta tas tangan berwarna merah. Biasanya, tas ini digunakan untuk menyimpan daun sirih, daun yang sering dikunyah ibu-ibu di daerah Simalungun. 

Bali

Pakaian Adat
Credit: infobudayaindonesia.com

Saat liburan ke Bali, kamu bakal bisa menemukan pria dan wanita yang menggunakan pakaian adat ini. Ada yang unik dari Bali. Berbeda dengan suku-suku dan provinsi pada umumnya, di pulau dewata ini, baik nama bahasanya, nama suku, bahkan nama geografis, seluruhnya disebut Bali. Keren, ya! 

Credit: kintamani.id

Suku Bali punya 3 jenis pakaian adat. Pertama ada Payas Agung. Pakaian ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan biasanya digunakan saat pernikahan. Berikutnya ada Payas Madya. Berbeda dengan Payas Agung, pakaian ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang gak terlalu formal. Terakhir, ada Payas Alit. Jenis ini adalah pakaian yang biasa digunakan Suku Bali saat beribadah.

Toraja

Pakaian Adat
Credit: Instagram.com/mohammad.iskandar

Pernah menarik perhatian dalam acara Manhunt International 2011 di Korea Selatan, pakaian khas Toraja didominasi warna merah yang cerah. Toraja memiliki 3 bentuk pakaian adat, yaitu Sepa Tallung Buku yang digunakan para lelaki dan Baju Pokko serta Kandore untuk wanita. Baju adat Toraja ini makin manis dengan aksesoris manik-manik yang dijadikan gelang, kalung, ikat kepala, serta ikat pinggang. Keren bangrt!

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa baju adat suku-suku yang ada di Indonesia. Saat liburan nanti coba perhatikan baju milik suku yang kamu kunjungi, ya. Untuk liburanmu, rencanakan bersama Airy saja. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Selain kamar hotel, tiket pesawatnya lengkap banget, lho! Tersedia berbagai rute penerbangan domestik.  Supaya liburanmu makin irit lagi, follow media sosial Airy. Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Airy punya banyak promo untukmu!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *