Bubur Khas Indonesia Paling Enak? Cek 7 Menu Ini!

bubur khas indonesia

Indonesia punya berbagai macam kuliner khas daerah yang nikmat dan berbeda-beda cara penyajiannya. Dari semua kuliner terkenal, salah satu hidangan yang paling dikenal banyak orang adalah bubur. Mulai dari bubur ayam sampai bubur sumsum, hampir setiap daerah di Indonesia punya bubur khas masing-masing.

Karena bentuknya yang lembut dan mudah dicerna, bubur biasa disajikan sebagai hidangan pengganti nasi. Penasaran bubur apa aja yang ada di Indonesia? Yuk cek 7 tipe bubur khas Indonesia!

1. Bubur Kampiun

bubur khas indonesia
Credits: travelingyuk.com

Bubur yang berasal dari Minangkabau ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bukittinggi, Padang. Perpaduan antara bubur sumsum, ketan putih, ketan hitam, kolak pisang, bubur kacang padi, dan bubur conde membuat bubur kampiun cocok jadi sarapan yang manis di pagi hari. Disiram dengan santan hangat dan gurih, bubur khas Indonesia ini akan lumer di mulut kamu. Nikmat banget!

2. Bubur Pitan

bubur khas indonesia
Credits: food.detik.com

Bubur yang satu ini banyak ditemukan di berbagai restoran oriental di Jakarta. Sekilas bubur ini berbentuk sama dengan bubur ayam tradisional Jakarta. Hanya saja, tambahan telur pitan khas menjadi daya tarik utama hidangan ini. Telur pitan sendiri adalah telur bebek yang difermentasi selama beberapa waktu sampai warna nya jadi kehitaman.

3. Bubur Manado

bubur khas indonesia
Credits: resepkoki.id

Apabila biasanya bubur terbuat dari beras yang ditanak, bubur asal Manado ini dibuat dari labu kuning yang dimasak sampai lembut. Umumnya, Bubur Manado disajikan dengan berbagai sayuran seperti daun singkong, kangkung, kemangi, ataupun bayam. Perpaduan antara labu manis dan sayuran ini akan menghasilkan rasa manis dan gurih sekaligus. Wah, menarik banget ya!

4. Bubur Kanji Rumbi

bubur khas indonesia
Credits: tribunnews.com

Bubur Kanji Rumbi adalah bubur yang hanya bisa kamu temukan di Aceh. Keunikan dari bubur ini terletak pada rasa bubur yang kaya akan berbagai bumbu rempah-rempah khas Melayu. Umumnya bubur ini dimasak dengan mencampur kayu manis, bunga lawang India, ketumbar, jintan manis, jahe, buah pala, cengkeh, dan buah kapulaga. Dengan disajikan dengan potongan daging ayam atau daging sapi, bubur khas Indonesia ini bisa bikin pengalaman kuliner kamu jadi lebih seru. Penasaran sama rasanya, kan?

5. Bubur Manggul

bubur khas indonesia
Credits: detik.com

Makanan khas Madura ini sekilas mirip bentuknya dengan bubur sumsum. Nah, uniknya bubur ini terletak di bahan pelengkap nya. Potongan lontong dan kuah manggul yang gurih menjadi daya tarik utama hidangan ini. Dengan ditambahkan sambal dan serundeng gurih untuk menambah cita rasa, bubur khas Indonesia ini punya rasa unik yang jarang dirasakan orang banyak. Wah, harus kulineran ke daerah Madura nih kayaknya!

6. Bubur Ase

bubur khas indonesia
Credits: tribunnews.com

Bubur Ase atau Bubur Ceracam adalah hidangan khas masyarakat Betawi. Ase berarti asin dalam bahasa Betawi. Maka tidak heran jika bubur satu ini terkenal dengan rasa gurihnya yang nikmat. Bubur yang sekilas mirip ketoprak atau lontong sayur ini disajikan dengan kuah semur tahu yang gurih, lengkap dengan kerupuk, kacang, tauge, dan bawang goreng sebagai pelengkap hidangan. Cocok nih buat sarapan!

7. Bubur Jali-Jali

bubur khas indonesia
Credits: tribunnews.com

Sering mendengar lagu khas Betawi Jali – Jali? Nah, judul lagu itu diambil dari buah jali yang bijinya bisa dimasak menjadi Bubur Jali-Jali. Biji berwarna putih ini punya kandungan gizi yang baik untuk pencernaan. Biasa disajikan dengan santan dan gula merah, bubur khas Indonesia unik ini cocok buat kamu yang ingin kulineran di Jakarta!

Nah, kalo kamu suka kulineran, kamu harus banget cek berbagai bubur khas Indonesia yang tadi dibahas. Pasti rasanya unik dan bermacam-macam! Kalo kamu kepo sama kuliner Indonesia lainnya, kamu bisa juga lihat aneka mie dari 7 daerah di Indonesia yang rasanya bermacam-macam dan enak!

Penasaran banget sama rasa unik berbagai bubur khas Indonesia tadi? Tenang! Dengan Airy, kapan aja bisa nikmatin kulineran khas Indonesia! Tinggal download Airy App dari Google Play Store atau App Store untuk memesan tiket pesawat dan kamar hotel lebih praktis. Jangan lupa, follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Kamu akan mendapat informasi tentang promo setiap hari!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *