Bikin Dahi Berkerut, Ini Bahasa Medan yang Unik Banget!

Bahasa Medan

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, bahasa atau logat penduduk Indonesia sangat beragam. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh perpaduan bahasa dari suku-suku yang ada di kota itu. Begitu pula dengan Kota Medan.

Didominasi oleh suku Batak, Melayu, Jawa, dan Hokkian, sebenarnya bahasa sehari-hari masyarakat Medan adalah Bahasa Indonesia. Tapi beberapa kata yang digunakan telah mengalami perluasan makna yang disesuaikan dengan bahasa daerah di sana. Terkadang perbedaan maknanya cukup signifikan dan membuat orang mengernyitkan dahi bahkan jadi salah paham.

Nah, supaya saat ke Medan atau berteman dengan orang Medan kamu gak salah paham dengan bahasanya, coba baca dulu beberapa arti bahasa Medan di bawah ini. Pahami satu per satu, ya!

1. Semalam = Kemarin

Bahasa Medan

“Semalam kamu ke kampus, ga?”

Pernah mendengar temanmu yang berasal dari Medan mengucapkan kalimat seperti ini? Kamu pasti kebingungan dan berfikir, ngapain ke kampus malam-malam? Ternyata, usut punya usut, bagi orang Medan, “Semalam” berarti “Kemarin”, dan “tadi malam” atau “kemarin malam” berarti “semalam”. Mulai bingung? Tunggu dulu. Masih banyak kosa kata yang punya makna berbeda.

2. Kereta = Motor

“Jangan parkir keretamu di depan rumahku”

Hah? Gimana ceritanya bisa memarkirkan kereta di depan rumah? Rumah orang Medan gede banget kali ya? Bukan! Bagi orang Medan, “Kereta” ternyata berarti “Sepeda Motor”. Jadi, gak perlu harus jadi masinis, hampir semua orang Medan bisa membawa kereta. Keren banget, kan?

3. Pasar = Jalan

“Awas, jangan main dekat-dekat pasar!”

Seru seorang ibu pada anaknya yang masih kecil. Takut diculik preman? Bukan! Si ibu khawatir anaknya tertabrak kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Bagi orang Medan, “Pasar” berarti “Jalan”. Lalu, bahasa Medan dari pasar adalah “Pajak”. Jadi saat di Medan nanti, kalau kamu ingin ke pasar untuk membeli bahan masakan, jangan katakan ingin ke pasar, ya. Nanti kamu hanya diantarkan ke jalan raya.

4. BK = Plat kendaraan

Bahasa Medan
Credit: cintamobil.com

“BK berapa mobilnya?”

BK adalah kode plat kendaraan di Medan sekitarnya. Alih-alih menyebut plat kendaraan, karena hampir semua kendaraan di Medan berplat BK, orang Medan lebih sering menyebutnya BK. Ternyata, hal ini serupa dengan orang Bali yang menyebut plat kendaraan sesuai dengan kodenya, yaitu DK. Wah, unik banget, kan?

Itulah tadi Bahasa Medan yang perlu kamu ketahui, supaya tidak salah paham saat berkomunikasi dengan orang Medan. Liburan ke Medan, yuk! Buruan atur liburanmu dengan Airy. Download dan install Airy App melalui Google Play Store dan App Store. Ada berbagai Kamar Airy yang lokasinya strategis dan bikin liburanmu makin mudah. Selain kamar, kamu juga bisa menemukan tiket pesawat di Airy. Rute penerbangannya lengkap, lho. Mau liburanmu makin irit? Follow media sosial Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Gunakan promo-promo dari Airy!

Informasi lebih lanjut, klik www.airyrooms.com atau hubungi Customer Care Airy di 0804 111 2479

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *