web log free Bengkelung Park Pekalongan - Travelling News

Bengkelung Park Pekalongan

Nyero.ID – Berada di deretan Pantai Utara Pulau Jawa Tengah, Pekalongan memiliki potensi wisata yang cukup beragam untuk dikunjungi saat liburan.  Beberapa destinasi wisata alam seperti Pantai Pasir Kencana, Curug Muncar, Wisata Alam Linggo Asri, hingga Bukit Pawuluhan bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang menarik saat berada di Pekalongan.

Selain wisata alamnya yang memanjakan mata, Pekalongan juga terkenal dengan destinasi wisata edukasi dan budayanya seperti di International Batik Center.  Sebagai Kota Batik, Pekalongan memang menawarkan sensasi liburan yang mengedukasi dengan adanya   Museum Batik Pekalongan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Seperti daerah lainnya, wisata di Pekalongan juga semakin berkembang dengan banyaknya tempat wisata baru dengan berbagai keunggulan dan daya tariknya masing-masing.  Salah satu yang terbaru dan cukup hits dikalangan wisatawan adalah Bengkelung Park Pekalongan yang berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

Bengkelung Park Pekalongan merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan pemandangan indah khas perbukitan dengan udara sejuk dan aliran sungai di dalamnya.  Di tempat wisata ini pengunjung bisa menikmati suasana alam sembari bermain air di aliran sungainya yang jernih.

Meskipun masih terbilang baru, namun antusiasme wisatawan untuk liburan ke tempat ini cukup tinggi sehingga jumlah kunjungan semakin meningkat dari waktu ke waktu.  Selain menyajikan keindahan alam nan eksotis, tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa spot kece buat foto-foto.

Beberapa spot seperti gardu pandang, jembatan kayu, curug mini, dan papan bertuliskan “Welcome Bengkelung Park” bisa dijadikan background yang menarik untuk keperluan foto selfie.  Pengunjung juga bisa mengeksplore setiap sudut Bengkelung Park dan berburu spot keren untuk memuaskan hobby fotografi.

Pesona Bengkelung Park Pekalongan yang tidak kalah eksotis dari tempat wisata lainnya membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pekalongan.  Namun sebelum mengunjungi Bengkelung Park, berikut ini adalah beberapa informasi terkait harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas, daya tarik, dan lokasi yang perlu diketahui.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam dan berburu spot foto kece sepuasnya di Bengkelung Park, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 2.000 untuk parkir.  Sementara untuk anak-anak tiket masuknya gratis.

Berbeda dari sistem tiketing di tempat wisata lainnya, Bengkelung Park menerapkan tiketing berupa lepet sebagai bonusnya.  Pihak pengelola menyediakan lepet dalam sebagai cendera mata saat memasuki objek wisata Bengkelung Park.

Lepet sendiri merupakan makanan tradisional khas Pekalongan yang memiliki cita rasa manis dan gurih di dalamnya.

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola

Jam Operasional

Dengan panorama alam yang begitu memikat, Bengkelung Park Pekalongan buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.  Dengan jam operasional tersebut kamu bisa menyesuaikan waktu berkunjungmu ke tempat ini agar liburanmu semakin menyenangkan.

Kamu bisa mengunjungi tempat ini di pagi, siang, ataupun sore hari karena lingkungannya sangat sejuk dan asri.  Kamu juga bisa memilih waktu kunjungan ketika musim durian karena banyak penjual durian yang menjajakan durian di sekitar lokasi wisata dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas

Meskipun terbilang baru, namun Bengkelung Park Pekalongan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung yang cukup memadai.  Mulai dari area parkir, warung makan, tempat ibadah, spot selfie, hingga toilet.

Kamu bisa menikmati keindahan Bengkelung Park dari gardu pandang atau jembatan bambu sehingga nuansa alam di tempat ini semakin terasa.  Tempat wisata ini juga menyediakan pelampung yang bisa disewa, sangat cocok buat kamu yang ingin berbasah-basahan bermain air.

Tempat wisata ini masih akan terus dikembangkan dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya.  Kedepannya pihak pengelola juga akan menambah spot-spot baru, serta pembuatan jalan menuju ke lokasi air terjun, goa, dan wisata sejarah berupa punden berundak di kawasan wisata ini.

Daya Tarik

Bengkelung Park Pekalongan merupakan destinasi wisata alam di Pekalongan yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan.  Panorama alam khas perbukitan dengan udara yang begitu sejuk menjadi daya tarik tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Panorama alam khas perbukitan semakin indah dengan adanya aliran sungai di kawasan wisata ini yang memiliki kedalaman hingga 3 meter.  Lingkungan yang asri dengan suara gemericik air terasa begitu menenangkan, sangat cocok untuk mengusir penat.  Pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air dengan aliran air yang begitu jernih dan segar.

Selain sungai, di kawasan wisata ini juga terdapat Curug Sriti dan Gua Watu Jaya Kencono yang bisa dieksplore keindahannya.  Di tempat wisata ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam sepuasnya dan berburu spot foto untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Perpaduan antara pemandangan alam perbukitan, air terjun dan tebing bebatuan di tempat ini memang sangat menyejukkan mata.  Ditambah dengan fasilitas pendukung yang cukup memadai membuat tempat wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Selain menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan, Bengkelung Park juga menawarkan sensasi liburan asik dengan adanya hiburan sintren dan kuda lumping di hari Minggu.

Bengkelung Park Pekalongan semakin menarik untuk dikunjungi karena lokasinya yang berada di Kecamatan Doro juga berdekatan dengan destinasi wista alam lainnya yang cukup hits di Pekalongan.  Diantaranya adalah wisata alam Curug Madu Doro, Wisata Batu Bahan, dan Bukit Gambaran Doro.

Di Curug Madu Doro kamu bakal dimanjakan dengan suasana alam nan hijau dan suara gemericik air yang begitu menenangkan.  Untuk menuju ke lokasi Curug Madu pengunjung akan melewati terowongan buatan yang cukup unik.  Selanjutnya terdapat spot menarik berupa replika perahu yang menghadap curug.

Puas bermain di curug, kamu bisa menjelajahi keindahan wisata Batu Bahan yang tidak kalah menawan.  Kondisi bebatuan yang cukup unik dan seolah tertata dengan rapi menjadi daya tarik tersendiri yang membuat tempat ini semakin eksotis dan bernuansa mistis.

Perjalanan wisatamu di wilayah Doro juga bisa semakin lengkap dengan mengunjungi Bukit Gambaran Doro yang merupakan salah satu tempat wisata kekinian di Pekalongan.  Jika kamu memiliki waktu yang cukup, kamu bisa sekalian mengunjungi tempat wisata terdekat lainnya di Bengkelung Park.

Lokasi

Bengkelung Park Doro terletak di wilayah Dukuh Rancah, Desa Sidoharjo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.  Jaraknya relatif dekat dari pusat Kota Pekalongan dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit saja.

Akses jalan menuju ke lokasi wisata sudah beraspal.  Meskipun di beberapa titik mengalami kerusakan namun masih bisa diakses dan dilewati sepeda motor maupun mobil.  Meskipun bisa diakses dengan menggunakan mobil, namun jalur yang tidak begitu lebar membutuhkan kewaspadaan ekstra.

Jarak area parkir ke tempat wisata sekitar 500 meter. Akses menuju ke lokasi wisata cukup mudah karena di beberapa titik sudah terdapat petunjuk arah yang bisa diikuti.

Pengunjung akan melewati hutan karet dan selanjutnya disuguhi dengan panorama perbukitan nan eksotis.  Perjalanan menuju ke tempat wisata pun terasa lebih menyenangkan karena penorama alam di sekitarnya begitu memanjakan mata.

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *