Bukit Toron Semalem Pamekasan

Nyero.ID – Tidak kalah dengan daerah lainnya yang memiliki destinasi wisata kekinian ala kaum milenial, Pamekasan juga memiliki sederet wisata kekinian dengan spot foto nan instagrammable di dalamnya.

Beberapa diantaranya adalah wisata alam perbukitan dengan panorama yang begitu eksotis dan menyejukkan mata.  Destinasi wisata alam di perbukitan memang masih menjadi primadona bagi para wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri.

Selain menyajikan panorama alam di ketinggian, hawa sejuk khas pegunungan juga mampu memberikan sedikit ketenangan.  Sangat cocok untuk sekedar melepas penat dan sejenak meyingkir dari berbagai kesibukan.

Jika sebelumnya wisatawan dimanjakan dengan Bukit Cinta di kawasan Edu Wisata Selamat Pagi Madura, Bukit Brukoh di wilayah Pakong, dan Puncak Ratu.  Kali ini kamu juga bakal diajak untuk liburan seru di ketinggian Bukit Wisata Toron Samalem yang tidak kalah menawan dengan spot-spot kece di dalamnya.

Bukit Toron Samalem merupakan bukit wisata yang berada di kawasan Desa Wisata Toron Samalem.  Seperti bukit wisata lainnya, di Bukit Toron Samalem kamu akan diajak untuk menikmati keindahan alam khas pegunungan dengan panorama yang begitu memanjakan mata.

Meskipun masih terbilang baru, namun pesona Bukit Toron Samalem sangatlah memikat.  Objek wisata ini semakin populer dengan banyaknya wisatawan yang mengunggah keindahannya di media sosial.

Foto-foto Bukit Toron Samalem yang diunggah di media sosial terlihat sangat menarik sehingga bikin penasaran. Tidak heran jika kemudian Bukit Toron Samalem menjadi salah satu spot wisata yang cukup hits di Pamekasan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sebelum menjelajahi keindahan Bukit Toron Samalem, berikut ini adalah beberapa informasi tentang harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Bukit wisata ini berada di kawasan Kampoeng Wisata Toron Samalem, Desa Blumbungan dan merupakan spot wisata murah meriah yang sangat menarik untuk tujuan wisata di akhir pekan. Dengan pesona dan keindahannya yang memikat, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan biaya parkir Rp 3.000 saja.

Meskipun bukit ini merupakan lokasi bekas galian tambang, namun keindahannya tidak kalah dari bukit wisata lainnya seperti di Bukit Jaddih, Bangkalan.  Beberapa spot foto yang ada di tempat ini terlihat sangat unik dan bisa kamu eksplore untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari.  Adapun waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Toron Samalem adalah di pagi atau sore hari karena di siang hari cuacanya cukup panas.  Kalaupun kamu datang di siang hari, pastikan untuk membawa topi atau payung untuk sekedar mengurangi panasnya sinar matahari.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru dan masih dalam tahap pengembangan, namun fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini cukup memadai seperti area parkir, toilet, tempat duduk, dll.  Selain dilengkapi dengan beberapa spot foto selfie nan instagenic, di tempat ini juga terdapat beberapa warung makanan yang bisa disambangi untuk sekedar melepas lelah.

Daya Tarik

Bukit Wisata Toron Samalem merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup hits di Pamekasan.  Tempat wisata ini baru dibuka pada bulan Juni 2018 dan masih terus dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Hanya berjarak sekitar 5,5 km dari pusat Kota Pamekasan, wisata bukit ini cukup mudah untuk diakses dan sangat cocok untuk acara rekreasi bareng keluarga atau sahabat.  Dengan luas lahan sekitar 7 hektare, tempat wisata ini terbagi menjadi dua lokasi yaitu lahan di bagian atas dan lahan di bagian bawah dengan beberapa spot menarik di dalamnya.

Meskipun tidak ada desain awal pengembangan bukit ini sebagai tempat wisata, namun nyatanya pesona Bukit Toron Samalem mampu menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Pamekasan.

Lokasi wisata yang merupakan bekas galian tambang membuat tempat ini terlihat cukup unik, terlebih dengan adanya tambahan dekorasi seperti gubuk beratap jerami dan deretan replika bunga sakura di sekitarnya.

Perpaduan antara suasana alam yang cukup asri dengan penataan lokasi wisata dan beberapa spot foto di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat bukit ini semakin menawan.

Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati suasana alam pedesaan yang asri dengan panorama yang begitu menyejukkan.  Dengan keindahan dan keunikannya, lokasi wisata di Bukit Toron Samalem ini sangat cocok untuk keperluan foto prewedding maupun outbound.

Nama Toron Samalem sendiri konon berkaitan dengan ritual Potre Koneng Sumenep yang pernah bersemedi di tempat ini.  Ritual semedi yang dilakukan hanya dalam waktu satu malam saja itulah yang kemudian menjadikan tempat ini dikenal dengan nama Dusun Toron Samalem atau “turun semalam” dalam Bahasa Indonesia.

Kombinasi wisata adat dan budaya yang diusung oleh pihak pengelola terasa semakin lengkap dengan adanya spot-spot foto yang menarik di dalamnya.  Selain berfoto dengan latar gubuk beratap jerami yang unik, kamu juga bisa mengabadikan momen serumu diantara rimbunnya bunga sakura yang tertata apik di kanan kiri jalan.

Meskipun hanya merupakan replika saja, namun kombinasi warna cerah pada bunga-bunga ini terlihat sangat cantik dan instagrammable.  Sangat cocok untuk keperluan eksis di Instagram.  Selain gubuk dan bunga sakura, kamu juga bisa berkeliling dan mengeksplore keindahan tempat wisata ini.  Seperti di area bukit kapur dan kolam alami yang berair jernih.

Lokasi Bukit Toron Samalem yang berada di Kecamatan Larangan juga cukup dekat dengan objek wisata Kebun Bunga Matahari, sehingga kamu bisa sekalian mengunjungi tempat ini jika waktunya memungkinkan.

Lokasi dan Rute

Bukit Toron Samalem berada di Dusun Toron Samalem, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan Jawa Timur.  Lokasi wisata ini hanya berjarak sekitar 5,5 km dari pusat Kota Pamekasan, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit saja.

Lokasinya yang cukup dekat dari pusat kota membuat lokasi wisata ini mudah untuk diakses baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.  Untuk mencapai ke lokasi kamu bisa mengarahkan kendaraan dari Kota Pamekasan ke arah utara menuju ke arah Pakong dan Waru.

Setelah sampai di Pasar Blumbungan, kamu bisa lurus terus ke arah utara sekitar 2 km hingga menemukan lapangan futsal dan petunjuk arah di bagian utara.  Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk arah tersebut dan memarkirkaan kendaraan di lokasi yang tersedia.

Kendaraan hanya bisa sampai di area parkir dan untuk menuju ke Bukit Toron Samalem pengunjung bisa berjalan kaki karena jalurnya cukup berbatu.  Namun begitu, di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan panorama alam khas perbukitan yang asri dan sejuk dipandang.

Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka kamu harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok ke dalam bekas galian tambang.

Untuk mengetahui info rute selengkapnya kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau bertanya kepada penduduk sekitar agar perjalananmu semakin lancar dan menyenangkan.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *